Advertisements
Suzuki GSX-R150

5 Alasan Melirik Suzuki GSX-R150 Terbaru

Ketika Suzuki GSX-R150 berpower dahsyat dirilis, mayoritas netizen biasa-biasa saja menanggapinya. Tapi, ketika Honda & Yamaha merilis tipe yang sama dengan power seadanya, everyone goin’ crazy!

 

Well, kalimat pembuka tersebut sering didengungkan Fansboy Suzuki (FBS)… Wait, no! Karena menurut EA’s Blog, itu yang seharusnya mereka lakukan. Hai, apa kabar para FBS diluar sana? Sadarlah. Namun (sayangnya), artikel EA’s Blog kali ini bukan bermaksud menyenangkan golongan FBS tersebut… melainkan untuk para Brosist sekalian yang masih bertanya-tanya apa saja sih Kelebihan Suzuki GSX-R150 – baik dalam sisi teknis & non-teknis? Dan untuk kalangan yang seperti apa sih Kang Eno??

 

 

Spek Mesin ‘Semi Race’

 

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

 

Secara basis, mesin yang digunakan Suzuki GSX-R150 ini setara dengan Satria F150 Injeksi… Itu artinya, ada kabar buruk dan juga ada kabar baiknya. Kabar buruknya, mesin 150cc DOHC 4-Valve berpendingin cairan ini bukan untuk kalangan yang lemah mental. Kenapa? Karena performanya bakal terasa jauh lebih lemot ketimbang seharusnya. Believe me Bro-sist! Kebalikannya, itu berarti kabar baik bagi Brosist yang doyan ngalay, atau bergaya bak pebalap dragrace sambil menunggu lampu merah berganti hijau.

 

Performa tersebut nggak lepas dari spesifikasi teknis Suzuki GSX-R150, yang sebenarnya sudah spek semi-race alias semi-balap..! Dan ini bukan bercandaan apalagi nge-troll lho, karena Brosist bisa menemukannya di area pendinginan (Radiator gambot, SCEM, Lapisan Alumunium Foil,dll), Piston lebih ringan, Diameter klep & throttle body jumbo, Oli 1,3 Liter, Rantai O-Ring, dan masih seabrek yang lainnya.

Kalau masih bingung tentang part-part semi race yang EA’s Blog sebutkan tadi… Anggap saja mesin Suzuki GSX-R150 ibarat wanita dengan make-up amazing, sementara kompetitor yang lainnya cuma berbekal bedak. Saya paham, kecantikan nggak bisa dinilai dari dandanan semata… Tapi saya yakin, para pria bakal lebih “horny” dengan tipe yang pertama tadi. Got it?

 

 

Power Terbesar di Kelasnya

 

 

 

 

Pepatah mengatakan: Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat… Berbanding lurus dengan pepatah roda 2 yang bakal berbunyi: Dalam spek mesin yang bagus terdapat power yang maknyus. Asiknya, kedua ungkapan pepatah tadi jadi benar adanya jika kita membahas Suzuki GSX-R150 – Sportbike 150cc dengan power mencapai 19 HP @ 10.000 RPM… WOW!

 

Suzuki GSX-R150/125

 

 

Dengan power mencapai 19 HP tersebut, saat ini Suzuki GSX-R150 menjadi sport 150cc pemilik power terbesar yang masih diproduksi masal… Meninggalkan kompetitornya yang berada diangka 16.9 HP (CBR150R) & 16.7 HP (YZF R15). Nggak cuma powernya, karena bobot Sportbike 150cc yang satu ini pun terbilang ringan, dengan memiliki berat kosong sekitar 129 Kg. So, Rasio Power to Weight-nya pun bakalan ikutan maknyus tuh Brosist!

Sebagai perspektif, untuk mengail power sekitar 2-3 HP di motor 150cc itu nggak mudah seperti di motor 250cc lho… Contohnya seperti di salah satu kompetitor (YZF R15),  dibutuhkan satu set paket modifikasi performa berupa ECU + Knalpot Aftermarket + Setting, yang biaya termurahnya mencapai Rp. 3 jutaan.

 

 

Ergonomi Lebih Sporty

 

 

Fitur Suzuki GSX-R150

 

Mengusung konsep sportbike, Suzuki GSX-R150 coba untuk tampil sedikit berbeda ketimbang kompetitornya. Jika sportbike 150cc lain mengunggulkan desain keren, atau part yang mewah, maka jagoan Suzuki ini punya arah berbeda: Speed & Sporty. Brosist bisa lihat pada area kemudinya yang mengusung setang clip-on bertipe underyoke… Membuat posisi badan lebih merunduk dan memberikan kesan racy – bak pebalap pro di sirkuit. Meskipun juga berpotensi punya drawback untuk sisi kenyamanan.

