Advertisements

ZED & History of the Kawasaki Greatest Motorcycle !

 

Kawasaki ZED Z-History

...

 

Kalau ditanya : Kenapa Kang Eno pilih ZED ? Bro-Sist sekalian jelas sudah paham deh sama jawabannya… Sudah pernah saya tulis juga koq berbagai alasannya, Meskipun belum secara mendetail. . . Tapi kalau ada yang nanya “Kenapa motornya dikasih nama ZED sih Kang ?“, Nah itu baru pastinya bikin penasaran ! Yup, Di Artikel ini kita bakal membahas tentang segala seluk beluk mengapa Kawasaki Z250SL ini dinamai “ZED, Beserta Asal-usul & Hubungannya dengan nilai historis dari produsen berjuluk Geng-Ijo ini. . . Yuk, Langsung aja kita bahas bareng-bareng… Cekidots !

 

ZED – The Origins

 

 

Kawasaki ZED Z-History

 

Bagi yang doyan baca-baca artikel majalah luar negeri, Pastinya sudah nggak asing lagi dengan nama yang satu ini deh… Yup, Itu karena “ZED” adalah panggilan / sebutan akrab bagi Kawasaki Z-Series ! Konon, Awal mulanya diambil dari huruf Z (Zee – Zet – Zed) yang jadi Klan flagship sekaligus ikon produk Kawasaki kala itu. . . Huruf Z sendiri dipilih Kawasaki bukan tanpa alasan… Menurut produsen berjuluk Geng-Ijo tersebut, Z adalah huruf alfabet paling terakhir sehingga mampu menggambarkan motor ini sebagai streetfighter yang paling ekstrim diantara yang lainnya !

 

Tahukah Brosist ?

Kawasaki Z-Series adalah Produk Original, sekaligus Klan motor tertua dari Kawasaki yang masih bertahan hingga saat ini… Bahkan masih jauh lebih senior dari Ninja-Series ! Beberapa produk Kawasaki lainnya seperti W-Series & Estrella, diawali dengan membranding produk lain (Meguro)… Berbeda dengan Z-Series yang merupakan produk original asli Kawasaki Heavy Industry, Jepang, sejak 44 tahun silam. . .

 

 

Z1 Main

 

Dan produk yang pertama kali menggambarkan filosofi tersebut adalah Sang Z-Series pertama di Dunia, Kawasaki Z1 ! Motor yang pertama kali dirilis tahun 1972 ini mengusung berbagai kelebihan yang dimiliki sang kompetitor terbaik kala itu, Honda CB750, yang juga merupakan pelopor superbike modern bermesin Inline-Four. . . Tak ingin kehilangan momentum untuk meng-counter attack kompetitor, Kawasaki menjejali Z1 dengan Spesifikasi Mesin, Design & Material yang jauh lebih mumpuni ketimbang seteru sesama Jepang-nya tersebut. . . Bermodal Mesin ala motor balap 4-Tak kala itu, 903cc, Inline 4 Silinder DOHC 8 Valve, plus Styling Ciamik & Reliability yang terbukti yahud, Z1 ready for the show !

Tak heran, “Embahnya ZED” ini mampu mencapai Topspeed hingga 216 Km/h, Dengan catatan waktu 0 – 402 m yaitu hanya 12,3 detik dalam kecepatan 180 Km/h ! Serta sempat memegang rekor “Motor Produksi Tercepat di Dunia“, Plus seabrek award lain seperti “Motor paling Powerfull di Dunia“, “Motor Produksi Massal pertama bermesin Inline-Four – DOHC“, Serta “Machine of the Year 1973 – 1976” oleh majalah roda 2 kenamaan di eranya. . . Dan sederet penghargaan tersebut sukses mengantarkan Kawasaki Z1 jadi salah satu produk terlaris di Amerika & Eropa kala itu… Bahkan saat momen perilisan di IFMA, Cologne, Jerman (sekarang dikenal dengan nama Intermot), Sebanyak 2.500 unit Kawasaki Z1 yang disediakan kala itu langsung ludes dalam beberapa hari saja. . . WOW ! Salut buat Mbahnya ZED !!

