Advertisements

Kenapa Limiter RPM Ninja RR Mono / Z250SL Standar “Cuma” 10.500 RPM ?

 

Limiter RPM Kawasaki Ninja RR Mono

...

 

Berbicara tentang limiter Kawasaki Ninja RR Mono / Z250SL, Mungkin pertanyaan yang sering dilontarkan adalah : Kenapa sih Limiter ECU standarnya cuma di 10.500 RPM Kang Eno ? Padahal motor 150cc standar saja banyak yang bisa lebih dari itu ?? Well, Kalau itu juga salah satu yang masih jadi tanda tanya bagi Brosist sekalian, Yuk langsung aja kita bahas bareng-bareng… Cekidots !

 

Piston Speed

Kecapatan Piston naik-turun diatas, Disebut juga “Piston Speed”

 

Inspirasi lahirnya artikel ini bermula dari E-Mail pertanyaan yang dikirimkan Kang Risky… Nah, Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Ada baiknya kalau kita membahas dulu tentang “Piston Speed”. . . Loh, Piston Speed itu apaan sih Kang Eno ?? Begini…

Piston Speed adalah kecepatan piston yang naik-turun dalam silinder… Sebelum bahas lebih lanjut, Cobalah untuk Brosist pahami lebih dulu cara kerjanya pada gambar bergerak diatas. . . Batas aman Piston Speed di banyak mesin piston-based produksi masal, Ada di angka 15 – 25 m/s (satuan : meter / detik)… Sementara di mesin sepeda motor kebanyakan (produksi masal), Maksimal berada di angka 21 – 22 m/s. . . Bagaimana kalau lebih dari itu Kang ? Resikonya ya seperti yang ditakutkan semua user sepeda motor : Mesin Jebol. . . !

 

Untuk menghitung piston speed, Ini dia rumusnya :
Piston Speed = (2 x Stroke (dalam satuan Meter) x RPM)/60

 

#Keterangan :

 

Piston Speed = Seperti penjelasan diatas. Satuannya m/s (meter / detik)

2 = Konstanta. Didapat dari pergerakan piston dalam silinder, 1 Naik + 1 Turun = 2

Stroke = Langkah Piston (dalam satuan Meter). Jika di spek motor kebanyakan via satuan mm, Maka silahkan bagi 1000 lebih dulu

RPM = Maksimum RPM yang diinginkan. Kita lebih mengenal dengan nama “Redline”

60 = Konstanta. Didapat dari ubahan menit ke detik, 1 menit = 60 detik

 

 

Hayoo ngaku, Siapa yang bolos pelajaran Fisika saat di SMA ?? Hahahaa… Tenang aja, Cara menghitungnya mudah koq, Karena saat ini sudah ada kalkulator dunia maya nya juga tuh… Jadi tinggal input angka stroke (langkah piston) & RPM yang diinginkan, Kemudian taraaaa – Angka piston speednya pun muncul. . . Kalkulator Piston Speed online-nya bisa Bro-Sist akses disini. . .

 

Piston Speed Ninja RR Mono - Z250SL

Piston Speed Kawasaki Ninja RR Mono – Z250SL

 

 

So, Kini waktunya menjawab pertanyaan kita tentang Limiter Kawasaki Ninja RR Mono / Z250SL yang “cuma” ada di 10.500 RPM… Karena langkah pistonnya adalah 61.2 mm dan RPM nya 10.500, Maka didapatlah hasil 21.42 m/s, Seperti yang bisa Brosist lihat sendiri pada gambar yang EA’s Blog sertakan diatas tadi. . .

Nah, Kalau Bro-Sist bandingkan angka ini dengan pembahasan angka maksimal Piston Speed sepeda motor yang hanya ada di kisaran 21 m/s, Itu artinya Mesin 250cc Single-Cylinder ini sudah dibuat cukup maksimal tuh Brosist… Karena itulah, ECU memerintahkan mesin untuk berhenti “menjerit” di angka 10.500 RPM ! Jadi bukan karena overborenya, Tapi ini tentang stroke nya tuh Brosist. . .

 

Piston Speed Satria FU Injeksi

Piston Speed Satria FU Injeksi

 

Sekarang bandingkan dengan motor 150cc, All New CBR150R K45G misalnya… Stroke nya berada di angka 57.8 mm dengan Redline RPM Maksimum di 10.500 RPM, Maka didapatlah angka 20.23, alias belum maksimal-maksimal banget tuh Brosist. . . Untuk mencapai angka Piston Speed yang sama seperti RR Mono / ZSL, CBR Terbaru harus mencapai 11.250 RPM. . .

