Toshihiro Suzuki - Suzuki GSX-R1000 2017

Toshihiro Suzuki & Rencana Mengembalikan Kejayaan Suzuki

Setelah merilis GSX-R1000 terbaru, Suzuki langsung tancap gas dengan memperkenalkan banyak produk anyar seperti GSX-250R, V-Strom 250, GSX-R150/125, GSX-S150/125, sampai rencana pengembangan skuter matik 150cc. Dan menariknya, mereka memberikan pertanyaan kalau pergerakan kali ini bukan hanya “gertakan” semata… Melainkan sebuah rencana besar Suzuki yang sudah dipersiapkan untuk tahun-tahun mendatang. Kalau Brosist fikir EA’s Blog sedang membual, yang memberikan informasi barusan adalah Toshihiro Suzuki lho, Presiden & CEO Suzuki Motor Corporation !!

 

Nah, kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang Masatoshi Sato, sosok dibalik Honda CBR1000RR Fireblade terbaru… Kali ini kita bakal lebih dekat bersama Toshihiro Suzuki, Bos besar Suzuki yang berani membeberkan rencana jangka panjangnya kedepan. Dalam rangka me-revitalisasi Brand Jepang kenamaan tersebut, jadi sosok yang kembali disegani… Cekidots!

 

 

Apa yang salah dengan Suzuki belakangan ini, dan apa rencana anda untuk mengimprove-nya kembali?

 

 

Suzuki GSX-R250 Terbaru 2017

Suzuki GSX250R

 

Setelah krisis global yang melanda dunia tahun 2008 silam, perhatian dan pengembangan motor terbaru Suzuki jadi terfokus untuk segmen motor berkapasitas kecil di pasar Asia… Yang sayangnya juga menyebabkan mandeg-nya development motor terbaru untuk market Eropa.

Tapi sekarang, diawali dengan GSX-R terbaru, kami akan berubah dan mengutamakan aspek “FUN” saat mengendarai sepeda motor – “Run, Turn, Stop” – yang kami percayai sebagai kelebihan terbesar Suzuki selama ini. Kedepannya, motor yang kami kembangkan bakal berbasis kelebihan ini, dan kami selalu berusaha mengejar aspek menyenangkan saat konsumen kami mengendarai sepeda motor Suzuki.

 

 

Bagaimana cara anda mencapai improvement tersebut?

 

 

 

Kedepannya, kami bakal mempersiapkan generasi terbaru GSX-R, GSX-S, V-Strom & Burgman series – dengan mengutamakan unsur “FUN” di setiap seri yang bakal kami develop nantinya.

 

 

Apakah ini berarti Suzuki bakal mengutamakan Pasar Eropa?

 

 

Suzuki GSX-R125

Suzuki GSX-R125/150

 

Kami tak bicara pasar mana yang lebih diutamakan, tapi yang jelas kami bakal lebih berkonsentrasi untuk line-up Big Bike terbaru Suzuki. Dari tujuan ini, kami yakin bakal mampu menemukan celah lainnya dari keunikan produk baru tersebut, dan mengembangkannya ke sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih kecil.

 

 

Apa yang anda maksud “Keunikan” produk Suzuki?

 

 

Kami berhasil mengembangkan berbagai produk inovatif seperti Gamma-series, Katana-series, dan Hayabusa di masa lampau. Dan di masa depan, kami akan mengembangkan produk yang tak kalah menarik dan bakal punya keunikan tersendiri. Itu yang kami maksud sebagai “keunikan” kami, jadi kami minta untuk sedikit bersabar dan menunggu inovasi kreatif berikutnya dari Suzuki. Engineer kami punya banyak ide baru, dan kesuksesan proyek MotoGP Suzuki telah membuat kepercayaan diri mereka kembali bangkit.

 

 

Suzuki telah memperkenalkan konsep motor Turbocharger & Elektrik. Apakah ini bakal berlanjut ke tahap produksi masal?

 

 

Suzuki Recursion Turbo Concept

Suzuki Recursion Turbo Concept

 

 

Turbocharger adalah salah satu rencana Suzuki kedepannya, begitu juga dengan motor bertenaga listrik. Meskipun saat ini infrastuktur kami di negara berkembang belum siap untuk memproduksi motor bertenaga listrik, tapi kami bakal tetap mempertimbangkannya kembali. Sebagai produsen Roda 4, kami juga selalu mencari celah untuk bisa menggabungkan teknologi sepeda motor & mobil, dan kami percaya koneksi antar kendaraan ini bakal terjadi dalam waktu dekat – seperti halnya Turbocharger.