 

 

Detail & Fitur Menjanjikan

 

 

 

 

Meski (secara overall) bukan yang terbaik dikelasnya, tapi jangan remehkan beberapa detail & fitur terbaru di Suzuki GSX-R150… Yang harus jadi perhatian utama untuk Brosist, adalah fitur Keyless Ignition. Simpelnya, Brosist nggak perlu bergantung pada kunci kontak yang terbukti rawan curanmor – fitur dashyat yang harus ditiru produsen lainnya. Plus, jangan lupa ada juga Speedometer full digital dengan instrumen komplit, serta Selang rem besutan ByBre (By Brembo) yang terbukti kepakemannya di Satria FU Injeksi.

 

 

Harga Terjangkau

 

 

 

Suzuki GSX-R150

 

 

Dan yang paling pentingnya, selain mendapat 4 kelebihan yang sudah EA’s Blog bahas sebelumnya, Suzuki GSX-R150 bakal dijual dengan banderol harga yang relatif terjangkau – bahkan tergolong lebih murah ketimbang kompetitor dikelasnya. Meski harga resminya belum diumumkan ke publik, tapi rumor mengabarkan kalau harganya bakal dibanderol antara Rp. 30-33 Jutaan saja lho! Artinya, bakal setara YZF R15 (Rp. 30 Juta), bahkan lebih murah ketimbang All New CBR150R (Rp. 33 Jutaan) – yang keduanya berbekal spek mesin lebih rendah.

 

Loading...

 

Advertisements

44 comments

  • Eko

    Suzuki is striking back….

  • Fbh mimpi kaya

    Ga cuma makeup kang..dada mont*k,bok*ong bahenol,kaki jenjang jg salah satu faktor yg menentukan..sayang smua pabrikan blum ada yg ngelahirin motor yg bnar2 idaman dikelas 150cc..kalo pun ada,baru dikelas 250,itupun dgn harga yg…yah kita tau sndiri…ga masuk akal..

    Ga masuk diakalnya dimana..gini,coba bandingi harga awal tahun 2011 cbr150 cbu (34 juta),cbr250r (39 juta/42 juta abs) dgn ninja250 (46 juta)..ketiga motor ini statusnya cbu smua,gap harga motorsport 150-250 skitar 12 juta

    Nah skarang,ditahun 2016 harga cbr150 (33juta),r25 (56 juta),ninja 250 (62 juta),cbr250rr (63 juta)..gap harga antara 150-250 terendah 23 juta,tertinggi 30 juta..kalo diliat smua motor ini statusnya udah lokal kang..pabrikan trlalu rakus untuk ngambil keuntungan,dan yg luar biyasanyah, motor 250 cc tetap laris..bunyi brum2 memang sesuatu banged..kalo ada yg mampu buat sound boster yg btul2 mirip suara 250cc,ane yakin,pasti harga cbr250rr bakal cuma 50 juta..

    • yanyan

      Setuju!!!!! Ini yg ada di fikiran saya selama ini.. waktu pcx125 dan cbr150cbu 34jetong.. eh pas 2014 napa jadi 42… Beneran Rakus dah

    • enoanderson

      Akhirnya… Ketemu metaphore yang lebih jlebb ketimbang make-up, wkwkwk… Good job kang!

      Soal ketimpangan harga yg disebutkan tadi, saya tunggu komentar Bro & Sist yg lain deh 🙂

      • Darmawan

        Lapor kang eno, harga suzuki gsx-r150 di batam ini 26,600,000 on the road. Ini ajaa gak mungkin pabrikan gak untung wkwkwk

  • Mekilo

    Keren gsx-s150nya, headlampnya unik cuma jok boncenger gak suka bagus model duke gitu

  • Nyaho

    Tanya kang,

    Apakah masih bisa dibandingkan dng z250sl second hand ?

  • Mubagede

    Tinggal dtunggu aja respon pasar? Apa sesuai dengan kehendak pasar. Apa pasar mau motor 150 cc yang bener bener gahar seperti ini… Dan yang mungkin membuat wait n see, apakah memang akan segahar seperti yang diberitakan…

  • bagolmeong

    Powerfull, simple, ringan, ramping. Perfecto…

  • RFP

    Mantep mang artikel tambah yakin buat ambil ini motor

  • yg speed oriented siapkan tabungan atau cicilanmu.

  • send

    As usual, artikel berikutnya adalah
    5 alasan tidak memilih GSXR150.

