About these ads
EAs Blog Motorcycle Life

My Motorcycle Life: Sebelum dan Sesudah…

EA’s Blog seringkali menulis soal ‘Ekspektasi vs Realita’ dalam sebuah pembahasan sepeda motor. Meskipun sering dibully fansboy, lanjut. Kalau ditanya terinspirasi darimana? Sepertinya itu semua berdasarkan pengalaman bermotor saya deh, yang (somehow) nggak semuanya berjalan mulus seperti yang dibayangkan sebelumnya…

Bahkan kalau mau jujur, kadang yang paling diidam-idamkan sampai terbawa mimpi basah sekalipun, belum tentu jadi jawaban atas apa yang kita cari. Nuff said, here’s my story! EA’s Blog motorcycle life…

 

Sebelum dan Sesudah: Suka Dunia Motor

 

 

Suzuki GSX-R 150

10 tahun yang lalu, Saya paling corat-coret 2 Dimensi kayak begini… Buat fans Suzuki, jangan salahkan gambarnya yang jelek, salahkan jemari penggambarnya, wkwkwk…

 

Sebelum suka dan addict dunia roda 2 seperti sekarang, EA’s Blog adalah… Hmmm, mmmhh, lho dulu saya itu gimana ya? Wkwkwk… Entah kenapa, cuma sedikit banget memori yang tersisa dari masa-masa tersebut. Apakah Brosist merasa serupa? Kalau demikian, kata-kata bijak yang berbunyi : Kenangan itu bakal berisi apa yang kita suka dan benci – somehow ada benarnya.

Dulunya saya tumbuh berkembang jadi anak normal biasa, bahkan cenderung sedikit pemalu. Bocah tersebut juga pecundang kelas kakap, karena bisanya cuma jadi pengagum rahasia cewek semasa SMP – dari awal masuk sampe lulus lho, gokil nggak tuh? Curcol mode: On. Padahal tontonan favoritnya Drama Asia Mars, yang tokoh utamanya punya karakter pemberani. Ngayal? Iya… Action? NOL!

 

Tapi bukan berarti setelah kenal dunia motor lantas bocah tersebut jadi playboy loh ya, nggak begitu. Meskipun bayangannya sih demikian – dikira klinik tongfang kali ya, wkwkwk… Setidaknya setelah kenal dunia roda 2, banyak hal yang harus dipelajari kemudian saling didiskusikan ke sesama ‘motorcycle addict’. Efeknya, sifat pemalu lenyap dan teman baru silih berdatangan. Boleh percaya atau nggak, hal tersebut juga membuat bocah lugu itu lupa kalau dirinya dulu adalah seorang pecundang… Cause now, I’m a Fuckin’ Winner!

 

Sebelum dan Sesudah: Handle Motor Sendiri

 

 

Supra Fit EA's Blog

 

Setelah momen kelulusan SMP, banyak tetek-bengek yang harus diurus di sekolah… Saya yakin Brosist juga pasti pernah mengalami hal ‘annoying’ serupa. Yang pemberitahuan kelulusan lah, daftar SMA lah, Ijazah lah, SKHU lah, Ini lah, itulah. Internet? Online? What! Sejenis makanan apa itu?

Bolak-balik naik angkutan umum sebenarnya not bad, justru bagus untuk kesehatan – karena jarak jalan utama ke sekolah saya dulu hampir 1 km. Tapi yang bikin agak ngiri, saat itu banyak teman bawa motor sendiri… Sepulang kegiatan sekolah, mereka ngobrol ngalor-ngidul bahas tunggangan yang mungkin dipinjam secara sembunyi-sembunyi dari orang tuanya. Panik saat jarum bensin menunjuk huruf “E“, atau sewaktu businya melempem kehujanan… Sementara saya? Cuma bisa berharap dapat tebengan gratis sampai ke rumah.

 

So, saat diberi kepercayaan handle Honda Supra Fit dengan bonus velg cast-wheel putih plus jok bertuliskan angka “46” – senangnya bukan main deh euy! Rasanya itu motor kudu diparkir dalam kamar, supaya EA’s Blog bisa tidur pulas, wkwkwk… Kemudian, apakah ceritanya sampai disitu Kang Eno? Nggak…!

Setelah 1-2 bulan bareng motor yang dulunya disayang-sayang, dicuci, dielus tiap hari – Sekarang feelingnya kok jadi biasa-biasa aja ya? Dibiarkan penuh kotoran bekas hujan, bensin cuma diisi Rp. 5.000 (dulu dapat 1,11 liter), bahkan sampai disuruh ganti oli ke bengkel pun males – Momen excitement itu ternyata cuma berlangsung sesaat. Selanjutnya, nothing special… Yang ada saya malah menjalani kehidupan ‘Pencari Alternatif‘.

