Suzuki Shogun 125 SP FL - FD

4 Alasan Suzuki Butuh Sosok Shogun SP Reborn!

Suzuki Shogun 125 SP adalah salah satu produk paling ikonik dari Suzuki Indonesia pada medio 2000-an silam… Desain ciamik, detail keren, kopling manual, performa mantap, serta unsur “fun” yang tinggi membuatnya tak diragukan lagi sebagai Bebek 4-Tak (tulen) hi-end paling exciting yang pernah EA’s Blog test. Meski pada kenyataannya, saya seorang user Yamaha Jupiter Z, salah satu rival terberatnya.

 

Dan meskipun segmen motor bebek sedang jalan ditempat dalam hal penjualan, EA’s Blog fikir Suzuki tetap butuh sosok Shogun SP Reborn untuk line-up produknya di tahun 2017 mendatang… Yang bakal jadi tahun “fight back” mereka di kancah Roda 2 Indonesia. Kenapa? Karena ada banyak alasan untuk melirik segmen bebek tulen, yang saat ini justru mulai ditinggalkan kompetitor lain… Cekidots!

 

 

Nggak Punya Andalan Bebek

 

 

Suzuki Shogun Axelo - Satria F115 Youngstar

 

Motor bebek (tulen) terakhir dari Suzuki yang mampu memancing antusiasme EA’s Blog adalah Shogun SP FL & F1… Yang faktanya, sudah discontinue bertahun-tahun silam. Terakhir, mereka coba kembali membangkitkan sosok bebek hi-end tersebut lewat sosok Shogun Axelo & Satria F115 Youngstar. Sayang, apa yang dilakukan Suzuki dengan mengombinasi konsep jadul dan mesin outdated tersebut, justru menghasilkan 2 produk yang genuinely useless…! Rubbish!

Jadi, rasanya nggak heran kalau keduanya masuk list Discontinue yang diumumkan pertengahan 2016 ini… Tapi, itu juga berarti saat ini Suzuki sama sekali tak punya andalan di kelas bebek tulen di harga 15-20 jutaan! Sebuah kekosongan yang menurut EA’s Blog amat-sangat besar. Dan seharusnya bisa diisi oleh Suzuki Shogun SP Reborn!

 

Shogun SP Reborn atau apapun namanya nanti, bisa mengisi celah menganga antara skutik entry-level Address FI & Satria F150 Injeksi yang gap-nya terlalu jauh… Lebih ke pasar Supra X 125 atau Jupiter Z1 alias high-end, ketimbang bertarung dipasar cub entry-level bersama Revo / Vega Force. Kenapa justru yang high-end Kang Eno? Jelas, karena Suzuki nggak boleh (lagi) menghilangkan unsur excitement seperti yang EA’s Blog temui di Shogun SP terdahulu.

 

 

Identitas Suzuki!

 

 

Shogun SP Reborn

 

Bagaimana sejarah Suzuki hingga menjadi sangat populer di Indonesia era 90’an hingga 2000’an silam? Apakah karena efek FXR 150? Atau RG-series?? Atau justru malah Thunder-series??? Nope, bukan itu…! Apa yang jadi identitas original Suzuki di Indonesia adalah motor bebek yang fenomenal dan brilian dimasanya… Shogun, Shogun R, Shogun 125SP, Satria R120, dan yang lainnya, adalah bukti nyata yang susah dibantah. Rasanya koq jadi aneh banget ya, kalau pabrikan berlogo “S” yang satu ini nggak punya motor bebek andalan seperti yang kita bahas di poin pertama tadi… Seperti kehilangan identitas.

 

 

Shogun SP Reborn dengan mesin 125cc Injeksi, Power impresif, Kopling Manual, Kaki-kaki ala Satria F150, Fitur & desain terbaru… Wow! Pastinya bakal langsung jadi “Cub of the year” kali ya? Wkwkwk… Karena saat ini, segmen bebek (cub) hi-end tersebut hanya diisi produk yang boring, outdate dan membosankan.

