Advertisements

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL (Restorasi ZED Part 1)

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

...

 

Motor 250 cc menghasilkan panas berlebih dibanding 150 cc ? Itu wajar… Tapi kalau sampai sering overheat dan nyusahin di jalan ? Itu sih namanya kurang ajar. . . Yup, Beberapa hari lalu saat riding dan kena macet parah di kawasan Slipi – Grogol, Tiba-tiba ZED, Kawasaki Z250SL milik EA’s Blog mengeluarkan panas berlebih, hingga akhirnya indikator overheat berwarna merah di sisi kanan speedometer pun menyala… Daripada nantinya jadi masalah, So motor pun saya berhentikan sambil istirahat minum sejenak. . . Begitu dicek, Wah ternyata kipas (Fan) radiator nggak jalan sama sekali euy, Pantesan sampai overheat !

Terbukti, Keesokan harinya saat dibawa rutinitas sehari-hari, ZED mulai kepayahan saat diajak melewati jalur macet berangkat-pulang kerja.. Mesin cepet panas, performa “loyo“, bahkan sempat sekali overheat juga. . . Kipas radiator seakan ogah mendinginkan mesin yang terkena demam ! Duh, Saya langsung keingetan harga Kipas Radiator Ninja 250 Twin yang konon harganya bikin bergidik… Beberapa hari kemudian, ZED pun saya bawa ke Bengkel Resmi Kawasaki di bilangan Cikupa, Tangerang, untuk dicek kondisi radiatornya. . .

 

Sampai di bengkel, Kesan pertama saya (karena ini pertama kali servis ke dealer Geng-Ijo) terhadap pelayanan Kawasaki itu lumayan juga euy… Beda jauh sama tetangga sebelah berlogo sayap mengepak yang sering saya sambangi untuk servis Spacy BOB – Padahal sama-sama termasuk dealer besar di daerah itu. . . Ruang tunggunya asik, Ada Free Wife #eh Wifi, Ada Free Kopi juga, Tapi nggak saya tuang ke gelas karena malu nggak ada temennya, wkwkwk. . .

Balik ke topik, ZED pun langsung ditangani mekanik… Shroud kanan-kiri dibuka sambil motor terus dipanaskan dalam kondisi stasioner & sesekali digeber. . . Saya cukup perhatikan saja, Sambil was-was ngeri kalau biaya reparasinya mahal… Maklum, Kondisi kantong belum membaik setelah memboyong ZED. . .

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

Kondisi Kipas Radiator Kawasaki Z250SL yang Sudah Mati

 

Setelah panas, Benar saja, Kipas Radiator sama sekali nggak menyala… Beberapa kali dicoba diutak-utek pun sama saja, Mati ! Salah seorang mekanik lain datang sambil membawa kipas bekas motor lain, Soket kipas awal pun dilepas sambil coba dicolokkan ke kipas lain. . . Kemudian “suwirrrrrr“, Kipas bahan tester itu nyala sejadi-jadinya… Wah, Pikiran makin parno deh ! Kudu ganti kipas euy, Hahahaa. . .

Setelah tanya-tanya harga kipas radiator, Ternyata barangnya ready karena memang banyak keluhan di bagian Fan Kawasaki Z250SL & Ninja RR Mono. . . Harga kipas Radiator Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono dibanderol Rp. 300 ribu pas saja, Belum termasuk ongkos pasang… “Duh alhamdulillah, Duitnya masih cukup euy buat ganti kipas“, Gumam saya dalam hati. . . Kipas baru pun dipasang, Dilanjutkan dengan perawatan radiator seperti Pembersihan, Kuras Coolant, dan Bersihkan sensor temperatur. . .

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

Made in India

 

Saat lihat-lihat kondisi kipas yang sudah K.O, Saya menyadari satu hal… Ternyata Kipas Radiator Z250SL itu buatan vendor negeri Bollywood euy, Alias Made in India – Dengan merk “Taigene“. . . Tanpa sedikitpun mengurangi rasa kagum saya terhadap barang buatan India… Tapi alangkah baiknya kedepannya Kawasaki menggunakan Kipas (Fan) Radiator yang jauh lebih kenamaan lah, Yang sudah teruji durabilitasnya. . . Panasonic atau yang Made in Japan lain juga boleh… Daripada lebih murah tapi malah cepet rusak, Mending pakai yang kenamaan, sedikit mahal, tapi awet !

