Advertisements
Red Bull KTM 2017

Tensi Tinggi Antara KTM vs Honda Makin Memanas!

KTM vs Honda – Di musim balap 2017 ini, Team Red Bull Honda bakal bersaing di ajang World Superbike Championship (WSBK)… Sementara Team Red Bull KTM bakal berlaga di ajang balap motor paling prestisius, MotoGP. Tapi tahukah Brosist kalau hubungan diantara 2 produsen yang punya kesamaan sponsor ini tak berjalan harmonis?

 

Lusa kemarin, KTM Austria baru saja merilis motor balap mereka, RC16, untuk 3 ajang balap MotoGP, sekaligus untuk 2 kelas lainnya (Moto3 & Moto2) dengan balutan sponsor Red Bull Energy Drink – berlabel Red Bull KTM MotoGP… Meski hasil test pada akhir musim lalu menunjukkan team yang identik dengan warna hitam-oranye ini lebih lambat dibanding ‘tim raksasa’ lain seperti Repsol Honda, Movistar Yamaha, ataupun Ducati Corse… Tapi kedua pebalapnya, Bradley Smith & Pol Espargaro, diharapkan mampu meramaikan persaingan di musim MotoGP 2017.

Namun dibalik sesi perilisan tersebut, ada sebuah tensi tinggi yang kembali menghangat tentang persaingan antara KTM vs Honda… Apa sih biang keladinya Kang Eno?

 

Red Bull KTM 2017

 

Tensi panas antara KTM vs Honda yang EA’s Blog bahas di artikel kali ini bukan sekadar isapan jempol belaka loh yaa Brosist… Tapi diutarakan langsung oleh CEO KTM Austria, Stefan Pierer, di tengah-tengah sesi perilisan Team Red Bull KTM MotoGP. Bos besar KTM tersebut mencela hukuman yang didapatkan Honda saat persaingan KTM vs Honda di ajang Rally Dakar 2017, serta tuduhan kecurangan yang dilakukan produsen berlogo sayap mengepak tersebut di ajang Moto3 – yang juga diikuti oleh KTM.

Apa sebenarnya intrik dibalik 2 persaingan tersebut hingga menyulut perseteruan panas dari CEO KTM Austria? Nih dia kasusnya…

 

 

Hukuman Honda di Rally Dakar 2017: Pada stage 4 Rally Dakar 2017 bulan Januari silam, ASO (Pemegang kewenangan tertinggi Rally Dakar) menjatuhkan pinalti yang membuat 6 pebalap utamanya tersingkir dari tempat teratas kejuaraan tersebut… Honda (HRC) dianggap menyalahi aturan tentang lokasi pengisian bahan bakar diluar tempat yang telah ditentukan. Akibatnya, pebalap HRC, Joan Barreda terpaksa tersingkir dari posisi pertama ke tempat ke-7 setelah mendapat hukuman tambahan waktu sekitar 1 jam! Sosok dibalik pengaduan kesalahan tersebut? Siapa lagi kalau bukan KTM…

 

KTM vs Honda Moto3

 

Tuduhan Kecurangan Honda di Moto3: Tuduhan kecurangan ini disampaikan langsung oleh Direktur KTM Sports, Pit Beirer… Beirer mengklaim kalau dirinya menemukan kecurangan di Motor Moto3 Honda, NSF250RW, berupa limiter RPM yang diset hingga 13.600 RPM (lebih tinggi dari regulasi yang mengharuskan limiter terputus di kitiran 13.500 RPM).

Tuduhan ini dimulai ketika Beirer meminta pendapat mantan pebalap Moto3 Honda yang berpindah ke KTM, dan menemukan ada keanehan soal testimoni yang diberikan rider. Puncaknya terjadi saat ia meminta data dari mantan mekanik Honda Moto3, Beirer yang berhasil membuktikan hal tersebut langsung mengadukannya pada Dorna Sports sebagai penyelenggara, serta Dell’Orto sebagai penyuplai ECU Moto3.

 

Red Bull KTM 2017

 

Yang lebih memanaskan perseteruan antara KTM vs Honda tersebut, CEO KTM Austria, Stefan Pierer, juga menyambut dengan baik keputusan Dorna Sports yang memutuskan mengganti mesin Honda CBR600RR ke Triumph 750cc di Moto2 musim 2019 mendatang… KTM Sports menyambut kabar tersebut dengan bahagia, dan akan melakukan kerjasama dengan Triumph untuk pengembangan sasis Moto2 kedepannya. Berbeda dengan saat masih disuplai mesin dari Honda… Nah, benar-benar makin panas kan? hahahahaa…

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

Advertisements

19 comments

  • Ananda Bilal

    Penyebab tensi tinggi bos KTM ke Honda (versi ane yang ngawur kang)

    Honda dan HRC dulu kan selalu menjadi Pelopor dalam Teknologi Greget (Mulai dari ProArm mbak nasir, RFVC di XR-Series, Oval Piston punya NR750, Turbocharger CX650, Inline-6 RC166, dll)
    Kok sekarang HRC tidak segreget jaman Soichiro Honda atau Kiyoshi Kawashima ya?

    Anyway buat KTM vs Honda (HRC), awas jangan terlalu panas, nanti pertamax turbo meleduk πŸ˜€ πŸ˜€

  • shiro

    dan sampe sekarang honda masih belum kesulut(mungkin agak gregetan di Off-road nya),lagian NSF250rw pas di cek race director juga nggak menyalahi aturan karna ECU di 1 silinder nggak bisa motong secara konsisten setiap motor,n pas brad binder jurdun KTM diem aja nggak mempersoalin itu lagi,kalo SBK juaranya honda pasti KTM ikut2an juga πŸ˜†

  • Anak Cakep anti Alay

    Salah satu alasan kenapa di moto3 sama rally dakar Honda nekat diendorse monster energy..

    Jika bicara motogp HRC g bakal dilepas dari RedBull, selain brand dari pembalap yg masih kuat, krn yg ribut cuma factorynya, bukan brand minuman..

    Dan yang aneh, kenapa Honda g protes waktu brad binder punya kelebihan, sedang diwaktu danny kent punya kelebihan dipermasalahin ktm..

  • Mike

    Apa jangan2 pengaruh “the power of honda in dorna”

  • Stevanie

    Mungkin ciri khas tensioner prothol penyebab tensi tinggi diantaranya. #gagal fokus

  • Vendeta

    Ternyata…

  • dut

    Malah lebih panas ini dari pd honda vs yamaha yg katanya musuh bebuyutan πŸ˜€

  • Skidrow

    Jangan lupa kalo engineer repsol honda juga banyak yg dicomot kateem wkwk

  • Dwi s

    Klo diblog tetangga.. bukannya untuk supply mesin moto2 , honda udah ogah supply mesinnya (not extend contract).. makanya ama dorna ditender ulang ..sehingga untuk 2019 emang buat triumph..

  • visitor

    kalau panas-panasannya berakibat positif dalam hal peningkatan kualitas produk jualan mereka ya go for it aja lah buat honda dan ktm he..he..

  • wuzz

    Wow ini sih berita gembira bagi DORNA, if you know i mean,
    Ups bhs inggris ai bener kagak sich, hihihi

  • muhe

    Kaya pilkada ni

Tinggalkan Balasan