New Ninja RR vs GSX-R150

Budget Rp. 30 Jutaan, Pilih New Ninja RR (Second) atau GSX-R150 ?

Sebuah pertanyaan dari seorang pembaca EA’s Blog yang terdengar agak tricky untuk dijawab… Tapi, sebenarnya sangat mudah untuk menjawabnya. Jika punya budget 30 jutaan, pilih mana antara Secondhand Ninja RR vs GSX-R150 Terbaru?

 

Ninja RR vs GSX-R150 – Keduanya sama-sama punya konsep performance-bike, serta didevelop oleh 2 produsen yang sama-sama ‘kuda hitam’ di Industri Indonesia. Kawasaki New Ninja RR jadi “most-wanted secondhand”, sementara Suzuki GSX-R150 jadi salah satu motor “most-awaited bikes” di tahun 2017 mendatang. Uniknya, alasan keduanya mendapat gelar tersebut ternyata sama persis lho – sebagai motor yang dilirik karena perbandingan power-to-price yang menggiurkan.

 

Tapi meskipun punya beberapa kesamaan, keduanya juga punya perbedaan. Bahkan, baik Ninja RR maupun GSX-R150 ternyata punya “personality” yang berbanding terbalik…! So, mana yang lebih baik di rentang harga tersebut?

 

Sebelum memulai pembahasan, ada baiknya kita bahas dulu harga keduanya – khususnya bagi Kawasaki Ninja RR yang statusnya secondhand. Di budget sekitar Rp. 30 jutaan, Brosist bisa mendapatkan Ninja RR lansiran 2013-2014 dalam kondisi prima… Kalau beruntung, Brosist mungkin bisa juga dapat lansiran 2015, meskipun saya yakin bakal sulit. Sementara Suzuki GSX-R150 bisa Brosist pesan dari sekarang, dan unitnya akan dikirimkan ke konsumen pada awal 2017 mendatang. Intinya, kalau mau Ninja harus memilih secara pintar…Kalau mau GSX-R kudu banyak-banyak sabar…!

 

Kelemahan Kawasaki Ninja 150 RR

 

Sebagai motor 2-Tak yang lahir sejak era 90-an, keunggulan utama Kawasaki Ninja RR jelas ada di sisi performance… Sosok yang tepat kalau Brosist bernafsu mempermalukan alayers 150cc 4-Tak, tapi dengan harga yang terjangkau. Nggak cuma power, Ninja 2-Tak juga punya build quality yang cukup baik – sekelas diatas motor 150cc 4-Tak masa kini, semisal CBR150R K45G. Tapi, motor yang satu ini bukan tanpa kelemahan lho! Selain Boros BBM dan jadi motor favorit curanmor, sang 2-Tak juga sangat-ngat-ngat miskin fitur terbaru. Nah, disinilah GSX-R150 bakal bersinar…!

Dirilis sebagai motor terbaru 2017, Suzuki GSX-R150 mengusung poin penting yang jadi kelemahan Ninja RR selama ini. Nggak cuma lebih modern-look, tapi juga punya banyak fitur baru yang jadi jawaban atas kelemahan sang 2-Tak, seperti Keyless Ignition yang lebih aman dari curanmor, mesin 4-Tak Injeksi yang lebih efisien BBM, serta punya beberapa fitur terbaru. You name it lah Brosist! Meskipun secara performa (dalam kondisi standar), jelas GSX-R150 yang berbekal power 19 HP bukan tandingan motor berpower 28HP++.

 

Suzuki GSX-R150 2016

 

Poin pembanding selanjutnya, kita juga perlu melirik status kedua motor tersebut. Sebagai motor second (bekas), memboyong Kawasaki Ninja RR tentu bukan perkara mudah… Nggak bercanda, beneran nggak gampang lho! Kalau skill permesinan masih meragukan, setidaknya Brosist harus punya teman yang paham mesin, atau memilih seller yang benar-benar terpercaya… Which is not easy as you might think. Dan jika mampu mengatasi hal tadi, masih ada lagi problem lainnya. Sebagai motor lansiran 2013-2014, Brosist tak lagi bisa bergantung pada garansi yang dikeluarkan pabrikan… So, resiko ditanggung penumpang!

