Simfoni Dari Negeri Sakura, “The Honda Music” !

 

Honda Music

 

Bukan tentang J-Rocks, J-Pop atau K-Pop yang joged-joged itu koq Brosist… Bukan ! Yang itu cukup jadi bahan menaikkan rating acara TV saja. . . Yang EA’s Blog maksud disini adalah simfoni dan deburan suara knalpot nan amazing untuk Brosist sekalian, Para “Gearheads” a.k.a Motorcycle lovers… Dan jawabannya adalah : “The Honda Music” ala EA’s Blog !

Honda Music” sendiri adalah sebutan untuk suara mobil-mobil Formula 1 Honda yang fantastis, Seperti Honda RA272, RA273, RA300, RA121 MP4/6, dan lainnya… Oke, Di era beberapa dekade silam tentunya, Bukan seperti F1 sekarang yang “soulless“. . . Nah, Karena disini adalah blog otomotif Roda 2, So kenapa nggak kita bikin aja “Simfoni Sepeda Motor” dari Pabrikan sayap mengepak tersebut ?? Jelas nggak kalah dahsyat koq ! Malah ada beberapa yang lebih bikin merinding greget juga. . . So, Langsung aja kita mulai list-nya satu-persatu… Cekidots !

 

Honda CBX1000

 

 

Honda CBX1000

 

Motor ini sensasional, Dan paling luar biasa di masa kehadirannya sekitar 3 dekade silam… Kenapa penuh sensasi ? Yup, Karena Honda CBX1000 ini adalah motor bermesin Inline-Six (6 silinder sejajar) ! Konfigurasi mesin yang jarang ditemui di era masa kini. . . Oke, CBX mungkin bukan yang pertama, dan bukan satu-satunya motor klasik yang menggunakan mesin 6 Silinder (karena ada Benelli Sei & Kawasaki Z1300 juga). . . Tapi, Kalau bicara soal kecanggihan & teknologi yang dipakai, CBX nomer wahid deh pokoknya !

Apa sih yang membuat CBX1000 begitu spesial Kang Eno ?? Yup ! Yang Pertama, Karena Honda CBX1000 mengusung spesifikasi mesin super-eksotis yang bahkan sulit ditemui di motor masa kini : 4-Tak, 1.047 cc, Inline-Six, DOHC 24-Valve, Plus Pendingin Udara. . . Nggak cuma itu, Yang kedua, Motor yang akrab disapa CBX-Six ini juga punya power terbesar di eranya ! Dengan muntahan tenaga maksimum sebesar 103 HP & torsi maksimum di angka 85 N.m. . . Bukan power yang besar bila kita bandingkan dengan superbike 1000 cc masa kini… Tapi di eranya ? CBX adalah sosok “Super Bike” yang sesungguhnya. . .

Loading...

 

Honda CBX1000

 

Dan yang terakhir, Tentu saja deburan suara knalpotnya yang nggak bakal bisa kita lupakan begitu saja… Meskipun nggak “menjerit” hebat hingga 20.000 RPM lebih, Tapi suaranya itu lho… Ebusyed, Sesuatu banget ! Persis Supercar bermesin V12 lagi digeber Full-Throttle !! Kalau nggak percaya, Silahkan simak Simfoni “Honda Music” ala CBX1000. . .

 

 

 

 

Spesifikasi Mesin Honda CBX1000

 

Engine : 4-Tak, Inline 6 Silinder, DOHC 24-Valve, Oil-Cooled

Bore x Stroke : 64,5 x 53,4 mm

Kapasitas Silinder : 1.047 cc

Rasio Kompresi : 9.3 : 1

Penyuplai BBM : 6 x Karburator Keihin VB28

Max Power : 103 HP @ 9.000 RPM

Max Torsi : 85 N.m @ 8.000 RPM

 

Baca Selanjutnya >> “Honda Music” ala Formula 1 !

Β 

28 comments

Tinggalkan Balasan