 

 

Pasarnya Kecil, Tapi Lihat Potensinya!

 

 

Shogun SP 3

 

Sudah bukan rahasia kalau di tahun 2016 ini, segmen motor bebek tulen babak belur dihajar skuter matik… Perbandingannya bak bumi-langit. Fans motor bebek pasti sedih kalau angkanya dibahas lebih detail. Penyebabnya? Yang terbesar sih pastinya efek pengembangan motor bebek yang cenderung jalan ditempat… Berbeda 180° dengan skuter matik yang diupdate tiap 2 tahun sekali. Tapi, ada satu hal yang perlu Brosist garis bawahi…

Meskipun pasarnya lebih kecil ketimbang skuter matik, tapi secara angka tetap saja besar – sekitar 51.000 unit lebih motor bebek terjual perbulannya, selama periode Januari-Oktober 2016 kemarin lho…! Jika Suzuki mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan merilis Shogun SP Reborn yang punya fitur dan spek teknis lebih dashyat ketimbang Supra 125, Blade, atau Jupiter Z1 – kemudian mencuri sekitar 15% marketnya, Artinya apa? Yes, Angka penjualan yang bahkan 2 kali lipat lebih besar ketimbang Satria F150 Injeksi…! Masih meragukan potensi dari sosok Shogun SP Reborn yang satu ini?

 

 

Show ’em Who’s Boss!

 

 

Suzuki Shogun 125 SP FL - FD

 

Sekarang, coba Brosist lihat apa yang Suzuki berikan pada produk andalannya saat ini: Address FI, Satria F150 Injeksi, GSX-S150 & GSX-R150? Yup, semua produk Suzuki tersebut punya kelebihan yang sulit ditandingi kompetitornya… Berupa Kualitas, spek teknis & value! Dan mereka jelas punya kesempatan besar untuk mengulangi hal tersebut di sosok Shogun SP Reborn! Basis mesin? Ada di Shogun Axelo… Fitur terkini? Ada di Sistem Injeksi rumit ala Shogun F1… Kaki-kaki? Satria F150 Injeksi sudah lebih dari cukup… Development? Cmon Suzuki... Show ’em Who’s Boss!

 

 

 

Kalau mau jujur… Kesalahan terbesar yang Suzuki lakukan sebenarnya bukan sepenuhnya ada dalam skala produk. Tapi justru berada di aspek non-teknis! Sepanjang 2016 ini, Suzuki membuat produk yang make sense, tapi justru ‘dijual’ dengan cara yang sama sekali nggak masuk akal. Ibarat koki handal dengan masakan super lezat, tapi cuma masak untuk dirinya sendiri… Pertanyaanya: Gimana cara orang lain paham kalau dirinya koki handal? What’s the point?

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

58 comments

  • jupiz

    era 90-an setiap produk suzuki jadi legend lo…bahkan beberapa line up nya jadi idola yang membuat orang sekelas saya hanya bisa menelan ludah..hee…setujuu kaang..sayang kalo produk selejen shogun mati selamanya…ayo bangkitkan lagi kelas cub….biar gk hilang di sikat matic…suzuki…inovasi tiada henti (apa inovasi yang terhenti ya)…hehehe

