Top Speed Kawasaki Ninja R Tembus 200 Km/h, Speedometer Mentok!

Ada diantara Brosist sekalian yang masih ingat cuplikan video youtube dibawah? FYI: Video Top speed Kawasaki Ninja 2-Tak 200 Km/h ini sempat mengisi folder video HP EA’s Blog tahun 2011 silam. Bukan gegara faktor hebohnya, melainkan karena saat itu saya masih belum bisa percaya kecepatan maksimum motor 150cc standar bisa sekencang itu… Bahkan apabila mesinnya 2-Tak sekalipun!

Hari demi hari, tahun demi tahun, akhirnya EA’s Blog mendapatkan sebuah pencerahan soal Top Speed Kawasaki Ninja 2-Tak 200 Km/h tersebut… Sebagai salah satu pengamat dunia Roda 2 (dan blogger, kalau diakui), banyak hal yang bisa didapatkan dari video tersebut. Lantas, apa saja kesimpulan yang bisa kita pelajari? Nih dia…!

 

 

Waktu itu, hal pertama yang bisa saya simpulkan adalah video tersebut asli dan memang demikian adanya… No hoax! Setelah cari-cari info, akhirnya EA’s Blog menemui titik terang dari kejanggalan video tersebut. Akurasi speedometer adalah biang kerok dibalik kehebohan Top speed Kawasaki Ninja 2-Tak 200 Km/h… Intinya dan faktanya, apa yang tertera di speedometer sang Ninja 2-Tak itu lebih besar dari kecepatan real di jalanan – hingga muncul lah istilah ‘Deviasi Speedometer’, ‘Speedo Lebay’, dan lain-lain, yang sekarang ini kita kenal.

 

 

Apakah dengan akurasi speedometer ‘lebay’ tersebut Kawasaki Ninja 2-Tak kemudian dijuluki sebagai motor lemot? Jawabannya, nggak sama sekali. Ninja 2-Tak tetap jadi yang terdepan dalam perbandingan value antara harga & speed, hingga masa discontinuenya tiba di tahun 2015 kemarin… Sensasi Super-KIPS, ‘Jambakan‘ tenaga liar ala mesin 2-Tak, Aroma oli samping yang khas, serta Power yang memacu adrenalin, hingga saat ini belum ada gantinya. Sepengalaman saya, hanya nama-nama motor 150cc Legend yang bisa menyaingi performanya.

 

Kelemahan Kawasaki Ninja 150 RR

 

Dengan video Top Speed Kawasaki Ninja 2-Tak hingga 200 Km/h dan Kecepatan aslinya di lapangan, apakah Kawasaki Ninja 2-Tak – series lantas jadi yang paling laris dikelasnya? Tentu saja tidak! Karena pemegang tahta ‘Raja Sport Indonesia’ sejak era 2010 silam dikuasai Yamaha Vixion, New Vixion Lightning, kemudian bergantian antara New CB150R Streetfire & New Vixion Advance

Bahkan kalau mau jujur, penjualan Ninja 2-Tak saat itu nggak lebih banyak dari Honda Verza 150. Ninja 2-Tak hanya jadi market leader bagi Kawasaki Motor Indonesia, nggak lebih! Karena jika berbicara soal market, apalagi siapa yang paling laris, ada banyak faktor yang berpengaruh disana. Bukan cuma speed, catat!

 

 

Dengan catatan penjualan yang tak begitu istimewa, apakah pamor Sang Ninja 2-Tak jadi berkurang? Nggak sama sekali tuh! Satu-satunya motor 2-Tak yang bertahan di Indonesia ini tetap punya nama besar yang tak tertandingi. Punya nilai prestis lebih tinggi ketimbang Vixion / CB150R – series yang penjualannya berpuluh kali lipat.Bahkan sebelum datangnya Ninja 250R Twin-cylinder, awal mula terkenalnya nama “Ninja” justru diawali dari trio Ninja SS, R & RR. Maka tak heran, ekosistem & komunitas mereka (yang jumlahnya buaanyaak) kemudian identik dengan kaum Flamboyan, Parlente dan kadang menjurus ke.. Aheemm… Aroganisme.

Apakah dengan ekosistem & komunitas yang disebutkan tadi justru membuat nama “Ninja” semakin tenggelam? Tidak! Karena kenyataannya penggunanya malah tambah banyak, komunitasnya tambah solid, dan yang sedihnya… Motornya juga ikutan tambah mahal! #hiks

 

 

 

Well… Apa poin penting yang bisa diambil dari video Top Speed Kawasaki Ninja 2-Tak 200 Km/h tadi? Banyak! Intinya, penilaian tentang sepeda motor nggak cuma bergantung dari Top speed, top speed & top speed. Apalagi kalau sampai menilai sepeda motor dari video top speednya doang… Ini sih namanya ‘deja-vu’ kebodohan beberapa tahun lalu dong!?

Masih banyak faktor yang mempengaruhi laris atau tidaknya – bagus atau tidaknya – value atau tidaknya – kencang atau tidaknya sebuah produk sepeda motor… Seperti komentar yang sering menghiasi jagad maya: Bikin motor kencang doang sih gampang, tapi yang komplit pasti susah! Oiya, pembaca EA’s Blog sekalian nggak ada yang merasa tertipu setelah baca judul dan artikelnya secara keseluruhan kan? Good!
Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Kawasaki ZXR400

Masih Berharap Kawasaki Ninja 250 4 Silinder?

 

Kelemahan Kawasaki Ninja 150 RR

Mengapa Kawasaki Ninja 150 RR Nggak Spesial di Mata Semua Orang ?

 

Kelebihan Ninja 2-Tak

Ini Alasan Untuk Memilih Edisi Terakhir Kawasaki Ninja 150 2-Tak ! #2

 

 

33 comments

Tinggalkan Balasan