Advertisements

Ketemu Yamaha Xabre, Sang Pusat Perhatian ! (ft. Kawasaki Z250SL)

 

Yamaha Xabre 2016

 

Apa yang pertama kali Bro-Sist pikirkan saat bertatapan langsung dengan Yamaha Xabre ? Excited ? Gatel pengen geber ? Biasa Aja ? Atau malah nyari bagian yang bisa di Bece ? Hahahaa, Jelas masing-masing orang punya pendapat & kelakuannya tersendiri lah. . . Termasuk juga EA’s Blog ! Bagaimana ekspresi saya waktu pertama kali lihat Naked – Streetfighter dengan banderol menyaingi Sportbike ini ? Yuk, Kita bahas bareng-bareng…

 

Kesan Pertama Lihat Xabre

 

 

Saat pertama lihat, Yamaha Xabre memang sesuatu banget. . . Buat para FBH, Mungkin yang satu ini bakal jadi mimpi buruk, Karena susah cari angle jelek waktu difoto… Kecuali ya rela jungkir-balik buat foto bagian mesinnya yang “seuprit” ketutupan body plastik. . . Depan-Belakang-Kanan-Kiri, Maknyus pisan… EA’s Blog yakin Brosist yang pertama lihat pasti ngiler deh, Monggo dibuktikan sendiri. . .

ZED si Kawasaki Z250SL milik EA’s Blog juga sempat riding bareng Yamaha Xabre yang dipiloti Mang Kobayogas kala itu… Waktu doi tarik gas ala ghostraider (begitu julukan tenarnya) di Flyover baru Kuningan, Nggak kaget sih, Karena power Xabre masih “ketaker” banget oleh ZED yang baru sebatas gerung-gerung di gear 4 – Meninggalkan jauh Jupiter MX 135 Mang Apip & Jupiter Z Om Ferboes, Yang awalnya masih satu rombongan. . . Ya saya pun maklum, Toh spek mesin keduanya memang bak bumi-langit koq Bro-Sist… Meskipun di sisi harga (baru vs second) sebenarnya mirip-mirip. . .

 

 

Yang bikin gregetan itu pas kena macet sepanjang Pancoran – Sudirman… Asli kaget deh ! Bukan bahas soal si ZED bikin saya pegel koq, wkwkwk bukanTapi Yamaha Xabre nggak berhenti jadi pusat perhatian di jalanan ! Setiap ketemu user skutik-bebek-150cc lain, Pasti langsung celingukan perhatiin Xabre dari depan-belakang sampai atas-bawah. . .

EA’s Blog berani bilang seperti ini karena saya berada tepat di belakang Xabre, Saya lihat langsung tingkah-polah para pengendara lain yang sepertinya suntuk terjebak macet… Dan Xabre pun jadi idola di sepanjang Jalanan, Seakan melepas kejenuhan mereka dengan sosoknya yang (benar-benar) fresh, one-of-a-kind, dan bikin orang penasaran !

Kalo si ZED gimana Kang, Dilihatin juga nggak ? Kan nggak kalah keren…! Yup, Dilihatin juga koq ! Tapi sepertinya mereka lebih penasaran ke bunyi kipas radiator Z250SL yang suaranya bak kipas mobil, wkwkwk. . . Pokoknya duet EA’s Blog-Z250SL & Mang KBY-Xabre yang saat itu (kebetulan) samaan pakai Helm warna Ijo Stabilo, Bener-bener bikin orang melirik deh !

 

“Grepe-Grepe” Yamaha Xabre

 

 

Sepulang dari acara Rilis Honda Big-Bike, EA’s Blog sempat usil “grepe-grepe” & “nunggangin” Yamaha Xabre, Meskipun cuma sebentar dan nggak sampai klimaks… Waktu dilihat-lihat secara seksama, Hampir 60% part motor ini lebih eyecatching dibanding ZED lho ! Suspensi Upside-Down, Bodykit, Headlamp LED, Negative LCD Speedometer, Swingarm Banana nya memang lebih keren dibanding Kawasaki Z250SL, Dengan berat hati saya harus mengakui itu. . . That’s a fantastic look, Superb work Yamaha !

Tapi begitu dilihat lebih dekat sabil diraba-raba, Loh koq plastik semua ya ? Itu tangkinya yang shape nya keren ternyata plastik euy, Dan bagian shroud yang memanjang menutupi mesin juga plastik… Untungnya kualitas cat Yamaha Xabre itu superb, jos lah pokoknya ! Meskipun plastiknya masih sekelas dibawah Z250SL, Tapi yang jelas sekelas diatas produk tetangga yang sama-sama 150cc. . .

