Advertisements
Launching Suzuki GSX-R150 & GSX-S150

Nih 15 Fakta Menarik Perilisan Suzuki GSX-R150 & GSX-S150!

Bertempat di Cilandak Town Square, 18 Februari 2017… Perjalanan duet sport 150cc Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 untuk mengarungi pasar sepeda motor Indonesia yang panas dan ketat bakal dimulai…

 

Unit motor plus spek resminya sudah dibeberkan, motornya sudah digaspoll media & blogger, proses perakitannya sudah dibeberkan, unitnya sudah disebar ke konsumen, lalu untuk apa lagi ada launching Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 di Cilandak Town Square kemarin?? Justru disinilah momen pentingnya…!

 

Inilah momen dimana PT Suzuki Indomobil Sales bakal memulai perjalanannya di kancah Sport 150cc Indonesia – bahkan bisa dibilang sebagai “Reboot” perjuangan mereka di tanah air… Seperti ucapan Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama : “Dua model ini merupakan bukti ingin bangkit lagi di Indonesia dan bukti keseriusan kami,”… So, apa saja poin penting yang bisa disimak dari momen launching resmi Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 kemarin? Let’s cekidots!

 

Launching Suzuki GSX-R150 & GSX-S150

 

1. Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 “Membirukan” Cilandak Town Square: Pertama, mari kita bahas soal acaranya… Pada tanggal 18 Februari 2017 kemarin, Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 dirilis resmi ke pasar Indonesia. Acaranya super meriah, seluruh pusat perbelanjaan Cilandak Town Square dibirukan oleh kehadiran seabrek petinggi, jaringan dealer, serta para loyalis Suzuki dari berbagai wilayah – mulai dari main hall, restoran, hingga area parkiran yang disulap jadi lokasi testride… Kehadiran Band Naif menutup acara ini pada malam harinya.

 

Launching Suzuki GSX-R150 & GSX-S150

 

2. Kehadiran Duo Pebalap MotoGP Suzuki: Sebagai bukti keseriusan Suzuki untuk kedua jagoan terbarunya, mereka juga menghadirkan kedua pebalapnya yang baru saja selesai test Pramusim di Phillip Island, Australia…. Ya! Andrea Iannone & Alex Rins datang ke Indonesia bukan sekadar berpose apik diatas Suzuki GSX-R150 & GSX-S150, tapi juga menjawab pertanyaan media & blogger di sesi press-conference, serta bersedia menemui fansnya di sesi meet & greet.

 

Suzuki GSX-R150 Rilis 5

 

3. Brand Ambassador Suzuki GSX-R150 & GSX-S150: Berbeda dengan pabrikan lain yang memanfaatkan jasa aktor/aktris kondang sebagai brand ambassador, Suzuki justru memilih 3 figur yang dianggap memiliki karakter kuat dan kini tengah menjadi idola berkat penampilan, karya dan prestasi yang positif. Masing-masing adalah Hemish Daud (aktor dan model) yang cool, Anindya Putri (Putri Indonesia 2015) yang imut dan manis, serta Den Dimas (MotoVlogger) yang saat ini digandrungi para biker sosial media.

 

Launching Suzuki GSX-R150 & GSX-S150

D’Gujubar Bareng Namekawa-san & Team

 

4. ‘The Man Behind’ GSX-R150: Juga hadir dalam acara ini adalah Chief Engineer Suzuki Motor Co. (Japan), Keisuke Namekawa, yang khusus diterbangkan ke Indonesia untuk menjelaskan konsep, purwarupa, serta engine yang diusung duet jagoan terbaru Suzuki Indonesia… Mengapa harus beliau? Yup! Karena selain jadi pria yang bertanggung jawab dibalik sosok moge laiknya GSR750, GSX-S1000 & GSX-S1000F, Namekawa-san juga merupakan desainer dari Suzuki GSX-R150 & GSX-S150.