 

 

ZED – The History Goes On

 

 

KZ1300 Ride

 

Setelah hadirnya “Original ZED” dalam diri Kawasaki Z1 beserta rentetan kesuksesannya di Amerika & Eropa, Pabrikan geng-ijo pun nggak cuma berhenti sampai disitu saja… Di tahun demi tahun berikutnya, Mereka memperkenalkan Z-Series terbaru dengan karakter & peruntukannya masing-masing. . . Mulai dari yang Entry-Level, Mid-End Streetfighter, Hingga yang Super-Duper Ekstrim pun ada ! Semuanya tanpa meninggalkan ciri khas ZED, yang dibekali Karakter “Extreme” sangat kuat. . . Berikut beberapa timeline produk Z-Series dari waktu ke waktu… *Note : Nggak semua Z-Series diinput dalam artikel ini, Karena keterbatasan waktu EA’s Blog euy. . .

 

 

Kawasaki ZED Z-History

1974 : 2 Tahun setelah hadirnya sang Z-Series pertama, Geng-Ijo kembali memperkenalkan produk anyarnya – Kali ini sosok ZED di kelas Entry, Dengan nama Kawasaki Z400… Motor ini adalah jawaban terhadap Honda CB350-Dream, yang jadi motor best-selling di Amerika kala itu. . . Z400 tak hanya lebih mentereng secara Spek, Performa & Desain dibanding seterunya tersebut… Tapi juga merupakan Pionir Streetfighter & Motor Jepang berkubikasi 400 cc ! Kelas yang uniknya, Tetap ada dan diminati hingga saat ini. . .

 

 

Kawasaki ZED Z-History

1976 : Pada ajang IFMA tahun 1976 silam, Geng-Ijo kembali memperkuat line-up Entry nya dengan merilis Z200 ! Motor 4-Tak bermesin silinder tunggal yang ditujukan untuk sisi efisiensi dan kemudahan berkendara… Z200 juga sekaligus jadi jawaban Kawasaki terhadap motor entry bermesin 2-Tak yang mulai tersingkirkan di beberapa negara maju. . . Di Indonesia, Salah satu varian Kawasaki Z200 juga sempat kita kenal dengan nama Binter Merzy. . .

 

Kawasaki ZED Z-History

1977 : Setelah discontinue-nya Z1, Pabrikan Geng-Ijo kembali menghadirkan sosok yang nggak kalah keren & ekstrim dalam diri Kawasaki Z1-R… Embel-embel “R” yang ada di namanya melambangkan kalau produk satu ini merupakan motor yang didevelop dengan filosofi Racing alias Balap. . . Terbukti, Dengan menggunakan styling ala Cafe-Racer, plus Ubahan mesin terbaru, Penerus kesuksesan Z1 ini mampu improve di sektor power & performa… Bahkan, Saking beraroma balapnya motor satu ini, Kawasaki juga sempat bekerjasama dengan banyak modifikator untuk membuat versi “gokil“nya bernama Z1-R TC alias Z1-R dengan tambahan Turbocharged !

 

 

Z1300 Show

1978 : Disamping berkutat dengan Z1-R dan beberapa versinya, Pada September 1978, Bertepatan dengan event Koln Auto Show, Kawasaki juga memperkenalkan produk baru mereka yakni Z1300… Sejujurnya, Z1300 bukan merupakan penerus Z1 yang terkenal dengan mesin Inline-Four yang mumpuni, Melainkan motor “Monster” baru yang menggunakan mesin 6 Silinder ! Motor yang akrab disapa “Big ZED” ini mengusung mesin dengan spesifikasi 4-Tak, 1.286 cc, Inline 6 Silinder, DOHC 12 Vave, dengan sistem pendinginan Liquid-Cooled… Salah satu motor bermesin paling kompleks di eranya, Dan jauh lebih gambot dibanding kompetitor 6 Silinder lain layaknya CBX1000 & Benelli Sei. . .

