Kawasaki Patenkan Mekanisme Automatic Movable Seat

Salah satu gestur tubuh yang paling terkenal diantara para rider pecinta kecepatan (selain style cornering) pastinya adalah gaya nunduk-nunduk bak dragster papan atas. Nggak peduli motornya skutik entry-level atau moge ratusan juta. Intinya: makin nunduk = makin kencang! Nah, kalau Brosist adalah salah satu yang sering ‘berpose’ seperti tadi ada kabar baik nih… Karena Kawasaki baru saja mematenkan mekanisme movable seat otomatis yang memudahkan usernya dalam mengatur posisi duduk diatas motor. Cekidots…!

 

 

Kawasaki Automatic Sliding Seat

Nah, ini postur yang EA’s Blog maksud… Nunduk-style!

 

 

Ketika motor dalam kondisi pelan atau berhenti, postur tubuh kita pastinya bakal berusaha untuk setegak mungkin agar lebih rileks dan kaki bisa menapak sempurna ke aspal (sorry, kecuali untuk para jinjiters)…Sementara saat riding di kecepatan maksimum, kondisinya berbalik… Badan pastinya akan semakin merunduk dan posisi (maaf) bokong makin mundur, supaya rider tersembunyi dari hempasan angin yang bakal mempengaruhi aerodinamika. Terlebih saat riding motor bergenre sportbike.

Nah, karena kondisi ‘natural’ para pengendara roda 2 tersebut, Kawasaki berencana merilis paten terbaru mereka di sepeda motor yakni automatic movable back seat unit – alias buritan jok yang bisa bergerak sendiri secara otomatis. Fungsinya untuk mempermudah posisi duduk sang rider, tanpa harus repot maju-mundur cantik… Kayak Aura Kasih, eh Syahrini.

 

Kawasaki Automatic Sliding Seat

Perhatikan garis putus-putus pada gambar diatas, nah itulah gambaran perubahan posisi joknya.

 

 

Kawasaki Automatic Sliding Seat

Mekanisme Automatic Sliding Seat ini menggunakan basis Link.

 

 

Kawasaki Automatic Sliding Seat

 

Terus, prinsip kerja patent automatic movable seat ini gimana Kang Eno? Simpel koq! Motor elektrik yang menggerakkan Jok tersebut bakal terhubung dengan sensor yang ada di throttle dan speedometer… Jadi, ketika usernya berakselerasi penuh dengan menggeber gas sejadi-jadinya, sensor akan mengirimkan data untuk memundurkan posisi jok. Agar user bisa lebih merunduk, terhndar dari hempasan angin, memperbaiki aerodinamika dan pastinya, Makin kencang.

Sementara saat mulai mengendurkan gas ataupun berhenti, sensor kembali akan mengirimkan input untuk memajukan posisi jok, sehingga postur tubuh bisa tegak kembali seperti semula. Keren kan? Nah, kalau difikir-fikir sebenarnya mekanisme Automatic Movable Seat ini simple banget lho Brosist… Tapi bakal sangat berguna, khususnya di moge-moge bergenre sportbike dengan akselerasi yahud.

 

 

Well. . . Sejauh ini paten Automatic Movable  Seat tersebut rencananya bakal mulai diadaptasi ke motor flagship pabrikan geng-ijo, seperti Kawasaki Ninja H2, H2R hingga New Ninja ZX-10R. Gimana kalau diaplikasi ke produk yang lebih logis seperti Ninja 250 atau Ninja 650 Kang Eno? Ya bisa aja sih… Meskipun kita juga harus menunggu keduanya mengaplikasi fitur Throttle-by-Wire (#eheemm), mengingat mekanisme ini membutuhkan sensor yang berasal dari puntiran gas. Anyway, kabar baik nih buat yang rider Kawasaki yang senang bergaya ala ‘alayers’, wkwkwk…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Bule Touring di Indonesia

Saat Perjalanan Touring Seorang Bule Melintasi Indonesia…

 

Motor Bertenaga Nuklir

Ini Dia Motor Bertenaga Nuklir!

 

Spesies Biker Masa Kini

5 Spesies Terbaru Bikers Masa Kini…

 

 

9 comments

Tinggalkan Balasan