Advertisements
Silicone Radiator Hose Honda CBR600RR

Benarkah Selang Radiator Silikon Mendinginkan Mesin Lebih Baik?

Bagi Brosist yang punya motor 250cc keatas dengan pendingin mesin berupa radiator, panas mesin tentu sudah jadi hal yang nggak aneh lagi… Seperti halnya hukum kausalitas (sebab-akibat), keduanya berada dalam dalam sebuah loop yang sulit dipisahkan. Dimana ada radiator, disitu ada panas mesin berlebih… Dan dimana ada panas mesin berlebih, disitu fungsinya radiator. Terlebih untuk motor 250cc yang sudah upgrade performa, atau kelas supersport hingga superbike, semuanya pasti punya problem yang sama: panas mesin.

Tiadakah solusi untuk mendinginkannya? Tentu saja ada! Dan salah satu yang sedang trending baru-baru ini, adalah Silicon Radiator Hose – alias Selang Radiator Silikon… Benarkah mampu mendinginkan mesin??

 

Pertanyaan yang sama juga diutarakan seorang pembaca EA’s Blog: “Selain Coolant, Oli & Swap Radiator, apakah Silicon Radiator Hose juga mampu membuat mesin motor jadi lebih adem Kang Eno?” … Pertanyaan yang bagus kan? Tapi untuk menjawabnya, mari kita simak dulu apaan sih penjelasan, keunggulan serta kekurangan Silicone Radiator Hose berikut ini. Cekidots!

 

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

Tuh, ZED pakai radiator hose standar OEM (rubber)

 

Kebanyakan motor di Indonesia, baik yang 150cc hingga 250cc, dibekali selang radiator standar yang terbuat dari karet (Rubber Radiator Hose)…. ZED milik EA’s Blog juga memakai tipe tersebut, dan bekerja normal sesuai kebutuhan. Tapi di kancah balap, World Superbike (WSBK) misalnya, semua tim menggunakan Silicon Radiator Hose di motor jagoannya masing-masing.

Apa perbedaan keduanya secara kasat mata Kang Eno? Tipe silicone radiator hose yang satu ini biasanya identik dengan warna yang bermacam-macam: Merah, Biru & Hijau adalah beberapa contohnya – sementara tipe standar (rubber/OEM) biasanya berwarna hitam.

 

Silicone Radiator Hose Honda CBR600RR

Silicone Radiator Hose Honda CBR600RR berlabel Samco, warna merah-nya keren pisaann!!

 

Kenapa harus pakai Radiator Hose yang terbuat dari Silicone, Kang Eno? Simpel! Karena ilmu bernama ‘Thermodynamics’… Silikon punya sifat menahan panas yang jauh lebih baik ketimbang karet (rubber). Selain itu, secara daya tahan, Silikon juga jauh lebih baik ketimbang karet. Ini jadi relevan, mengingat mesin motor balap biasanya “disiksa” sampai batas tertinggi, dimana temperatur mesin berada dalam kondisi sangat ekstrim. Dan karena hose berbahan karet hanya sanggup menerima tekanan hingga 130°C, akhirnya digunakanlah Silicone Radiator Hose yang diklaim sanggup menerima beban panas hingga 175°C.

Selain itu, dalam pemakaian yang terus-menerus, tipe radiator hose standar diklaim hanya mampu bertahan hingga 4-5 tahun… Dimana tipe radiator hose berbahan baku silikon diklaim mampu bertahan hingga 10 tahunan dalam sekali ganti. WOW!

 

Samco Radiator Hose

 

Terakhir, apakah Silicone Radiator Hose benar mampu membuat mesin jadi lebih adem Kang Eno? Itu benar adanya, tapi nggak signifikan! Karena pada dasarnya, hose ini hanya berfungsi sebagai media transfer cairan coolant dari seluruh bagian radiator ke mesin, dan sebaliknya… Sementara inti pendinginannya sendiri lebih bergantung pada Unit Radiator, Coolant & Oli yang Brosist gunakan.

