Yamaha Aerox 155 - NMAX - XMAX

Kombinasi Yamaha Aerox – NMAX – XMAX, Strategi Kamikaze Mematikan!

Dengan hadirnya Yamaha Aerox 155 & XMAX 250 yang bakal menemani NMAX awal 2017 mendatang, praktis line up skutik high-end milik pabrikan berlogo garputala bakal makin komplit… Aerox yang mengisi segmen 20-25 jutaan, NMAX di range 25-30 jutaan, dan XMAX dikelas “real estate” berbanderol 40 jutaan keatas. Kalau Brosist mengira efeknya hanya akan terasa di segmen skuter matik, EA’s Blog justru punya pemikiran berbeda… Efek trio maut ini bakal lebih dari itu. Lebih seru! Masa sih?

 

 

Kita sudah bahas bersama tentang potensi Yamaha Aerox 155 yang bakal punya efek besar bagi produk di rentang harga 20 jutaan… Kombinasikan dengan NMAX 155, maka keadaan bakal semakin memburuk. Kalau Vario 150 dianggap sebagai target utamanya, salah besar! Kombinasi Aerox – NMAX (IMHO) juga bakal punya dampak signifikan bagi Sport 150cc secara keseluruhan. Sementara itu, Yamaha XMAX (meskipun masih agak prematur) hampir bisa dipastikan bakal sedikit memusingkan market Sport 250cc… Nggak terlalu lebay koq.

Kalau nggak percaya, coba Brosist lihat tabel motor terlaris Indonesia periode Oktober 2016 yang disertakan dibawah ini… Kemudian bandingkan saat NMAX belum dirilis ke pasar (Januari 2015). See what I mean?? Ingat, prediksi para pengamat pasar di 2017 nanti, angka penjualan nggak bakal ada kenaikan pesat dibanding tahun ini. Artinya, jika ada 1 produk yang penjualannya berkembang pesat, pasti bakal ada ‘tumbal’ produk lainnya.

 

 

Januari 2015Oktober 2016
Honda  BeAT (175.339 Unit)Honda BeAT-series (201.880 Unit)
Honda Vario-series (119.877 Unit)Honda Vario-series (121.255 Unit)
Yamaha Mio-series (48.860 Unit)Honda Scoopy eSP (52.266 Unit)
Honda Scoopy FI (25.072 Unit)Yamaha Mio M3 (32.926 Unit)
Yamaha Vixion (20.767 Unit)Yamaha NMAX (25.825 Unit)
Honda CB150R Streetfire (17.898 Unit)
Honda Supra X 125 (16.808 Unit)
Honda Revo (12.865 Unit)
Yamaha Vixion (12.516 Unit)

 

 

Yamaha Aerox 155 - NMAX - XMAX

 

Sayangnya, kata “mematikan” yang EA’s Blog input di judul artikel ini berlaku untuk semua pabrikan… Termasuk Yamaha sendiri. Kombinasi Aerox – NMAX – XMAX nggak cuma mematikan untuk kompetitor dari produsen lain, tapi termasuk juga berpotensi melakukan ‘kanibalisme’ terhadap sesama produk berlabel Yamaha… Vixion, YZF R15, MT25 & YZF R25 adalah yang EA’s Blog maksud. Tanpa bermaksud mengecilkan 4 line-up sport Yamaha tadi, tapi hey… Time to wake up! Kita semua tahu apa hasil komparasi antara YZF R15 vs CBR150R atau antara YZF R25 vs Ninja 250 vs CBR250RR bukan?

 

 

Well. . . Ketiga skutik ini punya keunggulan masing-masing – dan tak perlu diragukan lagi kapabilitasnya sebagai trio ‘maneater’ dahsyat yang siap menggoda pecinta otomotif tahun depan. Sayang, menurut EA’s Blog, strategi ini lebih mirip pasukan kamikaze yang melakukan serangan bunuh diri kepada kapal perang sekutu era Perang Dunia II silam… Nggak ada salahnya dicoba koq! Tapi, komandan perang yang bijak harusnya sudah punya pasukan cadangan bukan?

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

26 comments

  • Nararider

    Setuju bang enno….yg perlu jadi catatan korban terbanyak justru paling banyak dari line up yamaha sendiri secara para penggemar yamaha larinya pasti juga ke yamaha juga, meski saya yakin penggemar selain yamaha pun juga akan terkena dampaknya

  • gondes

    Mungkin klo harga tepat ngesetnya,,vario bisa tumbang kang untuk Aerox soalnya desain dan fitur sudah melampaui limit vario

  • Stevanie

    Lebih maut efek AURA KASIH.
    #UPS…..

  • amlbuton

    Klo ane sih nunggu dual purpose atau bobber kang

  • Surya

    Jangan sampe niatnya menjegal kompetitor ,,malah jadi PMP .. Pren Makan Pren .. 😀

    • tian

      Wah gmna nasib R15,vixion,byson apa lg,trus Mt25 R25 gmna yhh?? Mtor2 bebek ny nazib ny kmnaon ? Dari pda d jejali mulu bigscoot,pcinta trail gk d pkirin..yg dmen gaya retro cman d ksih fino ajh.. Celah ini gk d ambil,,peminat msih nunggu bnyak nihh…

  • Somplak

    Seharusnya Yamaha ajak join Honda kaya avanza-xenia…kalo niat killer Honda sama aja cari mampus…besok2 kalo dibales Honda kelar Yamaha…liat kasus Mio vs beat…r15vs CBR..dan masih banyak lagi

