Paper Helmet - ECOHelmet

Paper Helmet, Helm Berbahan Kertas Daur Ulang !

Biasanya, kertas kita temukan sebagai koran, atau buku, dan digunakan sebagai alat tulis. Karena sifatnya yang mudah terurai, kertas jadi aktor utama dalam konsep ECO Friendly, yang mulai diterapkan di negara maju. Tapi bagaimana kalau ada helm yang terbuat dari kertas daur-ulang? Nah, kalau Brosist berpikir inovasi tersebut cukup gila untuk diwujudkan ke dunia nyata… Maka pemikiran tersebut sepertinya harus disingkirkan. Karena Paper Helmet yang satu ini sudah berstandar safety Eropa, bahkan sukses memenangkan sebuah perhargaan bergengsi di Negeri Ratu Elizabeth… Ebusyed?

 

Inovasi Paper Helmet alias EcoHelmet alias Helm Kertas daur-ulang ini dikembangkan oleh Isis Shiffer, wanita lulusan Pratt Institute of Design, New York. Agar struktur kertasnya tetap kuat dan mampu melindungi kepala penggunanya, maka disusunlah kertas tersebut dengan struktur sarang lebah (honeycomb)… Sehingga helm unik yang satu ini mampu melewati tes safety standar Eropa via Imperial College London Crash Lab – bahkan nggak berubah bentuk saat diinjak-injak.
Baca Juga : 5 Inovasi Helm Paling Nyeleneh…!

 

 

Paper Helmet - ECOHelmet

 

 

Paper Helmet - ECOHelmet

Bisa Dilipat juga lho…!

 

Uniknya, Paper Helmet buatan Isis Shiffer juga sangat praktis dalam hal penggunaan. Karena setelah selesai dipakai, penggunanya bisa melipat helm-nya menjadi pipih, bahkan bisa disimpan dalam saku atau tas berukuran mungil. Untuk melindungi struktur kertasnya dari Air hujan, Paper Helmet ini juga sudah menggunakan coating Biodegradable, yang diklaim sanggup menjaga teksturnya meski diguyur hujan selama 3 jam non-stop.

 

Paper Helmet - ECOHelmet

Paper Helmet - ECOHelmet

 

Shiffer juga mengklaim desain helm buatannya ini terinspirasi dari helm klasik era 70-an, agar tak cuma memiliki konsep ECO friendly, bobot super ringan, serta harga kompetitif… Tapi juga punya tampilan yang disukai para pesepeda. Meskipun EA’s Blog nggak setuju kalau tampilannya bakal disukai, tapi hasilnya, Paper Helmet ini berhasil jadi jawara di penghargaan James Dyson Award… Mengalahkan ribuan karya lain dari para lulusan Universitas berbakat di seluruh dunia – dan berhak atas uang tunai senilai £30,000 untuk pengembangan kedepannya.

Paper Helmet ini diharapkan bisa dijual seharga £4 atau sekitar Rp. 70.000-an, mulai tahun 2017 mendatang… Meskipun tergolong cukup terjangkau, tapi karena bahan bakunya terbuat dari kertas, jadi helm ini juga punya masa ‘expired’ yang tergolong cepat – berbeda dengan helm standar yang masih prima untuk penggunaan 2 tahun. Saat ini, Isis Shiffer sedang dalam proyek besar untuk membuat mesin produksi yang sanggup memproduksi struktur Sarang Lebah tersebut secara cepat & efisien.
Baca Juga : 5 Inovasi Safety Riding Paling Gokil…!

 

 

Well. . . Meskipun saat ini baru sebatas helm untuk para pesepeda gowes, namun sang penemu menyatakan tak menutup kemungkinan kalau Paper Helmet kedepannya bakal lebih kompleks dan sanggup dibentuk dalam bermacam-macam shape… Termasuk helm Half-face untuk para pengguna sepeda motor. Nah, berminat pakai helm kertasnya nggak tuh Brosist?

 

Baca juga yang lainnya yaa…

 

 

4 comments

Tinggalkan Balasan