    • enoanderson

      Shogun is in (true) FBS blood, wkwkwk 😀

      • Jacoblus

        Pake mesin fu fi injeksi kan bisa itu suzuki samakan kualitasnya / bagusin dikit jg gak papa plus tenaga paling gede diantara rival plus irit jg Tapi, jgn pake radiator pake ac alam aja karna ini bebek yg habitatnya di sgala medan..!!!!
        Maintenance harus sesimpel kek miara bebek pd umumnya.
        Ini Shogun bebek buat pekerja kasih fitur yg jooss misal bagasi gede tangki bensin 5 liter pindah ditebeng kek matic kymco, rdb, lampu mpe sein full led, spido full digital pake fu fi, dobel shock, pelk depan belakang lebar 90/80-17 & 110/80-17 seat height JANGAN TINGGI2, pelk Y spoke warna orange, biru movistar, Hijau stabilo, desain harus ganteng dan harus lebih ganteng dari jupe burhan titik………!!!!!!!!!!!
        Dimensi tabung shock gedein dikit biar terlihat gagah.
        Kasih aksesoris rak belanjaan didepan kek bebek2 yg ada di negara thailand. Jok harus empuk. Dah itu saja didenger suzuki yo monggo gak jg gak apa2. Lha kalo untung ya suzuki sendiri yg senen26

  • budi

    Kalo menurutku shogun sp besok wajib 150cc pake mesin fufi gsx, kaya mesin k56 buat 4 varian cbr cb gtr sonic..
    Udah pasti low cost tinggal bedain mapping ecu..
    Kalo mau mesin 125 kembangin aja mesin shongun fi yang dulu buat back up atau option lain dimotor cub .
    Shogun sp 125 tanggung, mending skalian mesin 150, basisnya ada tinggal develop desain yang update

  • RFP

    Kalo saya pengennya shogun reborn jadi bebek super kang, buat lawan mx king sama supra gtr. Pake mesin satria fi yg udah jelas performanya + ban gambot, desain keren khas suzuki, harga mepet mx king, namanya jadi SHOGUN150R. Bikin juga versi 125 nama ttp shogun sp, mesin ttp pake yg lama tapi diperbarui lagi biar bisa lebih josss. Andai saja bisa terjadi

  • Abi

    Mendingan shogun sp 150 aja klo gak mau repot bikin mesin baru 125cc..

  • Yoyok Sieup

    Jadi ingat waktu sekolah dulu, ngerasain how fun-nya Shogun SP.. Pengen banget punya.. Pilihan saat itu antara SP atau MX 135, tapi lebih demen SP.. Eh papi udah buru-buru aja setor dp ke dealler “sayap” ..

  • newbiefreak!

    2 junior saya di kampus punya thunder 125, sama shogun, dan dua2nya mreka orgnya “jorok”, gnti oli seingetnya, nyuci mtor apalagi, bensin always premium, suara motor emang udh “engga banget”, tpi bgitu saya cobain,, “lho kok masih enak buat digeber yak??”
    saya juga pernah punya supraX dgn kondisi jadul tapi terawat (jgn samain saya dgn teman saya hehehe) servis rutin, oli pun rutin, tpi diajak geber??? ngeden abissssss…. (sorry bkn fansboy)
    bener kata kang eno, suzuki punya potensi gede, tpi secara non-teknis nya….. ya begitu lah hehe..
    saran buat RnD nya Suzuki, sering2 “blusukan” biar tau keinginan konsumen, tpi jgn cuma pencitraan kyk si “mr.prihatin”.. (uuppss) hehe
    bangkit dong suzuki, show ’em who’s the boss!

    • RFP

      Sama kaya punya temen saya bang, shogun sp nya ga dirawat tapi digeber sampe 120km/j masih kuat dan tarikannya juga masih yahud, kualitas mesinnya jempolan

  • Tes jaring

    Menurut saya shogun SP harus pake kopling manual, udah itu aja

  • lha terus yg beli siapa? FBS sekarang sudah pada tua, males beli bebek.
    mengincar konsumen baru ? ah, becanda nih kang eno, bapaknya mana mau beliin anaknya suzuki
    oh iya, anaknya FBS barangkali tertarik dan bapaknya mau beliin

  • HR

    Motor yang saya pengen tapi belum kesampaian punya sampai sekarang. Harus reborn 125 cc aja biar harga terjangkau, misal 16 jutaan pasti seger.

