About these ads

Beryl Swain, Bidadari di Ganasnya Aspal IOM TT !

 

Beryl Swain TT Racer 4

 

Isle of Man Tourist Trophy (IOM TT) adalah balapan yang terkenal sangat berbahaya… Hanya rider “bermental dewa” yang berani mempertaruhkan hidup-mati di trek sempit ini dengan speed hingga ratusan km/h. . . Dulunya, IOM TT merupakan venue favorit di kancah WorldGP (MotoGP)… Bahkan hampir semua produsen Jepang (Honda, Suzuki, Yamaha) memulai karir GrandPrix nya di trek yang satu ini. . .

Tapi kebayang nggak, Kalau ternyata ada wanita cantik yang mengikuti balapan ini ?? Pastinya nggak percaya kan ?? Tapi itulah faktanya, Sebuah hal amazing yang dilakukan oleh Beryl Swain, Bidadari di Ganasnya IOM TT !

 

 

Beryl Swain TT Racer

 

Isle of Man Tourist Trophy 1962, Adalah saksi pertama kali wanita (solo rider) berpartisipasi dalam ajang balap yang sangat berbahaya ini… Namanya Beryl Swain, Istri dari Edwin Swain yang aslinya memang seorang mekanik sepeda motor di London, Inggris. . . Kecintaan Beryl di dunia balap roda 2 diawali dari keikutsertaannya di kancah balap lokal, di Sirkuit Brands Hatch & Snetterton… Dengan mengikuti kelas yang paling mungil, 50cc. . .

Ambisinya semakin menguat, Dan berkat dukungan sang suami, Beryl Swain akhirnya bisa mengikuti kancah IOM TT di tahun 1962… Bersaing dengan nama-nama beken seperti Ernst Degner & Hans-Georg Anscheidt (Designer Suzuki RK67), Luigi Taveri (Rider Honda RC149). . . Motor yang ditungganginya adalah Itom 50cc Racer dengan spek 2-Tak, transmisi 3-Speed, plus power 10-12 HP… Yang tentunya kalah jauh dibanding seteru beken, sekaligus idolanya tersebut. . .

 

Beryl Swain TT Racer 2

 

Beryl Swain berhasil merangsek ke posisi 15 besar saat memasuki lap pertama… Sayang, Saat memasuki lap kedua sekaligus terakhir, Gearbox 3 transmisi motornya mengalami problem – membuat kecepatannya turun drastis. . . Tapi jangan salah, Meskipun begitu Beryl masih bisa menyelesaikan balapan meski hanya menempati posisi 22 dari 25 rider yang finish… Sebuah pencapaian yang luar biasa, Mengingat sebelumnya belum pernah ada wanita pemberani yang menaklukkan trek ini. . .

 

Beryl Swain

 

Namun setelah balapan berakhir, Keputusan kontroversial diambil oleh FIM selaku koordinator WGP… FIM langsung melarang pebalap wanita ikut serta di ajang tersebut, Sekaligus langsung mencabut lisensi balap milik Beryl Swain ! Setelah mengajukan protes terhadap keputusan penyelenggara dan sama-sekali tak digubris, Beryl akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir balap dan memilih untuk menjadi pelayan toko di London. . .

 

 

 

Keputusan ini terus menjadi kontroversi di kalangan pebalap wanita… Sampai akhirnya di tahun 1978 atau 1 dekade setelahnya, Hadir nama-nama pebalap wanita baru di kancah IOM TT, Seperti Hillary Musson & yang paling baru, Maria Costello MBE. . . Beryl Swain mungkin bukan yang terbaik, Tapi salah satu yang menginspirasi dan membuka jalan bagi wanita-wanita hebat lain untuk berkarir di kancah Balap…

 

Beryl Swain TT Racer 3

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Kim Newcombe - Konig GP500

Kim Newcombe, Konig 500GP & Kisah ala Negeri Dongeng…

 

Tom Ogle - Ogle Carburetor - Vapor Carburetor

Tom Ogle, Vapor Carburetor dan Konspirasi Dunia Otomotif…

 

Barry Sheene vs Kenny Roberts

Belajar dari Duel Kenny Roberts Sr. vs Barry Sheene…

 

John Britten & Britten V-1000

John Britten, Sosok Inspiratif Kreator Britten V-1000 yang Melegenda !!

 

John Surtees© Tom DymondJohn Surtees© Tom Dymond

John Surtees, The 2-Way Legendary Racer !

 

Glenn Curtiss

Glenn Curtiss, Sang Pria Pecinta Rekor Kecepatan !!

 

Britten V-1000 8

Britten V-1000, Sosok Superbike Terbaik yang Penuh Kisah Inspiratif !

 

Soichiro Honda Cub

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda

 

Soichiro_Honda

Pelajaran Penting Dari Kisah Soichiro Honda. . .

 

Mike Hailwood Pudding Basin Helmet

Mike Hailwood, Legenda & Pahlawan di Dunia Balap !

About these ads

13 comments

Tinggalkan Balasan