Power All New Honda CBR250RR Tembus 36,4 HP, Ada yang Kaget?

Butuh waktu 5 tahun sejak kehadiran CBR250R Single-cylinder, 2 tahun untuk menyadari konsep 250cc jomblo tersebut gagal total, 3 bulan untuk membuka tabir spesifikasi teknisnya, dan hanya butuh beberapa menit untuk membuat beritanya jadi top news di kalangan pecinta roda 2… Yes, itulah hal unik yang bisa kita cermati dari sportbike 250cc terbaru produsen sayap mengepak, Honda CBR250RR Twin – cylinder. Dan setelah spek resminya dirilis, yuk kita bahas apa saja hal menarik di sportbike 1/4 liter berpower 36,4 HP tersebut. By the way, ada yang kaget?

 

All New Honda CBR250RR Twin – No Forty No Party ?

 

 

All-New-Honda-CBR250RR-vs-Yamaha-YZF-R25-vs-Kawasaki-Ninja-250

 

Jauh dari embel-embel bocoran sebelumnya yang tembus 40 HP, ternyata spesifikasi All New Honda CBR250RR Twin menyebutkan powernya berada di angka 36,4 HP. Terlalu kecil kah Kang Eno? Ya nggak lah! Nggak sama sekali. Lahwong saya pribadi yang pakai motor ‘cuma’ 28 HP masih suka gemetaran waktu geber diatas 140 Km/h. Mungkin banyak Brosist yang menertawakan dan menganggap angka tersebut kecil… Tapi percaya nggak percaya, angka tersebut yang bakal balik menertawakan Brosist (apalagi yang selama ini pakai skutik/bebek) saat berkesempatan gaspoll unitnya DI JALAN RAYA.

 

 

Akan tetapi, to be perfectly honest, angka tersebut (memang) terbilang standar saat melihat harga All New Honda CBR250RR Twin yang konon bakal lebih mahal ketimbang seteru sesama high-performance 250cc, YZF R25… Artinya?

Ya, tetap saja tak berarti apa-apa! Karena angka belum tentu sama dengan feeling yang kita dapatkan. At least, setidaknya Brosist masih bisa bermimpi soal 250cc 4-cylinder… Karena sejauh ini hanya konfigurasi mesin tersebut yang (dengan mudah) mampu menembus dinding barrier 40 HP – seperti yang dilakukan sang pendahulu All New Honda CBR250RR Twin : CBR250RR Inline-4.

 

Power vs Handling

 

 

All New Honda CBR250RR Twin

 

Senjata (bukan) rahasia yang jadi andalan CBR-series sejak dahulu kala adalah user-friendly dan punya handling mengagumkan… Ini sudah diwariskan dari ‘The Original Fireblade‘ hingga ‘Fetus-Blade‘ seperti CBR150R terbaru. Pertanyaannya: Apakah handling All New Honda CBR250RR ini bisa mengimbangi power 36,4 HP nya?

Nah, sayangnya itu belum bisa dijawab karena belum berkesempatan geber langsung unitnya… Sebenarnya EA’s Blog sudah penasaran banget sih, apakah tagline “Total Control” tersebut memang benar adanya, atau justru layak jadi bahan bully-an terbaru dengan menghilangkan huruf ‘R’ nya… Doakan saja ya Brosist, mudah-mudahan kedepannya diberikan kesempatan test ride. Supaya bisa kita kupas tuntas disini…!

 

 

So, supaya nggak kekurangan kata-kata, nih EA’s Blog kasih hasil copas fitur dan spesifikasi terbarunya – plus bonus teh Aura Kasih yang (masih) pakai baju…. Yaaaahh, seenggaknya biar kelihatan tulisannya banyak, dan nggak terkesan nyampah gitu deh, wkwkwkwk…

 

all-new-honda-cbr250rr-twin

 

All New Honda CBR250RR Twin didesain dengan tema “Speed Shape” – yang menarik dipandang, namun tetap mengutamakan fungsionalitas. Tak hanya itu, sportbike 250cc terbaru ini juga sudah dibekali dengan frame tipe Steel Trellis, Lengan ayun Alumunium tipe gull-arm melalui proses Gravity Dies Casting (GDC), Pro-Link suspension, Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa, serta Lampu LED di semua sistem pencahayaan.

