Minerva Sachs MadAss 125, Ikon Nyentrik Era Keemasan Underbone!

Minerva Sachs MadAss 125

 

EA’s Blog masih ingat betul apa yang pertama difikirkan saat melihat motor satu ini di parkiran sekolah: “Loh, ini motor tangkinya dimana sih?”. Saat itu, Sachs MadAss 125 yang dijual oleh Minerva adalah motor paling nyentrik di sekolahan… Nggak, bahkan mungkin se-Indonesia!

 

Diperkenalkan pertama kali tahun 2004 silam, Sachs MadAss 125 adalah salah satu produk dari Sachs, produsen roda 2 kenamaan dari Jerman – tapi diproduksi di tiongkok dan sempat dirakit pula oleh Malaysia. Keberadaannya di Indonesia sendiri baru eksis sejak 2008, saat Minerva memboyong motor nyentrik ini ke pasar tanah air…

Dan nggak cuma Indonesia lho, MadAss juga sempat diboyong ke beberapa negara tetangga ASEAN kita – dengan nama distributor yang berbeda-beda tentunya. Usut punya usut, ternyata Sachs MadAss 125 nggak cuma berkapasitas 125cc lho, karena ada juga yang dibekali mesin 50cc untuk pasar Amerika & Eropa.

 

Minerva Sachs MadAss 125

 

Tahun 2008, EA’s Blog akhirnya punya kesempatan untuk meraba-raba motor yang saat itu dapat penghargaanย Indonesian Motorcycle of The Year ini – karena ada seorang teman yang bawa ke sekolah. Biasa lah, nyicip-nyicip. Sektor desain adalah bagian yang paling mind-blowing dari MadAss 125… Bohong banget kalau Brosist sekalian nggak celingak-celinguk penasaran waktu pertama kali lihat motor satu ini. Tapi, sebenarnya masih ada lagi yang lebih mind-blowing dari motor yang satu ini lho. Lanjutkan membaca ya!

Kalau ditilik-tilik secara gamblang, sepertinya Sachs MadAss 125 ini terinspirasi dari sepeda yang ditempel mesin ya… Loh, koq sepeda sih Kang Eno? Coba deh Brosist lihat susunan sasisnya yang terdiri dari suspensi depan, main frame, sub frame untuk jok, swingarm, suspensi belakang yang menghubungkan jok dengan swingarm, plus styling secara keseluruhan. Selain itu, faktanya, motor ini memang terinspirasi dari produk sepeda di era 1930-an bernama ‘Presto Saxonette‘… Nah!

 

Minerva Sachs MadAss 125

 

Sektor dapurpacu nya, Sachs MadAss 125 menggunakan mesin yang secara teknis identik dengan generasi Cub 125cc nya Honda… Cuma beda di tampilan blok kopling & magnet doang deh intinya, karena MadAss 125 memang sudah dibekali kopling manual bak bebek ayago. Powernya sendiri diklaim tembus 8,5 HP dan torsi 8 N.m – which is Not bad! Kurang lebih setara klaim power Supra X 125. Tapi yang jadi pertanyaan: Apa feeling powernya sama persis kayak 125cc nya Honda Kang Eno?

Jawabanya BEDA! Pake banget malah. Kalau cub 125cc Honda terkenal akan ‘nafas’ nya yang panjang sepanjang jalan kenangan, maka yang satu ini rasanya lebih mirip Supra 100cc yang dibore-up pakai Piston Kaze – kemudian dikasih kopling manual. Mesin Sachs MadAss 125 ini punya keunggulan di kopling manual & punya rasio gear yang lebih rapat. Artinya, akselerasi dan sahut-sahutan power saat pindah gear jadi makin asyik.

 

Beda cerita dengan yang mengandalkan nafas redline a.k.a powerband RPM nya panjang seperti Supra 125, Karisma atau Kirana… Kalau Brosist melakukan hal yang sama di MadAss, bukannya power yang didapat, melainkan Zonk karena powernya bakal drop. Dan satu hal lagi yang bikin penasaran saya waktu itu, pokoknya mind-blowing banget deh: Ini motor desainnya nyeleneh, tapi kalau dibawa koq feelnya nggak beda jauh sama Supra Fit EA’s Blog? Eh tapi ada yang beda sih, karena sumpah, joknya cuma muat untuk solo riding! Wkwkwk…

 

Nah sebagai pelengkap, nih dia Spesifikasi Teknis Sachs MadAss 125… Cekidots!

 

Manufaktur : ZF Sachs (China) Investment

Model : MadAss 125

Tahun Pembuatan : 2004-Sekarang

 

Engine : 4-Tak, Silinder Tunggal, SOHC 2-Valve

Bore x Stroke : 52.4 x 55.5 mm

Kapasitas Silinder : 125 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator

Rasio Kompresi : 9,3 : 1

Transmisi : 4-Speed, Manual Clutch

Starter : Elektrik Starter

Max Power : 8.5 HP @ 7.500 RPM

Max Torsi : 8 N.m @ 5.000 RPM

 

Dimensi (PxLxT) : 1.840 x 760 x 1.035 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.235 mm

Berat Kosong : 100 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 5.1 Liter

 

Frame : Tubular Steel (with Fuel-Tank) Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Monoshock

Rem Depan : Cakram Hidrolik, 260mm Disc, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, 215mm Disc, Kaliper 2 Piston

Ban Depan : 90/80 โ€“ 16

Ban Belakang : 120/70 โ€“ 16

 

 

 

Well. . . Motor ini konon masih dijual oleh Minerva, meskipun setiap lewat depan dealernya EA’s Blog sih nggak pernah ketemu… Ya iyalah, lahwong dealer udah tutup – entah pindah atau bangkrut! Wkwkwk. Mungkin Sachs MadAss 125 ini nggak se-eksotis Honda MSX125 yang bisa bikin EA’s Blog senyum-senyum meski tesnya sendiri sudah seminggu yang lalu… Tapi untuk urusan “fun“, ikon nyeleneh di era keemasan Underbone ini jelas nggak bisa dianggap remeh!