Lucunya, Kalau ZED saya ibaratkan sebagai motor yang kebanyakan besi, Maka Xabre saya nobatkan sebagai motor yang kebanyakan plastik… Saran saya, Kalau mau lihat Xabre ya lihat aja, Cakep koq ! Jangan diraba pakai hati ya, wkwkwk. . .

 

Feel The Xabre !

 

 

Karena penasaran akan deru mesinnya, Tuas elektrik starter yang unik (baru pertama kali lihat soalnya yang model beginian) itupun EA’s Blog puntir… Loh, Koq nggak ada suaranya ya ? Udah nyala atau belum nih motor ? (Lebay mode: On, wkwkwk). . .

Yup, Suara mesin & knalpot Yamaha Xabre itu senyap banget, Smooth semulus paha kulit Aura Kasih… Beda jauh banget sama New Vixion Lightning yang suara knalpotnya agak kasar, Apalagi waktu saya nyalain ZED Kawasaki Z250SL, Seketika suara Xabre pun lenyap ! Saking senyapnya itu mesin euy. . .

Akan tetapi, Waktu dengarkan secara seksama lewat “ritual khas” ala EA’s Blog, Itu suara mesin Yamaha Xabre koq seperti ada suara “Tik…tik…tik” gitu ya ? Bukan karena hujan rintik-rintik lho ya, Tapi terdengar dari area valve & silinder head. . . Mungkin ada suhu-suhu dari Yamaha yang bisa menjelaskan disini ??

 

 

Waktu nunggangin Yamaha Xabre juga saya sempat terkejut… EA’ s Blog yang terbiasa bawa Z250SL & Sportbike 150cc lain pun sempat merasa aneh. . . Bila ZED & Sportbike lainnya memaksa badan agak sedikit merunduk menggapai setang, Maka si Xabre ini beda banget ! Jarak jok ke setang cukup dekat, Yang kemudian membuat badan terasa lebih tegak dan sudut siku tangan membuka lebar… Bak orang kaya berduit milyaran lagi tolak pinggang gitu deh. . .

Meskipun banyak yang bilang riding positionnya bak supermoto, atau apalah-apalah itu… Kalau EA’s Blog sih melihatnya sekilas bak rider intimidating gitu (ditambah dengan tampang motornya juga), Meskipun kapasitas mesinnya sih nggak seberapa. . . Entahlah, Mungkin memang saya yang katro’ karena nggak pernah cobain Moge atau Supermoto berharga mahal… Sudahlah, Anggap saja demikian. . .

 

Untuk performanya sendiri sih, EA’s Blog belum sempat coba sampai puas… Baru sebatas putar-puter parkiran doang euy. . . Yang jelas feel puntiran gasnya smooth & responsif koq… Ditambah dengan feel “on-bike” yang terasa ringan, Cukup lah bikin EA’s Blog penasaran coba performanya lebih lanjut. . . Sayangnya, Sulit bagi Blogger (belum) terkenal ini buat dapat pinjaman unit… Jadi ya sementara ini cukup bersabar aja deh, Siapa tahu ada kesempatan lain yang mendukung. . .

 

 

 

Overall di sektor tampilan, Yamaha Xabre boleh lah dibilang sebagai “penguasa” Naked Bike 150cc… Karena nggak cuma tampilan luarnya aja yang maknyus, Tapi part demi part lainnya pun mendukung hal tersebut. . . Buat yang demen show-off tapi berbudget agak tipis (30 jutaan), Yang satu ini boleh dipilih ! Soal mesin, Perbandingan antara motor 150cc yang satu dengan yang lainnya nggak beda jauh koq (kecuali Satria FU Injeksi)… Paling beda sejengkal-dua-jengkal, Bahasa kasarnya. . . Urusan speed, Serahkan saja pada Strokers 150cc & 250cc #eh 😛

 

*Note : Fotonya cuma satu karena kondisi malam, Gelap pula… Dan Nggak (belum) punya Kamera canggih yang sensitifitas cahayanya tinggi

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

Yamaha MT25

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik Yamaha MT-25 ?

 

Test New PCX 150 5

Bertemu Honda New PCX150, Si Gambot yang Seksi !

 

Dazz 12

Bertemu TVS Dazz, Skutik Mungil Yang Maksi Abisss !!

 

Honda MSX125

Bertemu Sosok Honda MSX 125 (Grom), Sport Mungil Yang Menawan !

 

TVS Max with EA's Blog

Bertemu TVS Max 125, Sport Seharga 12,6 Jutaan !!

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Test Ride All New Honda CBR150R Facelift 2016, Berganti Sensasi !

Advertisements

45 comments

Tinggalkan Balasan