Advertisements
MotoGP 3 Game Review

MotoGP 3, Nostalgia Game Balap GrandPrix Era Keemasan

Dulu, tahun 2000 sampai 2010-an, EA’s Blog adalah salah satu fans game PlayStation yang bisa dibilang cukup ‘addict’… Mulai dari main di rental seharga Rp. 2000/jam, sampai akhirnya dibelikan PS1 & PS2 oleh orang tua karena prestasi & kelakuan baik semasa sekolah (eciyee, sombongnya, wkwkwk). Sayang, untuk kategori game balap, saya lebih sering memainkan balap roda 4 ketimbang roda 2. Alasannya? Karena memang game balap mobil jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang balap motor… Tapi kalau ngomongin game balap motor, ada 1 game yang paling meninggalkan kesan mendalam bagi EA’s Blog: MotoGP 3 !

 

Dirilis pertama kali tahun 2003 silam, seperti namanya, MotoGP 3 adalah game balap bertema GrandPrix (MotoGP) yang didevelop spesial untuk konsol PlayStation 2 (PS2). Menurut penjelasan (boring) ala Wikipedia, game ini mengusung konsep yang lebih dahsyat dibandingkan game franchise sebelumnya, MotoGP 2 – dengan jumlah trek yang lebih banyak, serta berbagai macam trek fantasi seperti drag race lintasan lurus, melingkar bak obat nyamuk, hingga yang shape-nya memusingkan… Boring stuff.

 

MotoGP 3 Game Review

Tuh lihat trek fantasinya, gokill…!

MotoGP 3 Game Review

 

Menurut EA’s Blog, banyak hal yang spesial dari MotoGP 3 ketimbang game MotoGP-series lainnya yang pernah saya mainkan di konsol PS2. Pertama, musim MotoGP 2002 yang jadi fokus utama di game ini adalah salah satu musim paling penting dari seluruh gelaran GrandPrix yang pernah diselenggarakan…

Alasannya, karena pada musim inilah dimulai perubahan regulasi dari prototype 500cc 2-Tak ke 990cc 4-Tak – dan karena belum semua team siap untuk perubahan tersebut, jadi jangan heran kalau di tahun 2002 Brosist bisa lihat duel antara motor 2-Tak vs 4-Tak secara langsung… Asiknya lagi, Brosist bisa belajar karakter keduanya pada game MotoGP 3 ini.

 

 

 

Kedua, entah ini feeling EA’s Blog semata atau memang kenyataan, tapi MotoGP 3 adalah game franchise MotoGP-series di PS2 dengan controller yang paling bersahabat dan paling mudah dikendalikan (meskipun ada pilihan level difficulty juga sih)… Bahkan kalau mau nakal, Brosist bisa geber motor 4-Tak kemudian ngerem sampai stoppie sebelum masuk cornering. Wkwkwkwk, edan banget ya? Itulah masa muda saya.

Ketiga, ada menu “challenge” dengan tantangan yang seru, seperti adu Drag Race vs Motor Superpower, Balap Legend yang diposisikan seperti race legendaris aslinya (ada Mick Doohan, Wayne Rainey, Kevin Schwantz & Wayne Gardner), serta Challenge seru lainnya untuk unlock pebalap & challenge lain yang lebih seru.

 

 

 

Well. . . Buat Brosist yang ingin nostalgia bareng game balap jadul, MotoGP 3 ini EA’s Blog rekomendasiin banget deh! Kalau nggak punya PS2 gimana Kang Eno? Tenang, ada emulator untuk PC-nya koq yang bernama PCSX2. Silahkan lihat tutorial-nya yang tersedia bejibun di Mbah Gugel – kemudian Install, Download ISO MotoGP 3, dan langsung mainkan aja Bro…! Gimana, Brosist punya memori spesial bareng game yang satu ini? Share di kolom komentar yaa…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

24 comments

Tinggalkan Balasan