Sementara itu, Suzuki GSX-R150 punya kelebihan disini… Sebagai motor baru, dalam 6 bulan – 1 tahun pertama setelah pembelian, Brosist bisa santai karena biaya servis dan 3x ganti oli biasanya harusnya gratis-tis-tis. Jika ada kerusakan (bukan akibat kebodohan Brosist) pun setidaknya masih ada garansi yang menjamin GSX-R150 aman dari problem dalam 1-3 tahun pertama… Baik dari sisi mesin, hingga kelistrikan. Tapi, kalau bicara perawatan, GSX-R150 yang gress tentu tak se-familiar Ninja 2-Tak yang bahkan bisa diservis di bengkel-bengkel non-resmi. Apalagi saat ini jaringan 3S Suzuki kondisinya… yaa youknowlah Bro-sist. Begitulah!

 

New Ninja RR vs GSX-R150

 

Dan pembahasan terakhir, plus yang sekaligus pertanyaan dari Kang Byan: Mana diantara keduanya yang lebih cocok buat touring? Well, ini persis pertanyaan: “Cewek mana yang harus saya nikahi?”, karena prinsipnya laki-laki dan wanita ditakdirkan berpasangan, begitupun halnya dengan motor & touring… Apapun merknya, apapun tipenya, apapun genre-nya tetap mampu koq diajak touring! Tapi kalau tanya mana yang lebih nyaman & friendly antara New Ninja RR vs GSX-R150, nah itu dia masalahnya.

 

 

Pasalnya, antara New Ninja RR vs GSX-R150 punya kekurangannya tersendiri. Meskipun saya belum coba geber langsung unitnya, tapi kalau lihat ergonomi serta setang underyoke yang diusung GSX-R, wah kayaknya nggak banget deh diajak touring jarak jauh… Belum lagi model jok boncenger bertingkat, dijamin bakal membuat punggung bolong dicakar boncenger yang (maaf) bokongnya pegal! Sementara Ninja RR mewarisi sifat buruk yang diturunkan motor 2-Tak: performa menurun ketika mesin panas. Belum lagi ditambah area kemudi yang terasa agak berat, plus konsumsi BBM yang lumayan boros… Klop deh!

 

 

 

Well… Jika Brosist memang seorang speedfreakers tulen dengan skill permesinan yang mumpuni, maka sejujurnya nggak ada pilihan yang lebih baik dari Kawasaki Ninja RR. Tapi, apabila ingin yang lebih eyecatching dan masih jadi biker ‘manja’ alias bergantung penuh pada bengkel resmi, nggak ada salahnya coba yang “less-risk” seperti Suzuki GSX-R150… Tapi kalau masih mau cari yang paling asik diajak touring, sepertinya masih banyak opsi lain (di rentang harga serupa) yang lebih masuk akal dan nggak kalah “fun”. Ninja RR vs GSX-R150

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

35 comments

  • Ay pilih ninja rr(asal masih gress)

  • Auxerion

    IMHO perimbangan milih:
    1. Harga beli baru/seken.
    2. Biaya snack (parts n service).
    3. Biaya makan (BBM, lubricant, pkb tahunan).
    4. Klo buat touring mending yang ergonomis, reliable, irit BBM, torsi gede.

    • enoanderson

      Sepengalaman saya, maintenance yg paling pentung sih… Soalnya pas beli zed, alhamdulillah udh mau setahun tapi cuman kebagian ganti kipas radiator doang. Part mesin lainnya lancar jaya

  • Stevanie

    Diantara keduanya…..saiya pilih vins motor 2stroke 100cc 2cylinder euro4 50HP under 100kg weight .bayangkan PWR nya…..hmmmmm artis fav penulis mah…..lewat

  • bagolmeong

    Buat harian, Suzuki aja…
    Buat mainan (modif, track-day, dll), Ninja RR aja…

  • Superbralink

    Hmmmm..30jt yahh..???
    Kalo ane mending ke pembahasan terahir ” cw mana yg may dinikahi “?
    Fulus segitu kalo ane mending buat nikah dulu kang…
    Wkwkwkwk…
    Salam Dari purbalingga

    • enoanderson

      Entah kenapa, koq ini komennya rada jleb ke saya yaa? Wkwkwk 😀

    • serreniti

      Hahahaha ndang nikahin toh kang, ojok diboyong ngalor ngidul wae prawane wong pake zed (buruan dinikahin kang, jgn dibawa utara selatan aja anak perawannya orang pake zed hehehe).

      Alhamdulillah ane udah nikah (baru bbrp bulan) dan udah boyong k45a jg buat yaahh sekedar hobi jjs ajalah.. RR jelas menggoda (pernah punya yg 2011), tp bener bgt kismin fitur kang, ibarat kata interiornya (kalo pake bahasa mobil);gak ada bedanya makek ini motor sama yamaha alfa dikasih fairing kang wkwkwk (prnah riset knalpot ngecring miriiiip (gk 100% sama ya) ninin kang serius yg gk nengok pasti ketipu dikira ninja hehehe). Pengandaiannya sih kejam bgt, tp itu yg ane rasain. Kalo eksteriornya sih wow bgt buat mereka2 (anak muda) diluaran, secara ninja gitu loh sapa jg yg g tau.