 

 

Sebelum dan Sesudah: Punya Sport 250cc

 

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

 

2016, EA’s Blog akhirnya bisa punya sport 250cc meskipun sekadar single-cylinder, dibeli sekenan dan butuh perjuangan (sangat) panjang untuk cari yang harganya sesuai. Meskipun demikian, 250cc tetaplah 250cc – semua kalangan seperti saya memimpikannya, tapi nggak semua orang bisa dan mampu untuk memiliki… Silahkan sanggah kata-kata EA’s Blog barusan. Namun biarkan market YZF R15, Xabre & CBR150R yang berbicara kenyataannya.

Rasanya luar biasa exciting, plong dan ingin bersyukur setiap saat – karena EA’s Blog paham harga moge diatas 250cc masih sangat-ngat-ngat jauh dari level ekonomi saya sekarang ini… Dan rasanya juga agak sedikit bangga, karena saya berani beda dari yang lain, plus sedikit banyak mampu menginspirasi pembaca lain yang akhirnya ikut keracunan berfikir: Sport 150cc Overprice... Bukan sombong loh ya, karena sebenarnya nggak ada yang bisa disombongkan dari EA’s Blog – tapi cuma bangga (pake banget), karena rasanya… Beuh, amazing!

 

Scooter Life

 

Tapi faktanya dilapangan, apakah ZED langsung jadi andalan saya sehari-hari? Ternyata nggak juga tuh! Bukan karena masalah pendinginan mesin yang pernah saya alami, karena itu sudah ketemu jalan keluarnya… Tapi karena satu hal: Scooter life! Percaya nggak percaya, suka nggak suka, asik nggak asik, mubazir nggak mubazir, tapi faktanya Spacy BOB tetaplah ‘bes’ saya untuk dijadikan andalan sehari-hari…! Mungkin ini terkesan lebay, tapi boleh dicoba sendiri koq.

 

 

Sebelum dan Sesudah: Jadi Blogger Otomotif

 

 

All New Honda Supra GTR 150

 

Ikut perkembangan dunia roda 2 dari era serayamotor, sampai debat di kolom komentar blogger senior – rasa-rasanya kok ingin sekali bisa seperti beliau-beliau tersebut… Tulisannya dibaca ribuan orang, bisa ngetes beragam motor-motor terbaru, sekaligus dapat penghasilan tambahan. Anak muda mana sih yang nggak tertarik?? Terlebih, saya merasa punya konsep tersendiri yang selama ini belum tersedia di kancah blogosphere… Meskipun sering mengutarakan konsep tersebut di kolom komentar, namun sedihnya, ‘diacuhkan’ mereka.

So, bermodal smartphone yang nggak smart-smart banget dan kuota internet pas-pasan, saya nekat membangun blog sederhana ini… Konsepnya seputar motor legendaris dan sudut pandang berbeda dalam penulisan artikel roda 2. Perlahan tapi pasti, 1.000, 5.000, 15.000 sampai 30.000 lebih pembaca pun singgah ke blog yang tadinya cuma mimpi anak muda belajar ngeksis.

 

Yang sebelumnya cuma bisa mengaggumi para senior, saat ini jadi bisa bertatap muka langsung… Yang cuma menghayal bisa testride motor baru, sekarang dilirik langsung oleh produsen… Dan yang semula hanya mimpi, kini perlahan jadi kenyataan… Alhamdulillah.

Seneng nggak Kang Eno? Nggak usah ditanya Kang-Bro-Sist…! Bisa berinteraksi dan sharing pemikiran antar sesama penggila sepeda motor itu rasanya seru! Sumfehh deh… Entah itu saat nongkrong bareng teman-teman ataupun via blog sederhana ini – rasanya happy aja euy! Meskipun ‘penghasilan ekstra’ yang dulu diimpikan ternyata masih jauh dibawah harapan. Ya setidaknya bisa bayar server & kuota bulanan pun sudah bersyukur.

 

Eno & Blogger

 

Tapi makin jauh EA’s Blog mengenal fakta blogosphere roda 2, justru perasaan saya saat menulis makin kacau balau… Pembaca diluar sana lebih suka artikel mainstream ketimbang yang terkonsep, lebih senang debat kusir konyol ketimbang saling share ilmu otomotif. Dan yang paling menyedihkan, lebih senang menjatuhkan ketimbang saling membangun.

