About these ads

Kawasaki Butuh Sosok Binter Merzy ‘Reborn’ ?

Suka tidak suka, senang tak senang, kita harus akui bersama kalau Kawasaki adalah Pabrikan Jepang paling “badass” yang ada di Indonesia. Ketika member kwartet produsen negeri sakura yang lain berlomba jualan bebek & skuter matik, Kawasaki justru menjual bebek 125cc yang harganya hampir setara bebek 150cc… Dan saat member lainnya bersaing memperebutkan hati konsumen dikelas sport 150cc, Kawasaki malah menjawabnya dengan Dual sport KLX-Series & Sport 250cc Single-cylinder. How cool was that!?

Binter Merzy 2

Meskipun demikian, EA’s Blog nilai masih banyak celah yang ada di line-up Kawasaki Motor Indonesia saat ini… Dan salah satu jawaban yang pastinya juga bakal disukai Brosist sekalian, adalah sosok Binter Merzy ‘Reborn’.

 

 

kawasaki-ksr110

Kawasaki KSR110

 

 

Jika melihat line-up produk Kawasaki Motor Indonesia saat ini, motor termurah (bukan bebek) yang mereka jual adalah KSR110 dengan harga 24 Jutaan, kemudian melompat jauh ke angka 27-31 jutaan yang masing-masing diisi oleh KSR Pro, KLX150 & Z125 Pro… Motor-motor yang khusus ditujukan untuk para pecinta dual-sport dan para “hipsters”. Pertanyaannya: Bagaimana jika Brosist menginginkan ‘motor jalanan’ yang sesungguhnya?

Yes! Karena saat ini Ninja 2-Tak series yang sangat valuable sudah kadung discontinue, dan Pulsar 200NS sudah ‘cerai’ dengan Kawasaki… Jadi Bro & Sist harus merogoh kocek lebih dalam untuk memboyong Z250SL Non-ABS (41,5 Juta), Z250 (53,4 Juta), atau bisa lirik Estrella 250 dengan banderol super-fantastis yang mencapai angka Rp. 70,1 Juta… Jelas bukan harga yang diinginkan oleh kalangan menengah-kejepit seperti EA’s Blog.

 

 

Kawasaki punya problem yang sangat besar di produk dengan range harga 25-35 Jutaan, tak ada sosok andalan disini. Meskipun pada faktanya, range harga ini sama sekali tidak masuk kategori “murah”… Kata yang somehow dianggap ‘menjijikan’ oleh Kawasaki. Lagipula EA’s Blog yakin nggak semua konsumen Indonesia yang suka, atau punya tinggi badan yang ideal untuk memboyong KLX150-series… Dan disinilah sosok seperti Binter Merzy ‘Reborn’ bisa jadi pendobrak segmen selanjutnya.

 

Kawasaki KZ200 Binter Merzy 2

Kawasaki KZ200 a.k.a Binter Merzy

 

Bagi Brosist yang gemar mengikuti artikel Historical Bike ala EA’s Blog pastinya sudah tak asing lagi dengan nama Binter Merzy. Berbekal styling ala motor klasik tulen, plus mesin 200cc Low-tech yang familiar konsumen Indonesia… Motor yang juga dikenal dengan nama Kawasaki KZ200 ini sempat masuk ke Indonesia pada era 80-an lewat distributor Bintang Terang (Binter). Meski sempat mendapat respon yang sangat positif dari pasar Indonesia, sayangnya motor ini terpaksa pensiun dini akibat ulah nakal distributornya yang berujung bangkrut.

Jika melihat dari segmen yang ada, sosok Binter Merzy ‘Reborn’ bisa jadi andalan di segmen harga 25-35 jutaan… Entah itu dengan menggunakan mesin original 200cc ala KZ200, ataupun jika menggunakan mesin 150cc berbasis KLX-series untuk menekan harga jual. Meski kalimat tadi baru sebatas analisa EA’s Blog, tapi faktanya hingga saat ini belum ada satupun produsen Jepang yang bermain di segmen motor klasik 150-200cc. Blue Ocean? Nah, memang itu yang jadi ciri khas Kawasaki…!