      Last, buat speed freak ya pilih RR lah, sparepart jg byk termasuk KW12 nya juga pas kepepet kang wkwkwk (g cuman KW super doang yg ada, dan lagi2 ane ngalamin sendiri hehehe). Kalo GSXR gmn? Masih abu2 sih, tp power (yg kata brosur) 19.1HP fairing rasanya ya gitu2 aja lah ya kalo kaki2nya gede. Beda kalo kita ngomongin FUFi, which is pwr nya yg mantap.. belom lg kekurangan2 lain yg kang Eno sndiri udah jabarin diatas (terutama layanan 3S+sparepart KW nya yah.. catet nih part KW nya wkwkwk)

      Semoga tercerahkan buat mas2 disana yg nanyak..

  • newbiefreak!!!

    “So, resiko ditanggung penumpang!”
    bukan ridernya kang? ksian pnumpang, cuma nebeng tpi disuruh nanggung resiko nya wkwkwk

    betul kata kang eno, susah nyari motor 2nd dgn mesin yg msih bagus klo kita masih awam, apalagi nyari trusted seller, itu lah mengapa sampe skrg sya blm memboyong 250sl 2nd wwkwkwk

  • Cuwawaw

    Ninja rr gak boros kok kang eno, malah lebih boros mio sporty. Oli sampingnya juga lumayan irit dibanding satria r ato king, punya ane dah 1000km masih nyisa banyak di tank olsamnya.

    • enoanderson

      Tapi imho, dibanding Sport 150cc yang bisa 35-40 Km/L & ZED yang bisa 30-35 Km/L – saya rasa hitung2an Ninja RR masih tergolong boros kang

  • Arif

    Kalau buat touring, inazuma seken saja. Maaf oot. Salam kenal kang eno.
    Menurutku lebih baik memilih gsx 150r (daun muda) daripada ninja 150rr (janda kembang).
    Kelebihan mesin gsx 150r sudah ada 4 klep DOHC, ninja 150rr tidak ada klepnya.
    Radiator gsx 150r dilengkapi kipas, ninja 150rr tidak ada kipasnya. Kalau sudah kepanasan kipas gsx otomatis menyala, sedang ninja silahkan dikipasin biar adem.
    Speedometer gsx full digital, ninja rr full analog.
    Starter gsx sudah keyless (putar knob lalu pencet tombol yg easy start), ninja rr masih engkol.

  • Tes jaring

    Mau tone suara cempreng ambil ninja 2T, mau tone suara gahar bin pasaran pilih 4t wkwkwkkwkw

  • byan

    Terimakasih kang eno udah dibikin artikel hehe
    Sebelumnya curhat dulu saat ini ane pake mtr nvl (bosen pake nakedbike aka batangan) pgn beli yg full fairing antara rr/gsx 150r yg terpenting power++ maklum ane masih kuliah jiwa muda dan cewe2 dikampus ane pada demennya motor yg berfairing, yg nakedbike ga dilirik dan jarang di sukain (efek sinetron anak jalanan kali ya) rata2 pada nyebutnya ninja semua padahal tmn ane pakenya cbr150r
    1 pertanyaan lagi buat kang eno kira2 ada saran lain kah direntang budget 30jutaan motor yg powernya++ (250cc secondhand pun gpp)

  • Kanjeng dimas gentong

    Ninja karbu aja bang kalo mau 250 30 jutaan mah , antara taun 2009-2011 masih dapet lah .
    Semua balik lagi ke usernya sih, yg jelas ninbu ya bobotnya lbh berat ketimbang gsx ama rr

  • Salam kenal kang,oli yg recomended buat z250sl apa ya?

  • Mang Atse

    30 jt? Mending ambil zsl ato mono lah kang. Haha.. zsl non abs skr ud banyak tuh yg masarin d harga 25 – 28, mono non abs di 28 – 32.

  • RFP

    Saya juga dibikin labil sama dua motor ini kang

  • Rey

    Ninja rr topp lawan 1504 tak geli” ,250 1silinder jg geli” apa lg top speed z250sl kan eno lewat jauh kalo top speed , kalo lawan 250 2silinder masih agak imbang , itu aj kalo rr sudah modif ringan sudah berat ngelawannya

  • Kalo saya masih penasaran sama Ninja RR hehehe..

  • fari.fairis

    touring? mending xabre.. #eh

Tinggalkan Balasan