Advertisements
Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

Serba-Serbi Kawasaki Versys-X 250 Indonesia, Gerak Cepat ala Geng-ijo!

Membungkus mesin twin-cylinder ‘stereo’ ala Ninja 250 dengan styling keren ala ADV-Touring, tentu bukan hal yang buruk bukan? No! Nggak sama sekali… Karena yang satu ini memang sudah ditunggu-tunggu para fans Kawasaki di seluruh belahan dunia, khususnya di tanah air. Terbukti, hanya berselang 3 minggu setelah perkenalan perdana di ajang EICMA 2016, Geng-ijo langsung memperkenalkan motor Adventure 250cc terbarunya: Kawasaki Versys-X 250 Indonesia.

Apa saja yang menarik dari motor terbaru ini? Apa konsep yang coba ditawarkan geng-ijo untuk motor dengan banderol mulai Rp. 60 jutaan tersebut?? Dan benarkah Kawasaki Versys-X 250 Indonesia adalah sosok yang Brosist cari-cari selama ini??? Yuk, kita cari tahu jawabannya…

 

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia – Konsep & Desain

 

 

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

 

Dulu, Adventure-bike terkenal dengan mesin sederhana plus ability riding jarak jauh di segala medan yang mumpuni. Tapi, di era modern ini kondisinya berubah 180°! Saat ini, motor ADV-Touring tak hanya sekadar fungsi dan praktikalitasnya semata – tapi juga sudah merambah aspek estetika, mesin yang kompleks, serta kadar “WOW” yang dimiliki sosoknya. Beruntung, Brosist bakal menemui hal tersebut pada sosok Kawasaki Versys-X 250 Indonesia… Karena nggak cuma praktis dan fungsional, tapi juga sudah mengusung banyak fitur, serta tampilan yang modern. Nice concept, team green!

 

 

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

 

Dan secara estetika, meski banyak yang menyayangkan tampilannya nggak mirip sosok Versys 650 atau 1000, tapi menurut EA’s Blog tampilan Kawasaki Versys-X 250 Indonesia ini nggak begitu buruk banget koq! Beberapa detailnya masih terlihat tajam dan agresif khas geng-ijo, serta sudah dijejali Half-fairing, Velg spoke-wheel (19 & 17 Inch), Suspensi depan jenjang, Ban IRC Trail Max yang berkarakter ‘all-terrain’, dan Windscreen tinggi – membungkus frame tipe diamond-backbone terbaru, spesial didevelop dengan material yang diperkuat.

Desain Kawasaki Versys-X 250 Indonesia nggak terlalu ‘intimidating’ laiknya Ninja / Z-series, tapi tetap minimalis, keren dan fungsional… Meskipun agak kehilangan sentuhan “WOW” yang biasanya terdapat di motor Kawasaki. Overall, Not bad! Karena satu hal yang nggak boleh dilupakan oleh Brosist sekalian, merknya tetap ‘Kawasaki’, yang bisa berarti banyak hal… Dalam hal positif.

 

 

Mesin Lama, Rasa Baru

 

 

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

 

 

Secara basis, mesin yang digunakan Kawasaki Versys-X 250 Indonesia sama persis laiknya yang digunakan oleh Ninja 250 FI… Masih berbekal konfigurasi Inline-twin 250cc, DOHC 8-Valve, Berpendingin Cairan & Pengabut BBM Fuel-Injeksi. Tapi, spesial untuk Versys terbaru, Kawasaki sudah melakukan ubahan spesial membuatnya jadi ‘usable’ ketimbang saudara sportbike-nya. Kali ini, powernya diklaim tembus 33,5 HP, plus akselerasi Low-Mid RPM yang lebih baik… 2 Horsepower lebih powerful ketimbang Ninja 250 / Z250.

 

Apa rahasianya Kang Eno? Nah, triknya ternyata berupa penggunaan ECU dengan tuning terbaru, serta ubahan signifikan di area knalpot – yang kini dibekali leher knalpot yang menekuk-nekuk bak ular, serta model silencer terbaru. Hasilnya, Kawasaki mengklaim power Versys-X 250 Indonesia: “Strong power delivery dan strong low-end torque-nya mampu memfasilitasi slow-speed manuver, memberikan kontrol dengan sangat baik saat melakukan throttle adjustments, dan ketika membuka gas di RPM rendah,”… To be honest, EA’s Blog juga nggak ngerti apa yang dibicarakan petinggi Kawasaki barusan. Yang jelas, suara knalpotnya pasti bakal menggoda euy….!

 

 

1 Konsep, 2 Versi

 

 

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia City Version

 

Meski mengusung konsep Adventure, tapi belum tentu semua usernya bakal menggunakan Versys terbaru ini untuk riding jarak jauh… Karena nggak menutup kemungkinan, sosoknya nanti malah lebih sering kita lihat dijalanan kota besar. Iya nggak? Dan untungnya, geng-ijo cukup jeli melihat segmentasi pasar tersebut – dengan memperkenalkan Kawasaki Versys-X 250 dalam 2 versi sekaligus: City & Touring.

 

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

Kawasaki Versys-X 250 Indonesia Touring Version

 

Kawasaki Versys-X 250 versi City dibekali dengan tampilan standar, plus 2 pilihan warna: Hijau & Abu-abu… Sementara versi Touringnya hadir dengan 2 pilihan warna (Hijau & Oranye), plus seabrek aksesoris & fitur tambahan berupa Fog lamp, Engine guard, Socket charger, Pannier, Standar tengah, serta Rem ABS besutan Bosch.

Dan akibat perbedaan detail yang cukup signifikan tersebut, banderol keduanya juga berbeda jauh…! Kawasaki Versys-X 250 versi City dibanderol dengan harga Rp. 61,9 jutaan – sementara versi Touringnya sukses menembus harga Rp. 71,2 jutaan. Pastinya, OTR Jabodetabek loh yaa… Untuk Brosist yang tinggal dipelosok daerah, jangan harap harganya bakal sama. You know, penyakit khas Kawasaki… Diskriminasi daerah.

 

 

 

Well. . . Bagi Brosist yang berminat, sepertinya harus sedikit bersabar nih. Karena Kawasaki Versys-X 250 Indonesia baru bisa diboyong mulai Februari 2017 mendatang – dengan target penjualan sekitar 5.000 unit / tahun. Kesabaran yang sepertinya bakal berbuah manis, sambil menunggu kehadiran sang pesaing (Suzuki V-Strom 250), sambil menunggu produk dengan konsep kenyamanan serupa (XMAX 250), serta sambil menunggu EA’s Blog bisa test ketiga sosok tersebut dengan style review khas ala Kang Eno… Which is, so far away.

 

 

Gallery Kawasaki Versys-X 250 Indonesia

 

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

18 comments

Tinggalkan Balasan