Advertisements

Test Ride All New Honda CBR150R Facelift 2016, Berganti Sensasi !

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

...

 

Setelah puas membahas Impresi Awal & Kelebihan serta Kekurangan sektor Fisiknya… Kali ini pembahasan kita lanjutkan ke bagian yang tentu ditunggu-tunggu oleh Bro-Sist sekalian (apalagi yang sudah kebelet pengen boyong). . . Yup, Pastinya soal Test Ride Performa, Handling, Akselerasi dan seabrek Feeling berkendara lainnya dari All New Honda CBR150R Facelift 2016 !

Mengusung mesin dan ergonomi yang berubah total dari generasi lawas… Berbagai pertanyaan dari Brosist sekalian pun masuk ke catatan EA’s Blog : Apakah sensasi ridingnya juga ikutan berganti ? Bagaimana feeling dan performa mesinnya jika dibanding CBR K45A alias sang pendahulu ? Serta, Bagaimana Handling All New Honda CBR150R Facelift yang punya desain mutakhir ini ?? Nah, Biar nggak penasaran, Yuk kita bahas bareng-bareng Bro – Sist… Cekidots !

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 – Ergonomi

 

 

Duduk diatasnya, Membuat EA’s Blog teringat akan ZED Kawasaki Z250SL yang sedang nongkrong manis di parkiran… Ergonomi All New Honda CBR150R Facelift 2016 ini memang berubah total dari edisi lawas yang lebih tegak dan nyaman. . . Ergonominya Sporty dan Membuat badan sedikit merunduk, Tapi masih jauh banget dari kata ekstrim ! Intinya, Masih bisa ditoleransi oleh tangan-punggung-pinggang lah, Masih lebih friendly dibanding sport 150 cc tetangga sebelah (sebut saja YZF R15), dan tak se-ekstrim milik Ninja RR Mono yang bikin saya nyerah dan ogah bawa harian. . .

Nah, Kalau dibanding Honda CBR150R K45A, Kang Eno prefer yang mana ? Jujur, Kalau untuk urusan ergonomi saya pilih “Si Gambot” edisi sebelumnya… Saya sudah test sendiri koq, Feelnya rileks banget walaupun digeber 150 km Pulang-Pergi (300 km) – Persis dengan CBR-CBU Thailand yang juga sama-sama rileks namun agak sedikit loyo saja di akselerasi awal. . .

 

Tinggi EA’s Blog sekitar 175 cm (di SIM C sih tertulis 172 cm), Alhamdulillah kaki menapak dengan sempurna… Nggak ada tanda-tanda “jinjit” seperti yang EA’s Blog lihat dari tester bertinggi 160-an cm *colek Mang Kobayogas. . . Mungkin karena postur saya yang agak “bersahabat” tersebut, Jadinya ergonomi All New Honda CBR150R Facelift ini masuk kategori bersahabat – Entah dengan rider lainnya dengan posturnya lebih kurang tinggi ataupun lebih jangkung ya, Mungkin terasa berbeda sih pastinya… Yang jelas, Untuk yang bertinggi 170-an cm : Klop deh pokoknya !

 

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 – Impresi Mesin

 

 

Setelah menemukan Feel Ergonomi yang ngepas, seperti biasa, Kunci kontak All New Honda CBR150R Facelift 2016 saya putar ke posisi on… Sapaan Speedometer dengan warna backlit biru, plus lampu-lampu berwarna-warni nya seakan menghipnotis mata untuk betah berlama-lama memandang – Keren euy speedo nya ! Ngiler deh dipasang di ZED, wkwkwk. . . Tekan tombol elektrik starter dan werrr ! Kombinasi suara mesin-knalpot yang agak garing pun menyapa telinga… Sekilas nggak beda jauh dengan CB150R Facelift, Hanya saja CBR150 terbaru ini suaranya sedikit lebih crispy. . .

Seperti biasa, Jongkok di samping mesin motor sambil mendengarkan putaran mesinnya adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan… Bukannya niru “ritual” ala Om Valentino Rossi loh ya, Tapi memang ini sudah jadi kebiasaan EA’s Blog sejak dulu. . . Putar sedikit selongsong throttle nya, RPM pun meloncat ke angka 3, 4, 5, hingga akhirnya gerungan mesin terasa hebat disertai dengan vibrasi di angka 6.500 RPM… Sayang, Ada gejala seperti “batuk-batuk” dan Vibrasi saat RPM saya stabilkan di angka 6.500. . . Identik bila kita compare dengan New CB150R Facelift ! Akan tetapi jauh lebih inferior bila kita bandingkan dengan CBR K45A atau Satria FU Injeksi yang mesinnya baru terasa menggelegar di kitiran 8.000 RPM… Itupun tanpa gejala “batuk” yang annoying. . .