 

 

5. Fakta Desain & Detail: Selain didesain mengikuti ciri khas ala GSXR-series, purwarupa desain Suzuki GSX-R150 juga sudah dites terlebih dulu di Wind Tunnel untuk meningkatkan unsur aerodinamika di kecepatan tinggi… Selain itu, plastik bodinya dibuat khusus lebih ringan 20-30% dibanding kompetitor, namun dibuat lebih kuat, agar mampu menekan bobot keseluruhan hingga seringan mungkin. Terakhir, frame-nya khusus didesain untuk mengejar unsur handling, compact-ness, serta tinggi jok yang serendah mungkin.

6. Fakta Desain & Detail #2: Selain mengandalkan frame untuk mengejar tampilan slim dan compact, Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 juga mengandalkan penempatan part yang tepat untuk mendukung hal tersebut… Jika Brosist membuka bodi GSX-R150 misalnya, hampir nggak ada celah kosong dalam konstruksi frame, part serta wiring (perkabelan). Bahkan Suzuki sampai menempatkan Reservoir Radiator dibawah engine, serta Regulator didekat footstep belakang untuk menjaga desainnya se-compact mungkin.

 

Suzuki GSX-R150 Engine

 

7. Engine Suzuki GSX-R150 & GSX-S150: Sang desainer, Keisuke Namekawa, memberikan gambaran kalau Team yang mendesain Suzuki GSX-R150 harus seolah-olah mereka-lah yang akan membeli motor ini… Hasilnya, adalah sosok motor bermesin mungil (150cc) yang tak hanya compact & lightweight seperti penjelasan poin sebelumnya, tapi juga harus memiliki performa tinggi ala sportbike tulen.

Mereka tak ingin ‘latah’ ikutan kompetitor yang kini memakai mesin overstroke – tapi memanfaatkan basis mesin Satria FU Injeksi (overbore) yang dituning ulang untuk mendapatkan power lebih besar. Hasilnya, meskipun diatas kertas masih kalah spek dari All-New Yamaha R15… Tapi secara power-to-weight-ratio, serta kurva powerband dari pengetesan dynotest menunjukkan Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 tak bisa dianggap remeh.

 

GSX-R150_Action_21 low

 

8. 150 cc – 150 Km/h: Selain menjelaskan konsep engine Suzuki GSX-R150 & GSX-S150, dalam penjelasan yang diberikan oleh Namekawa-san, GSX-R150 diklaim bisa menembus kecepatan hingga 150 Km/h lho Brosist! Yup, test tersebut dilakukan langsung secara real di Jepang, sebelum GSX-R150 dirilis… EA’s Blog sih percaya, lahwong saat acara testride di Sirkuit Sentul juga banyak media, blogger & pebalap SAC 2017 yang hampir bahkan menembus 150 Km/h koq!

 

Suzuki GSX-S150 Isal 2

 

9. Testride Suzuki GSX-R150 & GSX-S150: Dalam sesi launching kali ini, Suzuki juga menyediakan kesempatan testride bagi calon konsumen serta komunitas yang penasaran akan performa kedua sport 150cc terbaru ini… Sayang, tempatnya terbatas di area parkir tuh Brosist, jadi EA’s Blog belum bisa memberikan review keseluruhan. Tapi menurut rekan D’Gujubar yang test unitnya, power GSX-S150 terasa lebih liar ketimbang GSX-R150 lho! Hmmm, jadi penasaran….

10. Roadshow Suzuki GSX-R150 & GSX-S150: Selain tampil perdana di Cilandak Town Square bagi konsumen di Jakarta dan sekitarnya… Suzuki juga bakal mengadakan sesi perilisan khusus GSX-R150 dan GSX-S150 ke 5 kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Semarang, Bandung, Makassar dan Bekasi mulai dari 25 Februari hingga 25 Maret 2017 mendatang. Jauh dari di wilayah Brosist? Tenang! Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 juga akan hadir di 39 kota-kota lainnya di Indonesia… Ikutin terus update info lokasinya yaa Brosist!