Parahnya, semua saling junjung brand yang mereka bela, tanpa peduli bahwa pemikiran dan pembelaan yang mereka lakukan tersebut (sejujurnya) harganya sangat-sangat-sangat mahal. Silahkan simak nasib seorang buzzer ataupun brand ambassador sebuah brand otomotif. Canggih banget kan? Sementara saat ini di kancah blogger roda 2, menulis artikel bergaya ‘promoted content‘ kini hanya dibayar goodie bag plus Rp. 0 (0 perak) oleh brand kenamaan Indonesia! What the hell happen!?

 

Mungkin saat ini sudah banyak blogger yang sudah dicover pembiayaan blognya oleh brand-brand tertentu, dan saya turut happy (plus ngiri, wkwkwk) mengetahuinya… Big respect untuk mereka yang sudah dicover tapi tetap menyajikan secara berimbang! Sementara yang lain? Sementara saya? Yaa begitulah, hanya bisa berharap ada pembaca yang berbaik hati mencopot ad-blocker dari browsernya.

 

 

Well… Terkadang ekspektasi memang tak selalu berbanding lurus dengan realita, begitupun sebaliknya. Keduanya hanyalah makna suka dan duka dari sebuah fakta yang jauh lebih baik: Bersyukur… Dan itu salah satu konsep yang (mulai) coba saya terapkan di blog ini lewat artikel Ekspektasi vs Realita – baik yang tersurat maupun yang tersirat. Meskipun terkadang disertai dengan diksi yang cenderung kejam dan menggelitik… Karena saya yakin, Pembaca blog ini adalah mereka yang berfikiran jernih.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist

 

 

About these ads

85 comments

  • lele.dumbo

    intinya tetep bersyukur aja kang, wkwkwk

  • Rian

    Jujur, setelah baca blog disini malah menambah pengetahuan, produk yg bagus sekalipun tetap disebut kelemahannya. Blog yang lain mulai melempem kritikannya karena dibayar, padahal blog harusnya tetap independen, produk jelek ya tetep jelek, hehe… semoga blog kang eno tetep kritis dan eksis 🙂

    • enoanderson

      Aamin ya rabb, semoga tetep bisa demikian… Dan ada sponsornya juga suatu saat nanti, hahahaa, aaminn 😀

      • Arees of Death

        Yakin entar kalo ada sponsor masih tetep kaya gini?
        Ini menurut ane ya, kalo salah sory ya, kan cuma ente yg tau kaya gmn sebenernya. Jd menurut pandangan ane blog ini sedang berusaha untuk menggaet pabrikan ya siapa tau syukur2 bisa kaya blog2 sebelah yang iklannya bertebaran dimana-mana, sampe2 bisa salah klik tadinya mau lanjut baca malah yang nongol iklan…wkwkwk

        • enoanderson

          Nope, dimaafkan kok kang… Aamiin ya rabb, mudah2an ada sponsor yang mampir ke blog ini sama kayak doa diatas 🙂

  • vario Sumedang

    Ini blog “hoby” bukan blog sumber rizki,, semangat kang sapatau dari sekedar hoby nulis jadi Sumber rizki tambahan,, yang penting bukan bloger ternakan yang fikiran nya selalu berubah ubah tergantung dolar mana yang paling besar,, ngoahahaha

    • enoanderson

      Nah itu, semoga dari hobi bisa jadi penghasilan hidup suatu saat nanti, aaminn… Kalau difikir jernih, sebenernya nggak ada yang salah dengan dolarnya kang… mungkin yang salah itu individunya, termasuk kita2 ini yang menilai 😀

  • s0erya

    saling membangun bukanlah budaya indonesia! hhhhhh benar?

  • bagolmeong

    Blog yg tidak pernah tidak saya baca…

  • idadzzz

    yang penting ngeblog punya karakter.. jangan sampai menyesatkan.. wkwkwkw.. sama jujur.. kan ngga lucu bilangnya a eh pas di buktikan 0 besar.. contohnya pas acara testride.. wkwkwk

  • Paro

    artikel apache200 beloman kelar kang,?
    itu yg naik Vario kang Eno tah,?? 😆

  • miirr

    Tetep dijalan nulis model gini mang, lambat laun model2 yang cuman dibayar buat mengagung2kan bakalan abis kang masanya.. jenuh bacanya wkwk geberr terusss atuh

  • armandx3m

    Blog ini adalah blog Indonesia pertama kali yang saya buka kalo lagi pingin baca ulasan otomotif.
    Keep up the good work, Kang Eno!