  • Saya siap beli 1 kalo Shogun SP 125 reborn, 150 juga gapapa asal jangan kaya Axelo atau Titan dah gitu aja

  • dimdim

    Dulu ya kang.. dulu waktu jaman sma.. temen yg punya Shogun sp rata2 ceweknya cantik..

    Saya yg cuma punya smash ikut nimbrung aja siapa tahu kecipratan.. wkwkwk

    Jujur saya FBS dan tau gmn value nya produk suzuki, tp lama kelamaan bosen di PHP in..
    Ngeluarin gsx150 telat, udah kadung beli NVA.. salah sendiri budeg, hahaha

    • tian

      Suzuki ? Gk seperti slogan ny , inovasi tiada henti.. Harus di ganti slogan ny skarang mh, hrus nya aktive,kreatitif,inovatif,presisif,,, jngan bobo panjang,pas bangun eh ktinggalan jamrud,,wkwkwk,,

  • Kalo saja pake bodi shogun fl trus dikombinasiin mesin shogun axelo yg power nendang khas suzuki beuh mantap tenan kang,atau kalo mau ttep basis 125cc pake mesin gsx eropa tapi kalo rangkanya ttep mau cup coba dibikin tidur posisi mesinnya kang dijamin dh yg lain ketinggalan,jadi inget taglinenya :3

  • 4%&&

    Entah sdh brp byk calon konsumen yg niat beli Suzuki tapi berubah pikiran gara2 takut masalah servis after sales, seandainya Suzuki lebih peduli sm konsumen & bikin layanan HOME servis kaya TVS mungkin penjualannya bakal lbh baik

  • Setuju saya shogun harus reborn lagi! (Saya sejak SMP ngefans dengan SP… tapi apa daya saat itu dibeliin supra125 #bersyukur)

    Biarlah basicnya Cub konvensional layaknya jupiter/supra tapi dengan desain lebih dapat dicerna,handling khas shogun dan fitur lebih (klo mesin jgn diragukan.. its suzuki! )

    Dan klo mw ngebet ngeluarin bebek 150 namanya satria RU150 Fi aja deh.. lebih masuk sih hihihi

  • Surya

    Bneran kang 51.000 unit ? Brarti lumayan juga ya .. Mungkin alasan mereka milih bebek , karena merasa matic itu kurang macho , beli Ayago ga sesuai umur, tapi beli motor batangan pun kurang fungsional. ( Eh ..tapi itu alasan ane pribadi sih..haha )
    Oiya, Masa Youngstar disebut High End kang ? Menurut ane mah bebek entry level itu,sekelas Vegaforce & Revo FI. Beda nya di desain yg (sebagian) ngikutin abangnya Satria FU. IMHO, desain & fitur yg nanggung, plus harga yg terlalu mahal, yg bikin Baby Fu , mesti pensiun dini.
    Mengenai Shogun 125 Reborn, ane setuju bgt Kang.. apalagi dgn fitur yg akang sebut tadi. Kalo bneran diwujudkan Suzuki,, Beuuh.. Blade 125 & Jupiter Z1 mah dijamin nunduk daah .. 😀

    • enoanderson

      Bener kang, bulan ini sih cuma 48 ribuan unit, tapi kalau dirata2 dari Awal januari-oktober 2016 beneran 51.000 unit lebih koq bebek yg kedistribusi… 😀

  • Ryan

    Bikin shogun pake mesin fu karbu ato rider125 dibikin injeksi. Bodi + Sasis alumunium satria 2tak, kopling manual, monoshock+link. Setuju??

  • haneswara

    Shogun SP lawas hmm bikin ngiler, spoilernya keren, kaki-kaki FU, performa mantep…
    Kalau mau fightback menurut saya bikinlah desain yg “wow”, saya lihat Suzuki sekarang bikin desain kok agak nyeleneh ya. Dan gak tau kenapa image Suzuki buat saya itu spare part susah+mahal. Apakah saya sudah jadi korban BC ya… :-/

    Kasus Shogun sama kayak Jupiter menurut saya. Ini 2 motor bebek cukup fenomenal (pada jamannya). Tapi sayang lagi ngehits-ngehitsnya produsen malah bikin facelift (Shogun Axelo & Jupiter Z1) yang menurut saya blunder besar. Keputusan yg sangat aneh…

  • Asal jangan kayak bentuk shooter aja shogun sp rebornnya pasti bakalan rame lagi.