Baca Juga : 5 Motor Konsep Terbaik Suzuki!

 

 

Motor bergenre Retro-modern saat ini booming di Eropa, apakah Suzuki juga bakal mendevelop motor retro untuk menjawab demand tersebut?

 

 

Kami mengerti permintaan pasar tersebut, dan kami juga paham betapa booming-nya Retro-bikes, dan sudah mengupayakan beberapa model dalam waktu dekat. Tapi fokus pertama kami adalah untuk GSX-R1000 terbaru, dan mendevelop beberapa tipe motor baru menggunakan teknologi anyar tersebut.

 

 

Akankah Suzuki bakal kembali ke ajang WSBK bersama Team Factory?

 

 

New Suzuki GSX-R1000

 

 

Sedang dalam pertimbangan. Pertama, setelah merilis GSX-R1000 ke pasaran, dan setelah mendapat feedback dari konsumen, kami bakal mempertimbangan untuk kembali berlaga di ajang balap WSBK.

 

 

4 Tahun yang lalu, Senior Management Yamaha mengakui kalau mereka gagal mewujudkan ekspektasi konsumen. Setelah momen tersebut, mereka melakukan peremajaan total. Bisakah Suzuki menyamai pencapaian tersebut?

 

 

Yes we can, and yes we will do! Mungkin Yamaha berhasil melakukan ini sedikit lebih cepat, tapi yang jelas kami bakal menyamai kesuksesan mereka.

 

 

Toshihiro Suzuki - Suzuki GSX-R1000 2017

Toshihiro Suzuki – Suzuki GSX-R1000 2017

 

Your comment Brosist??

 

Sumber: Motorcyclenews

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

17 comments

  • bisikan setan

    And this is why i like your writing sir! High five!

  • Hendy

    jangan kelamaan sya sudah bosen dgn kedua merk H & Y suzuki emang top build Qualitynya

  • dden

    Kata pak bos suzuki, konsen utama di bigbike heula, eta motor cc > 150 bakalan nuturkeun inovasi ti bigbike, ari pasar indo mah kan rame ku cc > 150, bisa katinggaleun atuh waaaaa

  • newbiefreak!

    plissss klo suzuki bisa benahi masalah “desain” nya, bkn hal yg tdk mungkin mreka kembali berjaya, yg org prtama kali liat kan “luaran”, daleman nomor sekian..
    3S bisa nyusul klo motor udh laku di pasar, nah biar laku ya benahi desain nya!!!
    desain harga mati buat suzuki!!! meuni hayang ngababuk ka R&D na suzuki wkwkwk
    gemes atuh da!
    bikin lebih agresif, tajam, sporty,
    mesin mah percaya suzuki mantap, byk saksi hidup ketangguhan mesin suzuki, durability, speed, power, tapi seakan lenyap ketika kembali k persoalan DESIGN!!! :'(

  • Abi

    Kayaknya bakal sulit deh suzuki ngambil market lagi disini..
    Soalnya udah lama “vakum” di industri permotoroan di indonesia..
    Lebih baik join ama pabrikan lain..kawasaki misalnya..

  • topman

    suzuki perlu gebrakan… kawak, ktm booming karena gebrakan… gsx-s/r150 sorry to say, belum gebrakan

  • dimdim

    Saya mah tunggu gsx-r150 facelift aja lah..

  • fari.fairis

    butuh strategi utk memancing konsumen..
    perbaiki design!
    berani kasih harga murah pake banget, pasti bakal ngerusak pasar skrg (yg harganya menggila), bakal dilirik banyak calon buyer ntar..

  • banyak yg bilang desain2… GSX itu desain ala jepang bukan cem Honda or Yamaha yg pakai desain ala eropa.

    Address secara desain di terima Eropa tp cek penjualan address vs metik sejenis.

    klo desain gak ssuai dengan MS terbesar maka di anggap fraud dan jelek. padahal desain GSX 150 sendiri adalah desain Suzuki yg ke Suzukian bukan ke eropaan.

    šŸ˜€

    • topman

      cbr skrg juga bukan kehondaan.. sebenernya itu desain keindonesiaan yg pengennya serba lancip, demi pasar yang di INDONESIA ya gimana lagi

  • Orgrasional

    Mantap, tapi kl bisa jangan mengorbankan engineering nya ya…. Wait for me, motor saya selanjutnya bakalan suzuki utk sport nya.

