Advertisements

Niat Beli Kawasaki Z250SL / Ninja 250 RR Mono Bekas ? Perhatikan Bagian Berikut !

 

Kawasaki Z250SL ZED

 

Sebelumnya sudah saya bahas serba-serbi kenapa EA’s Blog pilih Kawasaki Z250SL sebagai kuda besi harian, plus segala detail tentang kelebihan-kekurangan fisiknya… Kali ini, Yuk kita bahas juga soal poin penting yang wajib dicek dari Z250SL / Ninja 250RR Mono. . . Siapa tau ada Brosist disini yang kepincut, kemudian niat hunting kondisi second nya… Nah, Ini dia guide ringan nya ! Yuk, Cekidots. . .

 

Pengecekan Standar

 
Kawasaki Z250SL ZED 14

 

Yang ini Brosist juga pasti sudah paham lah ya, Soalnya memang ini merupakan “standar” pengecekan sewaktu niat beli motor bekas, Apapun tipenya… Mulai dari Cek Kilometer (Odometer), Nomer Mesin – Rangka, Kondisi Bodi, Kestabilan (pernah jatuh atau nggak), Mesin dan Perangkat lain seperti Kampas Kopling, Rem, serta Kelistrikan. . .

 

 

EA’s Blog punya penilaian sendiri nih terhadap beberapa aspek tadi. . . Untuk bodi, Selain mulus-kinclong-baret nya, Brosist juga jangan lupa cek bagian plastik berbahan kulit jeruk & watermark (bekas titik air yang mengering)… Plastik kulit jeruk adalah bahan bodi paling menyebalkan dan menyusahkan bila warnanya sudah pudar, sementara Watermark adalah noda di bodi yang paling sulit dihilangkan (kecuali di cat ulang, wkwkwk). . . Usahakan warna bahan kulit jeruk masih hitam pekat, – bukan hasil polesan semata, Plus pastikan tak ada watermark disana, Soalnya kalau sudah demikian, Bakal banyak makan waktu & biaya untuk poles & detailing… So, Selalu concern di kedua hal ini yaa di bagian bodi. . .

Untuk jarak tempuh, Pastikan Z250SL & Ninja RR Mono yang hendak dibeli kurang dari 10.xxx km… Pasalnya, Lebih dari itu maka bakal banyak part yang harus dicek ulang (atau parahnya diganti). . . Pasalnya, harga sparepart nya jelas nggak sehemat motor bebek atau skutik lho yaa… Yang ini sih efektif banget bikin dompet jebol ! *nangis

 

 

Cek Kapasitas Oli

 

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

 

Salah satu trik mudah yang dilakukan para penjual “nakal” yang ada di luar sana, Adalah dengan mengakali kapasitas oli… Alias olinya dibikin lebih dari ukuran yang dianjurkan produsen. . . Tujuannya ? Supaya mesin yang aslinya “bawel” (baca : bermasalah), jadi terdengar mulusss bak motor baru…  Ini trik yang lumrah, dan sering saya temui juga di lapangan (waktu hunting motor bekas). . . Apalagi untuk tipe motor yang jarak tempuhnya biasanya besar, Seperti Vixion-Series, Motor Bebek & Skutik… Wah, Udah nggak heran deh banyak yang “main curang“. . .

 

Di Kawasaki Z250SL & Ninja RR Mono sendiri, Kapasitas olinya berkisar antara 1 Liter (Normal) & 1,1 Liter (Ganti Filter Oli), Atau 1,2 Liter jika empunya niat bermain “aman“… Cara ngeceknya gimana tuh Kang Eno ? Gampang ! Silahkan intip lubang transparan yang ada di bagian bawah blok mesin kanan. . . Ada 2 garis disana, Dimana paling bawah berarti 1 liter, dan paling atas 1,2 liter (hasil tes pribadi)… Dan yang paling penting, Saat ngecek ketinggian oli, pastikan motor dalam kondisi tegak (bukan standar samping). . . Kalau olinya pas, Berarti kita bisa langsung nilai suara mesin nya ! FYI : Suara mesin ZSL / RR Mono itu cenderung kasar lho. . .

