Advertisements
Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

Factory Visit PT. Suzuki Indomobil Motor… Yuk, Bedah Kualitas Motor Suzuki!

Setelah PT. TVS Motor Company Indonesia & PT. Astra Honda Motor, bertambah lagi satu pabrik produksi sepeda motor yang bisa EA’s Blog eksplor: PT. Suzuki Indomobil Motor… Apa yang membuatnya spesial dibanding produsen sepeda motor lain di Indonesia?

 

Beberapa hari kemarin, EA’s Blog, beserta rekan jurnalis & blogger lain berkesempatan mengunjungi pabrik Suzuki Indomobil Motor, Tambun, Jawa Barat. Lokasi pabriknya sendiri nggak terlalu jauh dari Terminal Bekasi, hanya 3-4 Km, atau sekitar Rp. 10.000 untuk naik ojek sampai ke lokasi… Meskipun sampai disana agak telat, tapi satpam & security-nya ramah, menunjukkan ruang Training Center yang jadi tempat berkumpulnya media & blogger… Poin pentingnya, saya nggak dicurigai sedang melamar pekerjaan – seperti saat liputan ke pabrik-pabrik sepeda motor lain, wkwkwkwk.

 

Masuk ke ruang pertemuan, media & blogger sudah memenuhi ruangan – berikut dengan para petinggi Suzuki Indonesia (2W) yang sedang memberikan opening sentence, serta arahan terkait syarat dan ketentuan di dalam area pabrik… Poin penting yang saya ingat betul adalah dilarang berbicara atau melakukan kontak dengan operator produksi, plus dilarang menggunakan kamera apapun kecuali di area assembling & gudang.

 

Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

 

Sebenarnya saya nggak yakin S&K tersebut bisa terpenuhi, apalagi kalau ada operator cewek yang bening-bening, hahahaa… Untungnya, dari awal hingga akhir sesi factory visit, di dalam ruang produksi PT. Suzuki Indomobil Motor cuma ada operator pria. Nasib…!

Karena luas plant produksi sepeda motor di PT. Suzuki Indomobil Motor ini sekitar 14,1 hektar – which is soooo huuuugeee – akhirnya para media & blogger harus menaiki bus untuk keliling area plant yang dikenal dengan nama “Suzuki Tambun 1” ini… Nurut saja deh, daripada EA’s Blog gempor dan tambah kurus. Iya nggak? Setelah memakai helm ala insinyur, pelindung tangan, kacamata, serta walkie-talkie khusus, let’s gooo!

 

Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

 

Sampai ke area produksi, kami mengunjungi area produksi komponen berbahan dasar logam… Disinilah tempat dimana bagian Tangki, Frame, Swingarm, Knalpot, serta Velg Jari-Jari motor Suzuki Brosist sekalian diproduksi. Materialnya nggak main-main lho Brosist! Untuk tangki BBM Suzuki GSX-R150 misalnya, dibuat menggunakan plat setebal 1,6 – 2,1 mm, yang kemudian di “pressing” menggunakan cetakan & mesin press super gambot, sehingga jadilah 2 bagian tangki (kanan-kiri). Setelah itu, 2 bagian tangki BBM ini melalui proses “welding” alias pengelasan (pakai las argon khusus) untuk menyatukan kedua cetakan tangkinya… Setelah dilas, tangki dicek satu-persatu kemungkinan kebocorannya menggunakan cairan khusus anti karat.

Untuk part yang difinishing chrome, bakal masuk ke proses selanjutnya yakni “plating”… Namun untuk part seperti tangki BBM GSX-R150 tadi, bakal langsung masuk ke tahap painting alias pengecatan. Di ruangan ini juga banyak terdapat stok frame semua tipe motor Suzuki yang menunggu giliran untuk dilanjut ke tahap produksi selanjutnya… Dan you know what, kualitas welding dan ketebalan frame Suzuki GSX-R150 & GSX-S150, Address FI, Satria F150 Injeksi, ataupun Satria F115 Youngstar, semuanya sama! Sama-sama rapi jali…!

 

 

Berpindah ruangan, kali ini kami memasuki area produksi part berbahan baku plastik. Yup! Ternyata Suzuki memproduksi sendiri semua part-part body yang terbuat dari plastik tuh Brosist… Bukan mengandalkan suplai vendor tertentu, seperti yang saya temui di beberapa produsen motor papan atas lain, tapi benar-benar dicetak sendiri sesuai riset dan kreasi sendiri… Hebat kan? Disini material bijih plastik diolah lewat mesin khusus yang berfungsi mencetak part body… Prosesnya bernama “injection” – dan hampir 80% dikerjakan oleh robot canggih.

