Advertisements
motor-terlaris-2016

Top 10 Motor Terlaris 2016, No Drama At All…!

Berharap TVS & Suzuki ada di puncak penjualan motor terlaris 2016? Berita semacam itu mungkin bisa didapatkan di dunia parallel universe, dunia dimana saya jadi milyuner ganteng nan rupawan, dan Aura Kasih bertugas ikat tali sepatu EA’s Blog… Tapi di dunia ini, di Indonesia, bicara tentang motor terlaris 2016? There’s no drama at all!

 

Tahun kemarin, penjualan motor mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2015. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), ada 5.931.285 unit sepeda motor dilepas ke pasar otomotif Indonesia… Yup, 5,9 juta unit! Sebagai perspektif akan betapa besarnya angka tersebut, jika setiap motor punya luas 1,4 m2 (Panjang 2 meter x Lebar 0,7 meter), maka Brosist bisa membuat pulau seluas 8,2 juta m2 (atau 820 hektar) menggunakan motor yang terjual di 2016… Amazing!

 

Jadi, sekalipun ada penurunan penjualan dari 6.480.155 unit di tahun 2015, menjadi 5.931.285 unit di 2016… Satu hal yang jelas, angka tersebut masih tergolong sangat-ngat besar! Hanya berselisih 69 ribuan unit dari target penjualan motor 2016 yang ditetapkan di angka 6 juta unit. Kenapa bisa turun Kang Eno? Simpelnya, jangan tanya kepada saya – tapi tanyakan pada diri Brosist sendiri: Apakah Brosist salah satu yang ‘menyumbang’ dari angka tadi? Jika tidak, WHY??

 

Motor Terlaris 2016

 

Dan yang kerennya, semua pabrikan yang tergabung dalam AISI (Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki & TVS) juga kompak mengalami penurunan dalam hal penjualan. Tapi untuk deretan motor terlaris 2016, nggak ada yang mengejutkan dalam list tersebut… Penguasanya masih tetap Honda, kemudian disusul Yamaha, dan Kawasaki, dan kemudian Suzuki & TVS. Serta untuk tipe yang menjadi motor terlaris 2016, ceritanya juga tak jauh berbeda, no drama here! Nih dia list-nya… Cekidots!

 

 

10. Yamaha Fino : 148.554 unit

 

 

Yamaha Fino Blue Core

 

Jangan tanyakan EA’s Blog, justru saya yang bingung mengapa Yamaha Fino bisa masuk top 10 motor terlaris 2016… Karena IMHO, seharusnya Jupiter MX King yang jauh lebih layak masuk kedalam list kali ini – sekaligus jauh lebih bagus juga secara konsep, harga, hingga value yang ditawarkan. Tapi ya-sudah-lah, mungkin banyak yang terlanjur stress inden Scoopy eSP, kemudian berpaling ke Fino yang ready stock… Just my 2 cents!

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Membagi varian All-New Honda Scoopy 2017 menjadi 2 versi: Velg 12 & 14 inch, kemudian memperbanyak target penjualan, sekaligus mengurangi inden menyebalkannya… Soon, Yamaha Fino bakal seperti lagu Andra & BackBone yang berjudul “Musnah”. I like that song, maksudnya bukan suka Fino Musnah, tapi kira-kira begitulah, hahahaa…

 

 

9. Honda Supra X125 : 151.822 unit

 

 

Honda Supra X125 2017

 

Mantan “Raja Motor Bebek” yang kehilangan libido-nya ini ternyata masih sanggup bertahan di list Motor Terlaris 2016… Setidaknya, cukup untuk mengobati kepedihan motor bebek yang kini prosentase penjualannya cuma tersisa 10% di industri Roda 2 Indonesia. Selebihnya, nggak ada yang spesial… EA’s Blog juga nggak mau berlama-lama bahas yang nggak spesial, takut ketularan.