 

Throttle kembali saya geber maksimal, Hingga akhirnya limiter memaksa kenaikan putaran mesin berhenti di 10.500 RPM saja… Lho, Koq kecil banget ya Kang Eno ?? Iya, EA’s Blog juga berpikiran demikian koq. . . Seketika, Saya langsung teringat sosok generasi lawas yang asik digeber diatas 11.000 RPM, Dan memang tendangan powernya “nikmat” di kitiran atas. . . “Ah sudahlah, Mungkin yang ini sensasi powernya berbeda, Atau mungkin saya cuma belum bisa move-on setelah jajal Satria F150 Injeksi beberapa hari sebelumnya”, Gumam saya dalam hati… So, Sambil menekan tuas kopling, Transmisi pun saya pindahkan ke gear 1. . . And let the beast show its power !

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 – Performance Test !

 

 

Tune ke gear 1, Saya sempat mengira koplingnya slip atau kenapa-kenapa gitu euy, Karena motor cuma menggerung nggak mau jalan… Eh ternyata cuma gara-gara jarak main handle koplingnya di-setel jauh banget, Kocak & Malu-maluin deh ah, wkwkwk. . . Kopling saya lepas sambil betot throttle, Loh koq gini ya ?? Nggak terasa “loncatan” berlebih seperti saat Test New CB150R Facelift tempo hari, Yang ban depannya seakan ogah nempel di aspal… All New CBR150R Facelift 2016 ini terasa smooth banget, Ideal untuk pemula yang ingin bawa Sportbike keren tapi friendly !

Meskipun demikian, Jangan pernah ragukan Akselerasi All New Honda CBR150R Facelift loh yaa… Dibekali mesin 4-Tak, 150 cc – Overstroke, DOHC 4-Valve, Berpendingin Cairan, Satu kata deh buat performanya : Responsif ! Ya, Seperti yang sudah EA’s Blog perkirakan sebelumnya… Dari bar RPM menunjukkan angka 4.000 sampai kena limit di 10.500 RPM, Delivery powernya terasa mantap dan cepat. . . 100 km/h (via Speedometer) bisa dikail hanya dengan menggunakan Gear 4 saja… Dengan catatan topspeed pribadi saya mencapai 115-117 Km/h di Gear 5. . . FYI : Area pengetesan di Taman Mini Indonesia Indah tidak mendukung untuk mengail topspeed lebih dari itu… Terlalu riskan & membahayakan orang lain euy Bro-Sist. . .

 

Akan tetapi, EA’s Blog kembali merasakan ada yang ganjil… Karena powernya terasa smooth tapi disisi lain juga responsif, Ini membuat EA’s Blog tak terhitung berapa kali “khilaf” geber sampai limiter mengganjal laju Sang CBR150R Terbaru. . . Rasanya baru aja betot throttle dan powernya baru ngisi, Tapi limiter yang membatasi putaran mesin itu terlalu cepat diraih… Apalagi saat gantung RPM di 6.000 dan lanjut geber pol, Wah asli kerasa banget tuh limiternya euy. . . Ibarat lagi asik-asiknya menuju puncak kenikmatan, Langsung di-cut dan kudu dimulai dari awal lagi… Nah, Kan annoying banget tuh ya ? Kalau ada yang bilang : “Ya ganti ECU lah, inilah, itulah… Gitu aja koq repot Kang !“, Saya bakal balik berkomentar : “Ini 150 cc Bro, bukan 250 cc ! Yang belinya juga rata-rata kelas menengah, Wajar dong kalau berharap sesuatu yang “lebih” dari motor standar dengan harga 33 jutaan !“. . .

 

 

Oke, setelah puas dengan performance test, Waktunya kita berpindah ke sektor handling… Nah, dibagian inilah All New Honda CBR150R Facelift 2016 bersinar dan layak diacungi 2 jempol ! EA’s Blog sampai speechless deh sama handling CBR Terbaru ini – Nurut & Stabilnya luar biasa euy. . . Diajak miring ke kanan, lanjut banting kiri, Handlingnya benar-benar nurut banget ! Nggak ada gejala “ngebuang” baik saat melakukan pengereman ataupun keluar masuk tikungan… Semuanya dilahap dengan mudah ! Bila versi terdahulu punya handling yang tak kalah mantap, Maka kali ini punya sesuatu yang bahkan melebihi pendahulunya tersebut : Stabilitas !

