Advertisements
MDS Super Pro vs KYT Enduro

Pilih Helm Supermoto Terjangkau: MDS Super Pro vs KYT Enduro !

Jaman sekarang, Helm bukan lagi sekedar pelindung kepala – Tapi juga sekaligus piranti fashion bagi para bikers di tanah air… Itu sebenarnya bagus, Karena bakal makin banyak pemotor yang makin sadar akan vitalnya fungsi benda yang satu ini. Nah, Saat helm berdesain standar sudah mulai membosankan alias gitu-gitu saja, Hadirlah 2 nama baru dengan desain bergaya supermoto yang keren abis : MDS Super Pro vs KYT Enduro. Mana lebih layak dipilih ?

 

Desain

 

 

MDS Super Pro vs KYT Enduro

 

Mengusung tampilan bergaya Supermoto yang keren abis, Bohong kalau cuma sedikit yang mendambakan kedua helm ini… Ya! Begitulah faktanya, Mulai banyak bikers yang memakai, atau malah bertanya ke EA’s Blog soal perbandingan yang terbaik antara MDS Super Pro vs KYT Enduro. Secara tampilan, menurut EA’s Blog – MDS Super Pro tentu lebih “sangar” ketimbang KYT Enduro yang tampil lebih kalem.

MDS Super Pro dibekali moncong atas helm yang lebih panjang dan keren, Berbanding terbalik dengan KYT Enduro. Begitupun dengan moncong dagu keduanya, Helm supermoto lansiran MDS lebih ciamik dilihat dibanding produk besutan KYT. Akan tetapi semuanya berbalik 180° bila membandingkan soal kelir warna… Ya, MDS Super Pro dibekali 2 pilihan warna : single-tone & corak yang nampak biasa-biasa saja, Berbeda dengan KYT Enduro yang hadir dengan kombinasi corak warna yang apik !

 

MDS Super Pro : 8

KYT Enduro : 7

 

 

Kualitas

 

 

 

Sebagai helm yang dibanderol dibawah Rp. 600 ribu-an, Kualitas antara MDS Super Pro vs KYT Enduro tidaklah seburuk yang dikira sebelumnya. Dengan standar SNI & DOT yang diusung, Baik MDS Super Pro ataupun KYT Enduro sudah sangat layak untuk penggunaan sehari-hari. Begitupun dengan fitur, Keduanya sudah sama-sama dibekali Double-Visor, Chin guard, Ventilasi, serta Bagian moncong / paruh helm atas yang berguna menghalau hujan & sinar matahari. Namun peribahasa “ada harga ada rupa” berlaku disini…

KYT Enduro yang dibanderol lebih mahal punya kualitas plastik yang terasa lebih solid (terutama di bagian paruh bagian atas), serta cat yang nampak lebih berkelas dibanding sang kompetitor, MDS Super Pro. Nggak cuma itu, KYT juga lebih unggul berkat penggunaan pengunci Double D Ring yang lebih safety, ketimbang MDS yang hanya mengandalkan Micro lock. Soal busa, Keduanya sama-sama empuk dan nyaman di kepala koq sobat goodbikers ! Dan perlu diingat, Sebelum membeli harus dicoba dulu ya, Karena kalau kekecilan atau kebesaran bakal berpengaruh ke kondisi kepala kita saat riding (cepat pusing, pegal di area leher, dan lain-lain).

 

MDS Super Pro : 7

KYT Enduro : 8.5

 

 

Rideability

 

 

MDS Super Pro vs KYT Enduro

 

Saat diajak riding, Keduanya saya rasa punya kelebihan & kekurangan masing-masing… Perhatian utama saya ada di MDS Super Pro yang nampak punya lebih banyak problem. Saat diajak riding, Helm supermoto ini masih menyisakan suara angin yang cukup bising di area dalam helm (dalam kondisi visor tertutup). Selain itu, saat di kondisi dingin (malam atau sehabis subuh pagi), Visor sangat mudah berembun padahal sudah tertutup rapat.

Bagaimana dengan KYT Enduro Kang Eno? Well, Suara hembusan angin memang masih terasa (mungkin ciri khas helm supermoto ya? entahlah…). Dan uniknya, Masih terdapat indikasi visor berembun saat diajak riding di malam hari, Meskipun perlu saya akui tak lebih mengganggu dibanding MDS Super Pro. Dan satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan sobat, Kedua helm ini terasa lebih berat dibanding Helm full-face standar lho. Mungkinkah keduanya janjian? hahahaa…

 

MDS Super Pro : 7

KYT Enduro : 7.5

 

 

Harga

 

 

MDS Super Pro vs KYT Enduro

 

Soal harga, Perbedaan antara MDS Super Pro vs KYT Enduro lumayan signifikan tuh Brosist… Saat saya survei ke kios-kios penjual helm di area Karawang dan sekitarnya, MDS Super Pro Single-Tone dibanderol seharga Rp. 420 – 440 ribuan saja. Sementara KYT Enduro dijual lebih mahal di angka Rp. 600 – 620 ribu… Perbedaan harga yang hampir Rp. 200 ribuan ini tentu bakal berpengaruh banyak ke segmen konsumen yang disasar (pemula), Yang sifatnya sangat sensitif terhadap harga. Dan saya pun setuju soal hal ini ! Mungkin itu alasan utama mengapa helm besutan MDS lebih banyak ditemui dijalan ketimbang produk kompetitor.

 

MDS Super Pro : 8.5

KYT Enduro : 7

 

 

Kesimpulan

 

 

 

Keduanya merupakan helm yang bagus dan valuable di kelasnya… Terutama bila Brosist ingin tampil beda di jalanan dengan styling ala Supermoto. Secara kualitas & rideability, KYT Enduro menawarkan sesuatu yang menawan berkat pengunci Double D-Ring serta faktor fun yang lebih mantap. Tapi saat berbicara harga, MDS Super Pro jelas tak bisa disaingi.

So, Jika punya uang lebih silahkan lirik KYT Enduro, Harga nggak pernah bohong tuh! Tapi apabila kondisi keuangan pas-pasan, MDS Super Pro tentu pilihan yang jauh lebih bijak…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

One comment

Tinggalkan Balasan