Nah, Beda lagi ceritanya kalau kita bahas motor 150cc Overbore, All New Satria F150 Injeksi contohnya… Dengan stroke yang hanya 48.8 mm, Maka sangat wajar kalau Redline nya bisa tembus di 13.000 RPM, Karena Piston Speednya hanya tercatat di angka 21.14 m/s – Bahkan masih lebih kecil dibanding Ninja RR Mono lho ! Dan begitu juga dengan motor stroke pendek lainnya, Kalau lihat Honda CBR250RR Inline-4 pasti bakal lebih bergidik lagi deh tuh… Karena strokenya hanya 33.8 mm, Redlinenya bisa tembus sampai 19.500 RPM lho – Alias setara jeritan mesin mobil-mobil F1 yang maha dashyat !

 

 

Piston Speed Rata-Rata MotoGP (Max 81mm Bore)

Piston Speed Rata-Rata MotoGP (Max 81mm Bore)… Note : Hanya prakiraan, Bisa lebih ataupun kurang

 

Satu hal yang perlu diingat, Angka 21 m/s tadi hanya patokan standar saja yaa Brosist… Angka tersebut bisa jadi lebih besar apabila banyak faktor yang mendukung – Nggak cuma bergantung sama stroke (langkah piston) saja tuh. . . Apabila material mesin (piston, conrods, bearing, dll) yang digunakan mendukung, Maka piston speednya bisa saja melejit ke angka 24 – 30 m/s atau bahkan lebih besar… Seperti di mesin motor-motor balap atau MotoGP misalnya. . .

 

 

 

Well. . . Mesin Kawasaki Ninja RR Mono / Z250SL memang terasa spesial buat EA’s Blog… Bukan bermaksud lebay karena saya pelihara ZED, Tapi memang faktanya demikian. . . Powernya begitu meledak-ledak seakan ingin mencopot ban depannya yang ogah nempel di aspal saat akselerasi… Dan satu lagi, Powernya terus naik hingga peak power di 10.000 RPM sebelum tercekik limiter di 10.500 RPM… FYI : Beda Power maksimum & Brebet khas limiter di RR Mono / Z250SL itu cuma sepersekian detik doang lho Brosist. . .

Saat nafsu gaspoll sampai di ubun-ubun (waktu gemes lihat alay misalnya), Percayalah… Jauh lebih mudah brebet kena limiter dibanding upshift dengan benar – Lebih mudah terlihat seperti newbie dibanding biker pro. . . Sangat “berkarakter”, Apabila kata “spesial” dinilai ketinggian untuk mendeskripsikan mesin Single-Cyl 250cc nya. . .

 

So, Semoga Kang Risky dan Brosist sekalian yang masih bertanya-tanya soal Limiter RPM bisa tercerahkan ya… Apabila terdapat kesalahan dan mau dikoreksi, Silahkan ditulis via kolom komentar. . . See yah!

 

RRMono Engine

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Injeksi vs Karburator

Kapan Waktunya “Selingkuh” ke Motor Injeksi ?

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

Trik Suzuki Memanage Panas Mesin All New Satria F150 Injeksi !

 

Yamaha Vixion Turbocharger

Turbocharger, Penyelamat Otomotif Roda 2 ?

 

Prinsip Kerja U-Engine (RG500)

The Oldiengine : Mesin U-Engine (Feat V-Engine) !

 

ZXR250 Ram Air

Kawasaki RAM Air System (K-RAS), Doping Power yang Hasilnya Maksi !!

 

Gasoline Direct Injection Motorcycle

Gasoline Direct Injection (GDI), Metode Meningkatkan Power & Efisiensi !

 

5 Valve Genesis

Yamaha Genesis, Teknologi 5 Valve per Silinder ….

 

EXUP 2

Teknologi Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak…

 

Mesin 2-Tak Honda Main

Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan ala Honda, Mungkin Nggak Sih ?

 

Honda CBX125F RFVC 3

Honda Radial Four Valve Chamber (RFVC), Dulu Disayang Sekarang Dibuang…

 

Mesin 2

Wow, Ternyata Seperti ini Keadaan Jeroan Mesin Motor Saat Bekerja !

Advertisements

43 comments

Tinggalkan Balasan