Advertisements
Triumph Moto2

Triumph Gantikan Honda Sebagai Penyuplai Mesin Balap Moto2!

Seiring dengan berakhirnya kontrak Honda sebagai pemasok mesin di ajang balap Moto2, banyak nama yang santer dikaitkan bakal menggantikan engine CBR600RR yang (sebenarnya) sudah discontinue di Eropa sejak 2016 lalu… Namun, yang paling berani & beruntung, adalah Triumph!

 

Pabrikan sepeda motor legendaris asal Inggris, Triumph, bakal kebagian jatah untuk ikut berperan pada kejuaraan Moto2… Mereka akan menjadi pemasok mesin, mulai musim 2019, menggantikan mesin Honda CBR600RR yang telah dipakai kelas “penjenjangan MotoGP” tersebut sejak tahun 2010 silam. Keputusan ini terkait dengan statement Honda yang tak ingin melanjutkan sebagai pemasok utama mesin Moto 2, serta promotor balap Dorna Sports yang memutuskan untuk mencari alternatif baru untuk me-refresh balap Moto2 secara keseluruhan.

 

Seperti dilansir Motorsport, sebelum mencapai kesepakatan dengan Triumph, Dorna Sports sempat berkomunikasi dengan MV Agusta… Pabrikan asal Italia tersebut dinilai memiliki basis mesin yang cocok, yakni Inline-Triple (3 Silinder) 675cc yang saat ini digunakan MV Agusta F3 untuk ajang balap World Supersport Championship. Sayangnya, MV Agusta justru mengesampingkan proyek tersebut dengan alasan biaya yang terlampau tinggi.

 

Triumph Moto2 Engine

Triumph Inline-Triple Engine

 

Pendekatan kedua dilakukan pada Triumph… Dan kabar baiknya, mereka merespons baik proposal proyek yang diajukan Dorna. Mereka setuju untuk memasok mesin yang akan digunakan Moto2, dengan spek Inline-Triple (3 Cylinder) 750cc, dengan output power yang diperkirakan mencapai angka 162 HP.

Tak hanya memasok sekitar 200 mesin untuk seluruh team & kontestan yang berlaga di Moto2, Triumph juga sepakat untuk bertanggung jawab memberikan dukungan teknis yang dibutuhkan masing-masing team… Termasuk untuk menyegarkan mesin setelah digunakan dalam 3 race berturut-turut. Langkah tersebut bakal menjadi tahap penting bagi perkembangan Triumph untuk masuk ke kelas balap… Pasalnya selama ini pabrikan tersebut dikenal dengan merek yang “anti-racing” – meskipun sebenarnya mereka juga memiliki jagoan dikelas supersport, seperti Triumph Daytona 675.

 

 

Penandatanganan perjanjian secara resmi antara Dorna Sports & Triumph telah ditandatangani keduanya. Sementara terkait dengan pengumuman resmi, kemungkinan akan dilakukan pada putaran pembuka musim 2017, tanggal 26 Maret di Sirkuit Losail, Qatar… Nah, kita tunggu aja kabar baiknya yaa Brosist!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan