Advertisements
Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

Serba-Serbi Yamaha XMAX 250 Indonesia, Maneater 2017!

Setahun silam, pabrikan berlogo garputala merilis maxi-scoot NMAX dan langsung laris-manis dipasaran… Meskipun harganya setara Sport 150cc, tapi penjualan bulan Oktober 2016 membuktikan skuter bermesin 155cc ini justru lebih diminati, dengan volume penjualan lebih dari 25ribu unit. Coba mengulangi kesuksesan tersebut, kini mereka mempersiapkan produk terbaru untuk tahun 2017 mendatang. The bigger one: Yamaha XMAX 250… Bigger size, bigger specs, bigger power, bigger comfort, bigger excitement, bigger expectationA really big one.

 

 

Pertanyaannya: Apakah Yamaha XMAX 250 adalah jawaban bagi konsumen 250cc Indonesia? Apakah genre maxi-scoot bakal jadi pilihan yang lebih baik ketimbang Naked & Sportbike yang saat ini memenuhi pasar?? Jawaban serta kesimpulannya, sedikit banyak bisa Brosist simak pada pembahasan serba-serbi XMAX 250 ala EA’s Blog berikut ini… Cekidots!

 

Konsep Yamaha XMAX 250

 

Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017
Saat Honda merilis CN250 Helix sebagai maxi-scoot medium Jepang (250-300cc) pertama di Dunia tahun 1986 silam, konsumen langsung menggila… Dalam sekejap, konsep tersebut langsung laris-manis dipasaran. Kenyamanan, kemewahan, fitur berlimpah, reliabilty tinggi, harga bersaing, serta power yang lebih besar ketimbang skuter standar lain membuatnya seakan tanpa lawan. Memaksa Produsen Negeri Sakura lainnya merilis produk dengan konsep serupa. Hal tersebut dibuktikan dengan masa baktinya yang menembus 2 dekade lebih, dari 1986-2007 di Amerika Serikat… “Money maker” Honda lainnya diluar Cub-series!

 

Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

Honda CN250 Helix & Yamaha XMAX 250 2017

 

Sayang, Honda Indonesia sepertinya terlalu pintar, sehingga tak mau belajar dari kesuksesan masa lalunya tersebut. Tapi untungnya, 2017 mendatang kita bakal kedatangan sosok yang serupa dari pabrikan berlogo garputala: Yamaha XMAX 250. Ibarat ulangan yang sama laiknya sang Helix, Maxi-scoot 250cc pertama yang hadir diantara beragam genre lain yang sudah penuh sesak mengisi pasar (karena Benelli Zafferano nggak jelas juntrungannya). Bedanya, jika sebelumnya berskala Dunia, maka Yamaha X-MAX 250 ini berskala Indonesia… Dengan tipe konsumen yang lebih ‘gila’, kalau mau jujur.

Konsepnya pun tak jauh, Yamaha XMAX 250 coba menghadirkan sesuatu yang baru dikelas 250cc yang selama ini terkenal dengan speed, speed, speed & ninja (ahemm)… Kini menjadi kenyamanan, fungsionalitas dan praktikalitas tinggi. Sebuah aspek yang tak mungkin ditemui di Sportbike atau Naked berkapasitas 1/4 liter – terutama untuk kalangan konsumen yang berusia 30 tahun keatas, kaum hawa, ataupun tipe konsumen muda yang menganggap dirinya tua. Dan kalau difikir-fikir, justru konsumen inilah yang punya budget masuk akal untuk membeli motor 250cc dengan banderol lumayan… Bukan sebuah konsep yang buruk kan? It’s brilliant!

 

Desain Futuristik

 

 

Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

 

Jika Brosist menganggap NMAX atau PCX-series sebagai benchmark genre maxi-scoot di Indonesia. Maka bersiap-siaplah untuk merubah pemikiran tersebut, karena Yamaha XMAX 250 secara dimensi lebih gambot, lebih keren dengan tekukan desain yang tajam, serta dibekali fitur-fitur yang 2x lipat lebih exciting ketimbang skuter gambot 150cc yang dijual saat ini. EA’s Blog nggak mau ngoceh banyak-banyak deh, silahkan simak dan nilai sendiri desainnya via galeri yang disertakan diatas… Bagus atau nggak? Saya yakin mata Brosist pembaca sekalian masih normal…

 

 

Detail Berkelas

 

Yamaha XMAX 250 2017 12

 

Mengusung bodi gambot dan bobot yang mencapai 182 kg, maxi-scoot yang satu tentunya harus memiliki kaki-kaki yang kokoh untuk menopang kestabilannya. Dan asyiknya, detail kaki-kaki yang digunakan Yamaha XMAX 250 ini ternyaa oke punya lho Brosist! Meski masih mengusung suspensi teleskopik di bagian depan dan dual shock absorber di belakang, tapi XMAX sejatinya sudah dibekali dengan Velg 15-14 inci keren tapak lebar, plus ukuran ban gambot. 120/70-15 di depan & 140/70-14 di belakang, yang artinya setara motor sport 250cc! Sementara untuk area pengereman, XMAX mengandalkan double disc brake, plus Antilock Brake Sytem (ABS) yang menambah unsur safety penggunanya.

Bukan cuma itu aja, Yamaha XMAX 250 juga memiliki berbagai detail lainnya yang nggak kalah kelas… Sebut saja speedometer kombinasi digital-analog yang tampil mewah, windshield tinggi ala motor touring, jok boncenger bertingkat, serta area pijakan kaki yang luas dan nyaman.
.

Fitur Mumpuni

 

Yamaha XMAX 250 2016 3

 

Belum komplit rasanya membahas segala kelebihan Yamaha XMAX tanpa bahas sektor fiturnya. Yup, itu karena fitur di maxi-scoot 250cc ini benar-benar komplit banget deh! Kita bisa menemui Lampu LED, Rem Antilock Brake System (ABS), Smart Key System alias tanpa membutuhkan kunci kontak, Alarm, Immobilizer, Electronic Power Socket (Charger Gadget), Bagasi yang muat 2 helm sekaligus, serta bagasi penyimpanan di dek depan.

 

 

Yang lebih mencengangkan lagi, Yamaha XMAX bahkan sudah dibekali dengan fitur sekelas Traction Control System lho…! Fitur ini membuat akselerasi XMAX nantinya lebih terkontrol, terutama saat kondisi tricky seperti hujan atau saat riding di kontur jalanan rusak. Kerennya lagi, fitur ini bakal jadi yang pertama dikelas 250cc tuh, mengingat sebelumnya hanya diusung oleh moge-moge papan atas berharga ratusan juta.

Meski power yang dihasilkan mesinnya hanya 20,1 HP @ 7.500 RPM plus torsi maksimum 21 N.m @ 6.000 RM, namun Yamaha tampaknya tetap mempertimbangkan fitur canggih ini demi alasan safety penggunanya. Well done Yamaha!

 

Pionir di Kelasnya

 

Yamaha XMAX 250 2017 14

 

Mungkin Yamaha XMAX bukanlah menjadi maxi-scoot 250cc pertama yang ada di Indonesia, karena sebelumnya Benelli Zafferano, dan baru-baru ini Kymco Downtown 250i juga lebih dulu mengaspal di tanah air. Namun satu hal yang pasti, XMAX 250 adalah maxi-scoot 250cc pertama yang diproduksi di Indonesia (lokal) – sekaligus jadi pionir diantara kwartet produsen Jepang lainnya (Honda, Yamaha, Suzuki & Kawasaki). Satu kemajuan penting yang perlu kita apresiasi dari Yamaha Indonesia!

Menyandang status “pionir” tersebut tentu bukannya tanpa keunggulan lho! Berkat produksinya yang berbasis di Indonesia, Yamaha XMAX 250 tentu bakal punya banderol harga yang bersaing dibanding maxi-scoot 200-250cc lain yang ada dipasaran. Selain itu, tambahan biaya impor yang tak dimiliki XMAX juga bisa dimanfaatkan untuk sektor detail dan fitur yang lebih kaya. Benarkah demikian? Yuk, kita cek detail & fiturnya!

 

Produk Ekslusif

 

Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017
Dengan seabrek keunggulan tadi – yang sampai saat ini belum ditemui di kompetitor manapun – lucunya, pabrikan garputala justru bakal menempatkan Yamaha XMAX 250 sebagai produk ekslusif, alias skuter matik yang dijual terbatas… Berbeda dengan NMAX yang penjualannya bisa menembus puluhan ribu unit perbulan. Ini bukan EA’s Blog asal ngomong lho, tapi diutarakan langsung oleh para petinggi Yamaha Indonesia (YIMM) via IMOS 2016 kemarin. Loh, koq malah kebalik sama potensinya yang luar-biasa besar ya Kang Eno? As always, hanya tuhan YME & mereka yang tahu pastinya…

 

 

“Vice President Director YIMM, Dyonisius Beti mengungkapkan XMAX lebih cocok untuk pasar Eropa dan Amerika yang berpostur tubuh tinggi. Sehingga untuk Indonesia, produk ini ditempatkan hanya sebagai flagship dengan volume penjualan yang tak begitu tinggi.” – Otomotif Net –

Tapi tenang saja, jika memang nanti demand terhadap Yamaha XMAX 250 bakal sangat tinggi, bukan nggak mungkin pabrikan garputala bakal koreksi pernyataan tersebut… Ya iyalah, mata siapa yang nggak berubah jadi ijo kalau sudah ngelihat duit??

 

Harga Yamaha XMAX 250 Indonesia? Moge Seken?

 

 

Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

Display Yamaha XMAX 250 di IMOS 2016 Silam…

 

Selain konsep & desain, banderol harga juga jadi faktor penting yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu produk dipasaran… Asiknya, setelah sukses merilis NMAX dengan banderol yang relatif terjangkau dikelasnya, kini pabrikan garputala coba mengulangi kebijakan harga tersebut pada Yamaha XMAX 250 Indonesia.

Yup! Yamaha XMAX 250 resmi dibanderol Rp. 55 jutaan (OTR Jakarta)…! Harga tersebut tentunya sangat valuable untuk maxi-scoot sekaliber XMAX, mengingat pesaingnya saat ini, Kymco Downtown 250i dibanderol hingga Rp. 68 jutaan!

 

 

Bagaimana jika dibandingkan dengan genre lainnya dikelas 250cc Kang Eno? Jika melihat dari sisi harga jual, ada juga produk lain dikelas 250cc yang nggak kalah valuable laiknya Kawasaki Z250, hingga Yamaha MT-25 & YZF R25 yang masih dibawah naungan pabrikan berlogo Garputala. Meski ketiga produk tadi memiliki performa mesin yang jauh lebih baik, namun yang jelas tak ada satupun yang mampu menandingi godaan kenyamanan dan fitur berlimpah yang dimiliki Yamaha XMAX 250.

 

Yamaha XMAX 250 Indonesia 2017

 

Kalau demikian, apakah lebih baik beli moge seken seperti opini saat kehadiran Honda CBR250RR ya Kang Eno? Ya silahkan saja cari maxi-scoot bongsor secondhand dengan harga setara, dengan kenyamanan yang lebih baik, fitur lebih baik, plus performa yang lebih baik – yang jadi keunggulan utama Yamaha XMAX 250 Indonesia. Itupun kalau ada, karena yang jelas sih nggak bakal ada.

 

 

 

Well. . . Setelah Yamaha Aerox 155 VVA yang begitu menggiurkan dikelas skutik standar, kini kita kembali punya kandidat “Most Wanted” di segmen 250cc – selain Suzuki GSX-S150 dikelas 150cc, serta Versys-X 250 dikelas ADV-Touring, untuk tahun 2017 mendatang… Yamaha XMAX 250 bakal membuat persaingan dunia roda 2 di tahun depan bakal makin panas dan membingungkan konsumen! Kesimpulannya, Sangat worth it untuk ditunggu…! Dan sampai saat ini yang EA’s Blog takutkan hanya satu, saya takut X-MAX 250 bakal jadi ‘Maneater’ yang dahsyat… Termasuk bagi saya.

 

Yamaha XMAX 250 2017 13

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

20 comments

  • kalah beritanya ama CBR250RR, bener juga sih kata si Mbah Dukun klo blog kedepan cm bakal memberitakan 1 pabrikan doank atau paling banyak ya pabrikan itu

    ternyata bener kan

    ngoahahahaha

    :v

  • amlbuton

    Gak minat kang dengan maxi scoot gini, prefer dual purpose bike dah

  • Adie

    Kang eno, mnrut akang apa xmax ini bisa mempengaruhi penjualan cbr250rr? Cz mnrut saya biarpn sma2 250cc tp beda target pasarnya jd mngkin kedua motor ini g akn gangu satu sama lain dlm mslah penjualan. Mungkin sih.. hahaha..

    • enoanderson

      Menurut saya nggak akan pengaruhi CBR atau Ninja secara signifikan kang… Mungkin yg sudah punya 250cc, justru pada pengen nambah, wkwkwk :v

      • HR

        Nah setuju sama kang eno, kalo ada yang bilang xmax 250 bakal gerus sport 250 itu kok lucu ya, xmax 250 tetep laku cuma bakal jadi side kick motor sport, kalopun gak jadi side kick ini motor bakal jadi motor utama bagi kalangan yang disebutkan mang eno diatas, terutama bagi om2 dan pakdhe2 tajir. Kalo cowok muda badan sehat masih gagah pakai motor metik maxi, satu pertanyaan situ laki beneran? *no offense buat brother yang dana terbatas naik skutik kecil(diatas cuma buat kawula muda tapi bangga naik maxi scoot)

        • enoanderson

          Nah itu dia kang, bikin pusing konsumen sih jelas iya, wkwkwk… Tapi kalo penjualan? masih terlalu prematur buat dinilai euy IMHO 🙂

  • Tes jaring

    Xmax kalo di baca sama vr46 jadi apa ya, kan nmax jadinya enemaks

  • Surya

    Menurut ane,matic jumbo kaya Xmax gini ga cocok buat penggunaan harian ya. Terutama di kota besar. Agak sulit selip2 melewati kemacetan dgn bodi sebongsor itu. Lucu aja sih ketika tunggangannya tampak mahal tapi ridernya keringetan kepanasan terjebak macet . 🙂

    • HR

      That’s why honda beat masih laris. Karena emang paling reliable buat kondisi yang anda sebutkan, yah walaupun joknya keras

    • enoanderson

      Selap-selip mah saya pilih Scoopy atau ZED sekalian deh, hahaha…
      Eh anyway, dulu (2014) NMAX juga dibilang serupa koq kang… Jadi, kita tunggu aja deh hasilnya di konsumen nanti

  • bagolmeong

    Yg pengen moge mah tetep moge seken. Yg dah punya moge tetep pengen nambah XMax. Yg punya NMax pengen ganti ini. Akhirnya NMax seken mulus pun bakal banyak di bursa motor seken.

  • Tb.hada

    kang bukannya tmax ya yg jadi flaghship skutik yamaha, kalau tmax kok selama ini saya gak pernah lihat di jalanan ya? apa kurang MS nya kurang IMHO

Tinggalkan Balasan