 

 

Sachs MadAss 125: Who wants to be normal when you can be Unique?

 

Minerva Sachs MadAss 125

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

24 comments

  • visy131806

    Mang iraha neruskeun deui kisruh nu rek mareuli KTM th??? Cenah ulah mopang wae ngarah teu bosen. Klo bisa mang tolong test sakali2 eta duke ardila jeung rc simatupang th, saminggu we tong lila2, tp d geber gaspoll rempoll, buktikan ada perbaikan g d masalah operhit hehehe. Ay hobi otomotif, tp ay juga g mau d perbudak sma mainan ay, kan ay yg mainin tu motor bukan ay yg dimainin sama tuh motor (boy’s toys, kayaknya lebih tepat artinya kek gitu mang menurut ay mh)

  • B lmp

    Jaman kegemilangan mtr” mocin thn 2007han yak kank.. Wktu itu boming bgt di kampung ay
    Pernah make pnya sodara viar body jupi mau nyalip truk empot”tan ngeri euy.. Klo lewat jln jelek sakit perut kank.. Suspensi gilani.. Udh gtu getaranya bikin gempa daerah sekitar gear4 rasa di gear2 klo mtr nipon wkwwk
    2thn kemudian udh jdi rongsok aja tuh mtr..
    Wktu itu masyarakat tergiur sma harga murah nya x yak cma 6,5jt dapet mtr greess..

    • enoanderson

      Seinget saya, Masa keemasan mocin dari 2002-2006 kang, kalo 2002-2004 itu heboh kloning supra 100… Sisanya itu momen dimana Jupiter MX, Z, Supra X 125 tapi mesinnya 100cc semua, wkwkwk

  • dibilang “solo riding” sih menurut saya jelas sangat tidak betoel…
    Knapa? Karena masih ada passenger foot step nya.
    Mungkin lebih pas disebut “mezra riding”.
    BTW nih MadAss sempat masuk wish list saya, karena seat nya kayak PEUGEOT BHAMA(pernah koleksi 2biji, satu model sepeda mini, satunya ayago jadi2an).

  • Ceberus

    Kalo saya malah suka sama motor Nasha City kang, bentuknya unik! Tangki bensinnya ada di depan.. ya walaupun cc cuma 70 & rem depan belakang masih tromol.. di modif dikit aja udah eye catching, modelnya anti mainstream..

  • PemadamKebakaran

    Di kaskus ada yg swap mesinnya pake jupiter mx. Keren.
    Coba cari di thread super moto

  • bagolmeong

    Wainiii. Pengen dah punya satu. Buat ucul2an. Mesinnya ganti Karisma aja…

  • dimdim

    Trus sebenernya tangki bensinnya dimana kang? Wkwkwk

  • ayas

    Kualitasnya gimana kang eno ? Baguskah ? Atau setara almarhum mocin era 2000an ??

    • enoanderson

      kalo frame, suspensi sampe velg sih saya dulu lihat apik kang… tapi kalo mesin, ya begitulah, cino punya

  • Ready to didepan satu hati way of life

    Kang mau request dong kelebihan dan kekurang mesin 2 silinder bigbang,plus kira kira kalo suzuki misalnya nerapin di sport250cc nya bakal laku gak ya menurut akang?nuhun kang

  • niceguy

    Di Surabaya masih ada dealer minerva yang jual mas bro, bahkan terakhir saya lihat ada 3 warna : merah, hitam, putih. Asli ini motor desainnya keren, pokoknya tampil beda lah. Dulu saya hampir ngambil madass tapi nggak jadi karena banyak review masalah di kelistrikan. Banyak juga yang swap engine bahkan ada yang pakai mesin satria, maknyuss hasilnya.

  • Assasin

    Pernah masuk list gue ini motor dlu 2009, tapi gak jadi…, di liat keren banget smpe kepo di parkiran waktu kuliah, itu motor apa ya…, setelah lama nunggu di parkiran pemilikinya datang, seneng banget bisa tanya” sampe nyobain…, buang malu asal bisa rasain nih motor hehehe, akhirnya ane putuskan untuk ambil nih motor, udah datang ke dealer minerva motornya gak ready… yg ready minerva rx150 sama megeli 250, di suru tunggu 3 bulan.., belum 3 bulan dealernya tutup… sedih banget…, ubah haluan ambil jupiter z 2009 hehehe
    ane sempat koment2 di kaskus coz banyak yg swap engine pake satria FU, rencananya mau swap engine sama satria FU milik gue hehehe…
    klo minerva serius madAss ini bisa sukses…, melihat desain yang unik…, soal mesin di swap aja gak apa” ehehehe, cm klo ngurusin pajak bagaimana ya kang?, nomor rangka sama mesin udah gak sama wkwkwkw

    • enoanderson

      wkwkwkwk, kocak banget ya, disuruh inden malah dealernya tutup duluan ๐Ÿ˜€
      Soal swap mesin sih alangkah baiknya juga diikuti ubahan STNK, tapi kalau difikir-fikir, apa iya ‘laler ijo’ sampai jungkir balik ngecek nomer mesin ya?

  • Tornado ada yg pake model beginian. Keren. Mesin korekan.

Tinggalkan Balasan