 

 

Suzuki GSX-R150 Pilihan Warna

 

11. Harga Promosi & Pilihan Warna: Seperti yang kita ketahui bersama, Suzuki memberikan banderol promo khusus bagi GSX-R150 & GSX-S150 dengan harga Rp 27.900.000 & Rp 23.900.000 (OTR DKI Jakarta) – hingga akhir maret 2017 mendatang… Dan asiknya lagi, harga promo tersebut juga berlaku untuk semua pilihan warna lho Brosist! Yakni Metalic Triton Blue, Titan Black, Solid Black/Gloss, Brilliant White dan Stronger Red untuk GSX-R150… Serta Metalic Triton Blue, Metalic Ice Silver, Solid Black/Gloss dan Stronger Red/Titan Black untuk GSX-S150.

Setelah masa periode harga promosi tersebut berakhir, Brosist harus memboyong keduanya masing-masing seharga Rp 29.900.000 & Rp 25.400.000… Segera testride & grab it fast Brosist!

 

 

12. Garansi Suzuki GSX-R150 & GSX-S150: Meskipun dibekali dengan performa tinggi serta mesin dengan spek tinggi, tapi Suzuki juga memberikan jaminan garansi 3 tahun/30.000 km untuk mesin, kelistrikan dan bodi! Nggak ketinggalan, Suzuki juga memberikan jaminan lain berupa garansi komponen injeksi milik GSX-R150 & GSX-S150 selama 5 tahun/50.000 km.

 

Launching Suzuki GSX-R150 & GSX-S150

 

13. Tambahan 200 Dealer: Untuk memastikan garansi serta layanan aftersales bisa dinikmati dengan baik oleh konsumen Suzuki GSX-R150 & GSX-S150, PT Suzuki Indomobil Sales juga berniat menambah jaringan dealer yang tersedia… Nggak tanggung-tanggung, jumlahnya sekitar 200 jaringan dealer yang tersebar di seluruh kota di Indonesia lho Brosist!

14. Tambahan Bengkel Mitra Suzuki: Dan dalam rangka memperbaiki “kesalahan” mereka selama ini, selain bakal memperluas jaringan dealer, Suzuki juga berencana mengikat bengkel-bengkel pinggir jalan lain menjadi mitra bengkel mereka…Selain keuntungan yang diberikan langsung pada konsumen, bengkel-bengkel mitra Suzuki tersebut bakal mendapat keuntungan juga lho! Beberapa diantaranya adalah training spesial di markas Suzuki, diskon menggiurkan dalam pembelian spareparts, serta potongan hingga 50% untuk order special tools yang disediakan PT Suzuki Indomobil Sales.

 

Suzuki GSX-S150

 

15. Masih Ada Kejutan Lainnya: Dalam sesi perilisan tersebut, Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama, juga memberikan bocoran kalau masih ada 6 produk lainnya yang akan dirilis Suzuki di tahun 2017 ini… Asiknya, produk tersebut kabarnya bakal menyasar semua segmen yang kini tak dihuni line-up Suzuki seperti bebek hingga skutik entry-level lho Brosist. Apa saja? Kita tunggu aja ya kabar selanjutnya, stay tuned terus bareng EA’s Blog!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

Advertisements

28 comments

  • Revix

    Kang eno, gsx 250r bakal muncul g ya..

    • enoanderson

      Kemungkinan sih iya, tapi saya sih ngarepnya nggak… Sekalipun mau dipasarin sini, harganya kudu 40-43 jutaan baru deh juoss, hahahaa

      • Revix

        Sorry, saya yg salah.. kalo gsx 250 r made in taiwan kayaknya saya juga ga ngarep.. hehe.. tp yg saya maksud, gsx r250 2 cyl nya kang, kira2 ngaspal g ya..
        Kesian kita ni, ngeliat gsx r150 udah ngiler banget, tp apalah daya, fufi barusan di ambil.. nunggu 2 cyl nya aja dah hehe..

