Advertisements
Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250

Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250, Mana Lebih Baik?

Satu hal yang jelas dan perlu Brosist ketahui sebelumnya, seandainya EA’s Blog punya budget Rp. 65 jutaan, (saat ini) saya nggak bakal pilih antara Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250, ataupun motor yang lainnya… Karena masih banyak keperluan lain yang harus diurus. Tapi apabila diminta memilih dan mengutarakan opini, mana yang bakal Kang Eno pilih?

 

Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250 – Balik ke era dimana kedua orang tua saya masih berambut curly dengan style pakaian yang colorfull & fresh, Pabrikan sayap mengepak dan geng-ijo coba menawarkan sesuatu kepada konsumennya di Jepang lewat Honda AX-1ย & Kawasaki KLE250 Anhelo. Kedua motor ini coba mengusung konsep Adventure-Bikeย dengan basic yang berbeda… Honda lewat motor enduro ala Rally Paris-Dakar, sementara Kawasaki memakai basis Ninja EX250 yang panjang umur. Mana yang lebih disukai? Nggak ada diantara keduanya yang benar-benar sukses! Karena pada akhirnya, kita dapat kesimpulan: Genre ADV-Bike sangat segmented.

 

2 dekade kemudian, kedua pabrikan yang disegani di Jepang tersebut membuat para pecinta otomotif mengalami deja-vu… Tapi kali ini bukan untuk market di negeri sakura, melainkan bagi konsumen di Zamrud Khatulistiwa, Indonesia. Diusung oleh 2 nama pabrikan yang sama, mengusung konsep yang sama, basis yang sama, serta sejarah yang sama – kali ini, mana yang bakal Brosist pilih antara Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250?

 

 

Desain & Detail

 

Honda CRF250 Rally Indonesia

 

Honda CRF250 Rally hadir dengan desain yang terinspirasi oleh Honda-HRC CRF450 Dakar – yang sama artinya dengan memaksa konsumen untuk berkata: “Anjr*ittt kereenn!” saat melihat sosoknya… EA’s Blog nggak terlalu menyukai desain beberapa produk Honda modern yang terkesan dipaksa tampil sporty, intimidating, dan seakan didevelop oleh anak usia 10 tahun. Tapi yang satu ini, To be honest, memang benar-benar UNIK! Dan karena keunikan tersebutlah kita sulit untuk memalingkan mata, apalagi sampai detik ini belum ada sosok yang bisa dijadikan “benchmark” untuk desainnya… Termasuk Versys-X 250 yang IMHO, kalah telak.

Detailnya juga nggak kalah fantastis… Headlamp LED Assymetric bak kacamata renang, Suspensi depan upside-down showa, Swingarm Alumunium Alloy, Velg 21-19 Inch Alloy Spoke-Wheels, Underseat exhaust, Hand guard, Kualitas finishing kelas atas, Full-floating disc brake – sulit untuk nggak jatuh cinta pada Honda CRF250 Rally dari pandangan pertama. Bohong kalau nggak ngiler ingin mencicipi unitnya, yang sekaligus jadi kekecewaan saya satu-satunya saat bertemu perdana dengan CRF Rally.

 

2017 Kawasaki Versys-X 250

 

Sementara itu, Kawasaki Versys-X 250 justru 180ยฐ kebalikannya… Jika Honda CRF250 Rally dibuat lebih slim, maka Versys-X 250 justru dibuat lebih melebar. Jika CRF Rally adalah motor enduro yang diubah jadi friendly ke jalan raya, maka Versys-X justru motor jalanan yang seakan dibuat friendly melibas trek enduro. Jika tinggi CRF Rally terkesan intimidating bagi saya yang 170cm, maka Versys-X justru dibuat bersahabat untuk yang tingginya tak sampai 170cm…

Detailnya juga nggak lepas dari kebalikan yang EA’s Blog bahas di paragraf sebelumnya… Jika Honda CRF250 Rally punya Suspensi upside down & Swingarm alumunium, maka Kawasaki Versys-X 250 (hanya) dibekali suspensi teleskopik & Swingarm “tahu” biasa. Jika CRF Rally memakai velg 21-18 + Ban ala Dual Sport, maka Versys-X 250 memakai velg 19-17 dengan ban bertipe Touring.