Dibekali mesin 250cc Inline-twin, Liquid-cooled, DOHC 4-Valve yang compact dan dikembangkan melalui kolaborasi kuat antara tim engineer dari Jepang & Indonesia, All New Honda CBR250RR Twin mampu memuntahkan output power hingga 36,4 HP @ 12.500 RPM serta torsi maksimum 22,5 N.m @ 10.500 RPM. Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendaranya, sportbike 250cc terbaru ini juga sudah mengusung teknologi terkini yakni throttle-by-wire, Accelerator Position Sensor (APS), serta Riding Mode Selector, sehingga pengendaranya dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan.

 

 

 

Harga All New Honda CBR250RR – Sebuah Perspektif

 

 

All-New-Honda-CBR250RR-vs-Yamaha-YZF-R25-vs-Kawasaki-Ninja-250

 

Setelah power 36,4 HP dan handling yang masih jadi tanda tanya buat EA’s Blog, hal berikutnya yang juga masih jadi tanda tanya adalah soal harga resmi All New Honda CBR250RR Twin. Entah apa motifnya, tapi kenyataannya pihak AHM masih merahasiakan hal tersebut hingga artikel ini ditulis… Entah karena khawatir diblow up blogger atau karena takut ditinggalkan indeners. So what? Bebas dong berspekulasi? Salah sendiri harganya ditutup-tutupi.

Tapi yang bisa dilihat di dealer kenamaan, harga All New CBR250RR Twin versi terendah dibanderol mulai Rp. 63-68 jutaan. Anyway, supaya tak menyakiti fansboy Honda, mari kita ambil angka terendahnya saja, yakni Rp. 63 jutaan… Itu berarti lebih mahal sekitar Rp. 5 jutaan dari Ninja 250FI & lebih mahal Rp. 10 jutaan jika dibandingkan dengan YZF R25. Apakah selisih harga tersebut mampu terbayarkan dengan suspensi depan Upside Down serta Elektronik terbaru (karena desain & fitur sudah seharusnya dibuat sebaik mungkin)? Silahkan dijawab sendiri…

 

All-New-Honda-CBR250RR-vs-Yamaha-YZF-R25-vs-Kawasaki-Ninja-250

 

Sayangnya, karena menyenangkan hati fansboy bukan sifat alami EA’s Blog, jadi mari kita sedikit hitung-hitungan… Sebagai perspektif, apa saja yang bisa Brosist dapatkan dari selisih harga All New Honda CBR250RR yang mencapai Rp. 10 jutaan tersebut?

– 1 Set Aksesoris, ECU & Knalpot Daytona YZF R25

– 3 Set Ban Battlax S21 Terbaru

– 5 Set Ban Pirelli Sport Demon

– 7 Unit Helm KYT Vendetta 2 Aleix Espargaro Replica

– 20 Jacket Contin Lunatic

– 44 Botol Oli Liqui Moly Street 10W/50 Full-Synthetic

– 66 Kali Servis Berkala 250cc Kawasaki

– dan lain-lain

 

 

 

Well. . . Apakah All New Honda CBR250RR Twin ini memang layak beli? Untuk jawabannya, biarkan waktu yang menjawab. Yang jelas, konsep yang ditawarkan sportbike 250cc ini memang layak diacungi jempol… Membuatnya seolah-olah bak motor alien yang tersasar di kelas ¼ liter Indonesia.

Intinya, untuk harga yang jauh berada diatas seteru sekelasnya,  CBR250RR memang sudah selayaknya harus-harus-harus bagus dari segala aspek… Harga mati! Titik. Jadi EA’s Blog harap Brosist jangan heran dan terkaget-kaget kalau masih banyak lagi kejutan dari All New CBR250RR Twin kedepannya.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Honda CBR250RR 2 Silinder

Apa Cuma Saya Disini Yang Nggak Ngidam Honda CBR250RR ?