 

 

Z1000 Fuel-Injection

1980 : Kawasaki kembali membuktikan bahwa klan Z-Series nya adalah pionir motor sophisticated, kencang, dan berteknologi tinggi – Kali ini dengan memperkenalkan Z1000G (Z1000 Fuel-Injection)… Yup, Motor yang menurut beberapa literatur (masih diperdebatkan) merupakan Motor produksi massal pertama yang menggunakan penyuplai BBM Injeksi ! Meskipun sebenarnya sistem ini sudah lebih dulu terkenal di kancah Roda 4. . . Z1000G menawarkan sensasi motor berpower badak, namun dengan responsifitas mesin yang tinggi ala Mesin Fuel-Injection ! Wuih, Gokil euy Kawasaki…

 

 

Kawasaki ZED Z-History

1983 : Kawasaki memperkenalkan edisi terbaru dari Z550F (GT), Cikal-bakal supersport yang juga bakal jadi ciri khas Geng-Ijo di masa depan… Kenapa motor ini begitu spesial ? Yup, Selain dijuluki sebagai “King of 550 cc Superbike” dengan rekor kecepatan yang tak kalah dengan Z1 (padahal kubikasi cuma 2/3 nya)… Z550F jadi sangat spesial karena di versi inilah pertama kali Kawasaki memperkenalkan Uni-Trak Suspension, Yang jadi identitas sportbike Kawasaki di era yang akan datang, Termasuk yang dipakai di Z250SL milik EA’s Blog. . . Nggak cuma itu, Di produk Z-Series ini Kawasaki menjejalinya dengan Kampas rem sintered metal terbaru, Komplit beserta Rantai O-Ring nya juga !

 

 

Kawasaki ZED Z-History

1989 : Kawasaki Z-Series terus berkembang dengan styling yang mengikuti arus, Semakin sophisticated, keren & agresif… Tapi, Geng-Ijo juga menyadari kalau desain classic ala Z1 tak pernah kehilangan penggemar di luar sana. . . Oleh karena itu, Mereka meluncurkan “saudara” terbaru dari klan Z-Series yang selanjutnya kita kenal dengan nama Kawasaki Zephyr 400 ! Motor ini didesain dengan aroma klasik ala Z1 yang kental, yang disokong dengan mesin powerfull terbaru ala Kawasaki. . . Awalnya, Zephyr hanya berupa motor JDM, Tapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya penggemar, Akhirnya Zephyr pun mulai diboyong ke Eropa & Amerika. . .

 

1991 : Kesuksesan Zephyr 400, Menginspirasi geng-ijo untuk melahirkan varian lain dengan beragam kubikasi… Hasilnya, Lahirlah Zephyr 550, Zephyr 750, serta Zephyr 1100 yang terbukti sukses dipasaran. . . Kesuksesan ini mengantarkan Kawasaki menjadi produsen terlaris kedua di Inggris… Sekaligus menasbihkan Kawasaki sebagai pionir dan trendsetter populernya moge-moge berdesain klasik. . .

 

 

Z1000 2003

2003 : Setelah mengalami stagnansi selama beberapa tahun, Akhirnya Kawasaki Z-Series kembali ber-evolusi menjadi sosok dengan ciri khas yang tak berubah dibanding pendahulunya… Bahkan, Kali ini hadir dengan desain yang jauh lebih agresif, berkarakter dan “mengena” di hati konsumen. . . Hal tersebut dibuktikan Kawasaki dengan merilis Z1000 ! Produk yang merupakan “reborn” dari kesuksesan Flagship Z-Series di masa lampau… Secara fisik sepertinya sudah nggak perlu dibahas lagi deh, Gokil banget tampangnya ! Ini juga yang jadi titik balik evolusi desain Z-Series hingga saat ini. . .

 

 

Z1000 20010

2010 : Ini jadi momen yang paling mengejutkan dari Kawasaki, Karena mereka kembali menelurkan edisi terbaru flagship Z-Series yang secara desain, Ebusyeet, Bikin mimpi basah banget deh ah ! Tampang, Knalpot, Headlamp, Buritannya, Wuihh bikin siapapun pasti ngelirik deh, Meskipun cuma lihat via foto di Handphone atau PC. . . Kawasaki saat itu menjulukinya sebagai “Ultimate ZED“, yang sekaligus menandakan generasi ke-3 dari Z1000 modern !

 

 

Z1000SX 2011

2011 : Apa jadinya kalau kedua Klan Legendaris dari Kawasaki bergabung jadi satu ? Ya, Itulah yang dilakukan Geng-Ijo di tahun 2011 silam dengan merilis Z1000SX (Ninja 1000) ! Sport-Tourer yang dibekali kombinasi Ergonomi & Stabilitas ala Z-Series, serta Full Fairing & Aerodinamika ala Ninja-Series. . . Wah ajib deh pastinya ya, Jadi pengen nyobain deh euy… wkwkwk. . .