 

Desainnya nggak terlalu menarik bagi EA’s Blog, tapi bukan karena jelek loh ya… Itu karena saya lebih menyukai desain ala Ducati Multistrada yang ciamik, ataupun Versys 650 yang terkesan “Ninja-ish” untuk ukuran motor Adventure-Bike yang lebih mengarah ke street ketimbang enduro. Ya, inilah perbedaan terakhir antara Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250: Keunikan & Benchmark Desain!

 

 

Mesin & Performa

 

 

 

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, ketiganya mengusung basis mesin yang jauh berbeda satu sama lain. Kawasaki Versys-X 250 bakal mengusung mesin Inline-Twin 250cc berkarakter High-performance, sementara Honda CRF250 Rally mengusung mesin yang setara CRF250L/CBR250R โ€“ yang berkarakter torquey plus akselerasi tinggi. So, mana yang paling ciamik antara mesin Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250, Kang Eno?

 

Nggak ada yang paling cocok! Karena keduanya sudah lebih dari cukup untuk kebutuhannya masing-masing… Honda CRF250 Rally dengan power 24,4 HP bakal terasa kasar & ‘noisy’, namun mantap untuk kebutuhan melibas berbagai karakter jalanan. Sementara Kawasaki Versys-X 250 pastinya bakal terasa lebih lemot, namun lebih smooth, minim vibrasi, serta punya power yang mantap khas mesin twin-cylinder 250cc. Riding quality-nya pun bakal serupa, CRF250 Rally bakal terasa lebih lincah dan agresif, sementara Versys-X lebih stabil dan nyaman.

 

 

Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250: Pilihan EA’s Blog

 

 

Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250

 

Oke, akhirnya kita masuk ke poin yang paling ditunggu-tunggu! Mana yang Kang Eno Pilih antara Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250? Kalau buat saya pribadi, Honda CRF250 Rally tentunya jadi pilihan yang nggak bisa ditolak, mengingat apa yang ditawarkan desain, detail, dan kualitasnya terasa jauh lebih mahal dari harganya yang hanya sekitar Rp. 62,9 Jutaan (OTR Jakarta)… Itu belum termasuk fakta, CRF Rally lebih valuable dari Versys-X 250 & KLX250 lho. Tapi untuk perbandingan kali ini, EA’s Blog lebih memilih Kawasaki Versys-X 250! Mengapa?

Simpel! Karena pada faktanya, Saat ini EA’s Blog adalah pengguna Skutik 110cc & Naked-Bike 250cc Single-cylinder – yang belum pernah merasakan seperti apa pelihara motor mesin twin-cylinder… Itu artinya, saya bakal merasa luar-biasa bosan kalau dijejali mesin short-RPM ala Honda CRF250 Rally, dan nggak bisa berhenti memimpikan punya motor twin-cylinder bersuara knalpot stereo yang “nagih” saat digaspoll. Meskipun saya berani bilang kalau CRF250 Rally lebih baik secara keseluruhan, tapi saya lebih prefer pengalaman baru, membuka halaman perjalanan baru bareng mesin stereo Versys-X 250…

 

 

Dan karena pasar keduanya segmented hanya untuk kalangan “motorcycle enthusiast”, saya yakin konsumen yang minat kedua motor ini pasti sudah punya alasannya masing-masing soal yang terbaik antara Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys-X 250… Dan saya yakin, setelah membaca artikel ini, Brosist juga pastinya bisa menentukan pilihan terbaik karena sudah memiliki alasan tersendiri mengapa harus memboyong CRF Rally, Versys-X, atau justru tidak keduanya. Iya nggak?