Dan jangan lupa, hanya Silicone Radiator Hose berkualitas tinggi yang mampu memberikan hasil tersebut… Dimana banyak model abal-abal (baca: KW) lain hanya terlihat laiknya aksesoris pendongkrak tampilan, namun fungsinya bisa jadi malah lebih parah dari hose standar (karet)… Ini disebabkan karena proses produksi selang radiator silikon tersebut cukup rumit, yang berakibat harganya jadi jauh lebih mahal ketimbang versi OEM. Itu alasannya kita belum menemui tipe hose ini di motor 150-650cc sekarang ini!

 

 

Merk kenamaan laiknya Samco bahkan pasang harga sekitar $140, atau senilai Rp. 1,9 jutaan untuk 1 set silicone radiator hose Ninja 250FI. Bandingkan dengan merk lain yang bisa ditebus hanya dengan Rp. 300-750 ribuan saja… Merasa ada yang aneh? Yup, mungkin versi murah tersebut sama-sama berbahan baku silikon, tapi itu bukan berarti fungsinya bakal setara. Ingat, kalau Merk Kenamaan saja hanya bisa mengurangi sedikit panas mesin, gimana jadinya untuk yang versi hemat??

 

 

Kesimpulannya, jika Brosist adalah tipe rider yang berdompet tebal, kesal dengan panas mesin berlebih setelah upgrade performa, sekaligus ingin motornya jadi kelihatan tambah keren, maka Silicone Radiator Hose keluaran Samco atau Merk Branded lain rasanya boleh banget buat dicoba… Sementara untuk merk-merk versi ‘pahe’ lain saat ini belum saya rekomendasikan.

Tapi jika Brosist berdompet pas-pasan, dan ingin motor tetap adem, Bro-sist bisa alihkan perhatian utama ke produk Coolant yang lebih adem (Engine Ice/Pertamina Coolant), serta Oli yang mampu meredam panas mesin secara baik (Liqui Moly/Oli Diesel). Apa yang ditawarkan Silicone Radiator Hose tersebut untuk pendinginan mesin memang cukup menjanjikan, dan secara teori sudah nggak diragukan lagi deh pokoknya, tapi apakah worth it sesuai harganya? EA’s Blog fikir nggak demikian…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Advertisements

11 comments

  • bagolmeong

    Hadeeuuuuhh jangan yg KW daaahh. Kalo tu selang ampe pecah berabe urusannya. Itu aer panas 100°Celcius lebih bisa nyembur ke badan loh. Pengen gaya, kluar duit pulak, malah cilaka. Kalo ga mampu beli yg asli, yg standard cukup banget koq. Bener kata Kang Eno, mending engine ice kalo mau dinginin lbh baek, itupun aer yg lama kudu dikuras ampe kering dan bersih, kalo perlu flushingnya diulang2. Atau ganti radiator gede sekalian kalo punya duit lebih, asli significant pendinginannya itu. Modifikasi tu jgn maen2 dah kalo ga mau ciloko. Yg ada malah kluar duit ga karu2an…

  • jimmoth

    kang eno pake oli diesel juga kah?

    • enoanderson

      Sementara ini masih pakai Liqui Moly Street 10/40 kang… Kalo masa pakai sudah selesai, niatnya saya ganti pakai oli diesel yang bagus (Mobil 1 Turbo Diesel/Shell Rotella T6), dan bakal saya review full koq 🙂

  • fahlan

    kang eno salam kenal saya fahlan biker dari bekasi
    mau nanya klo nyari pertamima coolant dmn ya kang?
    nyari pertamina tiap dijalan saya pantengin kagak permah ada di rak
    apa disimpen belakang apa emang susah dapetinnya ya?

    • enoanderson

      Coba cari di SPBU Bekasi kota kang, yang gede dan persediaannya lengkap… Soalnya waktu itu temen blogger kita (mang ndesoedisi.com) nemu koq di Purwakarta 🙂

  • siapa bukan sih

    tampilan warnanya yang warna warni emang menggoda, tapi daripada yang pahe,mendingan yang ori bawaan pabrik deh

  • waduh motor gw pendingin udara bro… gak ada hose radiator nya. kepriweee iki? apa motor gw kw super karena gak pake hose radiator? teknologi buosok kah?

    T_T

Tinggalkan Balasan