TVS Akula 310

TVS Akula 310 Bakal Diproduksi di Indonesia?

Satu lagi ‘oleh-oleh’ yang bisa EA’s Blog dapatkan dari Joy Ride & Factory Visit TVS. Selain info tentang seluk-beluk kerjasama antara produsen India ini dengan BMW Motorrad Jerman (TVS-BMW Agreement) – ada lagi info seputar sportbike terbaru mereka, TVS Akula 310!

Yup, pihak TVS sudah tak lagi menutup-nutupi kalau mereka memang sedang antusias menantikan kelahiran ‘kembar beda ortu’ dari BMW G 310R ini. Dan yang lebih menarik lagi, ternyata besar kemungkinan Indonesia bakal jadi basis produksi TVS Akula 310! Loh, koq bisa Kang Eno? Bagaimana ceritanya tuh…?

 

Kelahiran TVS Akula 310

 

TVS Akula 310

Seperti yang dijelaskan di paragraf pembuka tadi, pihak TVS sendiri sudah mengonfirmasi kalau mereka sedang menantikan kehadiran TVS Akula 310 – atau apalah nama resminya nanti… Bahkan, juga disebut dalam waktu dekat ini lho Brosist! Sementara itu, yang masih jadi pertanyaan, apakah nanti bakal dirilis di India atau Indonesia?

Untuk hal tersebut, sepertinya kita cuma bisa menebak-nebak. Meskipun IMHO sih kemungkinan besar bakal rilis perdana di India, mengingat TVS Akula 310 ini adalah salah satu produk andalan mereka untuk market global. Dan yang bisa EA’s Blog ambil kesimpulan dari kesempatan berbincang-bincang, pengaruh India di lingkup keseluruhan TVS masih amat-sangat kuat (Pabrik, Strategi marketing, Promosi, Spesifikasi produk, dll)… Mungkin ceritanya hampir mirip dengan Suzuki di kubu Jepang.

 

 

TVS Akula 310 Diproduksi di Indonesia?

 

 

TVS Akula 310

 

Nah, kabar menarik selanjutnya adalah soal kepastian TVS Akula 310 diproduksi di Indonesia… Dan ini sudah diamini sendiri oleh pihak TVS lho! Dengan catatan, Indonesia bakal memproduksi (kemungkinan besar sih CKD) unit yang bakal dijual di Tanah air, ataupun regional lain selain India. Sementara untuk market India sendiri, bakal diproduksi langsung via Pabrik TVS di Bangalore, India.

Kenapa Indonesia? Hal ini dikarenakan Pabrik TVS India sendiri sudah kewalahan menghadapi permintaan dari market domestiknya. Ingat, mereka adalah produsen terbesar ketiga di India lho – Market sepeda motor terbesar kedua setelah China dan diatas Indonesia yang menempati peringkat 3… Oleh karena itu, line produksinya bakal dialihkan ke Pabrik TVS Motor Company Indonesia – yang sejauh pengamatan EA’s Blog, masih sangat berpotensi untuk ditingkatkan kapasitas produksinya.

 

 

 

Well… Terus apa keuntungannya Kang Eno? Yang pertama jelas, agar penyerapan tenaga kerja TVS meningkat. Selanjutnya, dengan dirakit di Indonesia, tentu diharapkan harganya bisa bersaing meski terkendala pajak motor >250cc yang lumayan nyelekit. Gimana seandainya nanti harganya dibenturkan dengan kelas 250cc seperti YZF R25 atau Ninja 250? Hmm, semoga saja sih bisa lebih murah! Iya nggak?

 

Pabrik TVS Motor Company Indonesia

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

17 comments

  • Pertamax.. dari Brunei..

  • B lmp

    Klo pun di produksi di ina harga pun mungkin ttp mahal..
    Walaupun ada campur tangan bmw.. Kek nya susah bersaing di market 250cc .. Terlebih sdh ada pemain lma…
    Brand nipon msh lagi jdi daya tarik masyarakat kita..

    • enoanderson

      Betul, brand nipon emang rese banget dah, bikin yang lain susah berkembang…
      Mungkin yang dituju sama TVS lebih ke ‘alternatif produk’ kali ya?

  • Ka te em dong ah

    Menurut opini pribadi
    DESAIN nya kurang greget masih beraroma indihe
    Dan jumlah silinder yg masih jadi acuan biker di negri ini

  • penasaran suasana dalam proses perakitannya…

    • enoanderson

      Loh, saya kira mas huda iki karyawan TVS toh? wkwkwk 😀
      Soal perakitan, nggak se high-tech jepun koq mas, nanti deh saya bahas di artikel sendiri 🙂

  • Ceberus

    Menurut saya kemungkinan ga worth it to buy banget kang ni motor.. yg g 310r aja harganya 135 juta lebih.. (nambah dikit bisa dapet cbx/cb/cbr 500.. atau kalo ga ambil ktm rc 390 yg harganya 99 juta) apalagi yg versi fairing yak? Buset dah pasti mahal banget.. xD

    • enoanderson

      G 310R mungkin kasusnya mirip kayak KTM versi JSS kang… Biasa lah, jualan pride.
      Kalau TVS sih kayaknya (dan semoga) bakal mengacu ke KTM versi Penta Jaya 😀

  • bagolmeong

    Pajak selangit bukannya buat motor yg cbu ya Kang? Kalo buat yg rakitan sini bukannya pajaknya lebih ringan dibanding yg cbu (meski sama2 diatas 250cc)? Atau gimana?

    • enoanderson

      Pajak selangit itu setahu saya buat yang >500cc kang… Biaya CBU vs CKD itu beda lagi ceritanya buat menurunkan harga motor.

      Soalnya udah dibuktiin sama KTM versi Penta Jaya, CKD bisa turunin harga sampai 40% kalau dibanding impor utuh secara CBU 🙂
      Nah kalau TVS Akula 310 pakai metode yang sama, Maka??? monggo isi sendiri kang 😀

  • Ka te em dong ah

    Kalo pajak udah di atas rata rata
    Kenapa tvs kaga sihir aja biker negara kerajaan pajak ini dengan 4silinder
    Toh sama sama mahil pajak nya gra gara 250 ++ cc nya
    Klo udah 4cyll kya nya desain bisa di nomer duakan hahahA

  • Robert

    Bikim versi 250, KTM aja bikin dari 390 (370an) jadi 250, Honda juga dengan 300 (280an)

  • Davy

    TVS Apache RTR 200 4V. Kalo harganya dibawah 20 saya beli. Liat saingannya, Pulsar 200ns, kan dijual di 15…dari awal udah seneng ama motor it, sempet test ride pas pameran di BIP (Bandung) karakternya cocik buat dalem kota…sayang harganya segitu…

    • enoanderson

      Monggo kang dicek review fisiknya:

      If you make a superior product, people will buy it. (Jika anda menciptakan produk yang superior, orang-orang akan membelinya)

Tinggalkan Balasan