 

Honda Old CBR250R Second 3

Dulu Ditendang Sekarang Disayang – Honda (Old) CBR250R !

 

Beli Honda CBR250R Gratis iPhone 5

Beli Honda New CBR250R, Berhadiah Langsung iPhone 5S Loh !

 

 

39 comments

  • ammar

    Wakakakak …. ngakak pas baca control “R” nya hilang …
    Pertamax nih juoos kang tulisane

  • Juki

    Anjir sampe dibikin selisih harganya bisa beli apa aja wakakaka demen nih ana
    Kalo iye bener powernya segitu on wheel, nyampe 40 hp dengan ubahan dikit gampang kayaknya..

    • enoanderson

      gampang kang, tinggal tambah 10juta lagi dapet tuh 40 HP… Saya pegang sony sama Xiaomi deh ya, wkwkwk

  • Kenapa saya lebih suka yzf r25 plus paketannya yang kang eno sebutin yaa? Hahahahaa, r25 ngebul juga gk sih kang macem engin 150 1pa,2pv nya?
    #murninanyabukanbece

  • Adie

    Dari awal ad isu 40hp ane dah tau klo it isu ngawur, lgian g resmi dri ahm, so dri awal jg udh ktauan klo cbr ini menang fitur dri kompetitor trbukti dri di sembunyikannya spec mesin di awal launching, apa lg stlah lhat video test ride dri media makin yakin klo mesinnya g beda jauh dri kompetitor.

    Sejauh ini sih masih g kaget kang, mungkin kagetnya nanti klo ahm ternyata matok harga tertinggi std & abs (68-74)

  • Renhan

    Yg dulu saya denger sih emang powernya 40 hp on crankcase mang di blognya jas jes jos, kalo 36,4 hp sepertinya sih pada saat ngukur di crankcase-nya disetel eco/comfort mode on, kalo crankcase-nya disetel sport + saya yakin dpt itu 40 hp, emang bener motor alien itu, di crankcase-nya jg ada riding mode-nya wkwkwk

  • Assasin

    menurut saya 63jt non abs, 68jt abs, masi value for money, mengingat fiture yang di tawarkan tak ada di kompetitor dan hanya akan di temui di motor sport 600cc keatas saat ini. seperti apa mode dalam berkendara serta TWB dan upsidedown dari sowa ini?, moga aja kang eno dpt kesempatan jajal nih motor

  • Rio

    10 juta cm dapet Horse power tambahan sebesar nol koma, fitur canggih, tp maen tenis nya nguras kantong

  • newbiefreak!

    mantap jiwa!
    ditunggu artikel “5 kelebihan dan 5 kekurangannya”, saya demen ama artikel mang eno klo bahas itu, jdi bahan pertimbangan skaligus pendidikan..

  • Hendy

    entah lah kebanyakan yang rewel soal power kayaknya nda pernah dan tdk mampu bli mtor 250 cc , betul kan kta bro eno power segitu bakal yang nertawain ownernya wkwkwk

  • juragan rondo = pengepul janda

    Titah CBR series ga melulu soal power.*handling
    Tapi kalo dianalisis pada case CBR 250rr , justru ini seperti mendobrak pakem honda dimana berani meletakkan power CBR “lebih” besar dari kompetitor dikelasnya
    Lirik CBR 600 &1000..
    IMHO..

  • Somplak

    Kalo bicara power…beat esp 108cc power 8.5ps lawan Mio 125cc power 9.3ps..tapi kok bisa menang beat…logikanya dimana..

    • enoanderson

      Nah, itu keunggulan ‘lain’ dari BeAT. karena buat ukuran power 8-16 HP, saya pasti pilih yang lebih besar dan lebih asik dibawa riding…. Pertanyaannya: Apakah CBR250RR juga punya keunggulan ‘lain’ tsb?