Begitupun saat All New Honda CBR150R Facelift diajak melewati rintangan seperti lubang, Ataupun rel kereta TMII yang menyerong di tengah jalan… Nggak ada yang namanya Ban “Nge-gecol” nggak jelas yang bikin was-was ! Bahkan percaya nggak percaya, Diajak miring-miring sambil melewati rel pun masih tetap anteb. . . Perpaduan suspensi yang ngepas, Rem mumpuni, plus kaki-kaki anyar bikin stabilitasnya memuaskan bagi EA’s Blog… Padahal unit yang ditest EA’s Blog masih pakai ban standar IRC Road Winner lho, yang di luar negeri sering dijuluki “Road Looser” karena gripnya kurang bagus. . . Kebayang kan asiknya kalau upgrade ban yang lebih bagus ? Jujur, Dengan ban yang sama-sama standar, Kawasaki Z250SL “ZED” milik EA’s Blog pun harus tertunduk malu perihal handling & stabilitas. . .

 

 

 

Well. . . All New Honda CBR150R Facelift 2016 memang menawarkan ergonomi yang lebih sporty dari versi lawas… Namun, Ternyata masih mewarisi karakter handling dari pendahulunya tersebut, Bahkan stabilitas nya kini jauh lebih baik ! Total Control banget deh pokoknya (bahasa marketingnya). . . Akan tetapi, Kini sensasi mesinnya berubah total tuh Brosist… Nggak ada lagi yang namanya High-RPM, atau sensasi asiknya gantung RPM ala motor berpiston gambot – Semuanya diganti dengan karakter mesin yang smooth tapi responsif mulai dari Low – Peak Power RPM. . . Bagi user CBR150R (Old), CBU & K45A, Yang satu ini (mungkin) bukan karakter yang diinginkan oleh Bro-Sist sekalian user “CBR-Overbore” yang terlanjur doyan gaspoll sampai Redline… Tapi untuk pemula yang baru naik kelas dari Skutik, Bebek, atau Naked-Bike 150 cc, All New CBR150R Facelift ini boleh masuk list untuk diboyong !

Kalau saya User Honda CBR150R Old, CBU atau K45A yang berencana ganti tunggangan, Kira-kira worthed nggak sih pilih All New CBR150R Facelift 2016 Kang Eno ?? Nah, Pertanyaan tersebut kita bakal jawab di artikel-artikel selanjutnya aja yaa, Stay tune terus aja bareng EA’s Blog. . . See you in the next Test Ride Session. . .

 

Unit Test : All New Honda CBR150R Facelift 2016 – Honda Racing Red

BBM : ??

Rider : Kang Eno (enoanderson)

Tinggi : 175 cm

Berat : 80 Kg

Riding Gear : MDS Super Pro – Karrimor Tracking Boots

Unit Pembanding : Honda CBR150R K45A 2014 & CB150R Facelift 2015

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Apa Aja Sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik All New CBR150R Facelift ?

 

Honda CBR150R Facelift 2016

Ini Dia All New Honda CBR150R Facelift 2016, Ada Harga Ada Rupa !

 

All New CBR150R Facelift 2016 16

Honda CBR900RR Fireblade & Filosofi Revolusioner All New Honda CBR150R…

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Test Ride All New Satria F150 Injeksi, Ayago Bertenaga Badak !

 

Review Yamaha MT-25

Test Ride Singkat Yamaha MT25, Goyang Dua-Lima !

 

New Honda Sonic 150R Test

Test Ride New Honda Sonic 150R, Fun-Tas-Tic Bike !

 

New Honda CB150R Facelift

Test Ride All New Honda CB150R Streetfire, So Fun – So Good !

 

Test New PCX 150 Main

Testride Honda PCX150, Si Bongsor yang Responsif & Lincah !

 

Honda Music

Simfoni Dari Negeri Sakura, “The Honda Music” !

 

CBR Test by Eno

All New Honda CBR150R Facelift (K45G), Ekspektasi dan Realita !

 

Honda Supra X 150R

Honda Supra X 150R, Ekspektasi & Realita ! (Feat. Yamaha MX King 150)

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

 

Honda CBR250RR 2 Silinder

New Honda CBR250RR 2 Silinder, Ekspektasi & Realita !

 

2016 New Honda CBR500R

Ini Dia New Honda CBR500R 2016, Desain Berubah Total !

 

Sport Honda vs Yamaha

Berkat Kehadiran Sonic, Segmen Sport Honda Saingi Yamaha !

 

VTR 2014

Ini Dia Generasi Honda V-Twin 250cc !!

Advertisements

87 comments

Tinggalkan Balasan