Advertisements

Suzuki GSX-S Katana, Senjata Ikonik Racikan Eropa-Jepang !

 

Suzuki GSX-S Katana 35th Anniversary

 

Kenapa nggak ada keterangan kapasitas mesinnya (250, 600, atau 1000) Kang Eno ? Simple, Karena Suzuki Katana itu punya banyak varian kubikasi, Dari yang mungil sampai moge pun ada (bahkan mobil juga). . . Dan konon karena sempat dipakai di salah satu anime yang lagi happening berat, Akhirnya popularitas motor yang satu ini pun melejit (saya belum tonton, makanya belum bisa ngomong banyak, bahkan judulnya pun nggak tahu)… Tapi kita nggak bakal bahas soal animenya, Apalagi nama mobil Suzuki yang pakai nama sama… Melainkan seluk-beluk tentang Suzuki GSX-S Katana. . .

Tapi pastinya, Nggak cuma gara-gara anime, Pembahasan kali ini juga jadi spesial karena tahun 2016 ini, Suzuki Katana merayakan hari jadinya yang ke 35-tahun… Sebuah perjalanan panjang dari Produsen berlogo “S”, bersama salah satu motor paling ikoniknya di muka bumi. . . Bagaimana sejarah awal mula pembuatan Suzuki Katana ? Timeline Produknya ? Dan, Apa sih yang spesial dari Motor yang satu ini ? Yuk, Kita mulai langsung pembahasannya…

 

 

Suzuki GSX – Katana : The History

 

 

Suzuki GSX-1100S Katana

 

35 tahun yang lalu, Jadi saksi perilisan pertama kali Suzuki Katana ke dunia Roda 2 Internasional… Sejak momen tersebut, Motor yang namanya diambil dari Salah satu senjata tradisional Jepang ini langsung disebut-sebut sebagai produk “Game-Changer” bagi Suzuki, Khususnya di pasar Domestik Jepang. . . Tapi, Brosist tahu nggak kalau ternyata GSX-Katana ini ternyata berawal dari rasa keputus-asaan Suzuki di tahun 1980-an ?

Ya, Kisah ini dimulai dari akhir era 70-an, Tepatnya di tahun 1978 saat mereka memperkenalkan produk flagship, Suzuki GSX1100E… Sayangnya, Motor tersebut justru dinilai sebagai produk gagal dari Suzuki, Karena desainnya terlalu kaku bahkan disebut “so ugly” oleh para tester majalah motor lawas. . . Yup, Sejak era 2-Tak (RG & GT) hingga era peralihan ke 4-Tak (GS & GSX), Suzuki dikenal sebagai produsen motor dengan mesin high-specs, mumpuni dan berdaya tahan tinggi ! Namun, Nggak dengan sektor desainnya yang selalu dapat nilai minus. . . Somehow, Mirip seperti kasus Suzuki Indonesia akhir-akhir ini yah Brosist ??

 

Suzuki GSX-1100E

Suzuki GSX-1100E 1979

 

Akibat desain GSX-1100E yang kurang disukai tersebut, Akhirnya Suzuki harus menanggung beban market yang terus menurun… So, Sebuah rencana besar pun disusun untuk me-refresh sang Flagship, Meskipun umurnya belum genap 2 tahun. . . Suzuki Motor Co. (Jepang) kemudian merekrut 3 desainer kenamaan saat itu : Hans Muth, Jan Fellstrom & Hans-Georg Karsten… Ketiganya merupakan desainer jebolan BMW Motorrad, Bahkan Fellstrom & Karsten sebelummya juga pernah jadi desainer beberapa mobil mewah Porsche. . . So, Pengembangan pun dimulai… Tapi Bukan soal permesinan atau sisi teknis ya Brosist, Melainkan dengan menitik-beratkan pada sektor tampang serta desain secara keseluruhan. . .

 

Tahukah Brosist ?

MV Agusta Katana

Desain Suzuki Katana terinspirasi dari motor prototype asal Italia, MV Agusta, Yang juga didesain oleh Hans Muth… Sayang, Motor ini hanya berakhir sebatas prototype saja, Karena MV Agusta menolak untuk memproduksinya secara massal. . .

 

 

 

Suzuki GSX-S Katana First Drawing Concept

Suzuki GSX-S Katana First Drawing Concept by Hans Muth& Jan Fellstrom

 

Setelah masa research & development selama hampir 1 tahun, Prototype Suzuki Katana yang pertama kali pun diperkenalkan pada produk Mid-Level, Suzuki GS550 (ED1)… Naked-Bike yang jadi cikal bakal lahirnya “Real” Suzuki Katana. . . Desain beraroma Jerman ini disambut positif pihak Suzuki Jepang, Yang selanjutnya langsung meminta ketiga desainernya tersebut untuk mengkonversi desainnya ke produk flagship, top-of-the-line mereka, Suzuki GSX1100 ! Desain 2 dimensi kemudian digambar diatas sebuah kertas buram, Kemudian dibuatlah cetakan pertamanya yang dikirim ke pabrik Suzuki di Hamamatsu. . .

