Advertisements
Suzuki GSX-R150 vs Suzuki GSX-S150

Suzuki GSX-R150 Lebih Laris Dibanding GSX-S150, Nih 5 Penyebabnya!

Sejak genre naked-bike & sportbike 150cc booming medio 2010 silam, genre Naked-bike selalu jadi unggulan dalam hal penjualan… Secara market, nggak pernah ada yang namanya Sportbike mampu mengalahkan Naked-bike di kelas 150cc. Tapi, sebuah anomali nampaknya berlaku bagi duet Suzuki GSX-R150 & GSX-S150!

 

Berbeda dengan market 250cc, dimana penjualan Sportbike 1/4 liter mengungguli genre Naked-bike, kelas 150cc justru berlaku kebalikannya… Di kelas yang lebih bersahabat, Naked-bike dianggap lebih murah, praktis, dan valuable. Jadi nggak heran kalau penjualannya bisa 2:1, atau di beberapa kesempatan malah bisa tembus 3:1. Nah uniknya, pasca dirilis via IMOS 2016 lalu, penginden Sportbike Suzuki GSX-R150 justru jauh lebih banyak ketimbang GSX-S150 yang notabene Naked Bike! What the hell happen?

 

Berdasarkan data yang dipublikasi detik.com, dari 600 penginden duet sport 150cc tersebut, sekitar 70% nya memesan Suzuki GSX-R150… Sedangkan 30% sisanya memesan GSX-S150. Dan yang lebih unik, pihak Suzuki juga merasa aneh dengan data yang mereka dapatkan… Karena menurut mereka, seharusnya GSX-S bisa jauh lebih laris ketimbang saudara sportbike-nya tersebut.

“Sementara ini masih dominan tipe R (Suzuki GSX-R150) sekitar 70:30 lah. Saya juga nggak tahu kenapa nih mestinya banyak yang S (GSX-S150) tapi ini cukup aneh,” ujar Department Head Marketing & Sales 2W, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya, via detik.com.

 

 

Suzuki GSX-R150 vs Suzuki GSX-S150

 

Tapi kalau Brosist sering-sering berkunjung ke blog sederhana ini, hal tersebut seharusnya sudah nggak aneh lagi… Karena di Award 2016 versi EA’s Blog silam, Suzuki GSX-R150 berpotensi masuk jadi “Best Bike“, sementara GSX-S justru jadi pesakitan di kategori “Bad Bike“. Tapi, itu bukan alasan satu-satunya… Karena EA’s Blog masih punya 5 jawaban lain untuk pertanyaan: Kenapa Suzuki GSX-R150 justru bisa lebih laris Kang Eno?

 

– Karena Suzuki GSX-S150 menggunakan basic milik GSX-R150 yang bergaya Sportbike tulen. Naked-bike yang laris biasanya punya konsep desain & ergonomi tersendiri, dan hanya mencomot basis frame & engine dari Sportbike.

– Karena momen perkenalan Suzuki GSX-R150 & GSX-S150 yang bersamaan… Segala kelebihan yang dimiliki GSX-S jadi tertutup oleh kehebohan GSX-R150, yang faktanya, memang lebih brilian…

– Karena harga keduanya tak terlampau jauh… Bocoran terakhir menyebutkan harga resmi Suzuki GSX-R150 berada diangka Rp. 29 jutaan, sementara GSX-S dibanderol Rp. 25 jutaan. Dengan perbedaan hanya sekitar 4 jutaan, EA’s Blog nggak perlu sebutkan lagi mana yang lebih valuable & menarik untuk diboyong Brosist sekalian… Hal ini mengingatkan saya tentang apa yang terjadi dikelas 250cc.

 

 

– Karena Suzuki GSX-S150 belum mendapatkan promosi dan product knowledge yang memadai… Berbeda dengan GSX-R150 yang bahkan sudah gembar-gembor sejak sebelum momen perilisan. Bahkan beberapa komentator juga menyebutkan kalau saat ini baru GSX-R yang sudah diproduksiĀ masal di Pabrik Suzuki.