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Apapun produk menarik berkapasitas mesin 110-150cc, plus berbanderol dibawah 20 jutaan, dijamin bakal membuat posisi mantan motor terlaris di Indonesia ini berubah jadi legenda…

 

 

8. Honda CB150R Streetfire : 152.263 unit

 

 

5 Motor Terburuk 2016 versi EA's Blog

 

Setelah menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2015 silam, perlahan pergerakan New Honda CB150R Streetfire mulai terasa stagnan… Poin paling diingat tahun 2016? Keputusan nonsense Honda merilis CB150R Special Edition livery Racing Red, yang langsung masuk ke list “Bad Bike of The Year”. Meskipun belum bisa mengalahkan penjualan New Vixion Advance, tapi pencapaiannya not bad lah…!

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Idem seperti list No. 7

 

 

7. Yamaha New Vixion Advance : 153.128 unit

 

 

Motor Terlaris 2016 - New Vixion Advance 2017

 

Sang “Raja Motor Sport” masih setia menempati singgasananya, meskipun kini kondisinya sudah menua, batuk-batuk, bahkan dikabarkan sesaat lagi menemui ajal… Poin paling diingat tahun 2016? Persis seperti CB150R, Yamaha juga jadi kelihatan “guyon” saat merilis New Vixion Advance Special Edition – yang dibekali USB Charger plus plastik-plastik tambahan senilai Rp. 1 jutaan.

 

 

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Sudah! Tinggal diam, duduk santai dan nikmati saja duel antara New CB150R vs New Vixion Advance di tahun ini. Karena percaya nggak percaya, kalau nggak ada 2 motor ini, industri roda 2 bakal nggak ramai.

 

 

6. Honda Revo FI : 159.465 unit

 

 

Motor Terlaris 2016 - Honda Revo FI

 

Again, motor boring yang masuk list motor terlaris 2016… Tapi sekali lagi, ini kabar bagus untuk spesies motor bebek yang mulai terancam punah ditahun 2017.

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? The End of Motor Bebek di Indonesia… Brosist menginginkannya? Semoga saja tidak.

 

 

5. Yamaha NMAX : 254.826 unit

 

 

Motor Terlaris 2016 - Yamaha NMAX

 

Mungkin ini jadi salah satu kabar paling mengejutkan dari info yang sebenarnya nggak ada unsur kejutan. Jika dirata-rata, Yamaha NMAX terjual lebih dari 21 ribu unit perbulannya lho… 21 ribu Bro! Dan jangan lupakan juga kalau Maxi-scoot satu ini adalah produk (non-sport) paling mahal yang ada dalam list kali ini, mengingat harganya saat ini menembus angka Rp. 25 – 30 jutaan, untuk versi STD & ABS. Kurang gokil apa lagi coba??

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Well, ehemm, Honda PCX Lokal pastinya… Tapi jangan lupakan juga potensi Kamikaze yang dimiliki Aerox 155, karena mau dibilang bagaimanapun, psikologis harga Yamaha NMAX adalah salah satu yang paling potensial terkena imbasnya.

 

 

4. Yamaha Mio M3 : 389.852 unit

 

 

Motor Terlaris 2016 - Yamaha Mio M3

 

Entah ini cuma Yamaha Mio M3 atau justru sepaket dengan Mio Z, tapi pada faktanya, penjualangenerasi penerus Mio-series ini terbilang lumayan lah yaa… Karena mau diakui atau tidak, produk inilah satu-satunya yang bisa menyelamatkan muka Fansboy Yamaha saat membahas tentang Market Share. Dan kalau sudah berbincang tentang Market Share, itu tandanya nggak ada kata lumayan… Mio-series harus dirombak lagi tahun 2017 ini! Harus!!

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Jika Yamaha nggak mampu merombak Mio-series jadi lebih baik ditahun ini… Tapi sejujurnya, itu skenario yang nggak mau EA’s Blog temui. Kenapa? Memangnya disini nggak ada yang kasihan ke Fansboy Yamaha gitu?