Uniknya, Suzuki tak langsung menyetujui desain tersebut… Mereka malah memamerkannya di sebuah pameran otomotif Jepang, Sambil melihat respon para pengunjung. . . Dan seperti yang bisa ditebak, Suzuki langsung kebanjiran pujian serta dorongan untuk segera membuatnya ke versi produksi massal… Desain karya Hans Muth, Jan Fellstrom & Hans-Georg Karsten sukses membuat Suzuki beserta Para Pecinta otomotif terkesima. . .

 

” Bandingkan Suzuki Katana dengan produk Kwartet “Big Four” Jepang di era 70 hingga awal 80’an… Maka Katana bakal terlihat datang dari sebuah era yang berbeda ” – Motorcycle News, 1981 –

 

 

Suzuki GSX-1100S Katana 2

 

Disamping desainnya yang radikal dan anti-mainstream, Suzuki Katana sebenarnya dirancang dengan menitik-beratkan sektor Estetika, Ergonomi & Aerodinamika. . . Hans Muth memanfaatkan pengalamannya mendevelop ergonomi motor berfairing, BMW R100RS… Serta Fellstrom & Karsten memanfaatkan ilmu yang didapat dari Aerodinamika plus Estetika tampilan mobil-mobil jebolan Porsche… Semuanya dilebur jadi satu di Suzuki GSX-Katana berkode ED2. . . Termasuk headlamp pop-up (edisi selanjutnya) yang nyeleneh dan anti-mainstream !

Kedua Suzuki Katana, GS550 (ED1) & GSX1100 (ED2), Diperkenalkan secara resmi pertama kali pada tahun 1980, Di ajang IFMA, Cologne, Jerman… Hingga akhirnya diproduksi tahun 1981, Dan menjadi “Game Changer” bagi Suzuki. . . Kenapa ? Karena nantinya Katana tak hanya diproduksi untuk 2 motor tersebut saja, Tapi juga menginspirasi hampir seluruh line-up Motor pabrikan berlogo “S” lho Brosist…! Hingga kemudian jadi sosok ikon yang membedakan Suzuki dengan kwartet Pabrikan Jepang lainnya. . . The Legend was Born !

 

 

Suzuki Katana : Timeline Produksi

 

Suzuki GSX-750S Katana

Suzuki GSX-750S Katana With Pop-Up Headlights

 

Secara timeline, Sejak 1981 nama “Katana” sempat digunakan Suzuki Motor Co. untuk beberapa produk lainnya hingga berakhir tahun 2001 silam… Semuanya tetap memegang ciri khas ala Katana, Yakni dengan half-fairing unik, Serta warna abu-abu yang fenomenal. . . Tercatat, Ada sekitar 10 produk dari berbagai kubikasi dan berbagai pasar, Yang mengusung badge Katana…

 

1980 : Suzuki 550 (Naked) & 1100 (Half-Fairing) Katana Prototype diperkenalkan di ajang IFMA, Cologne, Jerman…

1981 : Tahun produksi pertama Suzuki GS550M & GSX1100S Katana… Yang kemudian diikuti GSX750S & GS650G, Semuanya dilabel dengan nama Katana. . .

1982 : Suzuki memperkenalkan XN85 Turbo, Sebuah produk Hi-Performance dengan “doping power” berupa Turbocharger… Meskipun tak mengusung nama Katana, Tapi desainnya terinfluence oleh kesuksesan Suzuki Katana. . .

1984 : Suzuki GSX750S Katana mendapatkan beberapa ubahan di sektor estetika, Serta tambahan Headlamp Pop-Up ala Mobil modern kala itu. . .

1985 : Suzuki GSX1100S Katana discontinue di Eropa, Untuk memberikan jalan pada suksesornya : GSX-R Series… Akan tetapi, Karena permintaan yang masih besar, Katana tetap dijual di pasar Jepang…

 

Suzuki GSX-250S Katana

Suzuki GSX-250S Katana

 

1991 : Kesuksesan Katana di pasar Jepang, Kemudian menginspirasi Suzuki untuk mendevelop GSX-250S Katana (bakal kita bahas di rubrik Historical Bike selanjutnya yaa)… Motor 250cc Inline-Four, DOHC 16-Valve, 16.000 RPM, Yang menggunakan styling ala Katana. . .

1992 : Suzuki kembali menghadirkan Katana yang berkapasitas mesin kecil, Kali ini di line-up 400cc bersama Suzuki GSX-400S Katana… Sayang, Produksi motor 400 & 250cc ini hanya sampai tahun 1994 saja tuh Brosist. . .

2001 : Akhir dari perjalanan Suzuki Katana, Yang discontinue di Jepang… Meskipun sampai 2008 ada beberapa produk GSX-F yang mengusung label “Katana”, Tapi secara desain semuanya sudah meninggalkan ciri khas motor Half-Fairing tersebut. . .

 

Suzuki Katana Reborn !

