Motor 5-Speed = Inferior ??

 

Motor Transmisi 5-Speed

 

Saat punya motor bebek bertransmisi 4 percepatan, kita selalu bermimpi bisa punya yang 5-Speed… Dikala mimpi itu didengar Tuhan YME, seketika pikiran berubah karena ada motor baru bertransmisi 6-percepatan… Setelahnya apa lagi: Pengen punya yang 7-Speed? Atau ingin jadi pebalap Formula 1? Itulah sifat alami manusia, makna puas layaknya teori yang tak berujung.

Kata orang diluaran sana, motor bertransmisi 5-Speed lebih inferior ketimbang motor dengan Transmisi 6-Speed… Intinya, makin banyak jumlah persnelingnya makin dibilang “juossss” gitu deh. Pertanyaan dari EA’s Blog sih simple: Orangnya yang mana?

 

Road Warrior

 

 

New Megapro FI vs New Vixion Advance

 

Menurut EA’s Blog, motor dengan karakter long stroke (baca: RPM rendah) adalah tipe yang enjoyable diajak riding sehari-hari – Apapun kondisinya. Dan faktanya, tipe mesin itulah yang dipakai bebek & skutik penguasa populasi sepeda motor di Indonesia… Yang somehow juga menginspirasi Honda melahirkan engine generasi K56-Series.

 

Bicara soal mesin tipe ‘long-stroke’ dengan torsi yang menjanjikan… 5-Speed IMHO adalah pilihan terbaik saat ini (kecuali untuk engine overbore Hi-RPM, beda cerita). Emangnya kenapa sih Kang Eno? Karena lebih praktis dan berguna!

Mengurangi capek ceklak-ceklek oper gigi, apalagi tipe mesin ini rasio gearnya cenderung pendek (cepat sampai limiter, brebet)… Nggak perlu juga rajin oper gigi demi mendapat akselerasi yang diinginkan, apalagi nggak semua bikers paham oli berkualitas… Dan nggak takut power motor cenderung menurun di gear 6, karena ternyata cuma sebagai penyetabil RPM saja (overdrive)… Jadi jangan heran kalau motor 5-speed bakal lebih lincah dan agresif ketimbang yang 6, 7 atau 8-speed (kalau ada), khususnya di kondisi jalan yang ramai.

 

 

Simplicity – Durability

 

 

Honda Verza Facelift 2015

 

Apa yang membuat motor bebek bermesin horizontal rata-rata dibekali transmisi (cuma) 4-Speed ?? Yup, Selain overkill – adalah karena bebek membutuhkan simplisitas & harus memudahkan usernya…! Dan kenapa motor bebek kini tenggelam oleh Skutik? Nah, salah satu alasan terkuatnya adalah skutik lebih praktis & simple dibanding bebek sekalipun, karena pakai transmisi otomatis. Lantas, kenapa kita nggak ambil pelajaran dari 2 genre motor tadi ??

 

Apakah skutik 125cc yang tanpa transmisi manual lebih lambat dari bebek 125cc 4-speed? Nope! Apakah bebek 125cc 5-Speed sudah pasti lebih lambat dari sport 125cc 6-Speed? Nggak juga…! Karena faktor pembedanya nggak cuma di transmisi saja. Selain berpotensi punya daya tahan kopling dan kroco-kroconya yang lebih baik karena lebih sedikit membutuhkan kinerja transmisi (note: tergantung material), Motor bertransmisi lebih sedikit – kecuali skutik – juga memudahkan apabila tak ada indikator gear… So, transmisi mana lagi yang kau dustakan?

 

 

Cuma Karena 5-Speed?

 

 

Jupiter MX King Movistar

 

Selain 2 alasan diatas, Yang lebih lucu dan menggelitik (kalau nggak mau dibilang konyol) tentang 5-speed vs 6-speed – Adalah mereka yang memilih motor berdasarkan jumlah transmisinya… Mungkin bisa jadi rekor terbaru tuh: “Alasan ter-konyol dalam memilih sepeda motor”.

Ada banyak – banyak sekali pertimbangan dalam memilih sepeda motor. Mulai dari spek teknis, model/desain, ergonomi, seat height, akselerasi, build quality, sampai ke merknya (ini masih banyak lho, sumpah)… Dan transmisi hanyalah salah satu unsur (sangat) kecil yang jadi pertimbangan. Jadi, jika membeli motor hanya karena jumlah ataupun angka percepatannya yang lebih besar – percayalah, Brosist sekalian bakal jadi salah satu konsumen yang merugi.

 

 

 

Well… EA’s Blog bukan seorang fansboy 5-speed, karena saat ini motor yang saya pakai (BOB & ZED) bertransmisi otomatis & 6-speed tulen. Dan seperti biasa, Nggak ada satupun produsen transmisi yang jadi donatur pribadi saya… Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba esok hari saya menulis keunggulan motor 6-speed dengan diksi yang jauh lebih nyelekit. Karena setiap motor – apapun spesifikasinya – pasti punya kelebihan dan kekurangan tersendiri… Dan seperti yang orang bijak pernah katakan: Sometimes, smaller can be better – And small is the number of people who see with their eyes and think with their minds.

 

Motor Transmisi 5-Speed

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Limiter RPM Kawasaki Ninja RR Mono

Kenapa Limiter RPM Ninja RR Mono / Z250SL Standar “Cuma” 10.500 RPM ?

 

Injeksi vs Karburator

Kapan Waktunya “Selingkuh” ke Motor Injeksi ?

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

Trik Suzuki Memanage Panas Mesin All New Satria F150 Injeksi !

 

Yamaha Vixion Turbocharger

Turbocharger, Penyelamat Otomotif Roda 2 ?

 

Prinsip Kerja U-Engine (RG500)

The Oldiengine : Mesin U-Engine (Feat V-Engine) !

 

ZXR250 Ram Air

Kawasaki RAM Air System (K-RAS), Doping Power yang Hasilnya Maksi !!

 

Gasoline Direct Injection Motorcycle

Gasoline Direct Injection (GDI), Metode Meningkatkan Power & Efisiensi !

 

5 Valve Genesis

Yamaha Genesis, Teknologi 5 Valve per Silinder ….

 

EXUP 2

Teknologi Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak…

 

Mesin 2-Tak Honda Main

Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan ala Honda, Mungkin Nggak Sih ?

 

Honda CBX125F RFVC 3

Honda Radial Four Valve Chamber (RFVC), Dulu Disayang Sekarang Dibuang…

 

Mesin 2

Wow, Ternyata Seperti ini Keadaan Jeroan Mesin Motor Saat Bekerja !

46 comments

Tinggalkan Balasan