Advertisements
Yamaha YZF R15 Facelift 2017

Yamaha YZF R15 Facelift 2017, Ekspektasi vs Realita!

Beda dengan tahun 2016 yang jadi tahunnya 250cc, prediksi “mbah gondrong” mengatakan bahwa tahun depan adalah tahunnya motor 150cc… Dan salah satu kontender terbaru yang bakal meramaikan kompetisi tersebut adalah Yamaha YZF R15 Facelift 2017.

 

Setelah All New CBR150R & GSX-R150 dirilis ke pasaran, otomatis YZF R15 jadi yang paling terbelakang dikelas sportbike 150cc… Kalah desain dari Baby-CBR, plus kalah telak urusan performa oleh Baby-GSXR. Kalau diibaratkan, sudah jatuh tertimpa tangga, Kasian banget sih…! Mau nggak mau, suka nggak suka, seneng nggak seneng, pabrikan berlogo garputala dipaksa bergerak cepat untuk me-refresh sang Baby-YZF. Kenapa harus gerak cepat? Karena segmen pasar ini dihuni puluhan ribu konsumen perbulannya lho. Puluhan ribu! Saya yakin mereka nggak cukup bodoh untuk melepaskan begitu saja segmen sportbike 150cc.

 

Dan asiknya, pabrikan garputala memberikan sinyal jawaban dengan mempersiapkan Yamaha YZF R15 Facelift 2017! Apa saja hal menarik dibalik kehadirannya? Serta, apakah semua hal tersebut sesuai ekspektasi sebelumnya?? Yuk, kita bahas bareng-bareng…

 

Baca Updatenya : Yamaha YZF R15 Facelift 2017 Dirilis, Nih 22 Fitur Baru & Fakta Menariknya!

Desain & Detail Baru

 

 

Yamaha YZF R15 Facelift 2017

 

Ekspektasi : Berdasarkan bocoran spyshot yang dibeberkan blogger papan atas, kita bisa melihat banyak banget ubahan terbaru di Next YZF R15. Dengan desain yang benar-benar baru, plus detail keren seperti Suspensi upside down fork, Swingarm Banana-shape, Velg Y-Spoke, Speedometer full digital, dan seabrek yang lain – itu berarti Yamaha YZF R15 Facelift 2017 bakal jadi yang terdepan dalam urusan desain dong Kang Eno?

 

Realita : Yup, dengan segala ubahan yang disebutkan tadi, Next YZF R15 memang berpeluang untuk jadi yang terdepan dalam urusan desain… Bahkan berpeluang juga menjadi yang terbaik di kelas Sportbike 150cc secara keseluruhan. Tapi satu hal yang jelas, EA’s Blog nggak menilai sepeda motor hanya dari sisi desainnya saja… Begitupun konsumen diluar sana. Masih banyak hal yang harus jadi perhatian Yamaha kedepannya, seperti poin-poin pembahasan dibawah ini.

 

 

Mesin Baru = Performance Leader

 

 

Yamaha YZF R15 Engine

 

Ekspektasi : Dari sudut timur kita dengar rumor bahwa Yamaha YZF R15 Facelift 2017 bakal menggunakan platform mesin baru berkonfigurasi DOHC 4-Valve… Sementara dari sudut barat, kabar yang berhembus justru menyiratkan kalau sportbike yang akrab dijuluki YZF R15 v3 ini bakal mendapat update mesin SOHC 4-Valve + Teknologi VVA – yang sebelumnya dipopulerkan Yamaha NMAX. Nah, dengan mesin terbaru ini apakah next YZF R15 berpeluang punya power terbesar dikelasnya Kang Eno?

 

Realita : Saat ini, 2 kompetitor terdekatnya (All New CBR150R & GSX-R150) masing-masing punya output power 16.9 HP & 19.1 HP dari mesin 150cc-nya… Itu berarti, jika ingin menjadi yang paling powerfull, Yamaha YZF R15 Facelift 2017 harus punya power diatas 19 HP dong? Sebenarnya, bukan hal yang mustahil sih… Tapi kalau mau sedikit realistis, risiko yang diambil Suzuki untuk membuat mesin yang sedemikian powerfull pun sebenarnya tak sedikit – khususnya di sektor pendinginan mesin & spek semi balap.