  • lho kok beda ama kata si jamal, jarwo atau semacam nya. konon katanya Suzuki Shodun 110 mereka dipake malah cepet rusak padahal sering ganti olie n jalan normal. beda ama Kharisma yg mereka punya, power full, irit, kencang, bandel (jarang ganti oli) malah lebih awet drpd Shogun yg kata mereka rutin perawatan,

    blm lg ada testi mbek yg bilang klo Supra Fit nya 2 taon gak gnti olie masih enak di geber pas di cek olie nya ternyata abis.

    ngoahahaha

    :v

  • B lmp

    Ini pabrikan paling susah di ajak maju sma loyalis nya kank.. .
    Konsumenya mau itu di ksh produk eta.. Ya miris kan jadina..
    Discountineu produk paling pinter…

    Shogun125SP/R injeksi produk bagus malah discountineu ganti axelo yg dsainnya gal lebih apik dri new shogun fi..
    Smash jga gti ganti shooter yg dsainnya lebih ancur dri smash titan..
    Tambah parah lagi yongstar..
    Dikiran GSX-R/S nya bakal wow ternyata wew..

    • enoanderson

      Ya itu dia kang, selama mereka bikin motor cuma buat otaknya sendiri, dan nggak tau cara jualan motor yang bener… Yowess, pasrah we lah, wkwkwk 😀

  • Farid

    Dulu waktu kecil pas kelas 3 atau 4 SD sempat kepincut buat punya shogun 125SP walau saat itu belum bisa bawa motor wkwkwkwkwkwk…… emang dijamannya shogun 125 SP itu desainnya termasuk paling keren dikelasnya,terutama untuk model tahun 2007 keatas

  • Candra

    Shogun sp salah satu yang terbaik dari Suzuki, label SP “sport production” lebih nyata daripada “DNA motoGP”. Awal kemunculannya jauh lebih maju dibanding dengan jupiMX bahkan Vixion sekalipun. Apalagi seri FI nya yang super langka, sistem injeksi yang terbaik sampai sekarang, sensor terbanyak, velg palang 10 Enkei, cakram lebar, plus kualitas Suzuki yang ga terbantahkan. FBS? So saya punya Shogun kebo 1998, Shogun R 110, dan Shogun SP 2008. 100 strategi bisnis 5 tahun kedepan mungkin jadi jawaban Suzuki, inovasi Suzuki belum berhenti, lihat FU fi mesin baru hasil riset dengan hasil yang “you know lah this Suzuki” bahkan real FBH dan FBY menantikan Suzuki comeback. Setuju kang eno sang jendral itu identity of Suzuki. Lets reborn suzi

  • loeloeng

    Memang lah motor anu paling worthed kang, emang yahud! Klo ada yg ngejual mah, dibeuli pasti (tapi da weuh duit euy! :v)

  • Stevanie

    Dari artikel diatas yg bisa saiya pahami mungkin seperti ini: secantik apapun artisnya (semisal AURA KASIH) kalo yg make up -in gk pinter ya……begitulah.

