Advertisements
Bajaj Pulsar 160 NS

Nih Dia Bajaj Pulsar 160 NS, Fans Indonesia Wajib Gigit Jari!

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Naked-bike entry level asal India ini mulai menampakkan diri (lagi) di Turki… Kenapa ditunggu? Well, karena motor satu ini berpeluang mampu mengobrak-abrik pasar motor sport berbanderol terjangkau, plus bikin fans Bajaj di Indonesia bakal gigit jari: Bajaj Pulsar 160 NS!

 

Berbicara tentang motor sport murah di Indonesia, saat ini pilihannya cuma ada 1: Honda Verza! Itupun sosoknya sudah terlalu outdated, dan terkesan ‘jadul’ apabila dikomparasi dengan Naked-bike lain dikelas yang lebih tinggi… Wajar, Verza memang tak mendapat update sejak momen perkenalannya 2013 silam, alias sudah 4 tahun tanpa ubahan – dimana motor lain sudah mendapat update signifikan baik dari segi fitur dan desain. Kabar buruknya, bersamaan dengan penjualan Verza yang kian menurun, segmen ini pun bakal ikut menemui akhir… Tapi, hal tersebut sepertinya nggak bakal terjadi jika Bajaj Pulsar 160 NS hadir ke Indonesia. Kenapa?

 

Bajaj Pulsar 160 NS

Bajaj Pulsar 160 NS (atas) & Pulsar 200 NS (bawah)… Mirip game tebak perbedaan gambar ya?

 

Yang pertama, silahkan Brosist amati tampilan fisiknya… Bajaj Pulsar 160 NS ini didesain bagaikan saudara kembar dengan sang kakak, Pulsar 200 NS – which is GOOD news! Mengingat (IMHO) desain 200 NS masih oke koq, masih terlihat ciamik sekalipun disandingkan dengan sport 150cc Indonesia masa kini. Sasis twinspar perimeter, monoshock, underbelly exhaust, velg Y-spoke, dll – bahkan banyak diantara part tersebut yang nggak bakal kita temui di sosok seperti CB150R atau NVA, iya nggak?

 

Styling keduanya pun begitu mirip, mulai dari garis desain, kaki-kaki, speedometer, area kemudi, buritan, bahkan hingga ke stripingnya… Secara kasat mata, Bajaj Pulsar 160 NS hanya minus cakram belakang (masih tromol) & karet bundar yang berukuran lebih mungil. Kerennya, hanya kedua part tersebut lah yang membedakan keduanya.

 

Bajaj Pulsar 160 NS

 

Di sektor mesin, sepertinya kolaborasi antara Bajaj-KTM bakal membuahkan hasil selanjutnya. Karena Bajaj Pulsar 160 NS bakal mengusung mesin terbaru hasil pengembangan mesin Pulsar 150, dengan kubikasi baru: 160.3 cc… Berbekal spesifikasi 4-Tak, Silinder Tunggal, SOHC 4-Valve, Pendingin Udara, plus Teknologi Triple Spark yang identik dengan sang kakak, Pulsar 160 NS diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 15.3 HP @ 8.500 RPM, plus torsi maksimum 14.6 N.m @ 6.500 RPM.

Meskipun nggak se-sangar bocoran spek yang pernah EA’s Blog publish tahun lalu, dan masih dibawah Naked-bike 150cc hi-end Indonesia… Tapi jangan pernah underestimate dulu terhadap sosok Bajaj Pulsar Terbaru ini. Jika dibandingkan kompetitor lain di segmen yang sama, Bajaj Pulsar 160 NS memiliki power-to-weight-ratio yang paling maknyus lho! Karena di kelas sport murah 150-160cc, rata-rata powernya hanya berkisar antara 13-14 HP saja. Keren kan?

 

 

Well… Bajaj Pulsar 160 NS rencananya bakal dirilis perdana di Turki beberapa saat lagi, sebelum nantinya juga bakal dijual di negeri asalnya, India. Gimana di Indonesia? Di Tanah Air, sosoknya berpeluang besar menjadi jawaban terhadap konsumen sport murah yang kini mulai beralih ke skutik, ataupun bebek 150cc… Sayang, lantaran Bajaj Auto Indonesia sudah terlanjur melarikan diri, plus kerjasama Bajaj-Kawasaki yang sudah berakhir tahun lalu, otomatis fans di Indonesia hanya bisa gigit jari…!

 

 

Spesifikasi Bajaj Pulsar 160 NS

 

 

GenreNaked Bike
Engine4-Tak, Silinder Tunggal, Air-Cooled
Kapasitas Mesin160.3 cc
Sistem Penyuplai BBMFuel-Injeksi
Sistem StarterElektrik & Kick Starter
Transmisi & Final-Drive5-Speed, Chain Drive
Max Power15.3 HP @ 8.500 RPM
Max Torsi14.6 N.m @ 6.500 RPM
Power to Weight Ratio0.1133 HP/Kg
Bobot Kendaraan135 Kg (Kosong)
FrameSteel Twinspar Frame
Suspensi DepanTeleskopik Fork
Suspensi BelakangMonoshock
Rem DepanCakram Hidrolik, Kaliper 2-Piston, ABS
Rem BelakangDrum Brake (Tromol)
Ban Depan100/80 -17 (MRF)
Ban Belakang110/70 – 17 (MRF)

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

 

Advertisements

7 comments

  • Ceberus

    Pertamax kang! Btw kalo di set harganya sedikit dibawah versa sih bisa jadi pesaing berat kang! (Kalo atpm balik lg & dealernya ada) XD

  • klo verza dikasih model new cb dipastikan new cb akan terbunuh dgn tragis..

  • Si pemimpi

    Leh uga nih, mantap.

  • Anonimus

    Gak ada yg salah dengan pulsar series (adalah kekurangan tapi wajar), yg salah itu pabrikannya karena melarikan diri meninggalkan tvs sendirian di negeri orang :v

    Btw, verza kenapa gak kunjung di facelift ya? Tapi kalo facelift jangan tahun inilah, biar ane gak sakit hati 😀

  • Denmaz

    Selama belum ada saingan verza tetap seperti itu.. mengingatkan kembali era 80-90an.

  • Visy

    Klo atpm n dealernya ada n bsa menjamin ktersediaan sparepart sih ok2 z, tp wktu ada dealernya z sparepart susah minta amvun. rumornya jg dlu katanya bajajnya “nakal” d indonesia msalah QC y klo g salah dlu waktu join kawi??? Prnah ada yg bkin artikel klo g salah

    resale valuenya jg ancur deh mang, pngalaman tmen ane bli p200ns (barunya 19jutaan klo g salah d dealer kawi) waktu dia mau jual lg d tawar2in 10jt (masih kinyis2 n umur baru 2taunan lebih lah) bnyak yg mikir 10x buat nebusnya termasuk ane hehehehe. Mesti bner2 yg suka tu motor n g ada rencana ganti minimal 5taun k depan heheheheh

  • Bravura

    org indonesia biasa pilih motor 150cc yg ada pendingin cairannya
    megapro aja yg sejenis dengan pulsar diatas udh koma gara2 penjualannya cuma 600 unit/tahun skrg
    apalagi org indonesia agak gaenak gitu sama brand india, bajaj keluar dan (hampir) masuk lagi
    fix penjualan 0

Tinggalkan Balasan