Dan (IMHO) menurut EA’s Blog, dengan power 17-18 HP pun bakal jadi update yang signifikan dengan mesin baru yang konon bakal diusung Yamaha YZF R15 Facelift. Dengan catatan, mereka tak boleh melupakan akselerasi maknyus seperti yang dimiliki pendahulunya. Sisanya? Biarkan EA’s Blog review performa mesin terbarunya…

 

 

Harga Terjangkau

 

 

Yamaha YZF R15 Facelift 2017

 

Ekspektasi : Dengan desain agresif nan sporty, detail yang superb, serta mesin terbaru yang bakal punya performa lebih baik ketimbang edisi sebelumnya… Gimana kalau nantinya Harga Yamaha YZF R15 Facelift 2017 bakal dibanderol lebih murah dari All-New CBR150R yang sekarang berada di Rp. 33 Jutaan? Misalnya, Rp. 31-32 Jutaan gitu?

 

Realita : Hellooo! Berharap sih nggak ada salahnya dan dipersilahkan, tapi kalau bisa lebih reallistis kenapa nggak? Karena saat ini Brosist juga harus melihat positioning harga Yamaha Xabre yang berada diangka Rp. 30 Juta (pas). Nah, mungkinkah YZF R15 terbaru yang lebih advanced bakal dibanderol beda 1-2 jutaan saja?? Harapannya sih demikian, meski kenyataannya agak pahit.

Karena faktanya, sekalipun nantinya Yamaha YZF R15 Facelift 2017 dibanderol setara dengan All-New CBR150R dengan banderol sekitar Rp. 33 jutaan, itu sudah cukup membuat EA’s Blog mengacungkan jempol koq! Karena dengan harga yang sama, namun perbedaan spesifikasi yang bak bumi-langit, YZF R15 terbaru berpeluang membuat sang Baby-CBR jadi sosok “Most disgusting bike in 2017”.

 

 

Market Leader Sportbike 150cc

 

 

 

Ekspektasi : Dengan segala kelebihan yang baru di Yamaha YZF R15 Facelift 2017, itu berarti bakal dengan mudah jadi market leader di segmen sportbike 150cc ini kan Kang Eno??

Realita : Menggusur Suzuki GSX-R150 tentu bukan perkara sulit bagi Yamaha, to be honest. Tapi untuk menggusur posisi Honda CBR150R yang jadi market leader Sportbike 150cc saat ini? Tentu bukan perkara semudah membalik telapak tangan! Yamaha harus banyak berbenah di sektor marketing dan promosi… Karena yang perlu diingat, dalam 2 hal ini Honda punya keunggulan mutlak lho. Yang saya maksud ‘berbenah‘, maksudnya adalah menghapus praktik ‘harus beli kredit’, serta memanfaatkan blogger sebagai salah satu sarana promosi… Promosi bukan berarti bayaran lho yaa, ingat dan catat!

 

 

 

Well… Kalau mau jujur, apa yang diusung Yamaha YZF R15 Facelift 2017 memang berpeluang besar menjadi “best-bike” tahun depan… Euforianya bahkan nggak kalah greget dari Yamaha Aerox 155 – yang juga EA’s Blog kagumi. Karena nggak cuma punya desain & detail yang bikin ngiler, tapi juga punya aspek harga yang masih relatif terjangkau bagi banyak kalangan konsumen tanah air… Sisanya, tinggal bagaimana Pabrikan berlogo Garputala memberikan finishing touch pada Next YZF R15. Good luck Yams!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

57 comments

  • dimdim

    Saya yakin soal desain Yamaha itu ajiiib..
    – full led
    – spido full digital, panel gear potition
    – dohc
    – banana arm
    – deltabox

    Kompetitor jadi old lagi.. wakakak..
    Oiya syarat dan ketentuan berlaku..
    Sebenernya syaratnya cuma 1: nggak budek!

