Advertisements
All-New Honda Scoopy 2017

All-New Honda Scoopy 2017, Ekspektasi & Realita!

Pertengahan tahun 2010, Scoopy dirilis untuk para kaum hawa yang ingin tampil beda… Imbas dari kondisi BeAT yang saat itu lebih banyak dipakai kaum adam. Varian warna pink adalah bukti yang nggak bisa Brosist bantah. Tapi faktanya, jelang kehadiran All-New Honda Scoopy 2017, waiting list-nya justru lebih banyak diisi MasBro-MasBro sekalian…

Baca Updatenya: All-New Honda Scoopy 2017 Dirilis, Nih 10 Fakta Menariknya!

 

Sejak update ke pengabut BBM Injeksi (PGM-FI) 2013 silam, Scoopy perlahan jadi tumpuan utama line-up skuter matik Honda. Penjualannya mungkin masih kalah banyak dari BeAT & Vario-series, tapi urusan permintaan nggak usah ditanya lagi deh! Bisa boyong skuter matik ini tanpa inden, bagi EA’s Blog sudah merupakan prestasi tersendiri… Membuat “Mbak cungkring” bernama Fino terpaksa jual diri di emperan. Sedihnya, karena masih nggak laku juga, akhirnya do’i pilih bunuh diri…. The End. Sementara Scoopy? Tahun ini justru permulaan untuk sesuatu yang lebih besar: All-New Honda Scoopy 2017!

 

Tapi seperti biasa, bukan EA’s Blog namanya kalau cuma kasih harapan palsu. Karena kita bakal bahas All-New Honda Scoopy 2017 secara ekspektasi konsumen, serta berdasarkan realita yang ada di lapangan… Cekidots!

 

Desain & Detail

 

 

All-New Honda Scoopy 2017

 

Ekspektasi: Bagian penting yang menjadi fokus di All-New Honda Scoopy 2017 adalah Velg Cast-wheel mungil berukuran 12 inci, plus ban berukuran gambot… Sementara desainnya, konon nggak bakal berubah terlalu ekstrim dibanding versi yang saat ini dijual. Nah, jika selama ini konsumen Indonesia iri hati terhadap Scoopy Thailand (S12) yang sudah berbekal velg imut, kali ini fans-nya di Indonesia bakal kebagian juga tuh! Asik kan?

 

Realita: Soal desain, Scoopy yang saat ini dijual EA’s Blog fikir sudah lumayan oke koq! Dan masih lebih bagus juga apabila dibandingkan dengan kompetitornya, Yamaha Fino Blue Core… Padahal desain Scoopy ini sudah sejak 2013 lho! Bandingkan dengan Fino yamg baru diperkenalkan setahun silam. Sementara untuk mesin, nampaknya All-New Honda Scoopy 2017 masih setia menggunakan mesin 108cc eSP – ala BeAT Series.

 

Spesial untuk Velg 12 inci-nya, menurut EA’s Blog ini hal yang patut diapresiasi dan layak diacungkan jempol… Pasalnya, model kaki-kaki tersebut bisa jadi trendsetter, dan jika sukses nantinya bisa diikuti oleh produsen-produsen lain. Tapi sekadar mengingatkan, makin kecil lingkar velgnya – meskipun makin imut & eyecatching – tapi disisi lain makin besar pula risikonya.

Terutama saat menghajar lubang dijalanan, meskipun dibekali ban gambot, tapi secara teori efek guncangan yang diterima pengendara juga bakal meningkat… Silahkan Brosist bandingkan sendiri antara skutik velg 16 & 14 inch dengan ukuran ban yang setara, mana lebih nyaman? Tentu yang diameter velg-nya lebih besar dong!

 

 

Fitur Terbaru

 

 

 

Ekspektasi: Dari sisi fitur, rencananya All-New Honda Scoopy 2017 bakal mendapat beberapa fitur-fitur terbaru… Mulai dari LED Headlamp, Panel Speedometer Baru, ECO Indikator, bahkan ada juga rumor yang mengatakan Scoopy Terbaru bakal menerapkan Keyless Ignition (Honda Smart Key) laiknya yang diterapkan di New PCX150 2017… Ebuset, banyak banget yaa?

 

Realita: LED Headlamp, ECO Indikator dan Instrumen Speedometer baru sepertinya adalah hal yang logis diterapkan di All-New Honda Scoopy 2017… Karena toh, New BeAT eSP pun sudah mendapatkan update tersebut di varian terbarunya. Tapi untuk Keyless Ignition alias Honda Smart Key nampaknya masih terlalu jauh euy!

Pasalnya, skuter matik yang dibanderol lebih mahal (Vario 150) pun belum menggunakan fitur tanpa kunci kontak tersebut… Meskipun sebenarnya sangat dibutuhkan, jika mengingat Scoopy adalah satu motor favorit curanmor.

 

 

Harga All-New Honda Scoopy 2017?

 

 

All-New Honda Scoopy 2017

 

Ekspektasi: Dengan update desain, detail, serta fitur yang bejibun tersebut, yang diharapkan selanjutnya tentu banderol harganya yang tetap terjangkau… Jika saat ini Scoopy dibanderol Rp. 16,8 jutaan (OTR Jadetabek), maka kita harapkan banderol All-New Honda Scoopy 2017 nantinya nggak lebih dari Rp. 17 jutaan.

