Advertisements

5 Alasan Yamaha YZF R15 Harus Di Facelift!

 

YZF R15 vs All New CBR150R vs Xabre vs CB150R

...

 

Bingung harus menulis kalimat pembuka yang seperti apa… Karena EA’s Blog jamin sebagus apapun opening artikelnya saya kreasikan, pasti nggak bakal mampu menyaingi “gurihnya” list 5 Alasan Yamaha YZF R15 Harus Segera Di Facelift berikut ini… So, Let’s cekidots !!

 

Sudah Berumur

 

 

Yamaha YZF R15 2011

 

Salah satu motor yang mampu menyaingi umur sekaligus unsur ‘ketinggalan jaman’ nya Spacy BOB EA’s Blog adalah Yamaha YZF R15 – Selain mocin Viar & Minerva… Itupun kalau Fansboy Yamaha berkenan disetarakan dengan Mocin. Sportbike yang satu ini memang baru meluncur ke Indonesia tahun 2014 kemarin. Tapi kalau kita cari tahu lebih jauh, sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2011 lho!

Oke, sekarang EA’s Blog kasih pertanyaan: Dari tahun 2011, apa saja update yang diberikan Yamaha kepada YZF R15? Yup benar sekali, cuma gonta-ganti striping dan beberapa pernik kecil (Footstep & Suspensi belakang Ohlins, itupun di versi SE)… So jangan ada yang membahas kalau beberapa tahun lalu produsen “sebelah” kerjaannya juga sama aja… Karena sebenarnya ada di depan mata!

 

Desain & Fitur

 

 

Yamaha YZF R15 vs All New CBR150R
Jujur-jujuran saja, desain Yamaha YZF R15 sebenarnya belum jadul-jadul banget koq. Jika dibandingkan dengan All-New CBR150R K45G yang lebih agresif, R15 justru nampak lebih everlasting (bingung, padahal sebelumnya kan CBR yang lebih everlasting)… Mungkin hanya area tangki BBM & fairing depan yang harus dirombak total oleh Pabrikan Garputala. Kecuali kalau fans R15 rela terus-menerus dicekoki model fairing yang… ehemm… Saya serahkan sama tukang BC aja deh, wkwkwk.

Beda 180º dengan desainnya, untuk urusan fitur Yamaha YZF R15 jelas sudah tertinggal 1 langkah di belakang (yang somehow berbanding terbalik dengan slogannya). Lampu LED, Speedometer full digital, dll – EA’s Blog kira Brosist sekalian bakal setuju soal hal ini… Kecuali untuk para maniac “Banana Arm”.

 

 

All-New CBR150R & Xabre

 

 

Yamaha Xabre vs All New CBR150R
Di rentang harga yang kurang lebih sama, Yamaha YZF R15 dipaksa menghadapi gempuran motor sport terbaru 2016 seperti All New CBR150R dan saudara sesama satu pabrik, Xabre. Kalau EA’s Blog bandingkan dengan CBR terbaru, mungkin kolom komentar saya bakal penuh sesak diisi perang antar 2 kubu fans… Lagipula Brosist pasti sudah paham jawabannya kan? So, movin’ on…

Bagaimana kalau dibandingkan Xabre yang out-of-the-box, Kang Eno? Hmmm, sepertinya saya lebih antusias jika ditanya: Xabre vs All New CBR150R – ketimbang Xabre vs YZF R15. Karena selain alasan ‘Sportbike Rules’ alias bergaya keren di mata orang awam, sepertinya sudah tak ada alasan lain yang lebih mendukung untuk mengabaikan Xabre.

 

 

Kondisi Market

 

 

Yamaha YZF R15 Warna Baru 2016 - Racing Blue

 

Awal tahun lalu, EA’s Blog sempat berfikir kalau pasar motor sport 150cc bakal menurun… Tapi dengan kondisi perekonomian yang sedemikian galaunya, sport 150cc justru terus berkembang meskipun perlahan. Sekarang ZED makin sering disebut New Vixion Advance / CB150R SE modifan karena headlamp & sasisnya mirip… Karena apa? Ya pasti karena penerimaan pasarnya tetap gueedee, alias tetap aja laku dipasaran!

Terakhir kali EA’s Blog melihat-lihat data penjualan sepeda motor Indonesia (via AISI Mei 2016), Yamaha YZF R15 terdistribusi sebanyak 5.000-an unit… Yang artinya lebih kecil ketimbang seterunya CBR150R sekitar 7.000-an unit – sekalipun lebih mahal. So what?

 

 

Serius Nggak Sih?

 

 

 All New CBR150R vs Xabre vs CB150R 2

 

Oke, setelah membaca 4 poin yang disebutkan diatas – dimana kondisi Yamaha YZF R15 sudah terdesak oleh banyak produk lain yang lebih gress dan banyak fitur… Brosist sekalian ada yang ngerasa aneh nggak sih? Ini Pabrikan Garputala ceritanya serius nggak di kelas 150cc – kelas yang diisi ‘Raja Sport Indonesia’? Cuma niat andalkan New Vixion saja kah?? Sedang terbuai larisnya NMAX kah??? Atau berharap XMAX 250 laris 10.000 unit perbulannya?? Oh dear…

 

 

 

Well. . . Mungkin EA’s Blog memang nggak sepintar divisi marketing, nggak se-kreatif divisi R&D dan nggak juga se-adidaya divisi facebook mereka, tapi satu hal yang pasti: Saat ini hanya Yamaha yang bisa memberikan kejutan counter-attack di kelas Sportbike 150cc (Karena yang lambangnya “S” lagi asik tidur siang). Kapan waktunya? Nah, bijaknya fans Yamaha YZF R15 sendiri yang harus menjawab pertanyaan tersebut. Are you ready?

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

Yamaha Mio Z Merah Zuper

Pilihan Warna Baru Yamaha Mio Z 2016: Merah Zuper !

 

Lexmoto Dart 125 2

Lexmoto Dart 125, Kembaran Yamaha Mio Soul dari Inggris !

 

Yamaha Tracer 250 Terinspirasi Tracer 700

Ini Alasan Yamaha Tracer 250 Layak Direalisasikan…

 

Yamaha 05GEN & 06GEN

Konsep Terbaru Yamaha 05GEN & 06GEN, Makin Nyeleneh !

 

Yamaha Xabre 2016

Alasan Kenapa Yamaha Xabre Ogah Dipanggil Sabre

 

Yamaha SCR950

Yamaha Perkenalkan SCR950, Scrambler Serba Bisa !

Advertisements

32 comments

Tinggalkan Balasan