      • oklik

        Entah kenapa produk matic H dibanding Y soal keiritan BBM masih lbh irit, harga jual jg jauh jauh jauuuuhhhh (sampe nulis 3x nih kang ) lbh tinggi ditahun yg sama, dealer+3S nya paling banyak dan ketiganya adalah “pertimbangan utama” konsumen dlm membeli kendaraann komuter kang. Soal desain itu selera, dan ketahanan produk (trmasuk build quality) dibilang pas-pasan (namanya jg motor “murah” mau bagus ya dispensasi harga jg dong), tapi kenyataan dilapangan membuktikan itu produk matic H laku keras dibandingkan punya Y sendiri (yg bahkan dulunya menyandang gelar raja matic). Inilah salah satu “kelebihan lain” yg dimaksud ya kang.. tp utk pasar sport 250cc masih abu2 nih produk H, dan soal prahara beat vs mio ini jg terjadi di produk ninja vs R25 kang, yang masih pegang pasar kelas ini ya jelas pabrikan K (krn build quality bagus dan punya kelas tersendiri di hati konsumennya) sehingga Y masih susah payah kalahin ini produk (apalagi konsumen Indonesia suka latah dan msh “alergi” sama istilah recall kang) Meski diatas kertas jelas spek R25 menang mutlak diatas ninja. Kedepan peta persaingan sport bakal seru nih setelah H dan S sama2 keluarin kelas 250cc dgn konfigurasi mesin yg sama (2 silinder firing order 180°).

    • yoi bro, sama kek verza 150cc 2 klep tp bisa lebih kenceng drpd FU Fi dan New Vixion

      Verza tembus 15.2dk
      Vixion 14.xx dk
      Fu Fi 11dk

      Honda gitu loh…

      :v

  • Farid

    Lebih kaget lagi kalau seandainya mesin 250ccnya adalah 4 silinder(entah inline atau V) kaya pendahulu namun dgn harga yg sama dgn harga(bocoran) saat ini
    *ngarep mode on

    • enoanderson

      Hahahaha, ibarat menghayal bareng aura kasih kang… Enak waktu dikhayalin, sakit waktu tahu kenyataannya 😀

  • R25 diskonan + ecu + knalpot + replacemet filter + S20 set = CBR 250RR

    Dipilih dipilih..

  • cari_ilmu

    Selama kombinasi chasis dan suspensi masih mampu menghandle upgrade power, masih ok lah kang. Jadinya calon buyer bisa fokus upgrade ke power. Tapi RBW nya gmn kalo misal ganti ECU. Bukannya berhubungan ya?

  • I’m shocked jika disparitas harga sebesar 10 juta, tapi di beri kesempatan menggonceng teh aura kasih1 lap di sentul. . kumaha kang ?
    #khyalantingkattinggi

  • I’m shocked jika disparitas harga 10 juta tapi di beri kesempatan menggonceng teh aura 3 lap aja di sentul. .kumaha kang ?

  • bagolmeong

    Haddeee cape deee kalo pada bakar2an gegara ni motor. Wakakakakak. Kalo gara2 Aura Kasih masih mendinglah…

  • Sorafenib

    Ya nggak kaget lah Kang, wong cuma 250cc 2 silinder mau dibikin power on crank berapa?
    Dengan power segitu dan berat lebih ringan 1 kg dari R25 plus fitur USD juga sudah cukup joss sebenernya.
    Tinggal masalah harga aja sih. Kalo yang non-ABS dibanderol 63 juta mungkin cukup pas lah, tapi kalo sampe 68 juta, wah, mending beli R25 plus boreup kit R3 + knalpot fullsystem + S20 depan belakang untuk ngejar performa.

  • adie

    Siapkah jd jeremy dlm top gear kang eno?

  • saitama gundul

    gak kaget kang
    bakal kaget kalo harganya di bawah r25
    hahaha

  • Udah keburu bosen sama cbr250rr. Justru saya menantikan serangan balik dari para kompetitor. 😀

  • robby

    gak tertarik aku, kalo 250cc udah punya si biru estrella, lagi pingin cb650f aku, kapan hari nyoba punya temen enak tuh motor, suaranya juga merdu, tapi sayang di jalan ada yg menyangka lagi bawa minerva hahahah…

Tinggalkan Balasan