Hasilnya? Amazing, plastik bisa langsung dipakai proses assembling/painting tanpa melalui pemotongan dan penghalusan sedikitpun! Plastiknya pun solid dan tebal (pake) banget…! Setelah part body sukses dicetak, plastik bertipe ABS akan melaui proses painting… Sementara itu, untuk part body berbahan Plastik Polypropilena (PP) atau yang terkenal dengan nama ‘shibo pattern’, bisa langsung dipakai untuk proses perakitan.

 

 

Untuk proses perakitan mesinnya gimana tuh Kang Eno? Ternyata, proses produksi mesin semua tipe motor Suzuki dikerjakan di Plant Cakung, Jakarta, tuh Brosist… Jadi di Suzuki Tambun 1 ini, part mesin yang disuplai oleh Plant Cakung sudah dalam keadaan utuh dan siap geber. Wah, padahal EA’s Blog penasaran banget sama engine powerful milik Suzuki GSX-R150 euy!

Sementara untuk part alumunium seperti Behel belakang (rear grip), Velg Cast-wheel, Tabung Suspensi, dan lain-lain, gimana tuh Kang Eno? Untuk part tersebut, Suzuki mempercayakan kepada vendor-vendor lokal tuh Brosist… Apakah bisa dibilang sebagai sebuah kekurangan? No! Karena PT. Suzuki Indomobil Motor hanya memilih vendor dengan nama besar yang sudah teruji bertahun-tahun dan lewat pengawasan Quality yang terbilang tinggi… Seperti Enkei untuk velg cast-wheel, serta Showa untuk Suspensi (CMIIW).

Selain itu, nilai kandungan lokal untuk Suzuki GSX-R150 sendiri sudah 96% tuh! Yang berarti 96% part serta unit yang dipakai di Sportbike terbaru ini adalah part produksi Indonesia. Baik itu yang diproduksi sendiri oleh Suzuki ataupun oleh Vendor lokal lainnya… Beberapa unit yang masih didatangkan secara impor adalah Master Rem, serta Injector Unit.

 

 

Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

 

Kembali berpindah ruangan, kali ini adalah area khusus perakitan (assembling)… Disinilah tempat semua part yang diproduksi dan EA’s Blog jelaskan sebelumnya bakal dirakit menjadi sebuah sepeda motor yang utuh. Mulai masuk sebagai frame doang, hingga terakhir menjadi Suzuki GSX-R150 – tangan-tangan terampil operator produksi PT. Suzuki Indomobil Motor mengerjakannya dengan perlahan dan hati-hati. Setiap 60 detik, satu unit Satria F150 Injeksi lahir… Sementara untuk GSX-R150? Hanya berdurasi 90 detik tuh Brosist…! Dalam satu jam, 37 unit GSX-R150 lahir, atau sekitar 296 unit per hari (1 shift kerja), atau sekitar 8.000-an unit saja perbulannya.

Koq sedikit banget Kang Eno? Tenang, Suzuki belum gaspoll koq Brosist! Karena saat kunjungan Factory Visit kemarin, Suzuki Tambun 1 masih berjalan dalam 1 shift… Jika dalam 2 shift, kalikan 2 kali lipat, dalam 3 shift? Kalikan saja 3x lipatnya. Apa nggak bisa digeber lagi produksinya tuh Kang meskipun cuma 1 shift? Mungkin bisa, tapi sepertinya Suzuki ogah melakukannya, lantaran bakal mempengaruhi kualitas motor mereka sendiri… Ingat & Catat, Kualitas dan Kuantitas sangat-ngat-ngat sulit untuk bisa berbanding lurus lho ya Brosist!

 

Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

Horeeee, Suzuki GSX-R150 nya brojol ke dunia…!

Factory Visit Suzuki Plant Tambun 1

Gaspol Masbroo!!

 

Setelah unit motor selesai melalui proses perakitan, unitnya langsung ditangani untuk oleh tim Inspeksi & Quality… Pada tahap ini, semua motor digeber sejadi-jadinya diatas mesin sejenis dynotest, di semua gear mulai 1-6, ataupun sampai topspeed di motor skutik. Setelah itu, motor dicek kelengkapan serta kepresisian antar partnya sebelum siap masuk ke ruang storage, dan kemudian didistribusikan ke konsumen Suzuki.

Dan sebelum didistribusikan, motor yang sudah dites sebelumnya pun kembali dites lagi di kondisi real… Yang EA’s Blog lihat, testrider Suzuki sedang geber-geber akselerasi, late braking, serta cornering di lintasan khusus test tuh Brosist. Wuih, komplit banget euy…! Masih meragukan kualitas Suzuki GSX-R150??

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

18 comments

Tinggalkan Balasan