Advertisements
BMW Vision Next 100

Nih 5 Motor Konsep Self-Balancing Yang “Nggak Bisa Jatuh” !

Intro

Kabar baik! Brosist nggak bakal lagi ‘jatuh bego’ diparkiran karena kehilangan keseimbangan ataupun nggak kuat menahan beban motor yang berat… Karena kedepannya, produsen roda 2 berikut ini mengembangkan sepeda motor dengan teknologi self-balancing – yang bisa seimbang tanpa membutuhkan rider sekalipun.

 

Brosist sekalian punya Smartphone Android atau iPhone? Saya yakin deh Bro & Sist pasti punya yang lebih baik dari HP Tiongkok RAM 512 MB seperti kepunyaan EA’s Blog… Kalau punya, pernahkah mencari tahu tentang fungsi 2 sensor yang ada didalamnya: Accelerometer & Gyroscope? Yup, salah satu fungsi 2 sensor tadi adalah untuk mendeteksi gerakan serta level kemiringan, serta semua hal yang berhubungan dengan efek gravitasi terhadap smartphone yang kita gunakan. Keduanya bisa mendeteksi saat smartphone berada dalam kondisi portrait (vertikal), landscape (horizontal), ataupun saat mendapatkan guncangan dan perubahan kemiringan.

Kalau nggak ada 2 sensor yang EA’s Blog sebutkan tadi, mustahil smartphone Brosist bisa main game balap yang dikendalikan dengan gerakan layar, dan kita bakal kerepotan saat ini mengubah tampilan landscape ke portrait karena nggak punya sensor yang mengatur level kemiringan.

 

BMW Vision Next 100

 

Pertanyaannya: Bagaimana kalau kedua sensor yang sangat sensitif tersebut digunakan pada sepeda motor agar bisa seimbang tanpa perlu pengendara?? Well, baru-baru ini Honda memperkenalkan konsep Motor Self-Balancing, dengan fitur yang diberi nama “Honda Riding Assist”… Dan ternyata, Honda bukan satu-satunya produsen yang mengembangkan teknologi tersebut lho! Masih ada lagi konsep motor serupa yang bahkan nggak kalah brilian. Nih dia 5 Motor Self-Balancing yang bisa seimbang sendiri, alias ‘nggak bisa jatuh’ ! Cekidots…

 

 

Advertisements

18 comments

Tinggalkan Balasan