– Karena data tersebut hanya sebatas data inden… Bisa saja data penjualannya nanti berbeda kan? Iya nggak Brosist?? Meskipun to be honest, EA’s Blog pribadi nggak ingin hal tersebut terjadi, supaya Suzuki bisa bangkit sepenuhnya, nggak setengah-setengah, dan bisa kembali menunjukkan ke produsen lain “Who’s the boss!”.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

Advertisements

14 comments

  • Si pemimpi

    Ya gak aneh juga sih kang, you know lah arti klan gsx, untuk para speedfreakers pasti banyak yg lebih memilih versi R, yg mungkin untuk versi S masih kalah dengan pabrikan lain yg and again desainnya lebih baik di mata konsumen, well maybe sih. The Power of “GSX” name!

    • enoanderson

      Berarti butuh redesign ulang nih ya, yang GSX-S??

      • zzz

        Redesign perlu utk headlamp gsx s. Ttp mayoritas suzuki buyer adalah speed freak . Jd emang varian nanggung krg laku

      • Apa Aja Boleh Asal Bagus

        Bener kang GSX S, harus desain ulang tuh, dari bodi belakang dan headlamp yg bikin nafsu berkurang. Masa motor naked yg bonceng susah bgt terlalu tinggi dan headlampnya katro bin maksa kesannya, ayo lah suzuki jgn setengah setengah bikin produknya, biar ada saingan sm yg lain, bosen sm yg lain soalnya.wkwkwkwk

  • gt SD files suril

    Dengan harga segitu pangsanya gsx-s masih segmen menengah bawah, dimn mayoritas pembeli dr segmen ini beli naked bike buat harian & mungkin jd motor satu2nya, bakal dpke buat kerja, ke pasar, dagang, anter jemput anak istri, boncengan lbh dr 1 orang, angkut brg, kondangan, dsb.

    Ga usah ngomongin tampang dulu, dari buntut & jok saja ini motor sudah menciderai peluang suksesnya sendiri dengan menghilangkan sisi kepraktisan & kenyamanan yg slama ini udh jd resep naked bike buat bisa laku di kelas ini.

  • Tachibana Rider

    Kata “…Saya juga nggak tahu kenapa nih mestinya banyak yang S” dari marketing dept. menunjukkan kenapa pernah lahir satria youngstar dan menjawab kenapa dealer sijuki pada colaps. Produk sijuki banyak bingits yg menawan hati, ngiler klo itu bisa ada di indo.. nyatanya,,.. Ya jangan salahin kita yg gagal ‘mampir’ klo mereka aja gagal paham.

  • karena beli suzuki itu buat ngebut (tapi di mana?). dan fairing lebih sesuai untuk tujuan itu

  • gsx s tuh headlamp, kurang anu. duh ga enak nyebutnya :v

  • banteng bodas

    “Saya juga gak tahu kenapa”, saya saranin sibapak cuci muka biar seger, banyak2 makan wortel juga biar matanya sehat

  • semoga suzuki bangkit, sehingga dunia permotoran di indonesia makin rame šŸ˜€

  • nis

    klo menurut ane bukan cuma karena bentuk jok yg egois dan ergonomi yg terlalu sport aja… bocoran harga juga pengaruh… 25 koma sekian terlalu mepet ke cb dan vixy… mending ambil 2 itu yg brand nya kuat daripada bertaruh ke suzuki… apa lagi rata2 konsumen naked adalah orang yg pake motor buat harian, butuh reliabilitas dan harga second yg ga jatuh… sijuki sebaiknya sadar bahwa walo punya nama besar, saat ini market share dia kecil dan segmented banget.

  • Wah moga2 bner2 bangkit nih si juki, tiap merk ad plus, minus & ciri khas masing2

    Klo mnurut ane si juki ini emang udh banyak yg tau lah yaa ciri khas nya kenceeng, body berkualitas, spare part mahal sih tp berkualitas jg

    Tp kelemahan si juki jg khas bgt yaitu suka labil, desain kdang bagus kdang gitu lah

Tinggalkan Balasan