 

 

Realita: Jika ingin lebih realistis, bocoran update Scoopy Facelift Terbaru yang makin ciamik tersebut pastinya bakal dibarengi dengan kenaikan harga. Pertanyaannya: Berapa kenaikannya? Oke, mari kita lihat kasus update-update line-up skuter matik Honda sebelumnya. Jika harga New BeAT eSP naik sekitar Rp. 400 ribuan dengan ubahan desain, detail & fitur terbaru… Maka besar kemungkinan All-New Honda Scoopy 2017 nantinya bakal dibanderol lebih mahal dari Rp. 400 ribuan dibanding versi yang dijual saat ini.

Plus jangan lupakan juga soal kenaikan pengurusan Biaya STNK yaa Brosist… Hal tersebut nggak cuma mempengaruhi harga Scoopy saja, tapi juga seluruh motor yang dijual di Indonesia. Yang artinya, peluang Scoopy Terbaru dibanderol lebih dari Rp. 17 jutaan – sangat terbuka lebar.

 

 

 

Well… Meskipun demikian, skutik yang satu ini sangat layak untuk masuk daftar waiting list Brosist yang selanjutnya… Karena menurut EA’s Blog, saat ini Scoopy adalah skutik terbaik di kelas entry. Dan updatenya nanti jelas bakal membuat sosoknya makin tak tersentuh kompetitor… Tinggal tunggu keputusan banderol yang pas, maka yang satu ini siap jadi kontender utama “Best Bike 2017” versi EA’s Blog.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Loading...

 

Advertisements

21 comments

  • saitama gundul

    di kampung ane lumayan laku motor ini kang
    biasanya yg bawa abg smp – sma

  • Fajri

    Keduax 😀
    Btw. Scoopy.. modelnya thailand bangeet :v

  • bagolmeong

    Dicat kuning jadi Minion ini motor

  • Kalo mata saya mah enakan liat fino yg warna putih jok coklat, cewe banget. Tp sayang ukuran banya cungkring

  • Tvs

    Cukup punya satu aja matic,bwt filtering di kemacetan sih oke,tp bgtu ktmu jln yg berjerawat dan polisi tiduran atau speed trap…Ampun dah…Gk mau lg,gak tertarik kang.

    • enoanderson

      Saya juga jadi kepengen lagi punya metik, buat nyantai & kalo macet2an… Mudah2an ada rejekinya, Sikupi atau Aerox 155, aamiin 🙂

  • tiap gw berangkat kerja selalu ketemu scoopy warna cream, klo berkendara nya gokil abis. kek gak ada rasa takut, pernah gw uber pake SOHC Yamaha dispeedo 80kph itu cewek msh gaspoll terus, hard brake belok ngelawan arah truk ambil kiri…

    gaya berkendara nya cadasss… scoopy cocok buat kebut2an.

    • enoanderson

      No, posisi setang & bantingan bodinya kurang enak, lebih cocok buat selow & pamer modif/kinclong2an…. Mau ngalay lebih asik bawa BeAT.

  • robotic.munky

    jujur aja sih saya nunggu scoopy 2017, buat motor harian pengganti beat 2009 yang sekarang saya pake.
    so… wait n see aja dulu liat wujudnya, ga tau deh bakal sabar nunggu ga saya (nunggu realese n nunggu indent)

  • Fuad

    Mantap, Nabung dulu deh. Di Banjarmasin banyak cowo yang makai tuh scoopy.

  • Erlan

    scoopy , cozy bgt kyk nya drpd fino

  • ARD89

    Kang eno,Mungkin nggak bakal ada scoopy versi 150cc 12 ” common part vario 150..?

  • Alem

    Nunggu nih motor buat istri gan, ban nya kecil imut kaya vespa. Mau beli vespa matic dealer resmi di kota ane ngga ada. Ya beralihlah ke Jepang .hahaha

  • yuda

    kira kira kapan min keluarnya honda scoopy faselift

  • poho

    mudah2an malah semua matic Y & H harganya turun hahaha gara2 vonis bersalah monopoli penentuan harga 🙂

  • Mulai ke lain hati

    Kang eno…request review…
    Scoopy pelek 12 di compare dgn yamaha vino 50 cc ,keren mana ?

  • Bukan komentator bayaran

    Kalau tdk salah duluan produksi fino.kelamaan launching disusul scoopy yg langsung rilis.tau sendiri rilis ymh dan honda.jadi seolah plagiat.
    Fino sudah p4 ,scoopy baru assy manufacture….
    Ymh budeg lagi coba kalau desain yamaha vino 50 cc masuk pnp bluecore 125..bisa tambah revenue nya…
    Apalagi ada varian yamaha VINO 50 cc,100 cc dan 125 cc…buat startup biker ladies

  • Kujira 12

    Salah kang eno….( fokus jgn inget terus aura kasih).
    Yg di sebut oleh ymh mata mata yg genit…di babat tanah jawa berlaku.
    Duluan fino…di thai jg sdh eksis…
    Cuman info tele sandi bocor….
    Di dahuluin launching scoopy…
    Sama sama 2013….

    Tak ada satu pun bloger yg berani review
    Scoopy vs yamaha VINO 50 CC/125 japan.bukan fino 125

Tinggalkan Balasan