 

 

Z1000 2014

2014 : Di Momen ulang tahun Z-Series yang ke 42, Kawasaki sekali lagi memperkenalkan Z1000 edisi terbaru dengan desain yang luar biasa intimidating… Headlamp & Shape bodinya agresif banget euy ! Kawasaki menyebutnya “Sugomi” dengan arti Aura & Energi Luar Biasa yang bisa Dirasakan semua yang melihatnya. . . Di tahun ini, Kawasaki juga merilis produk Global yang diproduksi di Indonesia, Z250SL, dengan “SL” yang berarti Super Lightweight ! Produk ini sudah masuk ke pasar ASEAN, bahkan hingga ke Inggris juga lho… Dan sekarang juga jadi tunggangan harian EA’s Blog !

 

 

Kawasaki Z125

2015 – 2016 : Menjelang pergantian tahun kemarin, Geng-Ijo kembali merilis salah satu ZED yang benar-benar baru, Kawasaki Z125 ! Jika sebelumnya Z-Series identik dengan moge, ataupun yang berkubikasi diatas 200 cc… Maka kali ini pandangan tersebut harus diubah karena Kawasaki Z125 justru berupa sosok Motor mungil dengan mesin yang setara motor bebek. . . Produk anyar Geng-Ijo ini mengusung tampilan Naked Macho nan “Ganteng” ala Family Z-Series, Plus berbagai detail yang ciamik ! Dan jangan lupa, Motor ini juga bakal hadir ke Indonesia beberapa saat lagi lho…!

 

 

 

Well. . . Nggak ada habisnya memang, Kalau kita membahas soal Kawasaki Z-Series atau yang juga akrab disapa “ZED“… Selain Modelnya yang buaannyaak banget, Inovasi & Teknologi yang disandangnya juga nggak kalah bikin pegel jemari ini buat mengetik artikelnya, wkwkwk. . . Yang jelas, Semoga ZED si Kawasaki Z250SL milik EA’s Blog bisa menginspirasi layaknya sang pendahulu-pendahulunya : Sebuah produk original dengan citarasa tinggi yang masih membekas bahkan hingga saat ini. . . Meskipun bukan yang pertama, ataupun yang terbaik, Tapi keinginan untuk selalu ber-evolusi dan inovasi, Semoga jadi inspirasi juga untuk EA’s Blog dalam menyajikan artikel di Blog sederhana ini. . . Semoga langgeng ya ZED !

 

Kawasaki Z250SL ZED

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Serpico Gen

The Story of Legendary Ninja 150 !

 

H2 Mach IV

Kawasaki H2 Mach IV, Inline-Triple Legendaris Ala Pabrikan Jepang !!

 

Z1 Main

Kawasaki Z1…. Z – Series Pertama Di Dunia !

 

Z1300 3

Kawasaki KZ1300, Inline-6 Silinder Kelas Berat !

 

Balius 1

Kawasaki ZR250 (Balius), Sport-Tourer Dengan Teriakan Bengis !!

 

Z2300 5

Kawasaki Z2300, Kreasi Gila Motor Bermesin 12 Silinder !!

 

Ninja GPZ900R

Kawasaki GPZ900R, Ninja Series Pertama di Dunia !

 

KR1SS

Kawasaki KR-1S, 250cc Speed Standar 225 Km/h !

 

Kawasaki Xanthus ZR400 10

Kawasaki Xanthus, Sosok Naked Bike yang Tak Tertelan Zaman !

 

Kawasaki CS 250

Kawasaki CS 250, Powerfull Single !

 

Kawasaki Eliminator 250 2

Kawasaki Eliminator 250, Sosok Ninja 250 Dalam Bentuk Cruiser !!

 

GPZ250R 86

Kawasaki GPZ250R, Ninja 250 Jadul yang Eksotis Banget !!

 

Kawasaki S1 250

Kawasaki S1 250, Stylish Classic Strokers !!

 

ZX750 Turbo Ride

Kawasaki ZX750 Turbo, Saat Turbocharger Bersemi di Geng-Ijo !!

 

Kawasaki Xanthus ZR400 6

Kawasaki Xanthus, Sosok Naked Bike yang Tak Tertelan Zaman !

Advertisements

52 comments

Tinggalkan Balasan