Advertisements
QJiang QJ1200GS

Jangan Kaget, Tiongkok Bakal Punya Mocin 1200cc – QJ1200GS!

Awal 2000-an silam, brand mocin alias sepeda motor Made in China menginvasi dunia otomotif bersama kloning Honda C-series. Bergeser ke tahun 2010-an, mereka move-on bareng motor kelas 150-250cc, bahkan terus meningkat hingga kelas moge entry 650cc. Akhirnya, Finally, 最後, pada tahun 2017-2018 mendatang, mereka punya yang satu ini: QJiang Sport-Tourer 1130, alias QJiang QJ1200GS, alias Moge Mocin 1200cc bermesin Inline-Triple… Dan jika Brosist menganggap remeh sosoknya, sebaiknya harus pikirkan ulang – karena yang satu ini adalah hasil kolaborasi Tiongkok & Italia! Penasaran? Yuk, langsung aja kita bahas…!

 

Sebelum bahas detail Moge Mocin 1200cc alias QJ1200GS ini, alangkah baiknya kalau kita bahas dulu pabrikannya. QJiang adalah salah satu brand otomotif milik Qianjiang Group, yang terfokus pada pasar domestik China… Parent company yang kini juga sebagai pemilik saham brand Benelli. Sebelumnya, mereka terkenal bersama motor 125-250cc dengan spek rendah, mulai dari Bebek, Sport, Skutik, hingga Quad-Bike.

 

QJiang QJ1200GS

 

Membuat moge mocin 1200cc tentu nggak semudah membalik telapak tangan… So, QJiang memanfaatkan statusnya sebagai pemilik saham Benelli, untuk membuat kolaborasi dengan brand asli Italia tersebut. Salah satu poinnya ada di mesin Inline-triple, DOHC 12-Valve, Liquid-Cooled, milik Benelli 1130-series yang sanggup memuntahkan power lebih dari 135 HP! Qjiang bakal memanfaatkan basis mesin ini, kemudian di re-brand ulang sebagai dapurpacu di bodi sport-tourer gambot yang diusung QJ1200GS.

 

 

Tapi, jika berfikir yang bisa dilakukan QJiang hanya memanfaatkan kelebihan yang dimiliki Benelli Italia, maka itu juga pemikiran yang kurang tepat… Karena mesin moge ber-codename QJ1200GS ini sukses mendapat update yang cukup signifikan, seperti penggunaan Shaft Final-drive (Gardan) & Paralever Single-sided Swingarm mirip motor BMW. Kedua part terbaru tadi memungkinkan Qjiang Sport-Tourer ini memiliki akselerasi yang smooth, dan durability yang handal – persis seperti ciri khas genre Sport Touring.

Baca Juga: Apaan Sih, Plus Minus Final Drive (Penggerak Akhir) Sepeda Motor ?

 

 

 

Sementara dari sisi tampilannya, seperti yang bisa Brosist lihat, QJiang QJ1200GS ini awalnya memang bakal ditujukan untuk kebutuhan Polisi Tiongkok – terlihat dari aksesoris ekstra berupa lampu-lampu dan sirene tambahan. Dan perlu diakui atau tidak, tapi sosok (patent) motor terbaru ini memang sangat identik dengan K1600-series milik BMW Motorrad… Plus beberapa part mewah lain seperti Suspensi Upside Down Gambot, Pannier terintegrasi, Rem Cakram Radial-monobloc, Velg Y-Spoke, serta Panel Instrumen LCD Display – yang sekilas bakal head2head jika dikomparasi dengan rival sekelasnya.

Wait a sec, Sport Tourer Jepang vs Eropa vs Tiongkok ? What!? Really…?

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

6 comments

Tinggalkan Balasan