  • ane fans setia blog Kang Eno, banyak wawasan baru yg bisa ane tau
    udah gtu, bahasannya anti mainstream, salut buat kang eno, udah berbagi info yg beda dari blog otomotif lainnya
    makanya kemarin-kemarin pas blog kang eno gak update, bingung jg ane, hahaha
    lanjut terus nulisnya kang eno

  • adie

    “Pembaca diluar sana lebih suka artikel mainstream ketimbang yang terkonsep, lebih senang debat kusir konyol ketimbang saling share ilmu otomotif. Dan yang paling menyedihkan, lebih senang menjatuhkan ketimbang saling membangun.”

    ini ni kang ane juga paling benci baca kolom komen kalo bnyk orang2 yng isi komen nya model gini2 semua, kadang juga artikelnya apaan komen nya apaan, kg nyambung sama artikelnya yng penting komen mreka berbau menjelek2kan yng mesin ambrol lah, yng kualitas indihe lha, yng mesin ngebul lha, yang klothok2 lah, padahal mreka ni juga belum tentu punya tu produk yng mreka bilang mesin ngebul atau klothok2.
    ane sih berharap para pengunjung blog otomotif bisa semakin banyak yng dewasa dan diskusi yng bener2 aja tanpa ada saling menjatuhkan.

    klo mnrut ane blog kang eno udah bagus apa lg artikel tech talk ane suka tuh cz nambah ilmu.
    sukses selalu kang…

    • enoanderson

      Nah iya kang, harapannya jadi makin banyak yg saling tuker ilmu dan sharing motor… Bukannya saling hate antar sesama.

      Meskipun kadang nulisnya mumet juga sih, wkwkwk

  • Ceberus

    Be your self aja kang.. Itulah ciri khas kang eno.. suka banget sama artikel history nya kang eno.. Udah jadi pembacanya kang eno dari artikel history tentang oppa soichiro honda (meskipun dulu silent reader & baru akhir* ini sering komentar). Semoga makin banyak pengunjung blog ini kang, dan semoga banyak fansboy yg tobat setelah baca artikel kang eno.. karena semua produk punya kelebihan & kekurangan masing*.. xD

  • dodol

    tau gk kg, cuma blog sampean yg bener2 saya baca awal sampe akhirr.. klo yg lain paling liat gambar trs close melas liat comen2nya jg

    • enoanderson

      Saya juga paling baca artikelnya, pelajari, simpen di otak… Nggak di scroll kebawah komentar karena memancing jadi spesies stupiditus mukanyakayaanus, wkwkwk 😀

  • B lmp

    Wah cba dri 10thn lalu jdi r&d dsainer mtr” suzuki kank.. Pasti skrng tambah ancur suzukinya wkwkwwk
    Jangan” sketsa gixxer yg beredar kemaren tuh hasih corat coret kank eno? Pantesan jadul bingitt kank hahaha

    • enoanderson

      Asyeemm, wakakakakak :v
      Eh tapi gini2 sketsa yg paling banyak saya gambar itu sijuki lho kang… Kurang apa coba? Wkwkwk

  • Bryan

    Artikel tentang historical bike yg paling saya tunggu.

  • themaniac

    blog kang eno emang meiliki cirikhas sendiri,rada mirip blog kang yudibatang kontentnya cendrung edukatif dari pada nyales hehe,saya termasuk orang yang sangat sulit menahan keinginan ketika baca suatu produk baru khusunya motor maunya beli aja,tpi smkin kesini kok nggak ada habisnya…hehe(bru nyadar)…thnks buat ngingetinya…beli motor itu sesuai kebutuhan bukan keinginan…

    • enoanderson

      Hahahaa, berarti cerita saya punya banyak kesamaan kayak konsumen lain juga ya? Wah, berarti kudu makin sering nih nulisnya #semangat

  • Semangat kang blog motor Yang paling saya suka ya ini

  • singgih

    manteeeep kang artikelnya,
    awal2 saya tau blognya kang eno waktu itu pas baca salah satu postingan historical bike, pertama kali tau sampek hampir setengah hari ngubek2 blognya kang eno pingin tau apa aja isinya, dan ternyata mantep2 isinya banyak yg berbobot artikelnya, tp emang cuma jd silent rider jarang ikut nimbrung di kolom komen …
    semoga sukses terus blognya (baca : makin banyak pembacanya) 🙂

    • enoanderson

      Aaminn ya rabb, haturnuhun kang udah sudi mampir terus kemari… Moga makin berkualitas tulisan di blog ini, aaminn 🙂

  • Dedy

    Pembaca diluar sana lebih suka artikel mainstream ketimbang yang terkonsep, lebih senang debat kusir konyol ketimbang saling share ilmu otomotif. Dan yang paling menyedihkan, lebih senang menjatuhkan ketimbang saling membangun.