    • enoanderson

      Tuh dengerin Yams: #JanganBudeg !

    • Siti aminatun

      lakuPoin dohcnya kayanya masih budek dan ngeyel. Skg kalo cixion ttp sohc masih maklum motor sport comuter .lha r15 motor murni sport masa overstrok sohc. Bkn masalah gimmick lg kalo dua kompetitor sudah dohc. Saya fans yamaha, tp kecewa sama managemennya yang budek dan clueless soal knp products mereka skg makin ga laku

  • han

    Kok disgusting mang Eno, disgusting = menjijikan. Typo kah. Moga gen motor ini tidak rakus oli

  • newbiefreak!!!

    mau DOHC ato SOHC bodo amat asal VVA!!!
    VVA harga mati!!! 😀
    soalnya itu kelebihan Yamahmud utk saat ini,,
    klo maksa DOHC tnpa VVA, apalagi SOHC tnpa VVA, jgn harap pasar akan merespon positip..

    oia, kalo bisa klakson standar nya TELOLET,,
    #janganbudeg dong yamsss! 😀

  • valen

    OOOMMMM “TELOLET” OOOMMMM

  • banyak yang udah nabung buat boyong ini motor, kalau ujung2nya wajib kredit, upping price, ya jangan playing victim yams.

  • B lmp

    Klo soal dsain ymha itu biasanya cakep kank… Ymha ahli di bidang kosmetik.. Wkwkwkwk

    Seandainya kombinasi deltabox+ usd banana arm.. engine dohc yg powerfull dsain racy ala ymha..
    Harga tidak terpaut jauh dri kompetitor bisa geger klas 150cc
    ….. Jdi inget judul artikel…
    Motor 150cc wae kok mesti geger cak..? hehe

    Pabrikan pengen untung besar.. Konsumen mau yg WAH harga MURAH..
    Rp34-35jt msh logis lah kank…
    Klo harga masuk akal mau lah nebus
    Coret gsx Dsain gak tega..hehehe

    • enoanderson

      Ini kita lagi ngomongin Yamaha atau Mustika Ratu sih kang? wkwkwk
      Ini jadi alert banget buat CBR150R nih, salah sendiri sih ya, bikin motor nanggung, saya nggak begitu suka pula, wkwkwk

      • B lmp

        Yg paling menghawatirkan sebenarnya bkn cbr150 kank.. Cbr150 katakanlah dsain skrng sdh kekinian ikutan racy kek r15 curent.. Bookmark nya dri r15 tuh ceber pnya nama besar honta pula.. Dengan fitul biasa ja harga 32 33jt ttp laris kan.. ?
        Nah si gsx ini yg bsa layu sebelum di jual udh mah dsain alakadarnya gak ada kesan wow samasekali cma modal engine doank.. Jual nya lama pula.. Bsa discountinue sebelum disribusi ini mah wkwkwkwk
        Lgian salah sijuki.. Dsainya kok gtu amat sih.. Knpa gak contoh dri moge nya GSX-R series tuh cakep” kan.. misal GSX-R600 2008 setuju kank?

        • enoanderson

          Nah saya kurang setuju, IMHO yang paling mengkhawatirkan itu CBR150R setelah gonjang-ganjing YZF R15 ini… Soalnya nggak punya keunggulan apa-apa sih, selain merknya. wkwkwk. Kalau penjualan mungkin beda cerita ya kang, saya mungkin bisa setuju sama akang. Tapi soal penilaian pribadi, mungkin GSX-R bakal punya nilai yg lebih baik ketimbang CBR150R.

          • Abdul Jalil

            Karena Mang Eno termasuk Speed Freak jadi menganggap mesin CBR 150 sekarang kurang mumpuni dari segi power. Heheheehee

  • haneswara

    Yang paling mengganggu dr R15 itu menurut saya cuma satu, kenapa sein depan kok ditaroh di bawah gitu ya. Apa cuma saya doang yg geli ngeliatnya (baru bisa liat, nggak beli motornya juga).