  • jarwo

    hayyah terlalu lebay menilai suzuki produk super. itu mitos bro.
    masyarakat yg jd juri dan bisa menilai mana yg lbh value. nyatanya honda yg dininai lbh value sampai ms 80%.
    ane jg pengguna suzuki dan all brand.
    ane pernah punya shogun kebo sampai 2 kali. mesin top,tp distem nopling yg mgdankan clip sebagai pengunci bikin mumet krn sering lepas dan bikin trobel di jalan.
    shogun 125 sorry to say, lbh kuat mesin karisma dlm kdisi pemakaian sama. si shocun sdh ngebul dan karisma aman.
    skarang ini adik punya address dan kadang ane pakai jg.
    mesin ok disain ya gt deh….tp kelemahan fatal ,jarak ke tanah pendek banget dan langganan kepentok poldur. sebagai perbandingan klo pakai skupy lewat pondur aman.
    jd kesimpulannya jangan mengira ,masyarakat itu bodoh dg meninggalkan suzuki.
    tp honda lbh bisa menerjelahkan keinginan2 masyarakat .dengan kompromi dr berbagai aspek.
    coba amati pergerakan honda, dia segera update bila dirasa kurang berkenan di market. bkn malah keras kepala memaksakan ide.
    masukan buat kang eno. tidak sesimpel pemikiran bloger bila fitur lebih otomatis langsung beralih,spt perkiraan eno dlm hal aerox dan vario.
    cobadeh lihat mio m3/z yg sdh lbh advanc dan jg irit gak berdaya lawan beat.

    • enoanderson

      Di blog ini bebas berpendapat koq kang. Kalau ada unek2 / pemikiran lain silahkan ditulis lagi aja – selama masuk kategori saling menghargai… Tinggal pembaca lain aja yg nanggepinnya kayak gimana.

      Anyway, yang bisa ubah pemikiran saya keknya cuman saya sendiri kang…

  • Gus

    Khusus mesin shogun 125 paling wenak gen 1. Karakternya khas anak muda.k arakter mesin Raw and blasty. Juga tetep luwes. Setelah ganti new shogun (gen II) mesin jd lebih haluuss tp power tetep mantap. Cuman saya kaget pas njajal axelo…. ergonomi aneh, mesin serasa 110cc, dem iki motor cap opo.

    Shogun 125 gen1 saya sejak jaman sma itu masih mengisi garasi ortu, gak ada yg pake. setia menunggu kepulangan saya kalo mudik. Still the best 125cc cub for me

  • Yookee

    Kunci nya kan ada di strategi bisnis indomobil kang. Era ketika kita menikmati produk terbaik Suzuki adalah saat masih bernama SMI, Suzuki Motor Indonesia. Disaat itu ada R&D khusus Indonesia buat ngedevelop motor yg sesuai kebutuhan masyarakat. Saat ini strategi bisnis nya berubah sesuai namanya SIS, Suzuki Indomobil Sales, mereka lbh fokus jualan produk yg ada aja. Persentase R&D lokal Indonesia jadi semakin kecil. Dan lagi mengingat kegagalan bbrp tahun silam, SIS benar2 harus super hati2 dlm melangkah. Bisa dibilang dari 4 produk advance (Address, Satria FI, GSX R150, GSX S150) sebenarnya SIS cuma punya 2 mesin kan itupun mesin yg dipake untuk global product. Jd kalo liat pattern nya sih blm akan ada bebek bermesin tiduran macam Shogun.

    Perihal kedua adalah Suzuki hampir jarang bgt mindahin basis produksi dr satu negara ke negara lain, macam Honda pindahin basis produksi CBR series dr Thailand ke Indonesia atau Yamaha bikin R15 di pabrik Indonesia selain India. Contohnya basis Suzuki GW250, walau Inazuma jualannya kurang moncer di dunia, tapi next project berbasis mesin itu kya V Strom 250 atau GSX250R ttp di produksi di pabrik Cina. Sama jg kya basis produksi mesin GSX 150 series yg pake mesin Satria FI juga basis produksi nya ttp bertahan di Indonesia. Bottom point nya adalah kalaupun Suzuki global punya mesin injeksi tiduran buat bebek, kalo basis produksinya di luar negeri, ya akan susah buat kita nikmatin produk macam ini. Kecuali import. Yg artinya mahal