    =====================================================================================Untuk opini yang satu ini saya ga setuju kang…
    yang seneng debat kusir itu bukan pembaca murni…
    yang seneng debat bahkan mungkin ga pernah baca artikelnya
    kalo pembaca pasti cari info, data, fakta dan informasi dari media yang di baca
    itu juga ga ditelen bulet mentah2 dan cari informasi pendukung dan/atau pembanding

    kang kalo sempet bahas benneli eagle patagonian ama tnt250
    kebetulan mertua ane ngidam banget ama tuh eagle
    abis test ride, asli enak banget riding positionnya
    ane kmaren hunting sampe ke maen dealer harus indent 3 bulan

    kalo ane pengen yang tnt250 secara gagah kayak er6
    *sayangnya ga ada unit test ride, ada kemarin “udah” punya orang lagi di QC sebelum di anter
    “cuman bisa ndengerin suaranya”, aduhai banget kaya 4 silitnder
    yang TNT250 juga daftar inden, walaupun ga sepanjang eagle

    *eh maap kalo OOT

  • Tetap semangat kang,.
    Saya fikir, warung kang Eno ini lebih baik ulasannya dari warung lain,.dari warung ini, saya jadi punya banyak info yang saya fikir lebih masuk akal n prnyajiannya menarik juga.. jadi bisa saya jadikan referensi jika nanti saya sudah balik ke Indonesia tercinta, n mau beli motor yang terbaik untuk saya.. SEMANGAT..!!!

  • yanyan

    keren kang,, pernah tiap hari aku masuk blog kang Eno, karena Kang Lama ngk bikin artikel.. ngk bosen buka lagi tiap harii.. meski lama.
    saya ngerti, konsepnya kalau buat artikel yg berbobot atau tidak sama sekali, jadi ngk kaya Bloger lain yg artikel panjang cuman ngomongin Spion,atau spakbor doang.
    atau dongkol,liat komentar penjelekan mesin produk lain, ampe copast itu2 aja, bahkan balasanya itu2 juga.

    sayavmasih inget abis banyak waktu abisin baca 1 persaru History motor, yg 6silinder 250cc, suzuki 14gigi, motor 50cc, beneran keren mang.
    rejeki emang akan ngikut mang, contoh tanggapan Pembaca termasuk saya juga Positif juga. semakin banyak Aaamiinya, belum lagi Silent Reader.

    thank’s kang Eno.

  • Daijiro

    I know dat feel bro.., walaupun sy motovlogger bukan blogger, namun suka sedih jika melihat kenyataan bahwa yg laris ditonton adalah yg sekedar video riding popular rich kids, ugal2an di jalan,dll..
    Video yg dibuat informatif malah sepi penonton..hehe

    Btw,blog EA dlm segi penulisan mnrt sy termasuk yg terbaik dibanding yg lain..
    🙂

    • enoanderson

      Wuih ada motovlogger euy, salam kenal kang! memang mau gimana lagi ya, trend yang ada sepertinya sudah terlanjur seperti itu… Walaupun kadang sudah dikemas pake konsep yang semenarik mungkin, tapi ya kadang hasilnya begitu, rasanya pengen balikin tulisan ke draft aja, hahahaa…

      Btw, thanks buat apresiasinya kang… Keep motovlogging! 😀

  • dut

    be your self kang, setiap bloger yg punya karakterr sendiri pasti nggak bikin pembaca bosen mbacanya wehehe..
    btw kalo baca kisah permotoran kang eno bikin pgn beli motor pake duit sendiri, kpn bisa ya wkwk masih kuliah whaha

    • enoanderson

      Nanti ada waktunya kang, saya juga nggak langsung bisa beli motor sendiri kok… Ada proses & pembelajarannya. Dulu pas SMA malah pernah ngerengek minta CBR150R, eh pas lihat harganya langsung kasian sama ortu, wkwkwkwk. Semoga cepet lulus & bisa langsung punya penghasilan sendiri kang, aamin 🙂

  • Renhan

    Apapun yg ada hubungannya sama motor saya ikut dukung mang, apalagi kalo sampai meluas di ranah otomotif lainnya, punya blog yg udah terlanjur terkenal itu berarti punya kesempatan utk berbagi pengetahuan yg benar n akhirnya bermanfaat (ladang amal jg lho mang), banyak lho orang tajir secara ilmu tp belum punya kesempatan berbagi ilmu scr gratis dg orang banyak, pesen saya sih jgn mau diendorse oleh salah satu pabrikan, terlalu mahal harganya n g sebanding ma reputasi yg udah dibangun selama ini, salah g apa2 asal jgn bohong

  • Dulu mbek bernama jarwo pernah nulis di blog dosen, konon katanya sonic dah ampir kelar riset nya tunggu pembalasan dr sonic.

    eng ing eng…

    ternyata mx king takluk untuk pertama x nya di motoprix…

    pertanyaannya

    siapa si jarwo?