 

 

 

Well. . . Meskipun bakal jadi yang inferior (secara spek) di kelas 25-35 Jutaan, tapi sesungguhnya nggak ada yang inferior dari konsep Binter Merzy ‘Reborn’ yang EA’s Blog jelaskan diatas… Lahwong nggak ada kompetitor, gimana mau dibilang Inferior? Terlebih, dengan kemampuan Kawasaki menciptakan ekosistem (konsumen, part modifikasi, custom, hingga komunitas), ini bakal jadi sebuah ide brilian bagi pabrikan berjuluk ‘Geng-Ijo’ tersebut.

Gimana pendapat Brosist tentang sosok Kawasaki Binter Merzy ‘Reborn’ yang satu ini? Sampaikan pendapatnya di kolom komentar yaa… Jangan lupa, karena Kawasaki adalah produsen yang sifatnya ‘badass’, jadi sampaikan opininya se-gokil dan se-badass yang Brosist mampu.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Kawasaki Artificial Inteligence Motorcycle

Nggak Mau Kalah, Kawasaki Kembangkan Sistem Artificial Intelligence!

 

Fakta Tentang Regulasi EURO4

3 Fakta Mencengangkan Tentang Regulasi EURO4

 

The Carver - Carver One

The Carver, Bukti Inovasi Tak Selamanya Berjalan Mulus

 

 

About these ads

13 comments

  • Davy

    Leh uga…sport classic mesin KLX rangka diamond harga rentang 23-25jt, dinamain Estrella 150. Rindu motor batangan harian berkompresi rendah, karburator, air cooled, SOHC 2 valve, jok rata. Tapi kayanya KMI ga akan ngewujudin ini kang. Ngewujudin harga 23-25jt kalo emang KMI ngebrojolin motor ginian…liat aja Estrella 250.

  • Farid

    kayanya jadi pesaing honda verza yg merupakan naked bike harga terjangkau bagus nih

    • enoanderson

      terlalu ‘murah’ kang, pastinya bakal ‘menjijikan’ buat Kawasaki 😀

      • Stop n' Go

        Wah, Jika pabrikan kawasaki punya pikiran seperti itu yang menganggap kelas 150cc 4 tak menjijikan, itu bisa berbalik. Malah kawasaki yang tampak menjijikkan karena tidak punya nyali untuk turun di kelas low cost. Padahal mereka waktu itu jelas jelas membuat moped bike yang harganya’Murah!!’….

  • adi

    buat dgn design sentuhan retro classic yg everlasting. Riding pakai helm open half-face dgn kacamata hitam ala tom cruise, sore2 dgn terpaan angin dr depan. Oke…make it real…!

  • topman

    jangan berharap motor kelas menengah-kejepit sama kawak, salah tempat… ga peduli pake mesin lowspec atau bebek sekalipun pasti keluarnya motor ‘toys’… masih mending berharap sama HYS kalo buat motor harian harga oke…jadi? mending modif verza, scorpio kkkk

  • Surya

    Kayanya ga bakalan deh Kawasaki ngluarin produk macam itu.. se bad ass apapun,,tetep mikirin profit juga toh.. target pemasaran motor klasik gitu kan terbatas . Oiya Kang,,bukannya termurah non bebek Kawasaki itu Athlete ya ? itu Ayago kan masuknya .. CMIIW . 🙂

    • enoanderson

      Framenya termasuk tipe apa ya kang? Kalau bukan tipe underbone berarti masuk sport tuh harusnya, wkwkwk

  • bagolmeong

    Kawasaki kudu bikin ginian. Apapun namanya, yg penting rakitan lokal (spt Ninja Mono). Bener2 motor batangan standard dgn tampilan retro yg lagi ngetrend. Gw yakin membuat ulang mesin jadhoel yg sdh ada blueprintnya bukan masalah besar buat Kawak. Royal Einfeld aja sukses loh jualannya, mosok Kawak gabisa…

  • Orgrasional

    Masalah nya cocok gak sama branding nya kawasaki Indonesia yg selalu menjunjung tinggi “pride” baca: pret. Ya memang bagus sih….. Dealer keren, kita bangga dpt produk berkualitas dan pride, baca: pret….Kl duit kita ngalir sederas air terjun niagara. Itu aja sih menurut saya problem nya. Kl dibilang bisa atau tidak saya yakin kawasaki pasti bisa. Tapi ya… Balik lagi, apakah hal tsb akan “mencederai” branding borjuis nya tadi.

  • madari

    Malah meluncurkan versys X 300 besok april 2017

Tinggalkan Balasan