Advertisements
Suzuki GSX-250F Across

Suzuki GSX-250F Across, Sport Tourer Unik & Fungsional!

Sport fairing 250cc Suzuki nggak cuma ‘The Screamer’ GSX-R250, ‘The Badass’ RGV250, ataupun ‘The Wrong Way’ seperti GSX-250R terbaru. Masih ada lagi yang lainnya, dan salah satunya seperti Suzuki GSX-250F Across yang bakal kita bahas pada kesempatan kali ini nih Brosist. Dan jika berfikir sosoknya tak lain adalah versi Sport Tourer dari sang screamer GSX-R… It isn’t! Karena makin kita ungkap detailnya, bakal makin berbeda pula-lah pemikiran kita terhadap sosok Suzuki GSX-250F Across… Not a crazy or souless bike, it just unique! Let’s cekidots…!

 

Dari cangkang luarnya, Suzuki GSX-250F Across bagaikan perpaduan antara konsep GSX-R (Sportbike) & RF-series (Sport Tourer)… Karena meski tampilannya sporty, tapi yang satu ini juga nyaman dan friendly untuk dikendarai dalam berbagai kondisi.

 

 

Detailnya, Suzuki GSX-250F Across dibekali part yang lebih inferior ketimbang GSX-R250… Karena di motor sport tourer ini kita hanya bisa menemui Sasis Steel Twinspar (bukan Alumunium), Single Front Disc Brake (bukan Double), serta Swingarm standar (tanpa Stabilizer)… Jauh lebih ‘basic’, jika kita bandingkan dengan saudaranya yang menyandang nama GSX-R. Hasilnya, bobot motor ini pun bertambah signifikan hingga 25 Kg, menjadi 163 Kg. At least, masih lebih ringan ketimbang Ninja 250 yang genrenya Sportbike.

 

Suzuki GSX-250F Across

 

Tersembunyi di balik fairingnya, Brosist juga masih bisa menemukan mesin 250cc Inline-Four, DOHC 16-Valve, Liquid-cooled – yang sekilas sangat identik dengan sosok GSX-R250. Bukan cuma spek teknisnya yang mirip, tapi termasuk juga soal output powernya… Suzuki GSX-250F Across tetap mampu memuntahkan power hingga 45 PS dan 40 PS setelah terkena regulasi Power Restriction di Jepang.

So, apa yang membuat Suzuki GSX-250F Across ini jadi sangat unik di mata Kang Eno? Keyword utamanya: Praktikalitas & Fungsional!

Baca Juga : Suzuki TV250 ‘Wolf’ , Saat Gamma Melepas Bajunya !

 

Suzuki GSX-250F Across

Nih dia bagasi Suzuki GSX-250F Across yang inovatif, muat 1 helm full-face ukuran XL lho Brosist…!

 

 

 

Bukan hanya praktis sebagai motor sport tourer yang berarti gabungan antara genre Sportbike & Tourer… Tapi yang satu ini juga dibekali seabrek fitur terdepan dimasanya. Yang paling unik adalah bagasi berukuran besar di area tangki depannya – Sementara lokasi tangki BBM dipindah ke bawah jok laiknya motor bebek/skutik… Persis laiknya fitur andalan milik Honda NC700X yang lahir 2 dekade kemudian.

Yang lebih asiknya lagi, bagasi multifungsi tersebut juga mampu menelan Helm Full-face, Sudah dilengkapi dengan seal karet untuk mencegah air masuk, Memiliki lampu penerangan mungil yang otomatis menyala saat dibuka, serta Mudah dioperasikan lewat kunci kontak utama.

Baca Juga : Suzuki G-Strider, Motor Yang Melampaui 1 Dekade Lahirnya Vultus !!

 

 

Nggak cuma itu, Suzuki GSX-250F Across juga sudah mengusung fitur-fitur lain yang tak kalah pentingnya seperti Tangki BBM cadangan berkapasitas besar (Reserve), Dual fuel light indicator (bakal menyala saat kondisi BBM kritis), 4-way adjustable brake lever, Pembuka tutup tangki BBM elektronik, serta tangki BBM berkapasitas 12 liter yang diposisikan dibawah jok.

Dan uniknya, beberapa fitur yang diaplikasikan Across bahkan belum ditemui di produk yang berkapasitas mesin lebih besar (bahkan, termasuk yang harganya jauh lebih mahal lho)… Intinya, secara fitur, Suzuki GSX-250F Across ini adalah yang terbaik yang pernah EA’s Blog ketahui dikelas 1/4 liter.

 

 

 

Well. . . Seperti motor JDM lain yang biasanya hanya diekspor ke beberapa negara, so as always, unitnya pun kini makin sulit untuk ditemui… Apalagi di Indonesia yang bukan jadi tujuan utama pemasaran-nya. Meskipun demikian, Suzuki GSX-250F tetaplah jadi differensiasi yang menarik di era keemasan Sport 250cc dengan kegilaan Power & Performa – Sosok Pembeda, Unik, Berkarakter, dan pastinya Inovatif… Beberapa hal yang saat ini sudah tak lagi kita temui, dari Suzuki.

 

 

Spesifikasi Suzuki GSX-250F Across

 

ManufakturSuzuki Motor Co.
ModelGSX-250F
Tahun Pembuatan1990-1998
Engine4-Tak, Inline-Four, DOHC 16-Valve, Liquid-Cooled, SPES
Bore x Stroke49 x 33 mm
Capacity248 cc
Rasio Kompresi12.5 : 1
Penyuplai BBM2 x Mikuni BSW27
Sistem StarterElectric Starter
Transmisi & Final-Drive6-Speed, Chain Drive
Max Power44.4 HP @ 14.500 RPM
Max Torsi26.4 N.m @ 10.500 RPM
Dimensi (PxLxT)2.020 x 695 x 1.120 mm
Jarak Sumbu Roda1.380 mm
Ground Clearance140 mm
Tinggi Jok770 mm
Kapasitas Tangki BBM12 Liter (2 Liter Reserve)
Berat Isi163 Kg
FrameSteel Twinspar Frame
Suspensi DepanTelescopic Fork
Suspensi BelakangLinked Monoshock
Rem DepanCakram Hidrolik, Disc 300mm, Kaliper 2 Piston
Rem BelakangCakram Hidrolik, Disc 240mm, Kaliper 2 Piston
Ban Depan110/70 – 17 54H
Ban Belakang140/70 – 17 66H

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

19 comments

Tinggalkan Balasan