    • enoanderson

      Seenggaknya, tahun 2017 Yamaha masih punya nafas dikit kang… Soalnya PCX lokal juga masih jauh, Vario 150 nggak ada kabar update, Maxi-scoot 250cc apalagi… Kedepannya, cuma tuhan YME dan mereka yang tahu 😀

  • Tb.Hada

    Salam kenal kang eno, urang pembaca setia kang eno yeuh cuma jarang komen, mau tanya kang, sudah sekitar lima bulan pake nmax, cuma akhir2 ini sektor mesin berasa kasar kang sampe merembet ke stang, biasa minum pertamax92. Nah anehnya kalau pake pertamax turbo keluhan yg tadi hilang, mesin berasa halus dan getaran di stang ilang. Nmax sebetulnya disetting pake bbm ron berpa ya kang? Nuhun kang – Salam

    • enoanderson

      Harusnya sih RON92 (Pertamax) juga udah lebih dari cukup kang buat penggunaan sehari-hari… CVT normal? Komstir normal nggak kang? Biasanya itu penyebab awal timbul getaran di setang…

      Atau ada user NMAX lain yang mau jawab disini…? Silahkan….

  • adie

    Mindset suatu produk spda motor efeknya akan mengalir sesuatu trend baru..dlu saat pertama mio muncul efectnya baru trasa 3-4 th stlah perilisan dan menjadi booming trend style tp sayangnya mesinnya banyak penyakitan dan gak layak dianggap motor jepang baru orang beralih ke beat walaupun pertama muncul kurang di minati mlhan skrang jd booming..kritik buat yamaha kang eno klo bikin motor durability di perhatikan karena dampaknya 10 th pun orang blum percaya walaupun sepuluh ganti nma mio ttp aja ga bisa laris spt dlu ..walaupun mio yg skrang durabilitynya lbih baik dr beat fi

    • tian

      Honda sebagai follower stia yamaha,mlah lbih maju satu langkah dari yamaha,, yamaha bikin duluan, yang belakang jdi di depan,, ohhhh my gusti nu agung….

    • enoanderson

      Dulu, bukan cuma durability sih… Tapi juga merk, plus promo murah-meriah mancing antusias konsumen beralih dari Mio ke Beat. Emak saya salah satu contoh kasusnya, yang hijrah ke BeAT tahun 2009, 🙂

  • Adie

    Kang klo pndapat ane desain vario150 it lbih bisa d terima sma smua kalangan masyarakat dri yng tua smpe yng muda,

    smntara aerox155 kya e desainnya anak muda bngt cz shape body lbih tajam.

    Klo mnrut kang eno gimana?

    Trus krna perbedaan garis desain td apa bsa berpengaruh bnyk juga ke penjualan?

    • enoanderson

      Setiap konsep (Roda 2) punya keunggulannya masing-masing koq kang, jadi konsumennya juga pasti punya konsep sendiri kenapa dia milih produk A, B, C, atau Z… Penjualan? Bukan dinilai dari konsep, atau fitur, atau fun, atau boring koq kang, tapi dari banyak hal.

      Tapi kalau disuruh pilih, sementara ini saya pilih Aerox 155 (sampai unitnya nanti dijual masal dan saya bisa kasih kesimpulan). Alasannya? Konsep Aerox, IMHO bikin konsep Vario 150 nggak make sense.

  • hardireinan

    Sepertinya yamaha lebih fokus di kelas ini .

  • topman

    selama pesaing (baca: Honda) belum punya produk setara, dijamin trio kwekkwek ini akan laris manis… tinggal yamaha bisa maintain konsumen ga setelah produk pesaing muncul, biasanya itu kelemahan Yamaha dan kelebihan Honda 😀

  • fari.fairis

    nah.. mngkin ane termasuk salah satunya..
    ane user MX yg sedang bertapa mencari wangsit haruskah ane beralih ke Aerox… wkwkwkwkwk…

  • bucex

    Vario vs aerox ..beda segmen lah..mungkin untuk sekedar diferensiasi bisa jadi..yg tergerus nanti justru bebek dan bebek super..karna bisa jadi 10 tahun lagi hanya akan ada 2 jenis motor…yaitu sport dan matic…bebek sudah almarhum

    • Poho deui...

      Prediksi matik low entry dsn bebek 2017-2018 akan mengalami kejenuhan karena makin byk pilihan di 150 cc scooter atau sport cub dan batangan.yg mampu beli pcx,nmax,xmax,sport 150 cc sd 250..
      Analisa daya beli menjadi pertimbangan…
      Ada harga ,ada selera dan cita rasa di tiap segmen kubikasi.lihat lah desain dan teknologinya..hampir 2 mirip.
      Yamaha berani membuka segmen byk pilihan dan varian tp tdk di barengi revisi ke nilai +,lihat vixion,disaat pemenang ATPM amati,tiru,pepetin,mass pro justru lebih baik.
      Jgn cuman ganti striping saja…kalau tdk mau tergerus…
      Konsumen indonesia itu beda.suka sesuatu yg baru padahal belum tentu ngerti atau bermamfaat..kadang melebih lebihkan sesuatu hanya karena “katanya”…hanya sekian % yg benar benar smart…antara teknologi,informasi,value,fungsi dan image brand.
      Fakta setelah 10 th kebelakang dunia matic hadir…masih nyaman mtr bertranmisi semi atau manual,irit,biaya perawatan mudah dan murah,daya tahan tinggi dan sesuai geografis…

Tinggalkan Balasan