About these ads
harga-motor-makin-laris-makin-mahal

Harga Motor: Makin Laris Makin Mahal !

Spesifikasi, handling, performa, serta aftersales adalah beberapa unsur terpenting dalam memilih dan membeli sepeda motor. Tapi, dibalik itu semua, ada satu hal yang nggak kalah pentingnya: Harga motor itu sendiri! Karena jika sebuah kendaraan Roda 2 mampu memenuhi 4 aspek yang EA’s Blog tulis diawal artikel tadi, secara brilian, semuanya bakal terasa percuma jika harganya nggak masuk akal. Siapa yang mau beli? Bahkan SPG dengan balutan lingerie transparan pun bakal sulit menggoda saya, supaya berminat memboyong unitnya… Karena prinsipnya: Kita beli motor dapat helm gratis, bukan sebaliknya. Iya kan?

 

Tapi bagaimana kalau kondisinya kita putar balik? Jika ada motor nggak laris karena harga yang terlalu tinggi… Bagaimana dengan harga motor laris yang kian hari, kian bertambah mahal dan mahal ?? Sayangnya, itu bukan klise, karena fakta dilapangan yang berkata demikian… Makin laris motornya, makin bertambah mahal pula harganya. Mau contoh? Banyak koq!

 

 

kawasaki-ninja-250-2017

 

Dari sudut hijau, Kawasaki Ninja 250 FI adalah yang paling parah kenaikan harganya… Saat pertama dirilis awal 2013 silam, banderolnya (versi standar) sekitar Rp. 51 jutaan. Sekarang? Dalam waktu 3 tahun saja, harga motor 250cc Twin-cylinder tersebut tembus Rp. 58,8 jutaan – alias naik 8 juta dalam kurun waktu sekitar 3 tahun saja. Contoh lainnya ada di sosok KLX150, yang banderolnya meningkat hingga 10 jutaan dalam waktu 6-7 tahun sejak awal kehadirannya 2009 silam.

 

 

Harga Motor Makin Laris Makin Mahal

 

 

Dari sudut merah pun ceritanya tak jauh berbeda. Untuk Brosist penggemar sosok Honda CBR150R (Lokal) pasti sudah nggak asing kalau harganya makin tahun = makin bertambah tinggi. Awal kehadirannya 2014 silam, harga motor sportbike 150cc terlaris di Indonesia ini dibanderol mulai Rp. 28,5 jutaan. Sekarang? Versi terbarunya (yang to be honest, nggak jauh lebih baik dari versi lawas) tembus Rp. 32.7 jutaan untuk varian paling rendah… Naik jauh sekitar 4 jutaan dalam waktu 2 tahun saja? Ebusyed deh…!

Nggak cuma itu saja, bahkan Scoopy eSP yang awalnya diplot diantara BeAT-series & Vario 125, pun kini harganya hanya berbeda tipis dari skutik 125cc hi-end. Sosoknya memang brilian dan lovable, tapi harganya? Hmmmmm…

 

NMAX 2

 

 

Sudut biru pun nggak mau ketinggalan pamor… Kalau sebelumnya mereka yang paling adem-ayem soal harga, kali ini ceritanya agak berbeda. Sejak laris-manisnya Yamaha NMAX dipasaran, saat ini harganya tembus Rp. 25,5 jutaan untuk versi Non-ABS dan Rp. 28,9 jutaan untuk versi ABS… Bandingkan dengan momen perdana perilisannya setahun silam, dengan harga Rp. 24,8 – 27,4 jutaan saja… Harganya naik sejutaan dalam waktu setahun saja! Bahkan via Otomotifnet menyebutkan, mulai Februari 2017 mendatang harganya bakal naik lagi sekitar Rp. 400 ribuan.

Cerita yang nggak jauh berbeda juga dialami Yamaha Xabre… Meski tergolong nggak laris-laris banget (dibanding NMAX), tapi terakhir EA’s Blog cek harganya via salah satu dealer, ternyata harga motor naked keren yang satu ini sudah tembus Rp. 30 jutaan! Begitupun dengan YZF R15… Weleh??

 

 

 

Well. . . Jangan kira hanya motor berkategori laris-manis yang mengalami kenaikan harga, hampir semua tipe pun serupa. Bedanya, kenaikan harga motor tersebut nggak terlalu signifikan, ketimbang yang statusnya laris dipasaran. Ironisnya, beberapa motor yang mengalami kenaikan harga tersebut justru populer lantaran dikenal sebagai sosok yang murah & valuable… Jika demikian adanya, tahun 2017 mendatang mungkin motor yang disebutkan tadi nggak layak (lagi) menyandang status “cheap & cheerful” – melainkan “cheap, expensive, nasty & cheerful”.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

About these ads

26 comments

Tinggalkan Balasan