    Atau bisa jadi 7, atau 8, bahkan 10 alasan mungkin. 🙂

  • Handi

    Bodo amat dengan nyaman ini sportbike!!! Bukan comuter bike.
    Good job Suzuki

  • Farid

    Kemungkinan bisa tembus diatas 20 hp kalau peak powernya di rpm lebih atas lagi,namun karakter mesin kayak gini gak cocok untuk komuter atau dipake harian jalan dekat

  • Tungpai

    Kalau di-versusin ktm gimana kang eno, sama rc200 dah,saya sih masih megang gsxr,bukan dalam race lho ya,tapi bicarain kalau kita mau beli.karena gsxr masih produk pabrikan jepang,gimana menurut kang eno,bisa kasih opini mungkin.

  • newbiefreak!!!

    akhirnya kang eno muncul dgn tulisannya yg menggelitik, namun ini lah kenyataannya, pasar motor kita sedang “tergelitik” (naon maksudna ieu teh?? hehe)
    ti mana wae kang eno? sibuk? 😀
    sok atuh ditunggu review mendalam khas mang eno 😉

    • enoanderson

      lagi bingung bayar hosting buat ngelanjutin blog ini tetep eksis kang 🙁

      • newbiefreak!!!

        waduh,,
        ga dapet amplop kang kyk blogger2 yg lain?? :p

        • enoanderson

          Kalau dapet mah saya udah nggak ada beban kuota internet & biaya hosting lagi kang, wkwkwk…

          • Jadi slama ini macem artikel amal dong kang? Mantep kang, makanya artikel2nya kang eno ini selalu ku nanti, ya gak smua dbcain sih, tpi suka aja sama gaya tulisannya, gak kaya blogger yg lain, beda. Keep writing kang, lbh baik jrang post tpi skli post bermakna, drpda sehari bsa 3-5 kali posting artiekl tpi isinya ya itu2 aja,.

  • byan

    Kang eno minta sarannya dong saya ada dana 30jt mending pilih ninja 150rr second apa gsx r150? Saya termasuk speedfreak yg suka touring kira2 worth ke apa ya kang?

    • Illumination

      Sori nih sebelumnya, cuma mau sharing aja sbg mantan nya ninja rr 150 hehe. Percaya sama saya deh, ninja rr dipake touring? Ide yg sangat greget (tumpuan akan berada di daerah lengan, pergelangan tangan, dan punggung). Kl utk suzuki gsxr 150, saya blm tahu. Itu kang eno aja yg jawab. Mungkin bisa ambil yg ninja ss terus ganti stang nya model fatbar kl mau lebih nyaman.

  • Orgrasional

    Benerin 3s nya dan desain nya pake selera indonesia. Tetep kekeuh di high performance utk segmen sport nya. jangan pura2 high performance seperti kompetitornya (opini pribadi sih…) hahaha

  • Superbralink

    Judulnya kurang tepat kang, soalnya kalo ” melirik ” belum tentu beli
    Wkwkwkwk

    • enoanderson

      Oiya juga ya, tapi nggak apa-apa deh, minimal konsumen harus paham dulu kelebihan & kekurangannya… Bukan dilupain gitu aja (gegara mereknya Suzuki), kan kasian kang 😛

  • Paijo

    Andai xabre bermesin ini lalu tuning ulang, langsung tanpa pikir panjang langsung beli
    Om eno, lg galau juga neh tetep naked judulnya xabre sama gsx s head to head dong, no vixion no cb150r no juga zsl getarannya agak ganggu sama suara mesin padahal desain masuk akal

  • IMHO selera orang indonesia umumnya pilih desain yg ciamik dan yg ane lihat desainnya bukan selera masyarakat umum mudah-mudahan dengan jeroan yg lebih powerfull bisa diterima baik oleh masyarakat..
    Ngarep kalo GSX-R dipasangin frame kaya deltabox dan swing arm banana.. 😀

  • byan

    Bro illumination
    Kalo rr dibawa touring suka overheat ga

    • ademadan

      asal turing nggak macet aman, penyakitnya KRR itu gampang overheat soalnya nggak ada kipas radiatornya, bisa kok dimodif sendiri, pas macet pernah sampe 3/4, pas udah kosong balik ke 1/4, saran sih, tiap baru dapet motor seken yg pake radiator, ganti coolant+oli, soalnya kita gak tau service record nya kapan teakhir diganti

  • smenjak revisi harga duke 200 yg jadi 30 jtaan, segmen 150cc jadi gak menarik mnurut saya & kebykan yg hobi motor

    • enoanderson

      TBH, I don’t think so kang, soalnya jangkauan KTM ini masih sangat-ngat-ngat kecil buanget… Mungkin iya, kalau yang kita bahas disini cuma biker di area Jadetabek & Bandung saja…

  • Bray wyatt

    Ayo sujuki bangkit lah dari tidur lama mu,
    Kalahkan mereka yg menguasai.

Tinggalkan Balasan