    • Yookee

      Jadi kalo berkaca sama GSX R125 yg launching duluan di Eropah. Sbnrnya kita bisa sdkt membaca strateginya Suzuki global. Yah let say kita boleh berharaplah. Misalnya gini, tahun ini secara mengejutkan Suzuki launching facelift Burgman 400. Kenapa mengejutkan? Karena pasarnya Burgman yg fenomenal itu kelas 125 dan 200cc. Kalo boleh berharap sih semoga arti penundaan update Burgman 125&200 ini karena Suzuki sudah melihat besarnya animo big scooter di Asia tenggara sehingga ada rencana memindahkan atau bikin second plant buat Burgman di Indonesia. Lho katanya Suzuki gak pernah mindahin basis produksi? Ya emang ngga, tapi ada satu produk ngetop Suzuki yg di produksi di 2 pabrik berbeda di dunia, yaitu Suzuki Ertiga. Pabrik nya selain di Indonesia ada jg di India. Jadi, semoga saja ya, kalaupun ternyata jualannya SIS harus global product, ya seenggaknya kita bs kebagian Burgman disni. Krn sptnya kalo melihat pattern itulah yg paling mungkin saat ini.

    • Yookee

      Maap ya kang, kepanjangan komen nya. Semoga berkenan buat pemilik blog dan pembaca setia enoanderson.com

      Salam satu aspal. Mari kita support pabrikan yg bs memberi kita produk yg bagus dgn valuable price.

  • CBunpadjatinangor

    Saya bukan fb pabrikan manapun. Motor saya cuma cb jadul dan riding experience saya gak banyak cuma sering minjem2 motor teman aja. Saya ingin suzuki bangkit agar pemandangan di jalanan gak membosankan. Saya bosen liat matik t(h)ailook cap sayap atau alat musik. Kalo muncul motor2 ganteng berkualitas khas suzuki semoga gak ada produsen motor yg monopoli dgn bikin produk sampah tapi tetep dijual dgn modal nama besar. Pengennya sih pasar motor indo punya line up bervariasi kayak d luar negeri meskipun versi mesin mini. Pengennya sih persaingan motor di indo agak sengit jd produsen saling lomba jaga kualitas. Pengennya sih motor2 di indo jgn kena downgrade, biarin aja harga mahal biar orang2 gak ugal2an bawa motor krn nyadar kalo rusak sparepartnya mahal. Pengennya sih vanvan dijual di sini. Pengennya sih…

  • Setelah meninggalkan “nama” shogun, perlahan tapi pasti Suzuki tenggelam.
    DUlu selangkah di depan, sekarang. 🙁

    yg pernah saya coba shogun 110 saja.
    Tarikannya njirrrrrrrrrr

  • Miirr

    Dulu waktu sd ngeliat motor suzuki lewat gabosen bosen mandangin, dari fxr satria hiu shogun sp nya.. Desainya gak ada yg ngalahin sampe sekarang, kecuali model fxr yg outdate

  • sampai sekarang masih pake shogun fl125 2010..gila motor bebek ini paling bertenaga dibandingin semua motor bebek yang pernah saya punya (honda supra, jupiter z)..sekarang jadi tunggangan sehari2 kekantor
    berharap suzuki keluarin lagi macam shogun fl ini dengan teknologi terkini (injeksi, rem bybre dll)
    hihih

  • biodi

    Salah satu blundernya produk suzuki, bisa jadi karena seringnya gonta ganti nama. Membuat konsumen bingung. Shogun itu sudah melekat dibenak masyarakat eh malah diganti nama Axelo. Smash pun juga demikian kok diganti Titan ? Eksistensi sebuah merk tak bisa dibangun dalam semalam.
    Syair William Shakespeare “Apalah arti sebuah nama” tak berlaku dalam dunia bisnis.

  • Renhan

    Setuju kang, duitnya ada..tinggal mau kerja apa tidak..

Tinggalkan Balasan