Advertisements

10 Motor Kenamaan “Korban” Regulasi EURO4!

 

EURO 4 Killed Of

Di artikel sebelumnya EA’s Blog sudah kupas-tuntas fakta menarik tentang EURO4, dari kimia yang bikin mumet sampai piranti elektronik yang njelimet. Dan yang bikin geger selanjutnya, adalah efek yang ditimbulkan terhadap motor-motor berikut ini – yang seakan jadi “korban” regulasi terbaru yang diterapkan di Uni Eropa mulai 1 Januari 2017 mendatang… Tanpa banyak basa-basi lagi, Here’s the list!

 

 

1. Kawasaki W800

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Anggota dari klan motor tertua dari Kawasaki (note: baca juga soal Meguro-Kawasaki) ini bakal segera pensiun dari line-up geng ijo di tahun 2017… Mesin Twin-Cylinder yang diusung W800 tak lagi mampu memenuhi standar EURO4 yang diterapkan Uni Eropa mulai tahun depan. Akibatnya jelas, Discontinue! Sebagai ucapan perpisahan, Kawasaki merilis W800 Edisi Spesial yang dibekali grafis khusus.

 

 

2. Yamaha XTZ660 Tenere

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Salah satu motor ADV-Touring yang kadar “legend” nya setara dengan XV750 Africa Twin juga kena imbasnya. Dari hasil evaluasi Yamaha EU (Eropa), XTZ660 Tenere bakal sulit untuk mendapatkan update yang masuk kriteria EURO4 – dalam hal harga, muntahan tenaga, serta efisiensi BBM. So, 2016 bakal jadi tahun terakhir motor Adventure tersebut mengisi line-up pabrikan berlogo garputala. Beruntung bagi para fans Tenere, sosok penggantinya nanti bakal nggak kalah keren: XTZ700 Tenere yang berbasis MT-07!

 

 

3. Triumph Speed Triple

 

 

Triumph Speed Triple

 

Meski punya reputasi yang mampu membungkam Honda CB650F dan Yamaha MT-09, tapi regulasi EURO4 nampaknya tak berpihak pada Naked bike 3 silinder asal Inggris yang satu ini. Yup, Triumph Speed Triple generasi 2015 bakal jadi salah satu korban discontinue akibat tak mampu memenuhi standar kebisingan dan emisi gas buang. Kabar baiknya, sosok penggantinya (Speed Triple S & R) untuk 2017 nanti sudah berstandar EURO4, Berpower lebih besar, dan diklaim lebih hemat BBM.

 

 

4. Honda CBR600RR

 

 

Honda CBR600RR 3

 

EURO4 memang tak kenal ampun. Buktinya, salah satu living-legend Supersport sekaligus jadi yang mempopulerkan genre ini juga ikut kena imbasnya. Mulai tahun 2017 nanti, Honda CBR600RR bakal discontinue lantaran efek domino yang mendera pasar supersport. Karena selain tak masuk standar EURO4, penjualan CBR600RR dalam beberapa tahun terakhir juga sangat menyedihkan – yang membuat Honda Motor Co. enggan mengeluarkan kocek dalam untuk mendevelop ulang sang Supersport. Honda EU juga telah mengumumkan CBR650F adalah sosok penggantinya di tahun 2017 mendatang.

 

 

5. LML 2-Strokers

 

 

LML Star 200 4 Stroke 5

 

LML dikenal sebagai produsen (berlisensi) yang memproduksi skuter berbasis Vespa Klasik bermesin 2-Tak yang dipasarkan di Asia dan Eropa. Namun saat EURO4 menyambangi benua biru mulai 1 Januari 2017 mendatang, produk-produk andalan semisal Star 125 & 150 cc yang bermesin 2-Tak pun bakal terkena imbasnya. Sebagai solusi, Mulai tahun 2016 ini LML makin gencar memperkenalkan sosok skuter retro bermesin 4-Tak yang lebih ramah lingkungan dan berstandar EURO4.

 

Lanjut ke halaman selanjutnya dengan klik gambar dibawah…

 

Nextpage Icon

Advertisements
Loading...

34 comments

Tinggalkan Balasan