  • Illumination

    Memang sudah sewajarnya pemegang hak paten otomotif se-Jepang dan beberapa di internasional harus fightback

  • Star kid

    Yaps…seperti banyak komen di atas ane…
    yang harus dibenahi suzuki adalah desain nya…soal mesin, tidak ada yang meragukan kehandalan mesin suzuki, tapi kalo soal desain, sorry to say…

  • motosik

    Utk kembalikan kejayaan di Indonesia, selain benahi desain produk juga suzuki harus serius benahi jaringan servis, atau buka layanan Home Service ala TVS.

    Kebanyakan orang yg tadinya sudah merupakan calon pembeli Suzuki, suka dengan produknya yg bagus, tp pikir2 ulang cuma gara2 khawatir soal bengkel & servis dan akhirnya berubah pikiran beli merek H & Y aja biar lebih tenang.

    Mayoritas konsumen ga bakalan mau repot & bersedia melakukan hal berikut untuk alat transportasi hariannya:

    1.mesti cari & beli spare part sendiri via online,

    2.bela2 in pergi puluhan kilometer dari rumah cuma untuk datengin bengkel resmi Suzuki & servis rutin

    3.harus cari2 alternatif, survey, tebak2, tanya2, cari2 lagi bengkel umum mana yg piawai nanganin suzuki

    4.nyervis sendiri dirumah. Bisa & ngerti aja blm tentu mau & ada waktu ngerjain sndiri, gtu jg yg mau nyervis sndiri tapi ga bisa & ga punya alatnya.

    Kalo yg dijadiin patokannya fans diehard yg suka Suzuki/kawasaki, hobi motor & ngerti teknis, ya susah dikasi masukan positif bgini. Dipikirinya semua orang indonesia kya dia yg melek internet, bisa komputer, hobi otomotif, mau oprek motor, cri spare part sndiri dan direpotin dengan sgala keribetan lainnya. Konsumen bgtu memang ada tpi jumlahnya cuma seujung kuku dibanding calon konsumen potensial sebenarnya.

    Utk selamatkan Suzuki motor Indonesia yang diperlukan adalah naiknya volume penjualan besar-besaran, bukan jualan sekedar laku seicrit-seicrit kaya sekarang.

    Klo mau naik volume jualan besar2an, yg diperlukan ya dengarkan suara kebutuhan & maunya konsumen umum kebanyakan, bukannya maunya para hobiist & fans Suzuki.

    Jumlah kaum hobiist & fans die hard Suzuki ga ada apa2 nya dibanding kan jumlah calon konsumen potensial sebenarnya yg isinya mayoritas adalah orang2 awam yg kurang ngerti & antusias soal otomotif & teknologi, kebutuhan mereka murni alat transportasi harian.

    Klo jualan hanya andelin pembeli dari kaum tipe pertama saja (yg keadaan bgini2 saja sudah mau & bersedia pelihara motor suzuki) ya habis sudah nasib Suzuki, selamanya hanya akan ada dibawah kaki Honda & yamaha, itupun klo tidak bangkrut.

    Calon pembeli sebenarnya yg bisa selamatkan angka penjualan Suzuki, yaitu masyarakat awam kebanyakan ga akan sudi meminang motor Suzuki utk jd alat transportasi harian nya, bila harus khawatir & diribetin dengan segala urusan saat memelihara motor ini dlm keseharian nanti, pokoknya dlm benak mereka urusan rawat ga sgampang Honda yamaha aja, yg easily accessible cuma sepelempar batu dari rumah.

    Penuhilah kebutuhan konsumen, hapuskan sedikit kekhawatiran mereka, klo blm mampu buka jaringan servis spt H & Y paling tidak niat baik melayani konsumen seperti adanya layanan Home Service seperti milik TVS akan sangat membantu utk memikat calon konsumen yg tadinya mau pindah ke lain merek.

  • Farid

    Menurut saya produk suzuki itu lebih keren motornya dibanding mobilnya,karena mobil suzuki itu kebanyakan adalah mobil segmen bawah dan menengah atau citycar yg ekonomis dan gak performance oriented,salah satu mobil terkencang yg pernah dibuat suzuki setau saya itu swift sport dan itu gak kencangĀ² amat,beda dgn pabrikan mobil jepang lain yg punya mobil sport keren yg menjadi ciri khas masingĀ²,yg ngerti soal permobilan pasti tau.balik lagi ke poin utama,soal motor suzuki tdk perlu diragukan lagi,terbukti suzuki punya produk motor yg legend dan ikonik seperti katana series,GSX series,RG series dan motor flagship suzuki yaitu hayabusa

Tinggalkan Balasan