 

 

Suzuki GSX-1100S Katana 3

 

Terhitung sudah 15 tahun sejak Katana terakhir dijual di pasaran… Apakah hanya sampai disitu saja kiprah “maskot” Suzuki ini, Kemudian dilupakan begitu saja ? Ternyata tidak !

Meskipun sudah lama Discontinue, Tapi spirit dari Suzuki Katana yang menjadi andalan mereka tetap dan terus dipertahankan… Brosist bisa lihat sendiri effortnya di motor konsep Suzuki : Stratosphere & Recursion…

 

Suzuki Stratosphere

 

 

Suzuki Stratosphere

 

Motor ini disebut-sebut sebagai “Katana-Reborn” saat momen kehadirannya di ajang Tokyo Motor Show tahun 2005 silam… Suzuki Stratosphere Concept dibekali dengan Mesin Inline-Six (6 Silinder), 1.100cc, DOHC, 24 Valve, dengan pendinginan Liquid-Cooled… Mesin 6 Silinder ini, diklaim Suzuki mampu memuntahkan power hingga 180 HP, plus torsi maksimum hingga 135 N.m ! Jangan kagum dulu, Sebab Stratosphere juga sudah dijejali Teknologi Liner Silinder yang Super-Tipis, sehingga membuat mesinnya bahkan hanya 3/4 ukuran Mesin Inline-Four 1.300cc milik Hayabusa plus seabrek Teknologi unggul lainnya…

Sementara desainnya, Suzuki mengaku terinspirasi dari kesuksesan GSX1100S Katana… Bisa dilihat sendiri di bagian half-fairing yang khas, serta warna abu-abu yang jadi trademark Katana-Series. . .

 

 

Suzuki Recursion

 

 

Suzuki Recursion 5

 

Hadir pada tahun 2013 silam di ajang Tokyo Motor Show, Suzuki Recursion langsung mencuri perhatian para media otomotif di seluruh dunia… Selain styling nya yang seakan mengingatkan kita pada Suzuki Katana, Juga Tersimpan sebuah mesin yang memang layak mendapat perhatian. . . Bukan sembarang mesin, Karena meskipun hanya memiliki spek 4-Tak, 588cc, Inline-Twin, Liquid-Cooled, yang mirip dengan Moge Entry-Level 650cc, Tapi Suzuki Recursion sudah dibekali Turbocharger komplit dengan Intercoolernya loh Brosist !

Suzuki mengklaim Recursion mampu memuntahkan tenaga hingga 99 HP @ 8.000 RPM, serta Torsi Badak 100 N.m @ 4.500 RPM !! Menjadikannya sebagai salah satu “waiting-list” terbaik untuk direalisasikan oleh Suzuki, Di kelas Mid-End. . .

 

 

Well. . . Suzuki Katana mungkin bukanlah produk dengan mesin paling dahsyat di eranya, Ataupun sebagai pemilik tampilan paling ciamik di kelasnya… Tapi, Apa yang coba dihadirkan Suzuki kala itu layak untuk diapresiasi. . . Saat mereka sadar tak mampu membuat desain yang mumpuni, Maka ide-ide brilian lain pun segera mereka cari – Move On ! Meski harus meninggalkan desainer internal, dan memilih merekrut desainer Eropa. . . Karena tanpa hal tersebut, Nama “Katana” mungkin hanya akan terkenal sebagai sebuah pedang nan legendaris… Bukan menjadi sebuah ikon yang tak tergantikan bagi Suzuki. . .

 

” Suzuki GSX-Katana, Give Them The Sword !

 

Suzuki GSX-S Katana Brochure

 

Baca Juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

Suzuki TU250GB

Suzuki TU250-Series, Keren Nggak Harus Modifikasi !

 

Kerjasama Kawasaki - Suzuki

Kisah Dibalik Kerjasama Kawasaki & Suzuki !

 

Suzuki GSX-S 250 Cobra

Suzuki GSX-S250 Cobra, The Hi-Revving Naked Bike !

 

RK Naked

Suzuki RK67, Bukti Kegilaan Inovasi Dari Suzuki !

 

RG500 Speed

Suzuki RG500… Mesin Unik, Power Dahsyat !

 

G-Strider Last

Suzuki G-Strider, Motor Yang Melampaui 1 Dekade Lahirnya Vultus !!

 

RGVSP

Suzuki RGV250 SP, 250cc Race-Oriented Hyper Kencang

 

Suzuki Avenis 150

Suzuki Avenis 150, The Spirit of Maxy-Scoot !

 

Suzuki RE5

Suzuki RE5, Satu-Satunya Wankel ala Jepang !

 

Suzuki SG250 Goose

Suzuki SG250 Goose, Naked Gagah Asli Jepang !

 

TV250 1

Suzuki TV250 ‘Wolf’ , Saat Gamma Melepas Bajunya !

 

Bandit Main

Suzuki Bandit 250 (GSF250), Tourer Ganas Pencuri Hati Bikers !

 

GSX R SP

Suzuki GSX-R 250 SP, 250cc Super Screamer Engine Andalan Suzuki !

Advertisements

40 comments

Tinggalkan Balasan