Advertisements
All-New Yamaha R15 vs 250cc Second

Ada All-New Yamaha R15, Kok Nggak Bahas 250cc Second?

Gimana perbandingan All-New Yamaha R15 Facelift yang (konon) harganya diset Rp. 34-35 jutaan vs 250cc Second Kang Eno? Gimana perbandingannya dengan motor 1/4 liter secondhand favorit seperti Kawasaki Ninja RR Mono, Ninja 250 Karburator, atau Yamaha MT-25 Kang?? Koq EA’s Blog malah anteng-anteng aja sih di momen yang panas seperti ini??

 

Mulai dari e-mail, kolom komentar blog, pesan fanspage, akun facebook pribadi, sampai whatsapp – EA’s Blog diberondong pertanyaan yang isinya nggak jauh dari paragraf pembuka diatas… Perbandingan antara All New Yamaha R15 vs 250cc Second. Nggak heran sih, terlebih kalau melihat bocoran harganya yang diset Rp. 34-35 jutaan – dimana pada range harga tersebut banyak banget tipe motor 1/4 liter yang bisa Brosist pilih… Ada Ninja RR Mono, Inazuma 250, Z250SL ABS, Ninja 250 Karburator, bahkan hingga YZF R25 & MT-25.

 

Beda halnya dengan Suzuki GSX-R150 (Rp. 27,9 jutaan) – yang lawannya hanya Z250SL / (Old) CBR250R bekas, itupun kalau Brosist beruntung bisa menemukan unit yang masih dalam kondisi bagus di range harga tersebut.

 

Kawasaki Z250SL vs MT25 Yamaha

 

Balik ke pertanyaan sebelumnya: Mengapa Kang Eno nggak bahas 250cc Secondhand vs All-New Yamaha R15? Bukankah sewaktu rilis All-New CBR150R dulu Kang Eno jadi yang paling menggebu-gebu memperkenalkan segmen menggiurkan ini??

 

Yes! Pada momen perilisan All-New CBR150R silam, EA’s Blog justru menurunkan hype-nya dengan menjadi “kelinci percobaan” boyong 250cc Second – atau yang saat ini Brosist kenal dengan nama ZED. Efeknya menurut saya pribadi sangat luar biasa… Bukan efek menjatuhkan sang CBR150 terbaru (karena pada akhirnya tetap laris juga), melainkan pada konsumen 250cc bekas yang luar biasa antusias.

 

Nggak kehitung berapa banyak bikers yang akhirnya kepincut motor 250cc second, mulai dari Z250SL seperti EA’s Blog, Old CBR250R yang murah-merah, Ninja 250 Karburator yang menggoda, sampai MT-25 yang jadi favorit di segmen ini… Silahkan jujur┬ápada diri Brosist sendiri: Apakah Brosist termasuk salah satu yang kepincut? Padahal jujur saja, saya nggak pernah kepikiran sama sekali kalau ending-nya bakal seperti ini. Ciyus!

 

Motor Bekas

 

Tapi bersamaan dengan makin banyaknya orang tertarik “loncat kelas” ke segmen 250cc second, ada juga hal negatif yang mengikutinya. Pertama, EA’s Blog kewalahan menanggapi pertanyaan pilah-pilih motor 250cc second yang bejibun dan beraneka-ragam… Kedua, yang akhirnya kipas-kipas pakai gepokan uang adalah pengusaha motor bekas, sementara saya kerepotan urus biaya kuota internet untuk jawab pertanyaan pembaca – dan itu bikin ngiri banget euy, wkwkwk…

 

 

Yang terakhir, sekaligus jadi fokus utama di artikel ini adalah karena harga 250cc Second yang kini (entah mengapa) mulai naik dan jadi semakin tinggi. EA’s Blog mendapat update langsung dari rekanan dealer Mokas di wilayah Karawang dan sekitarnya… Khususnya untuk motor favorit seperti Z250SL, Z250 Twin, Ninja 250 Karburator, MT-25 & YZF R25. Bahkan sampai ke level 150cc Second juga lho! Entah ini disebabkan artikel EA’s Blog atau bukan, yang perlu digaris bawahi, saya justru sedih dan nggak bangga kalau ternyata artikel 250cc Second ala EA’s Blog malah berefek negatif pada harga dipasaran.

