Advertisements

Sobat Pembaca EA’s Blog “Keracunan” Kawasaki Z250SL Second

 

Kawasaki Z250SL Second 2014

 

Sejak Artikel Welcome to the ZED (Kawasaki Z250SL) World dipublikasi… Sontak banyak yang menanyakan ke EA’s Blog soal kelebihan, kekurangan, sampai ke tetek bengek lainnya. . . Bersama dengan Secondhand CBR250R & Ninja RR Mono, Nakedbike dengan sasis trellis ciamik ini seketika mulai dilirik para netizen… Karena dianggap sebagai alternatif (bahkan lebih baik) dari segmen 150cc 4-Tak, yang kini harganya mulai tak logis dan menembus angka 30 jutaan ! Termasuk juga bagi pembaca EA’s Blog yang satu ini nih Brosist… Yang tanpa ragu boyong Kawasaki Z250SL Second ! Bagaimana kisahnya ?

 

Setelah Mang Maung, Admin macantua.com yang “keracunan” Z250SL Second dan dapat barang kayak baru (masih bau dealer, wkwkwk) + harga miring… Kali ini ada sobat pembaca EA’s Blog : Kang Adit dari Bandung. . . Beberapa hari silam, Do’i sempat tanya-tanya seputar perawatan, sparepart, serta berbagai hal soal Kawasaki Z250SL…

Loh, Kenapa sih yang ditanyain pembaca sepertinya itu terus Kang Eno ? Ya wajar lah, Namanya orang beli motor buat harian, Sekalinya ada problem dan ternyata sparepartnya nggak ada… Siapa yang nggak gondok, kalau beli motor mahal-mahal nggak bisa dipake ? Oke, Lanjut bahasnya, Balik lagi ke laptop. . .

 

Kawasaki Z250SL Second 2014

 

Perlu ditegaskan disini, Seperti motor “batangan” lain, Perawatan Kawasaki Z250SL sebenarnya nggak terlalu beda jauh dibanding 150 cc… Hanya saja ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh calon konsumen :

 

Oli : Saya sarankan pakai oli yang berkualitas baik… Rekomendasi EA’s Blog jatuh ke Liqui Moly 10W-40. Kalau kondisi keuangan menipis, Pakai oli standar (KGO Ultimate) juga lumayan koq… Kenapa harus oli bagus ? Nanti saya jelaskan pengalaman pakai oli standar (KGO) & oli murah-meriah yang konon terbaik di kelasnya. . .

 

Coolant : Segera kuras & buang aja standarnya, Nggak kuat ngehandle panas mesin ZED ! Ganti Pakai Pertamina Coolant, atau kalau ada uang sisa restorasi bisa lirik Engine Ice… Toh buat 1-2 tahun sekali koq !

 

BBM : Minimal pakai RON92 saja biar hemat, ZED juga langganan Pertamax koq… Soalnya (atau sialnya kali ya) di dekat rumah nggak ada yang jual RON95, Apalagi Shell atau Total *hiks. . . Lagipula, Konsumsi BBM-nya ZED itu irit banget koq !

 

Servis : Biaya servisnya jangan disamakan dengan bebek atau skutik ya ! Sekali servis di bengkel resmi, Kawasaki Z250SL membutuhkan biaya Rp. 150.000, Belum termasuk oli. . .

 

Untuk sparepartnya, Dari pengalaman EA’s Blog di Cikupa & Karawang sih boleh lah… Untuk part fast moving ketersediaannya oke (Lagipula sama persis dengan Ninja RR Mono, dan banyak subtitusi dari KLX250), Entah kalau untuk part body atau lainnya. . . Bahkan, Meskipun jaringan 3S nya jarang-jarang, Tapi untuk beli sparepart koq rasanya malah lebih ready dibanding saya beli sparepart BOB si Spacy Helm-In ya ? Tanya kenapa ?

Untuk subtitusi & aftermarketnya juga banyak… Gearset bisa pakai Aftermarket Ninja-Twin, Banyak pilihan merk & harga mulai dari yang standar murmer sampai yang heavy-duty berharga lumayan… Kampas rem ada opsi aftermarket dari Bendix yang recommended & super terjangkau, atau konon bisa juga pakai milik Supra jadul (koq agak ngeri ya ngebayanginnya, wkwkwk)… Kampas kopling ada CLD yang berbahan kevlar – serta masih banyak yang lainnya. . .

 

Kawasaki Z250SL Second 2014

 

Nah, Atas pertimbangan tersebut, Akhirnya Kang Adit yang biasanya pakai motor bebek, jadi ambil Kawasaki Z250SL Secondhand ! Mau tau harganya ? Dijamin bikin ngiler deh. . . Do’i dapat Z250SL lansiran 2014, Odometer 4.5xx, dengan harga 27,2 jutaan aja lho ! Opo ora edyaaann ? Menurut doi, Sang owner sebelumnya mengaku sedang butuh uang untuk memboyong NMAX… Haiyahh, Yang begini kasus klasik banget deh euy – Dari yang racy-nungging ke berpindah motor selonjoran, wkwkwk. . .

 

Harga berbanding lurus dengan barang, Ono rego ono rupo, Begitulah peribahasanya… Yup, Dibalik harganya yang tergolong super-duper murah, Tetap saja pasti ada beberapa minusnya. . .

Menurut penuturan Kang Adit, Di Kawasaki Z250SL ini minus lampu belakang yang mati, Serta jalu setang yang entah dihilangkan dimana oleh user pertamanya… Nah kalau begitu ceritanya sih gampang, Tinggal ganti bohlam stoplamp baru & Pasang aksesoris handguard ala MotoGP pasti juoss deh ! Sementara kondisi Body, Kelistrikan & Permesinan, Masih jos pisan lah pokoknya… Wajar, Odometernya aja belum 5.000 km sama sekali tuh !

 

 

 

Well. . . Bagi yang ingin mencoba jalur anti-mainstream sekaligus “loncat kelas“, Kawasaki Z250SL Second jelas pilihan yang sangat-sangat worthed untuk kisaran harga 30 jutaan pas, atau bahkan kurang… Ketimbang memboyong Sportbike 150cc yang feelnya gitu-gitu aja ! Sekali lagi, Selamat buat Kang Adit… Kapan-kapan kalau EA’s Blog berkunjung ke Bandung, Kita kopdar dan jangan lupa traktir ngopi dong Kang, wkwkwk ๐Ÿ˜€

Nah, Setelah EA’s Blog, Sudah ada 2 orang lagi yang “tercerahkan” memboyong 250cc secondhand… Bro-Sist kah yang selanjutnya ? Amin, Semoga cepet nyusul ! ๐Ÿ™‚

 

Kawasaki Z250SL Second 2014

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL (Restorasi ZED Partย 1)

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

Niat Beli Kawasaki Z250SL / Ninja 250 RR Mono Bekas ? Perhatikan Bagian Berikutย !

 

Kawasaki Z250SL ZED

Kelebihan dan Kekurangan Fisik Kawasaki Z250SL di Mataย User

 

Kawasaki Z250SL ZED

Welcome to the ZED Worldย !

 

Ninja 250 Special Edition Limited

Kenapa Pilih & Nggak Pilih Motor 250 ccย ?

 

CBR150R CBU Repsol Edition

Waktunya Lirik Motor Bekas / Secondย !

 

Skutik Mogok

Minat Motor Bekas ? Hindari Skutik Secondย !

 

Advertisements

88 comments

Tinggalkan Balasan