  • yams yams yams….. mmmmhhhh jadi lapveeeeeerrrrrrrrrrrr wkwkwkwkwkwkwkwk

  • rifkiplick

    wuiik, bahasanya “disgusting”, enggak ada segan2 nya… hehehe…

  • Somplak

    Jeleknya Yamaha tuh dealernya saklek…mentang2 baru konsumen GA dikasih diskon..pas GA laku baru diskon abis…untuk mesin vva tuh untuk menstabilkan power dan biar bensin irit…power puncak tetep 16hp…itu aja udah ngebul digeber 8000rpm

    • gw baru tau klo R15 itu ngebul, seinget gw sih NVL dan NVA udh gak ngebul

      :v

      • Konsumen

        Jadi inget NVA baru th 2014 baru,blm ada plat no.jok dibungkus plastik seperti baru dari dealer.
        Pulang kerja lihat nva masih kinyis kinyis blm ada plat nomor ngebul di blk gw.bawanya kaya kesurupan,20 kpj mesin di tarik rpm tinggi,gas rem gas rem.zig zag tdk sopan dan seperti di sengaja.
        Hoby ane bongkar mesin motor…langsung analisa visual dan bau.asap yg keluar itu oli terbakar.motor baru tdk mungkin begitu kecuali ring seher kompresi patah atau oil sel klep bocor.sebelum diproduksi masal ada tahapan test internal dan eksternal.lha ini motor masih jok plastiknya belum di copot sdh ngebul…heran…100 baru dari dealer.
        Iseng sambil jln pulang ane ikutin dan karena macet.ane tertinggal…
        Selang berapa menit….ketemu pas motor itu sama ridernya parkir di sebuah bengkel biasa dgn temannya….
        Oh my good……
        Motor Nva baru keluar dealer tanpa plat warna hitam,lagi di isi semacam oli mesin ke tangki bensin…nya.merek oli nya tdk terbaca,cuman warna hijau…
        Ah mungkin itu bensin di masukin ke tempat oli….ane berhenti di pingir bengkel pura pura ngecek tekanan ban motor ane,ingin pastikan oli atau bensin.ternyata oli mesin dimasukan ke tangki bensin.
        Kenapa motor baru di masukin oli dan apa maksudnya ?
        Kalau itu konsumen/pemilik nva yg lakukan ane anggap orang itu bodoh dan goblok.
        Kalau ada maksud agar ” eksebisi ” bahwa motor Nva baru gress “ngebul ”
        Itu adalah trik yg keji dan kejam.
        Ibarat image: mesin nya makin panas makin joss adalah image salah kaprah.yg betul bekerja di suhu optimal.
        Nah sekarang motor baru itu ngebul….ngebul dgn di belakang pengendara lain…image apa yg dibangun..

  • Rio

    kenapa desain bagian belakang ga dibikin pendek kayak xabre… IMHO lbh keren. soal DOHC kyknya ga mungkin d. klu harga mungkin mepet CBR. klu selisih 1jt, dimana valuenya xabre? ap lg ada duke 200

    • rifkiplick

      xabre design terlalu pendek malah, kesannya kayak motor modifan, kemudian kualitas plastiknya itu, tipis, lentur, enggak presisi dan sela nya longgar2… Lebih suka liat finishing nya NVL

  • Tes jaring

    Kalo saya kok ragu harga bisa mepet kompetitor ya, USD nya aja harga 5,5jt. Ok lah VVA tinggal ambil engine nmax buatin gearbox, ubah posisi jadi tegak beres. Nah kalo USD? Kalo harga 33jt berarti old r15 super overprice berarti

  • amlbuton

    Seandainya R15 ngikutin desain R125 Eropa bakal lebih cakep tuh

    Btw, om telolet om

  • fari.fairis

    kok saya khawatir bakal diatas kompetitor harganya.. apalagi harus riset vva yg pake gearbox + USD..
    tapi entahlah, biasanya yams bikin kejutan soal harga..