    :v

  • Yangtauaja

    Saya selalu antusias menunggu tulisan2 kang Eno.Kang Eno ibarat menawarkan ‘racun’ beserta ‘obat’ dalam satu paket.Terima kasih atas tulisan yang menginspirasi,moga tetap semangat menulis dengan jujur dan apa adanya.Saya doakan moga rezekinya tambah lancar,panjang umur,sehat selalu hingga bisa tetap enjoy menulis.Aaamiin☺

    • enoanderson

      Hahahaa, karena kalau bahas kelebihannya aja, lebih baik saya jadi sales kang… Ketahuan kan penghasilan bulanannya? wkwkwk
      Aamiin ya rabb, moga tetep bisa konsisten hibur pembaca disini 🙂

  • rony_nara

    salut kang…bener2 bersyukur…

  • kevink

    Semangaatt mas bro.. saya selalu buka” dan refresh blog ini terus.. apalagi dulu waktu hilang lama, sempat berbulan-bulan lagi tidak nulis, saya cukup sedih.. karena analisa yang beda dari masnya ngangenin buat dibaca.. suwun semangat terus

    • enoanderson

      Terima kasih banyak kang, udah mau setia ngunjungin blog sederhana ini… Semoga kedepannya saya bisa lebih konsisten nulis, dan nggak kehabisan kuota, aamiin 🙂

  • Naleindra

    Wokeh semangat kang. Ane juga tau perasaan kang eno btw ane juga salah satu fans ea blog, ane seneng baca blog disini apalagi artikel historical karena buat memperluas ilmu2 di otomotif. Btw kok masa sma kang eno kok 11-12 sama ane yak? :v

  • Nah lho ada motovlogger mampir!! Satu pertanyaan saya,kpan jdi motovlogger?? Modal sipanci bob aja cukup mang,bahasannya khas blog ini aja,”membuka,mencerdaskan,menyadarkan”

    • enoanderson

      Ngahahaha, saya malah punya konsep yg nggak kalah keren kang… Cuma masih kurang modal buat peralatannya euy 🙁

  • tukang komentar

    Kang, jok zsl nya udah ditambah busa belum?
    Kalo udah, mau dong liat sekalian bikinin artikel tips n trik buat zsl dan mono hehe

  • lao2x

    Tetap semangat kang Eno…
    Saya malah bosen baca artikel di blog – blog motor mainstream, motor baru terus yang dibahas, itu pun materinya gitu – gitu ajah. Di sini nih baru dapat artikel motor kuno bin ajaib ditambah pembahasan yang ajib pula. Motor baru pun bahasannya nggak pasaran, khas banget.
    Akhirnya jadi jujugan wajib tiap browsing internet.

    • enoanderson

      Thanks banyak buat apresiasinya kang, kadang memang artikel2 seperti yang disebutin akang diatas memang asik dibacanya… saya juga kadang ketawa2 sendiri, kalau baca tulisan saya, wkwkwk… Tapi ya begitu kang, nulis artikel demikian bener2 nggak gampang, butuh waktu dan rasanya agak mustahil juga kalau maksa 3-4 artikel per hari 🙁

  • Eko

    “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.”

    Tan Malaka
    ——————————————-

    Saya suka kajian tentang HISTORICAL BIKE.. Keep up the good work kang Eno…jaga idealisme nya

  • Donnarumma

    sejak ane keracunan dunia motor, blog ini adalah satu blog motor pertama yang ane baca, Kang. sama2 blognya Oom Leopold.. (gak tau mana yang pertama ane temuin duluan).
    baru setelah itu mulai kenal blog2 mainstream seperti TM* dan I*B.
    Sampe sekarang ane selalu jadi pembaca setia blog Kang Eno dan Oom Leo..

    Sukses selalu dan semoga suatu saat bisa beli moge >250cc Kang*.

    *atuh mun meuli moge si Akang teh kudu berenti ngarokok heula. hehe

  • ademadan

    ane dulu terdampar di blog ini gara gara historical bike, dibacaaaaa sampe habis, kok kayaknya blog nyaa bagus ini, terusin dah sampe habis itu entry. hahahaha
    buka tmc,iwb,aripitstop itu buat baca berita yg update
    buka kobayogas,7leopold7,monkeymoto itu buat refreshing (pembaca segmented)
    buka eablog buat BELAJAR, sumpah dah, kalo gak ada blog ini mungkin rc166 dkk itu cuma diketahui sama honda bike holic aja.

    keep update mang, kalo ngilang seenggaknya ngasih kabar dong

    • enoanderson

      wkwkwk, thanks banyak kang udah rajin mampir, jadi nggak enak nih sering hilang (jarang update) gegara kehabisan kuota… 🙁