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

Beli coolant 2 botol Rp. 70.000, Sisa segini… Bawa pulang aja ah, wkwkwk…

 

Satu hal lagi, Setelah kuras radiator, Ternyata saya juga diminta beli Radiator Coolant baru ! Alasannya, Coolant lama ditempatkan di wadah bekas oli, yang kemudian sudah nggak bisa dipakai lagi… Wah, Kacau nih mekaniknya ! Padahal itu baru ganti pakai Yamacoolant lho, Belum 1.000 Km malahan. . . Karena coolant Kawasaki sedang nggak ready, Maka saya diminta Rp. 70 ribuan untuk beli 2 botol coolant… Eh, Malah dibeliin coolant yang entah apa merknya seperti diatas itu tuh. . . Saran saya, Kalau mau servis radiator, ganti kipas, dll, mending bawa coolant sendiri deh !

Yang bikin kaget lagi, Ongkos jasanya koq lumayan gede juga ya ? Untuk ganti kipas & cek radiator dikenakan ongkos Rp. 50 ribu… Buat Bro-Sist yang sudah lama bermain dengan Kawasaki, Saya mohon pencerahannya dong. . . Soalnya duit sedemikian, Sudah bisa buat servis Spacy euy, wkwkwk. . . Seketika, Kekaguman saya terhadap Kawasaki dengan pelayanan konsumen yang lumayan bagus pun sirna. . .

 

Nah, Berikut rincian biayanya :

 

Kipas Radiator (Fan Assy) Kawasaki Z250SL : Rp. 300.000

Jasa : Rp. 50.000

2 botol Radiator Coolant (Entah merk apa) : Rp. 70.000

—————–

Total : Rp. 420.000

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

 

Impresi setelah ganti kipas, Lah balik kaya standar lagi dong ! Nggak ada indikasi power drop karena mesin “demam” kepanasan, Dan sama sekali nggak ada indikasi overheat meskipun kena macet Grogol – Pancoran – Sudirman yang justru malah bikin saya pribadi yang K.O, wkwkwk… Sayang, IMHO Karena coolantnya pakai yang kurang terpercaya dan titik didihnya lebih rendah, Jadi kipas lebih sering menyala dibanding pas pakai Yamacoolant dulu. . .

Kedepannya, Saya bakal ganti lagi Coolant & Oli kenamaan dengan Formula yang konon dipercaya bisa mengurangi panas mesin ZED Kawasaki Z250SL ataupun motor 250 cc lainnya… Tapi kayaknya masih agak lama deh, Soalnya masih agak parno kalau lihat kondisi dompet euy, wkwkwk. . . So, Stay tuned aja ya bareng Restorasi ZED !

 

Ganti Kipas Radiator Kawasaki Z250SL - Ninja RR Mono

ZED Ngeksis dulu ditengah sawah, Biar adem, wekekek

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Kawasaki ZED Z-History

ZED & History of the Kawasaki Greatest Motorcycle !

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

Niat Beli Kawasaki Z250SL / Ninja 250 RR Mono Bekas ? Perhatikan Bagian Berikut !

 

Kawasaki Z250SL ZED

Kelebihan dan Kekurangan Fisik Kawasaki Z250SL di Mata User

 

Kawasaki Z250SL ZED

Welcome to the ZED World !

 

Ninja 250 Special Edition Limited

Kenapa Pilih & Nggak Pilih Motor 250 cc ?

 

CBR150R CBU Repsol Edition

Waktunya Lirik Motor Bekas / Second !

 

Skutik Mogok

Minat Motor Bekas ? Hindari Skutik Second !

 

Satria FU Injeksi

Dunia yang Terbalik : Motor Sport vs Motor Bebek…

 

Weight Reduction

Ini Dia Trik Upgrade Performa Motor Gratis !

 

Advertisements

67 comments

Tinggalkan Balasan