  • aris

    Xabre itu blunder kang..nyusahin positioning next r15+vixion,suntik mati aja dehh

  • aris

    Xabre itu blunder kang eno..nyusahin positioning next r15+vixion,suntik mati aja lah..ga laku2 bgt juga

    • enoanderson

      Untuk sekarang (kalau dibanding current R15 & NVA), yang useless itu sebenernya YZF R15 nya lho… Kecuali buat yg facelift, beda cerita deh 🙂

    • Xabre itu kayanya proof of concept nya yamaha tugasnya ya cuman buat bilang “nih motor gua pake usd, keren pula”

  • Konsumen

    Jangan lupa …angin berhembus….bawa kawasaki sport 150 cc Dohc … ( silent and calm)
    Seperti ditabokin sambil main pachinko…

  • robotic_munky

    IMHO sih ya, VVA ga usah digembargemborin, malah harusnya ga usah pake. market 150cc emang udah pada melek teknologi, cuma ga banyak dibandingin sama yang beli motor untuk sekedar keren dan kenceng.
    pernah ada yang survey ga ke konsumen kenapa beli Nmax, apa gara2 VVA nya? pada ngerti ga VVA apaan? kalo yang sering buka2 blog motor sih iya pada ngerti.

    • enoanderson

      Naaahhhh

    • plat titanium

      Nmax, laku krna murah (pd awalnya, gak tau juga stlah aerox nongol) dpt value banyak bgt dgn budget yg dikeluarkan (versi abs) Dibandingin sama skutik 150 ber dek rata

      Tp kl soal performa, skrg ini sdh banyak user nya dan volume maker juga. Akhirnya bnyk testimoni dr user bhw ini motor matik plng buas tenaganya yg akhirnya potential buyer cari2 referensi dan cr tahu ttg rahasia buasnya tenaga nmax yaitu vva

      Msh ingat awal thn cari nmax selalu gagal dan hrs indent, eh akhir2 tahun malah ready stok plus diskon pula

    • Konsumen

      Ride by wire juga tak perlu…
      Makanya sd 10 tahun masih si supri yg setia.
      Lampu led alis norak kaya odong2x,mending lsmpu depan warna 3200k…
      Cbr150 muka gepeng, apakagi buritan blkgnya.
      Bagusan cb150 desainnya

  • plat titanium

    Sdh main aman saja, vva disematkan pd mesin current, atw ganti head blok ber vva sj. Supaya user R15 current dan turunanya bs merasakan update performa
    Kalo harga, yakin saya psti sprti yg sudah2 murah diawal. Lalu naik2 perlahan2 seiring demand

  • Mang EPi

    kekurangan yamaha dibanding honda??
    MARKETING..(titik).
    ahm itu bisa membuat motor biasa jd kliatan luar biasa..

  • banteng bodas

    wkwkwkkw most disgusting bike, kata fb di warung2 sebelah nanti bakal update lagi dari k45>k45g jadi k45ian yang udah keburu beli

  • Tony

    Nasib pengindent gsx r150 gimana ya??

  • Tony

    Sebenernya cuma satu, fitur2 nya jangan kalah sama kompetitor..

    Wong sama xabre aja fiturnya kalah..

    Ingat, mindset kebanyakan masyarakat indonesia adalah “sportbike > nakedbike”..

  • Yosh

    Seru juga nih baca2 kemunculan r15 para bloger, Kata-kata kang eno “Promosi bukan berarti bayaran lho yaa” saya jadi teringat kang iwb yg dapet unit vespa modern buat test harian, semoga kang eno bisa dapet unit r15 buat test harian, biar bisa bantuin yimss promosi wkwkwk

  • Konsumen bkn komentator byr an

    Begitulah teknologi…
    Megi z dilumat vixion
    Mx yg duluan disusul teknologi gtr..
    Kalau power r15 di bawah cbr150 maka di tabokin sekaligus sama gsx/gsr..
    Nikmati dan syukuri….
    Bagi ymh dan suzuki ini ibarat pepatah pemain baseball…semua ini belum berakhir sampai semuanya benar benar telah berakhir.
    Dan amunisi,mapping power tetangga sudah terbaca walau pintu tertutup rapat..
    Selamat menikmati …

Tinggalkan Balasan