Advertisements
TVS Apache RTR 200 4V

Kerjasama TVS-BMW, Ternyata Nggak Sesimpel yang Dikira!

Setelah Bajaj-KTM sukses ‘mengacak-acak’ pola pikir konsumen Indonesia bersama Duke & RC-Series…masih ada lagi produsen yang punya kisah kerjasama India-Eropa yang hampir mirip. Bahkan, yang satu ini punya potensi yang jauh-uh-uh lebih menggegerkan lagi ketimbang produsen motor yang identik dengan warna oranye tersebut. Hayoo, Brosist bisa tebak pabrikan mana yang EA’s Blog maksud? Yup, yang mana lagi kalau bukan kerjasama antara TVS-BMW…!

So, saat ada kesempatan untuk tanya-jawab di acara TVS Joy Ride with Kompasiana kemarin – EA’s Blog sempat mempertanyakan perihal kerjasama antara TVS-BMW tersebut. Bagaimana seluk-beluk kerjasama mereka? Apa benar motor BMW Motorrad diproduksi oleh TVS? Benarkah TVS juga bisa “membranding” produk BMW?? Let’s cekidots!

 

Kerjasama TVS-BMW dan Proses Produksi

 

 

TVS-BMW G 310 R

 

Yang paling banyak ditanyakan oleh pecinta roda 2 tanah air tentang BMW G310R (selain teknisnya) tentunya: Apakah benar motor ini diproduksi di Pabrik TVS India? Dan ternyata benar euy Brosist… Berkat kerjasama TVS-BMW, Streetfighter “A2-Friendly” tersebut memang diproduksi & dirakit di Pabrik TVS-India!

Tapi spesial untuk produk BMW Motorrad (contohnya BMW G310R)… Semuanya dikerjakan di line tersendiri yang berbeda tempat dengan proses produksi motor TVS. Mungkin karena standar Quality Control yang diinginkan BMW Motorrad berbeda juga kali ya…

 

 

Kerjasama TVS-BMW di Pengembangan Sepeda Motor

 

 

Pertanyaan selanjutnya: Apa cuma itu saja kerjasama yang dijalin antara TVS-BMW Kang Eno? Tentu saja tidak! Keuntungan (besar) yang didapat oleh TVS India yaitu mereka berhak sharing teknologi dan pengembangan sepeda motor. Maksudnya bagaimana??

 

TVS Akula 310

 

Yup, dalam hal ini TVS bisa menggunakan basic mesin, frame, detail atau apapun milik BMW Motorrad… Contoh yang paling dekat dan bisa Brosist cek sendiri, adalah TVS Akula 310 – yang disebut-sebut sebagai versi sportbike dari BMW G310R. Dengan catatan, TVS sama sekali tidak boleh menggunakan teknologi atau development yang sudah dipatenkan secara resmi oleh BMW Motorrad.

Nih EA’s Blog kasih contoh supaya lebih mudah dimengerti: Meskipun secara konfigurasi mesin & frame Akula – G310R bakal mirip, tapi inovasi Diamond Like Carbon Coating (DLC Coating) yang ada di Camshaft & Setang piston G310R tentunya nggak bakal ada di produk versi TVS tuh Brosist.

 

 

Kerjasama TVS-BMW di Apache RTR 200 4V

 

 

TVS Apache RTR 200 4V

 

Pertanyaan ketiga: Apakah TVS Apache RTR 200 4V juga salah satu hasil kerjasama TVS-BMW? Tentu saja tidak! Karena Apache bermesin 200cc tersebut murni merupakan hasil development TVS India. Termasuk untuk pendingin oli (oil-cooled) yang dulu sempat dikaitkan dengan produk BMW Motorrad yang sama-sama Oil-Cooler itu lho!

Anyway, proses produksi untuk unit RTR 200 4V yang dijual di Indonesia, ASEAN, Afrika dan benua lain (selain India) ternyata diproduksi oleh TVS Motor Company Indonesia di Karawang lho…! Nanti EA’s Blog buatkan artikel hasil kunjungan ke Pabrik TVS deh.

 

 

TVS-BMW Saling Re-branding Produk?

 

 

 

Dan pertanyaan terakhir: Mungkinkah TVS bisa re-branding BMW G310R dan dijual di Indonesia dengan harga yang lebih ‘masuk akal’? Nah, sudah baca komplit tentang sharing teknologi & development antara TVS-BMW pada poin pembahasan EA’s Blog diatas kan? Rasanya sih nggak usah dibahas lebih lanjut deh… Intinya sama koq! TVS ya tetap TVS, begitupun dengan BMW Motorrad. Ada banyak sektor yang bisa di-share oleh kedua pabrikan India-Jerman ini, tapi ada juga yang nggak bisa saling tiru karena urusan patent & legal.

 

 

 

Well… Meskipun hubungan antara TVS-BMW sudah sangat “mesra” dan punya prospek cerah kedepannya, tapi tetap saja ada banyak hal yang nggak sesimpel prakiraan kita sebelumnya. Dan kalau Brosist mau lihat contoh motor hasil kerjasama tersebut, monggo ikuti perkembangan TVS Akula 310… FYI: Pihak TVS Indonesia pun sudah sangat antusias terkait Sportbike 310cc dengan spek cukup gokil tersebut.

Next time, EA’s Blog bakal bahas lebih mendalam soal TVS Apache RTR 200 4V, Dazz Fuel-Injection, Serba-serbi Akula 310, serta Seluk-beluk soal Pabrik TVS Indonesia di Kawasan Industri Suryacipta Karawang… Pantengin terus EA’s Blog & Kompasiana EA’s Blog yaa. Ssttt, jangan bilang-bilang yang lain lho!

 

Pabrik TVS Motor Company Indonesia

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

Advertisements

20 comments

Tinggalkan Balasan