Ini Dia New Honda BeAT eSP 2016, Nyalakan Kalkulator!

New Honda Beat eSP 2016

 

4 tahun tanpa ubahan tampilan berarti (kecuali Beat POP, karena varian berbeda) plus catatan penjualan per tahun yang sangat masif… Cukup untuk membuat kita semua bosan lihat skutik dengan tampang apik dan buritan agak kembung ini dijalanan. Karena per tanggal 13 Agustus ini, PT Astra Honda Motor memperkenalkan New Honda BeAT eSP 2016! Berbekal desain dan fitur terbaru, worthed kah untuk diboyong Kang Eno? So, let’s find out…!

 

New Honda Beat eSP 2016 – Desain Terbaru!

 

 

New Honda Beat eSP 2016 Fusion Magenta Black

 

Entah ada hubungannya dengan revolusi sport Honda atau tidak, namun sepertinya EA’s Blog harus setuju kalau desain New Honda BeAT eSP Facelift 2016 ini makin sporty… Meskipun ada sedikit unsur ke vario-varioan disana (Hey, siapa yang masih peduli ke Vario 110?). Apakah menurut Kang Eno makin keren? Kalau saya jawab secara subjektif: Ah, nggak semuanya juga tuh…!

EA’s Blog suka tampilan buritan dan model stoplamp terbarunya yang sudah nggak ‘kembung’ lagi… I like it! Dan seperti biasa, kombinasi warna dual-tone nya lebih greget ketimbang Beat Pop atau Mio Z yang terkesan ‘cheapy’ karena cuma pakai satu warna (single-tone). Sayang, kombinasi warna tersebut hanya bisa ditemui di varian CBS saja… Detail minus dari New Honda BeAT eSP Facelift 2016 ini IMHO hanya bagian headlamp saja – yang somehow nggak lebih bagus dari versi lawasnya. Tapi setidaknya masih layak diapresiasi koq, daripada dibuat ngekor tampilan kompetitor… Iya nggak?

 

 

Dan akhirnya, New Honda BeAT Facelift 2016 sudah dibekali model velg cast-wheel terbaru – yang sekilas identik dengan skutik premium mereka, PCX150. Menurut EA’s Blog ini adalah update paling signifikan dari segmen skutik entry-level, setelah diperkenalkannya pengabut BBM Injeksi 4-5 tahun silam. Which is, absolutely great! Siapa yang nggak setuju? Yup, mungkin hanya user Beat lawas yang cicilannya belum lunas… Hahahaa, bercanda koq. Soal desain ya jelas subjektif.

 

Mesin New Honda Beat eSP 2016

Mesinnya gimana Kang Eno? Well, Nggak ada yang perlu dijelaskan lebih lanjut dari mesin New Honda BeAT eSP 2016 – karena memang nggak ada ubahan signifikan dari versi lawasnya… Ada yang belum pernah nyoba BeAT FI / eSP? Ya ampun, pastinya bercanda kan?? wkwkwk…

 

 

Fitur Terbaru ??

 

 

 

Untuk fitur terbaru di New Honda BeAT eSP 2016 ini ada 3: yakni Dual-position light, Panel speedometer digital-analog + ECO Indikator, serta Tangki BBM lebih besar. Loh, koq dikit banget ya Kang Eno? Sebenarnya bukan sedikit sih, tapi IMHO versi lawasnya yang terlanjur kebanyakan fitur… Yuk, kita jelaskan satu persatu.

 

Fitur New Honda BeAT eSP 2016

 

Pertama ada Dual-position light, fitur yang konon (menurut Honda) jadi yang pertama dikelasnya – dengan mengkombinasikan lampu sein diatas Headlamp… Kalau menurut EA’s Blog sih lebih layak disebut sebagai bullshit bahasa press release ketimbang dianggap jadi fitur terbaru. Beda cerita dengan upgrade Tangki BBM misalnya, yang kini berkapasitas 4 liter alias lebih besar dari versi sebelumnya (3,7 Liter).

Sementara untuk speedometer Digital-Analognya, jangan anggap tampilannya seperti yang ada di motor sport loh ya… Karena panel digitalnya cuma untuk odometer & fuelmeter saja. Sementara speedometernya sendiri masih bertipe analog alias menggunakan jarum. Kabar baiknya, kini sensor pengukur kecepatan New Honda BeAT eSP 2016 sudah berpindah ke mesin – yang secara teori bakal lebih akurat ketimbang versi lawas yang masih menggunakan ban depan.

 

 

Fitur New Honda BeAT eSP 2016

 

Jangan lupa, di speedometer New Honda BeAT eSP 2016 juga sudah terdapat ECO Indikator. Fungsinya, lampu ini merupakan indikator pemakaian BBM dari gaya berkendara kita… Cara kerjanya, apabila riding tidak efisien maka lampu ini mati, saat menyala menunjukkan berkendara irit dan jika menyala terang maka semakin irit. Apakah berguna atau tidak? Well, karena EA’s Blog mengetes langsung, jadi belum bisa ambil kesimpulan pasti.

 

New Honda Beat eSP 2016 Versi CW

New Honda Beat eSP 2016 Versi CW

 

New Honda Beat eSP 2016 Versi CBS

New Honda Beat eSP 2016 Versi CBS

 

New Honda Beat eSP 2016 Versi CBS-ISS

New Honda Beat eSP 2016 Versi CBS-ISS

 

New Honda BeAT eSP Facelift 2016 dilepas dalam 3 varian: Varian Terendah (CW), Versi Rem CBS (CBS) dan Versi Komplit (CBS-ISS)… Varian CW cuma punya 2 pilihan warna saja, Dance White & Hardrock Black. Sementara itu versi CBS dibekali 3 pilihan warna, Techno Blue White, Garage Black dan Funk Red White. Dan yang terakhir varian CBS-ISS dengan opsi warna lebih ciamik, Fusion Magenta Black, Electro Blue White, serta Soul Red White. Untuk harganya silahkan Bro-sist lihat dibawah ini:

 

– New Honda BeAT eSP 2016 (CW) : Rp. 14.750.000

– New Honda BeAT eSP 2016 (CBS) : Rp. 14.950.000

– New Honda BeAT eSP 2016 (CBS-ISS) : Rp. 15.450.000

 

 

 

Apakah New Honda BeAT eSP 2016 ini bakal laku keras dipasaran seperti para pendahulunya Kang Eno? Well, Mungkin itu satu-satunya pertanyaan terkonyol yang bisa dilontarkan kubu fansboy lawan… Karena IMHO yang menyebabkan naik-turunnya penjualan skutik 110cc ini kedepannya, bukanlah pergerakan kompetitor (itupun kalau tega mau facelift lagi) – tapi daya beli konsumen itu sendiri.

Mungkin update fiturnya terkesan biasa-biasa saja, berbeda dengan update tampilan & kaki-kakinya yang makin ciamik… Tapi satu hal yang harus digaris-bawahi: Dengan sedikit ubahan tersebut cukup untuk membuat New Honda BeAT eSP 2016 ini jadi terlalu superior untuk lawan dikelasnya. Kalau upgrade dari versi sebelumnya gimana Kang Eno? Saya pikir lebih bijak kalau uangnya untuk sedikit modifikasi, ketimbang menambah-nambah kemacetan… So, Let’s see dan bersiap Nyalakan Kalkulator untuk hitung jumlah kesuksesannya di pasaran!

 

New Honda Beat eSP 2016

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

31 comments

Tinggalkan Balasan