 

 

3. Honda Scoopy eSP : 528.622 unit

 

 

honda-scoopy-esp

 

Salah satu skuter matik favorit EA’s Blog masuk list motor terlaris 2016, Horee…! Padahal kalau mau dibahas lebih spesifik, skutik yang satu ini sudah banyak mendapat info negatif dari para pesaing, plus punya penyakit inden yang seakan tak pernah sembuh. Tapi pada akhirnya? Rata-rata 44 ribu Honda Scoopy eSP laris-manis setiap bulannya lho Brosist… Which means, 44 ribu konsumen pun rela inden berminggu-minggu demi Scoopy. Speechless…!

 

 

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Jujur, bukan itu yang saya takutkan. Yang saya takut justru angka penjualan tahun 2016 kemarin hanya sebagai permulaan… Permulaan sebelum All-New Honda Scoopy 2017 dirilis ke pasaran – yang berpotensi membuat konsumen Indonesia jauh lebih gokil lagi kedepannya…

 

 

2. Honda Vario-Series (Vario eSP, Vario 125 & Vario 150) : 1.306.600 unit

 

 

vario-125-black-green

 

Efek yang diberikan Vario eSP terhadap penjualan Vario-series secara keseluruhan mungkin tak terlalu signifikan… Tapi kalau berbicara tentang Vario 125 & Vario 150? Nah, ini adalah duet produk paling sensible, satu-satunya, dan yang paling direkomendasikan untuk diboyong tahun 2016 silam. Kalau pernyataan EA’s Blog barusan disebut lebay, so what!? Ada Brosist yang menyarankan boyong skutik useless-nonsense seperti Aerox 125?? No thanks…

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Brosist pasti sudah tahu jawabannya kan? Yup, The Mind-Bending: Yamaha Aerox 155 VVA.

 

 

1. Honda BeAT-Series (BeAT eSP, BeAT POP & BeAT Street) : 1.814.600 unit

 

 

new-honda-beat-esp-2016-funk-red-white

 

Itu artinya sekitar 30% motor yang terjual di tahun 2016 kemarin adalah Honda BeAT. Saking banyaknya, bahkan Brosist bisa menutupi seluruh komplek Gelora Bung Karno hanya menggunakan BeAT-Series yang terjual di 2016… Bloody hell!

Apa yang mampu membuatnya keluar dari list Motor Terlaris 2017? Nothing! Kecuali beberapa teori dari pembaca EA’s Blog tentang kebangkitan moda transportasi masal, Aerox 155 yang dibanderol setara BeAT, ataupun ‘Weapon of mass destruction’. Which is, semuanya nggak masuk akal…!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

Advertisements

29 comments

  • jimmoth

    Loh… motorku koq ga masuk kang..

  • Odi

    Ngakak deh pas baca beat kayaknya ga bisa keluar dari daftar

  • haneswara

    Beat unbeatable…

  • 6 dari 10 motor laris Honda,skrg bikin 10 motor berkualitas yang harganya masuk akal donk kang eno biar nyentil pemimpin pasar!! Untung maksimal kualitas minimal

  • robotic.munky

    2 hal paling bodoh di artikel ini, aura kasih cuma bertugas sebagai pengikat sepatu, n aerox155 seharga beat…..

    • enoanderson

      Plus sebagai reminder kalau betapa bodohnya tema artikel ini, which is (di media lain) terkesan seperti mengajak konsumen pilih produk yang itu-itu saja…

  • Handi

    Waduh kang eno kayanya benci amat ama yamaha fino

    • enoanderson

      Bukannya benci, cuman menurut saya MX King lebih pantas masuk ke list kali ini… Supaya generasi mesin 125cc Bluecore lekas diupdate

      • Dohc dagelan

        Ane kesel sama ymh….kenapa ymh fino tdk pakai ban yg ideal….seperti 90/90.
        Kalau scoopy nanti ada pelk 12 ” dan ymh fino pake uk ban 90/90 berarti lagu ” kamu ketahuan ” bakal hit lagi.
        Dan kenapa basic ymh vino 50 cc jpn mampir di sebelah ?

