BMW Vision Next 100

Nih 5 Motor Konsep Self-Balancing Yang “Nggak Bisa Jatuh” !

3. Yams Transformer

Yamaha Motobot

 

 

 

Berbeda dengan list lainnya yang berupa sepeda motor… Teknologi self-balancing yang satu ini justru disematkan pada sebuah Robot – namanya adalah Motobot dari Yamaha. Konon, mereka mengembangkan robot berwarna biru ini sebagai penantang bagi pembalap Team Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi… Dengan harapan tak hanya mampu mengalahkan ‘The Doctor’, tapi sekaligus juga memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuat motor otonom – alias tanpa membutuhkan pengendara.

 

Yamaha Motobot

 

Sebagai bukti keseriusan mereka menggarap Motobot, Yamaha telah mengirimkan stafnya ke Silicon Valley pada Mei 2014 dan secara resmi membuka laboratorium pada bulan Agustus setelahnya. Sejauh ini, Motobot sudah berhasil memindahkan gigi, mengoperasikan kopling, gas hingga menikung di kecepatan yang lumayan tinggi.

Valentino Rossi yang sempat berduel dengan Motobot di Track pun terkesima melihat pencapaian Yamaha… The Doctor bahkan diminta masukannya oleh para insinyur Yamaha untuk memberi masukan yang akan menjadi rekomendasi pengembangan selanjutnya bagi Motobot.

 

 

Meski fitur self-balancing nya belum berfungsi maksimal, dan masih membutuhkan 2 buah besi penyeimbang disisi kanan-kiri… Tapi bukan hal yang nggak mungkin nantinya Yamaha sukses mengembangkan kestabilan bagi motobot – dan mampu menciptakan rider otonom yang bahkan bisa ngebut di Sirkuit… WOW!

 

Yamaha Motobot

 

17 comments

Tinggalkan Balasan