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

21 comments

  • john rambo

    Karna ditemoatku lagi musim acara jelajah gunung hampir tiap minggu….ya crf lah….tp kalo punya uang hahahaha

  • ademadan

    kalo mau ntar main ke kota malang kang, ane siapin motornya buat review, hehehe, tapi belum tau kapan datengnya versys x ane, katanya sih awal maret

  • sukupal

    Keduanya motor hobi, jadi pilihan tergantung hobi masing2.
    Tapi kalau saya punya duit lebih dan pengen pakai buat harian bakalan susah, soalnya tinggi badan cuma 165cm, apalagi jalur pp kerja yg unik, kalau pagi turun gunung dan agak sepi, tapi kalau sore pulangnya naik gunung dan macet, jarak pp 60 km lagi, matic jelas cepet jebol, bebek aja baru 2 th sdh geter semua body & mesin, butuh disposable bike 150 cc aja 2 th jual lagi spy depresiasinya nggak terlalu besar.

  • Gue

    Motor2 ribet, udah tinggi berat lagi . Tambah bagasi cocok buat mudik lebaran, khusus AKAP.

  • Somplak

    Motor adventure harus punya torque yg nampol bwt melibas jalan lumpur…buka gas dikit lngsng joooz…paling cocok…vote crf

  • Riyan

    Vote CRV eh CRF Rally

  • topman

    sama2 hobiis beda kondisi… misal owner jkt, kalo mau ngetrek jalur puncak 2 – Hambalang jelas enak CRF, tapi kalo turing ke Bromo jelas milih versys… seandainya disuruh milih, ya pilih dua2nya masih seandainya ini hehe… model pilih crf, nabung nunggu vstrom

  • Farid

    sebagian pengguna motor jenis ini justru memodif motornya yg berjenis naked bike menjadi adventure bike daripada beli adventure bike beneran yg harganya mahal…tapi adventure bike ori(bukan modif) walau lebih mahal dari naked bike tapi punya build quality yg bagus dibanding modifan dan spek yg cukup dan cocok untuk adventure bike

  • Andhi

    Vote for Crf. Paling cocok dgn kondisi aspal di republik tercinta yg semakin hari semakin hancur. Tapi ingat klo jatoh krn jalan berlubang ya biaya tanggung sendiri ya. Bayar pajak? Tanya kenapa?

  • miirr

    saya milih soib 400 adv kang huehe

  • bagolmeong

    Suka ama CRF tapi kaki tak sampai…

  • aing

    Viar Adventure 250 belum keluar y kang? Biar tambah panas

  • Akhirnya malah beli VIAR adventure….. :p

  • Yookee

    Beda segment kali ya. Ibarat suruh pilih Kawasaki KLR atau Versys 650. Sama sama adventure tapi beda segment.

    Tapi harga 60 jutaan sih biasanya masuk kategori OKB. Sebisa mungkin motor yg dibeli bs ngangkat pride sang empunya. Mereka gak ambil pusing ini motor genrenya apa. Yg penting jd pusat perhatian Dan Kalo ditanyain orang harganya berapa jawabannya bs asik bgt. ๐Ÿ™‚

    Mau off road beneran? Off roader cuma akan ngelirik KTM, Husqvarna, atau Yamaha CBU off road, yg udh jelas kemampuannya walau berharga diatas CRF/versys X sekalipun. Apalagi kalo tau harga Yamaha CBU off road yg luar biasa valuable mas. ๐Ÿ™‚

    • enoanderson

      Iya betul, buat harga 60 jutaan seharusnya sih calon konsumennya udah punya alasan masing2 buat boyong… Bukan kayak kelas 150cc 20-30juta yang masih banyak kebimbangan & antar produk cuma beda tifiss

  • Kalau nanti vstrom 250 hadir dengan spesifikasi sama dengan versys 250, gimana menurut kang eno ?
    #Vote vstrom 250

  • Setdah

    Preder versys x250..lebih long lasting desain n nyaman buat menjalajah n boncenger..apalg dua silinder…adem

  • Saya sih pilih Versys X tapi body nya CRF Rally kang.. ๐Ÿ˜€

  • dtk

    sehari2 udah bosen sama mesin torqy ala scorpio, fun memang, tapi setuju sama Kang Eno, butuh pengalaman beda supaya khasanah riding kita juga luas..
    apalagi setelah ngerasain Jakarta-Bali naik scorpio ngebayangin naik versys-x yang powerfull yet smooth pasti gurih2 enyoy..

Tinggalkan Balasan