  • aldy

    Scoppy s12 udah masuk dalam target neh kang buat temenin nmax gw… gara” ada bisikan bakal brojol ring 12 jadi wait yg ini aja drpd yg current scoopy…

  • Edi

    Kang Eno FBH tulen, terbaca dari bahasa artikelnya mengangkat honda dan menjatuhkan yamaha.

  • Visy

    Ngeri bacanya, 6juta unit per tahun. Pantes z Indonesia makin macet g ketulungan.

    Btw mang eno walo telat makasih udh ada artikel penerus thunder cruiser kmaren. Skedar reminder buat suzuki bahwa msih ada usernya yg setia g ganti2 motor karna menunggu produknya yg reliable (g d jual maksute walopun udh bli motor lg hehehe) slama 11taun (ane punya thunder 125 buat oprasional tiap hari) wlpun nyari sparepart susahnya minta ampun k dealer jg. (msa mau bli footstep z cuman ada sbelah d kota ane, sbelahnya lg ane mesti nyari d bandung, emang bini ane mau d suruh jd boncenger akrobat pke satu kaki?????WTH)

  • Intermezzo dikit, ane suka baca bagian “Ada Brosist yang menyarankan boyong skutik useless-nonsense seperti Aerox 125??”

    Hahahahaha, sebagai salah satu dari segelintir orang ngawur yang ngga waras karena membeli Aerox 125; ane paham banget tuh kang..

    Aerox 125 emang motor ngga waras, dan ngga layak buat direkomendasikan.. Terus kenapa ane beli? Yah, biar berasa ekslusif tanpa harus mahal.. Ane beli karena udah feeling dari awal, ini motor pasti ngga laku.. Bakal dikit banget yang nyamain di jalan.. Wkwkwkwk..

    Duhh, pengen share review pemakaian belum sempat nih kang, ditunggu yah.. Lagi digodok artikelnya.. 😀

    • enoanderson

      Can’t wait for that kang, saya cuma suka desainnya Aerox 125… Yang warna merah-gunmetalnya apik, sayang konsep & engine-nya nggak jelas arah tujuannya… Plus lawannya metik paling sensible, Vario 125, bubaran deh, wkwkwk
      Can’t wait for that kang…. 🙂

  • Tvs

    Di dunia lain,banyak artikel yg pada intinya “susah utk mnmukan kekurangan” produk tertentu.tp di sini…Busetttt…Suguhan makanan tanpa vetsin yg berlebihan !!! Utk kalian yg bth referensi produk yg pure,di sini tmpatnya. udah selevel sm autonetmagz kang eno.lanjutkan….

    • Abdullah

      Ini komentar yg paling keren, sy setuju banget. Bagi bro-bro diluaran sana yang pengen dapat artikel yg pure tanpa jilat sana jilat sini, cuma warung kang Eno yg nyediain.

      Maaf kang baru berani komen setelah bertahun-tahun jadi silent reader. 🙁

  • Wah nasib motor bebek gimana ya nanti? sepertinya juga tidak ada perkembangan yang signifikan untuk segmen ini. Jujur masih setia sama motor bebek dengan kopling otomatis.

    • Surya

      Tos dulu ah.. sesama pemakai Bebek standar. Mnurut ane , Selama penjualan nya masih lumayan, pabrikan (terutama H&Y) bakal terus memproduksi si Bebek . Walawpun gak ada model baru. Jadi ya,,nasib nya masih bisa bertahan..

      Penasaran juga sih sama pabrik S yg mulai menggeliat,, bakalan rilis bebek entry level ga yah ?Minimal ikut meramaikan lah.. tambahan opsi bagi konsumen.. Kasian Vega-Jupi &Revo-Supra/Blade ,gada temen baru di jalanan. .. atau malah main di SuperDuck? Nyaingin Mxking&GTR150 gitu? Shogun 150 mungkin? ane sih berharap bgt klo itu bneran terwujud.. menurut kang Eno gimana ?

Tinggalkan Balasan