 

 

Well, sudah jelas kan alasannya? Perbandingan motor 150cc terbaru vs 250cc second dari EA’s Blog bukanlah sekadar bullsh*it, atau karena saya Fansboy merk H, Y, S atau K… Tapi karena EA’s Blog murni ingin memberikan opsi pada pembaca sekalian yang mungkin sudah jengah, dan bosan terhadap perkembangan motor 150cc yang monoton dan gitu-gitu aja. Tapi kalau ternyata artikel tersebut memberikan efek negatif, lebih baik sementara ini saya tutup mulut lagi deh… Menurut EA’s Blog, itu lebih baik daripada sekadar koar-koar moge second, ataupun moge 400cc second, tanpa tahu bagaimana rasanya jadi salah satu yang terlibat dalam pilihan tersebut…

Tapi jangan khawatir, Brosist masih bisa tanya-tanya langsung ke e-mail EA’s Blog koq!

 

All-New Yamaha R15 vs 250cc Second

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

18 comments

  • aobay

    nah….. intinya apa

  • kalau saya sih yess ­čśÇ

  • Stevanie

    Bagi kalangan tertentu inreyen atw INRIJDEN (belanda) adalah sesuatu yg tersendiri meski cm 150cc (toh PWR hampir mendekati) .
    Jadi smua opsi tergantung biker dan jumlah seberapa banyak digit di rekening.

  • B lmp

    Balik ke calon konsument mau pilih yg mna.. Djanda bohay250cc ato perawan tingting 150cc
    Klo harga 150cc fairing 35jt rasanya kok lebih milih djanda bohay yah misal ninja250karbu ninjaMono R25
    Tpi emg 150cc skrng banyak nawarin fitur.. Swg arm banana suspensi usd contoh di allnew r155… 2part itu yg gak ada di 250cc jdanda

  • Gusti Damikaze Ai Bushi

    Hmmm. . .Ratjoen khas ea gemess deh. . .
    Nanya ma neng AK aj deh pengen yg new atw old . . .
    #DilemaNewVsSecond

  • Zaki

    Kang request artikel komparasi tentang CRF250 Rally dan Versys 250 dong, secara sekarang dua duanya sudah diluncurkan secara resmi dan harga juga sudah diketahui. Biar kita kita yang tertarik dengan segmen adventure jadi punya gambaran motor mana yang mau dipinang. Hehe, nuhun ya kang.

  • joni

    Buat yang punya cash 30an juta mending beli N250 karbu/Z250 dan MT25, tidak disarankan beli Z250sl atau N250mono (mesin berisik makannya pada nutupin pakai knalpot racing, tarikan lemot,handling 150cc sektor kaki-kaki 150cc, kopling keras dan oper gigi keras, kipas radiator berisik / cbr250(terlihat murahan=tdk ada pridenya), kalau mau coba performa 1 cylinder 250cc KTM katanya kencang tapi bensin sejatinya nenggak Ron 100 Pertamax turbo hanya Ron 98 disampingnya itu siap-siap suara mesin berisik dealer jarang spareparts mahal dan indent

    favorit 250cc tanah air adalah 2cylinder fairing posisi ke dua nakednya tarikannya gak mengecewakan suara knalpot standar iramanya khas, kopling dan oper gigi empuk (lebih puas beli second 250cc 2 cyl dengan catatan siapkan uang service kalau beli bekas biasanya ada aja yang harus jajan gan dan jangan kaget walaupun pengabut bahan bakar injeksi fi bensin lumayan mendekati kata boros wajar sedikit kaget kalau baru naik kelas dari 150 ke 250cc, konsumsi oli juga beda + dana ganti filter oli )

  • Skidrow

    Jadi intinya, racun kang Eno manjur pake banget

    Xixixixi

  • Setdah

    Lg pengin mt25..brp ya,bekasnya??

  • Paijo

    Pasaran MT25 seken sekitat berapa om, penasaran juga kepengen juga

  • gus

    ini ditawarin z250 punya temen kantor. 40an boleh dicicil. km baru 3000.
    sygnya banyak kebutuhan lain

  • mending beli R15 atau Ninja RR second? atau bahkan Ninbu? Ninbu jelas lebih ok drpd R15 atau New CBR150

    wkwkwk

  • siapa bukan sih

    efek motor 150cc harganya makin lama makin tinggi

  • Surahman

    Ane kepincut ama mt25,tapi sekarang pasaranya berapa yoh?
    Buat temen2 yang mau beli second kudu hati2 juga,ada kasus beli mokas ketipu kinclong tampak luar eh mesinya ancur niat hatinmau beli murah eh baru berpa bulan dah turun mesin ngongkosin 12 juta,belum lagi balik nama,,,,tekor

  • Ammar

    Mokas ohh mokas …. ane kok masih belum bisa ninggalin rasa cinta ke nasir150 sp … udah 2 kali mau beli … yg satu mesin udah kena impoten … yg satu lagi nggak cukup dana …
    Walhasil masih setia sama rx-king keluaran 94

Tinggalkan Balasan