  • theloyalsilentreader

    Kang saya mau minta tanggung jawab. Gara2 baca artikel akang tentang 2 tak trus nyoba riding RR punya temen sekarang saya malah kepincut padahal dulu benci banget dengan 2 strokers. Gara2 stalking blog EA saya juga ngidam motor2 legend jadul yg kualitasnya ciamik. Apa daya masih netek orang tua jadi belum bisa beli. Paling gak saya mau nabung ilmu dulu dr blog kang EA jadi pas udah sukses bisa koleksi motor idaman pake duit sendiri (Amin!). Blog akang sukses nambah ilmu saya tentang permotoran trus bikin melek supaya gak dibego2in ATPM motor baru. Gaya tulisannya unik, berilmu, nyantai, gak munafik, keliatan banget merdeka dari segala bentuk “penjajahan”. Keep posting kang. Saya doakan dikasih jalan terbaik untuk tetap ngeblog dan motorcycle lifenya berkembang

    • enoanderson

      Wah ternyata seorang “haters 2T” pun bisa kepincut kalau udah gaspoll 2T yaa, wkwkwkwk… Bukan saya yg mempengaruhi kalau begitu kang, tapi 2-stroke nya sendiri yg sebenernya ada di soul akang yg nggak puas sama motor 4T 😀
      Aamiin ya rabb, semoga selalu diberikan jalan buat terus ngeblog, ada rezeki buat nambah2 biaya kuota & nelurin artikel2 berkualitas 😀

  • tukang komentar

    Kang Enoooooooooooo, si zed dibagian kipas ada yg di modifikasi ga buat ngurangin panas mesin sama penyakit zsl yg sering mati kipasnya?
    Share dong kalo ada

    • enoanderson

      Buat ngurangin panas mesin, saya kombinasi antara Oli Liqui Moly 10W/40 Street & Coolant Pertamina Coolant…. Hasilnya kipas jadi jarang nyala kalau sekedar jalan pelan… Kalau macet sih, semua motor yg pake kipas juga sepertinya nyala, wkwkwkwk

  • visitor

    Sebuah opini
    Menjadi seorang blogger yang senantiasa berusaha (dan berhasil) menjaga independensi dalam artikel-artikelnya adalah tidak terlalu sulit manakala (frekuensi) menulis didasarkan semata pada ide dan passion yang ada. Jenis blogger seperti ini, ketika ia mempunyai karakter dalam artikelnya, akan cenderung disukai pembaca.
    Namun demikian, semakin banyak pembaca yang ‘hadir’ di blog-nya, semakin besar pula tuntutan pembaca-pembaca itu kepada sang blogger untuk lebih kontinyu (sering) ‘menelurkan’ artikel (let’s say an article a day). Ini barangkali adalah dahaga penyuka informasi roda dua akan ilmu dan berita per-roda-dua-an. Hal ini menjadi sedikit ‘menyulitkan’ ketika sang blogger berusaha memenuhi ‘tuntutan’ pembaca setianya sementara dari ide penulisan mungkin belum ada; tapi yang sudah bisa dipastikan adalah ini akan mengambil waktu, tenaga, dan juga biaya dari blogger itu sendiri (di artikel ini, kalau gak keliru, kang eno ‘utarakan’ sebagai kuota internet).
    Adalah bisa diterima, sangat bisa diterima jika blogger ‘mencari’ sponsor sebagai kompensasi dari waktu, tenaga, biaya, dan – tentu saja – ide tidak terbeli dari apa yang sudah ia bagikan kepada kita selaku pembaca. Pembaca senang dengan ‘kucuran’ artikel independen berkualitas, blogger senang idenya dibaca dan diapresiasi banyak orang serta waktu, tenaga, biaya bisa di-cover sponsor.
    Di sisi lain, sponsor juga punya kepentingan untuk menjaga ‘investasi’nya di blog tersebut, apakah dengan frekuensi artikel produk sponsor atau bahkan (yang jelek) pemutarbalikkan fakta inferioritas produk sponsor.
    Sebagai pembaca EA’s blog, saya yakin kang Eno bisa tetap menulis secara independen, tak peduli siapapun sponsornya. Karena saya melihat dari sejumlah karakter EA’s blog yang paling menonjol adalah INDEPENDENSI di samping karakter lain seperti ‘njlimet’ dalam hal teknis (which is good), alur penulisan enak diikuti, sangat sedikit -bahkan gak ada – typo (which is annoying). Saya tidak sedang memuji lho kang Eno, it’s true. Satu kritikan kalau boleh, stop commenting (or reacting) on other bloggers no matters how ‘bad’ they are. Just focus on your ideas and YOUR target readers*.
    *real readers, not sales persons