 

 

Cek Pendinginan Mesin

 

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

 

Setelah ngecek oli, Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagian radiator, kipas & reservoir (tangki cadangan nya)… Salah satu kekurangan Kawasaki Z250SL (juga Ninja RR Mono) adalah di heat management nya tuh Brosist. . . Seperti halnya Ninja 250 Karbu & FI, Pendinginan di motor “berjiwa” Trail KLX250 ini adalah di panas di area mesin & kipasnya yang sering banget berputar ! Kenapa ? Karena panasnya berlebih, atau Sensor pembaca suhu nya error. . . Overheat nggak sih Kang Eno ? Overheat sih nggak (saya belum pernah alami meskipun kejebak macet, lampu merah, dll), Tapi kalau kipas sering nyala itu annoying juga… Trust me, Its fuc*ing annoying. . .

 

Kalau memang niat hunting Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Second, Pastikan tes dulu motornya beberapa putaran… Pertama, Gunakan teknik bejek gaspol, kemudian lanjutkan dengan geber santai-slow dengan gear berat (gear 3, 4). . . Kalau dipakai sebentar kipas langsung nyala, Berarti ada yang salah tuh. . . Pertama cek reservoir nya (di belakang shroud kanan), Kalau dibawah batas minimum, berarti jelas, user sebelumnya malas cek radiator ! Pikir ulang lagi buat boyong deh, Pasti bakal “jajan” lumayan tuh. . . Kalau memang reservoir masih di batas upper, Itu berarti masalah ada di sensor nya yang kotor… Bersihkan nya gampang koq, Bisa dikerjakan sendiri (Do It Yourself) pula ! Nanti saya jelaskan di artikel Atasi Panas & Kipas Error Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono. . .

 

 

Cek Headlamp !

 

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

 

Kenapa saya kasih tanda seru, Karena ini salah satu yang harus Brosist perhatikan sejak awal kalau minat boyong Z250SL / Ninja RR Mono… Masalah (besar) bawaan motor ini ada di bagian Mika Headlamp nya, Dimana banyak banget yang retak-retak kecil dan tipis (retak rambut). . . Silahkan main-main ke forum / grup facebook kedua motor ini deh, Defect yang bikin was-was tersebut memang ada dan nyata di ZSL & RR Mono… Tak terkecuali si ZED, Yang ternyata kena juga !!

 

image

Awalnya sih saya nggak concern banget, Karena terlalu serius di area mesin & body… Tapi setelah dibeli, Loh koq sama kayak yang lainnya ? Koq pada retak headlampnya juga sih ??

Sempat berfikiran jelek sih awalnya, Tapi ya mau bagaimana lagi, Lahwong saya juga sih yang salah… Nggak teliti. . . Jadi setidaknya saya bisa kasih tau Brosist yang lainnya, Supaya nggak jadi korban Kawasaki yang selanjutnya… Sekaligus jadi input besar nih buat Kawasaki, Halo Geng Ijo !! Gimana nih Headlampnya ?? Motor diatas 40 juta koq disamain sama yang harga 20 jutaan sih ?? Hadeehh, ckckck. . . Kelanjutannya, Bakal saya bicarakan dengan dealer, dan utamanya dengan pihak kawasaki (sambil lihat gimana respon mereka)… Tunggu aja hasilnya yaa. . .

 

 

 

Well. . . Disamping harganya yang bersahabat, Ternyata banyak juga tuh yang harus diperhatikan kala hendak membeli Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono… Yang jelas sih, Tetep harus cek secara teliti yaa Bro & Sist, Jangan sampai kayak EA’s Blog tuh yang kena jebakan headlamp betmen, wkwkwk. . . Soalnya bukannya tanpa alasan… Kalau mengabaikan 4 hal tadi, Bukan nggak mungkin biaya restorasinya nanti juga jadi membludak ! Kalau sudah demikian, Statusnya yang “Worth to Buy“, Jadi nggak berlaku lagi dong. . . 🙂

 

Kawasaki Z250SL / Ninja RR Mono Bekas

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Kawasaki Z250SL ZED

Kelebihan dan Kekurangan Fisik Kawasaki Z250SL di Mata User

 

Kawasaki Z250SL ZED

Welcome to the ZED World !

 

Ninja 250 Special Edition Limited

Kenapa Pilih & Nggak Pilih Motor 250 cc ?

 

CBR150R CBU Repsol Edition

Waktunya Lirik Motor Bekas / Second !

 

Skutik Mogok

Minat Motor Bekas ? Hindari Skutik Second !

 

Satria FU Injeksi

Dunia yang Terbalik : Motor Sport vs Motor Bebek…

 

Weight Reduction

Ini Dia Trik Upgrade Performa Motor Gratis !

 

Motor di Indonesia 2

Adakah Motor yang “Sempurna” ?

 

Black Market Love

Black Market Love…

Advertisements

36 comments

Tinggalkan Balasan