        • kolong langit

          Kalo ane sih ngarep..ga papa mesin masih sohc,nyang penting twin,dan harganya dibawah r25(kalo bs sama kaya ninja mono)..prnah ngeliat inazuma pake knalpot aftermarket,..suaranya mantap…ga bs dibedain yg mana inazuma yg mana ninja250..

      • Joy

        Mending vstrom lah, ga ada peminatnya kalo ngeluarin gixxer250

  • Revix

    Pertamax kang eno

  • Malesin

    GSX-R 150 udah ada di Kalsel, bahkan sudah ada jauh di pelosok Tabalong. OTR 29.700.000,- (promo). Sudah nyoba juga naik, agak kagok sama ukurannya yang slim (sehari-hari naik K45A yang tambun). Menurut kang Eno worth nggak K45A ditukar GSX-R?

    • dika davis

      Kalo sama k45a sih mnurut saya cukup worthed. Apalagi soal teknologi mesin dan performa (handling+berat), gsxr sih yakin mnang..hehe

      Feel gw pas nyoba gsxr : satria dgn handling dan kestabilan mantab. Sensasi feel ridingnya sih oke banget, trutama kalo dibandingin fairing 150cc lain yg skrg ada di pasaran (mungkin nnti trtandingi r15 v3)

    • enoanderson

      K45A ditukar GSX-R? Ya nggak worthed dong kang… Kalau bisa ya mending naik kelas, ke 250cc (twin-cyl) second misalnya

      • Malesin

        Hemat kang, buat ntar nikahan 😀 😀 😀
        Jadi baiknya ane tahan dulu aja ya…

        • enoanderson

          Walah buat nikahan, samaan dong ya, wkwkwkwk…
          Yup, di keep dulu aja, itu juga udah bagus kok… Tinggal modif dikit aja kalau bosen, IMHO

  • an.asiandude

    Waduh mantap, Suzuki 150cc = 150kmpj, Kawasaki tidak boleh kalah, all new Ninja 250 = 250kmpj. Kalo gaksanggup = gak layak beli hahahahaha

  • Firmansyah

    Kenapa yah pabrikan selalu klaim top speed sekian km/h padahal kalo menurut saya nih kang misalkan top speed motor 150cc itu 130-140km/h nah seberapa cepat motot tersebut bisa nyampe kecepatan segitu, kalo lebih cepat kan berarti aksel nya mantep kang. Kalo top speed tinggi misalkan 160km/h tapi butuh trek lurus 2 km atau misalkan butuh 30 detik buat mencapai top speed segitu ya kurang mantep aksel nya. Ini menurut saya loh kang

    • an.asiandude

      Yah bahasa marketing pak. Jualan speaker cuma slalu nulis watt maximal. Padahal di watt trsebut ada distorsi yg smakin besar, sama aja gak ditulis brapa prsen distorsinya. Yah maklum org marketing, yg penting raw number, detail dikurangi.

  • Joy

    Ngarep kalo suzuki mau ngeluarin bebek lagi nanti namanya shogun r150

  • goezman

    ah dulu cbr 150 juga bisa 155 kpj malah (katanya), GSX-R150 gak ada apa-apanya

    • enoanderson

      Betul, dan kemarin All-New R15 kata pebalapnya juga bisa sampai 152 km/h lebih, so not a good news!

      • goezman

        xixixixi…dinamika dunia blog kang. terus terang klo ane pribadi nganggap motor 150 cc 4 stroke (produksi masal) bisa 18-19 hp n top speed 140 aja udah terasa wow lho. RX-King aja yang 2 stroke ane cuma bisa nyampe 150an doang

  • mau yang GSX-150 tapi pake keylessnya GSR-150 bisa kah..?

  • ga tau kalo kang eno ada di citos kemaren, pengen tak temuin kang. kemaren cuma ketemu sama mbah dukun (satar) sama wak haji taufiq.

Tinggalkan Balasan