    • enoanderson

      Hands down, speechless, tepat sekali seperti yang saya pikirkan… Mau tanya nih, Akang bukan kepribadian saya yang satunya lagi kan ya? hahahaaa 😀

  • visitor

    Hahaha…I take it as a compliment.
    By the way, maaf kang Eno, sementara ini apa sih alasan kang Eno belum terima sponsor dari pabrikan? Apakah terms and conditions yang mereka ajukan sedemikian ‘nggilani’? Misalnya gak boleh nulis kalimat (apalagi artikel) yang offensif/sensitif terhadap brand/produk mereka? Atau apakah ‘cuma’ dengan a certain number of articles tentang brand/produk mereka? Kalau untuk alasan yang pertama sih mending gak usah dapat sponsor kalau gitu kang; tapi kalau alasan kedua, menurut saya sebagai pembaca yang coba melihat hal ini dari sudut pandang kontinuitas blogger, it’s worth it. Blogger mendapat support untuk terus menuangkan ide tak terbeli-nya dalam memperluas wawasan pembaca tanpa perlu ‘kerepotan’ memikirkan kontinuitas aktivitas blogging-nya. Di sisi lain, investasi sponsor ‘diapresiasi’ blogger dengan kuantitas artikel brand/produk sponsor tanpa perlu menggadaikan kualitas ide dan gagasan blogger yang menurut saya adalah (semestinya) priceless, tak terbayar/tidak bisa dibeli. Neither way is ideal, gak ada yang ideal kang, barangkali ini waktunya buat kang Eno untuk (sekali lagi) mencari ALTERNATIF seperti yang kang Eno pernah tuliskan dalam artikel tentang motor idaman. Akhirnya, sebagai pembaca saya berlepas diri dari ‘kegalauan’ kang Eno dalam menentukan yang terbaik dari pilihan-pilihan tidak ideal yang ada. (Enaknya jadi pembaca.ya gini kang hehehe…)
    *balasan komentar ini didasari pada satu keyakinan bahwa sangat tidak mungkin tidak ada pabrikan/sponsor yang melakukan pendekatan dengan EA’s blog, belum adanya sponsor adalah karena belum adanya kesepakatan antara Terms and Conditions dari pabrikan dan INDEPENDENSI sebagai karakter utama EA’s blog (saya mah berdoa yang terbaik aja buat kang Eno) #MaafKalauSokTau

    • enoanderson

      Oke, kita buka-bukaan aja disini kang, sekaligus buat pembaca lain yang kepengen tahu ‘dapur blog’ sederhana ini… Jawabannya sebenarnya simpel, bukan karena sponsor yang membebani harus begini-begitu, tapi memang (in fact) sampai saat ini belum ada sama sekali tawaran dari mereka-mereka tersebut. Entah karena sayanya yang tergolong ‘rendahan’ di sisi pendidikan & ekonomi (ketimbang yg lain) atau bagaimana…

      Apakah karena didasari beberapa artikel saya yang terlalu “harsh” buat para sponsor? Well, itu saya sendiri nggak paham, karena pastinya mereka-mereka ini punya pertimbangan tersendiri. Dan harapannya sih semoga nggak demikian, karena dunia ini terlalu sempit buat nilai sesuatu cuma dari 1 sudut pandang.

      Jadi seperti yang bisa akang lihat saat ini, EA’s Blog hidup cuma andalkan iklan dari advertiser (adsense, dulu pakai wordads) yang hasilnya bikin ngilu kalau dicertain… 25-35.000 pengunjung/hari, klik paling cuma 50-80 biji, harga 1 ‘shitty-click’ indonesia yg cuma 200-300 perak, dan minimum pencairan adsense Rp. 1,3 juta! Wow, saya kudu putar otak bayar hosting & kuota perbulan dong? Sedihnya, itu kelemahan terbesar EA’s Blog, selain yang ada di jemari penulisnya…

      Makanya banyak-banyak-banyak banget konsep disini yang nggak bisa dikembangkan jadi kenyataan, padahal sebelumnya saya sudah punya rencana besar untuk itu. bahas 1 kalimat lagi, rasanya pengen quit ngeblog sekalian deh, hahahahaaa…

  • Keep posting, kang. Sy suka dg gaya dan tata bahasa smpean dlm penyampaian. Isi blog jg relatif general. Bnyak ilmu yg sy dapat dari ubek2 blog jenengan. Secara sy jg msh buta ttg otomotif. Lanjutkan kang!

  • keep the good work kang

  • tetap exist bro.., ditunggu artikel- artikel tentang motor2 legendaris dunia dan indonesia..

Tinggalkan Balasan