Advertisements

Dave Simmonds, Sang Bintang Kawasaki Yang Terlupakan

Kalau selama ini setiap pabrikan di ajang Grand Prix punya pebalap fenomenalnya masing-masing (contoh: Valentino Rossi – Yamaha, Giacomo Agostini – MV Agusta, Kevin Schwantz – Suzuki, Casey Stoner – Ducati, Mick Doohan – Honda, dll), lantas bagaimana dengan Kawasaki? Oke, kita semua juga paham kalau kiprah Kawasaki di ajang balap motor sejagad ini kurang bersinar – apalagi sejak era MotoGP 4-Tak dimulai… Tapi apa nggak ada satupun ya Kang Eno? Jawabannya ADA! Mungkin Brosist saja yang belum paham seputar ‘geng ijo’ secara keseluruhan. Ini dia Dave Simmonds, Sang Bintang yang Terlupakan…

 

dave-simmonds-kawasaki-ka-1-c

 

Balik ke era kebangkitan balap GrandPrix di tahun 60-an silam, pebalap asal Inggris mendominasi singgasana teratas… Ada buaanyaak banget nama tenar disana, sulit untuk disebutkan satu-persatu. Dan salah satu diantaranya adalah Dave Simmonds, pria ‘British‘ kelahiran 25 Oktober 1939, yang tergabung bersama Kawasaki. EA’s Blog yakin hanya sedikit diantara Brosist yang pernah dengar namanya, apalagi tentang kisah dan pencapaiannya… Kecuali untuk sesama Historian & fans berat Kawasaki diluar sana.

 

 

Dibandingkan pabrikan Jepang lain yang ikut serta di ajang World GP (MotoGP), Kawasaki bisa diibaratkan sebagai ‘anak bawang‘ di kejuaraan tersebut… Berbeda dengan Yamaha, Suzuki, apalagi Honda yang kenyang pengalaman di kelas 250cc kebawah. Sedihnya, hal tersebut berbanding lurus dengan hasil yang diterima – geng ijo adalah satu-satunya dari kwartet Jepang yang belum pernah merasakan gelar juara dunia. Sebelum akhirnya Dave Simmonds bergabung untuk musim 1967 – sesaat setelah Honda mengumumkan pengunduran diri karena pembatasan jumlah silinder.

 

dave-simmonds-kawasaki-ka-1

 

Berbekal Kawasaki KA-1 yang jauh lebih pelan ketimbang jagoan Yamaha & Suzuki, Dave Simmonds mengalami kebuntuan di 2 musim pertamanya bersama geng ijo… Membuat Kawasaki Jepang kehilangan harapan dan berniat mengundurkan diri di musim selanjutnya – karena alasan budget yang tak mencukupi untuk menyewa mekanik dan mengikuti 11 seri yang digelar di Eropa. Namun sang racer tak pantang menyerah! Ia mengajukan peminjaman unit dan niat ikut balapan dengan usahanya sendiri.

Setelah mengikuti training di Kawasaki Factory Japan, Bos geng ijo akhirnya menyadari skill yang dimiliki Dave Simmonds, dan memutuskan untuk menyerahkan unit prototype balap Kawasaki… Namun dengan catatan: Tanpa bantuan mekanik, tanpa budget tambahan, dan hanya diberikan 1 box sparepart yang cuma berisi sepasang crankshaft, 4 buah piston, serta beberapa pasang ring piston. Melihat kenyataan yang ada, jangankan untuk jadi Juara, bahkan untuk bisa finish di setiap race pun butuh usaha yang lebih dari 200%!

 

dave-simmonds-kawasaki-ka-1-b

 

Tahun 1969 – setelah Yamaha & Suzuki terpaksa ikutan mengundurkan diri karena alasan Regulasi kelas 125cc – akhirnya muncullah secercah harapan bagi Dave Simmonds bersama Kawasaki KA-125 yang Ia develop sendiri di garasi belakang rumahnya. Meski sempat gagal mengikuti race pertama di Spanyol karena kehabisan uang, Pebalap ini akhirnya mendapatkan pinjaman dan bisa mengikuti race berikutnya yang digelar di Jerman.

Di musim 1969 tersebut, Dave Simmonds mencatatkan hasil yang jauh diluar dugaan dengan memenangkan 8 race plus 2 kali runner-up dari 11 seri yang digelar – membuatnya sama sekali tak tersentuh di papan klasemen Juara Dunia 125cc… Meskipun faktanya, Dave Simmonds adalah pebalap paling minim dukungan pabrikan, dari semua team yang ikut serta di musim tersebut. Effort luar biasanya ini bukan cuma jadi kebanggaan tersendiri untuk Inggris, tapi juga jadi pelecut semangat Kawasaki untuk kembali bersaing di World GP… Bukan cuma di kelas 125cc, tapi juga di kelas 250 & 500cc!

 

Tahukah Brosist

danny-kentDave Simmonds adalah pebalap Inggris terakhir yang mampu keluar sebagai Juara Dunia kelas 125cc (Sekarang Moto3)… Sebelum catatan sejarah tersebut ditulis ulang oleh pebalap muda bernama Danny Kent, di musim 2015 lalu.

 

 

 

dave-simmonds-kawasaki-500cc

 

Musim 1970, Dave Simmonds memutuskan untuk memfokuskan diri di kelas 500cc – karena Kawasaki KA-125 yang ditungganginya tak lagi mampu bersaing melawan jagoan anyar WGP yang kian powerful. Meski dengan modal motor produksi masal yang dimodifikasi seadanya, pebalap asal Inggris ini sukses mencatatkan beberapa kali naik podium… Bahkan Dave Simmonds juga berhasil jadi pebalap Kawasaki pertama di Dunia yang memenangkan Race kelas 500cc via GP Spanyol, tahun 1971 silam.

Namun, upaya Sang Racer tak kenal menyerah ini harus berakhir di tahun 1972 silam. Saat menghadiri sebuah fun race di Spanyol, Dave Simmonds tutup usia saat usaha Heroiknya menyelamatkan van pebalap lain yang terbakar, digagalkan oleh ledakan tabung gas. Meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit setempat, namun Dave akhirnya menghembuskan nafas terakhir di 23 Oktober 1972… Yang sekaligus mengakhiri catatan briliannya bersama Kawasaki di kancah WorldGP.

 

Meski sudah banyak dilupakan oleh pecinta Grand Prix modern, tapi pencapaian Dave Simonds tetap tercatat sebagai salah satu yang terbaik… Terbaik bagi negaranya dan yang terbaik untuk Kawasaki.

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Kim Newcombe - Konig GP500

Kim Newcombe, Konig 500GP & Kisah ala Negeri Dongeng…

 

Tom Ogle - Ogle Carburetor - Vapor Carburetor

Tom Ogle, Vapor Carburetor dan Konspirasi Dunia Otomotif…

 

Barry Sheene vs Kenny Roberts

Belajar dari Duel Kenny Roberts Sr. vs Barry Sheene…

 

John Britten & Britten V-1000

John Britten, Sosok Inspiratif Kreator Britten V-1000 yang Melegenda !!

 

John Surtees© Tom DymondJohn Surtees© Tom Dymond

John Surtees, The 2-Way Legendary Racer !

 

 

Advertisements

16 comments

Tinggalkan Balasan